30 June 2009

Demam - Ulang Bulan


DEMAM

Kamis lalu salah satu mbaknya Fadly telepon gw pas gw lagi wawancara untuk Nanny di sini. Si Mbak ngabarin klo Fadly demam yang lumayan tinggi plus Fadly jadi lesu en rada pendiem. Dengan perasaan deg2an...gw pun bergegas pulang. Sampai di rumah gw liat Fadly diem duduk dengan manis di strollernya. Hal yang jarang terjadi kan :D

Gw chek suhunya 38 ºC, en gw putusin untuk kasi tempra aja. Entah kenapa, kali ini Fadly lumayan rada susah dikasi obat. Beberapa bulan yang lalu ketika diare....Fadly asik2 aja minum obat. Udah gede ya nak.....udah tau rasanya obat. Sampai keesokannya (Jumat) pun demam Fadly naik turun. Gw sih ga terlalu khawatir secara Fadly masih mau makan, minum susu, ngemil yoghurt en ngabisin air putih berbotol2. Namun sore harinya...selepas magrib, suhu badan Fadly kembali menghangat. Gw perkirakan sampe 39ºC. Bapaknya Fadly mulai khawatir, takut Fadly tipes atau DB, jadi diputuskanlah kita ke RS. Haji malam itu. Karena DSA Fadly, Dr. Ismail Sangaji, SpA tidak praktek, tidak antri ke DSA lainnya. Secara gw liat tittle beliau Prof....gw seneng dunk bakalan bisa nanya2 sama beliau tentang kondisi Fadly dan perkembangan Fadly.

Setelah mengantri cukup lama (dari jam 7.45 - 22.00....lama ye bu...Fadly sampe molor), akhirnya Fadly pun diperiksa. Kesan pertama gw ma nih DSA,....sudah berumur (lah iya...kan Prof gimana sihh!!!) dan gw yakin orangnya pasti ke-bapak-an nih. Tapi ternyata.....Fadly takut waktu diperiksa beliau. Fadly nangis cuma diliat tenggorokan dan diperiksa dengan stetoskop. Perasaan gw udah mulai ga nyaman. Dari awal sang DSA ga nanya gw udah kasi obat apa aja?beliau malahan nanya gw di rumah punya vitamin apa???apa anak gw kliatan kek anak kurang gizi?? Untuk Prof ketahui....BB anak gw 11 kg diluar pampers. Termasuk dalam batas sehat kan di kartu KMS??? Setelah itu sang DSA sibuk nyatet resep. Gw mo nanya tapi gw liat beliau masih sibuk sama resep...yo wis gw tunggu deh. Resep kelar ditulis....beliau langsung bilang "ini saya kasi Ibu resep AB, penurun panas, Vitamin(????) dan Anti Virus". Gw bengong...en cuma bisa nanya..."loh kok ada AB dan anti virus Dok??Memang diagnosanya apa Dok?? Dan beliau menjawab "Oooooo.....radang. Kita ga tau jenis virusnya apa. Klo sampe Senin masih panas....bawa lagi ke sini". Udah gitu doank!!!!

Gw ambil resepnya dan keluar buru2 tanpa pake salaman. Gw bete banget!!! Ga informatif, ga kasi penjelasan apa pun (apa karena sudah malam???jadi pasien ga perlu tau dia sakit apa, obat yg dikasi untuk apa aja, dan hal2 lainnya???). Kelar bayar, gw ke apotik setelah sebelumnya ngobrol dulu sama bapaknya Fadly klo ga semua obatnya gw tebus, cuma penurun panasnya aja. Bapaknya Fadly yang saat itu gendong Fadly ngeiyain apa yang gw mau. Di Apotik gw dikasi tau klo obat penurun panas ternyata dalam bentuk puyer. Makin gondok deh gw!!! Bapaknya Fadly bilang mending kasi tempra aja....dari pada kasi puyer. Ya wis....resepnya masuk ke sempilan dompet gw.

Besok paginya demam masih ada, tapi sudah mulai naik turun. Gw sempet sms-an sejak Jumat malem sama Ocha dan mba Ilna , tanya2 tentang DSA Alma dan Fadlan. Menurut gw, mereka berdua punya pemikiran yang sama ma gw tentang DSA, RS dan obat, makanya gw minta referensi DSA sama mereka bedua (Mba Ilna, Ocha...makasih banyak!!!). Gw inget klo gw masih minjem Baby Booknya William Sears kepunyaan sepupu gw. Dari Baby Book yang gw baca, indikasi penyakit Fadly lebih cenderung ke Roseola. Ciri2 yang tampak; Demam tinggi yang terjadi mendadak pada bayi yang sebelumnya sehat, mungkin menyebabkan kejang, demam mudah menurun dengan perawatan, bayi tidak berperangai seperti orang sakit terutama ketika demam turun (Fadly begini...main2 lagi ketika demam turun), demam merebak pada ketiga, bayi tampak baik, kemudian bintik warna merah muda muncul pada kulit leher, batang tubuh, dan anggota badan, bertahan selama 1 - 3 hari. Dan benar...Minggu pagi ketika gw mandiin timbul bintik2 merah muda di punggung. Lalu Senin paginya bintik merah tampak di muka, tangan, kaki, dan perut. Well...akhirnya gw pun bernafas lega. Demamnya pun kabur.

ULANG BULAN ke 13

Karena khawatir akan kondisi Fadly yang muncul bintik2 merah (gw takutnya campak), gw sampe lupa up date perkembangan Fadly di usianya yang ke 13 bulan ini. Perkembangan yang terlihat;
  • BB nya 11,5 kg (yang 500 gr keknya berat pampers deh)
  • Jalannya udah mulai lancar....walaupun kadang masih suka sempoyongan
  • Udah mulai belajar berlari....malahan maunya klo jalan cepat2....jadinya kek lari
  • Udah bisa kiss bye klo kita suruh dadah dan bilang mau pergi.....walaupun dadahnya masih males
  • Udah lumayan gape klo disuruh salaman, tadinya diajarin suka ogah
  • Klo ada lagu...badannya kadang suka digoyang2in
  • Mulai nganggukin kepala klo makan or minum sesuatu yang baru dan rasanya enak
  • Minum pake sedotan wat yakult en yoghurt udah mulai lancar walau kadang suka dimainin juga sedotannya
  • Akhirnya minum susu UHT aja (merk apapun...tapi rasanya tetep plain. Dan nyaris 1 lt abis sehari). Gw kasi Dancow 1+ malahan ogah. Tapi kalo tidur tetep mau. Cuma akhirnya gw milih hijrah ke UHT aja
  • Selera makan tetep baik2 aja...sekarang makan nasi lembek plus lauk pauknya
  • Mulai belajar ngomong ....num, mam, nda......tapi tetep aja lom banyak ngomong
  • Kadang klo lagi mandi en ketauan mo PuP...didudukin di kloset orang dewasa udah mau :D
Alhamdulillah, perkembangan Fadly dari bulan ke bulan baik2 saja. Sehat selalu ya gembil.....
Bapak dan Ibu sayangggggg Fadly

Bintik merahnya keliatan ga????



Pup di wc.....


Pup sama Bapak....malahan Bapak yang ngeden :D

12 comments

  1. Met ulbul ya Fadly..
    Wah BBnya hebatt baru 13 bulan udah 11.5 kg.
    Zaheer siy baru nyampe di 10 kg. makannya sedikit.

    Gimana kabarnya sekarang, sembuh total kan?

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah,...badan udah seperti biasa lagi. Cuma bintik2 yang di badan dan punggung masih keliatan. Mudah2an besok udah ilang.

    Fadly juga makannya ga banyak...malahan ngemilnya cuma yoghurt atau buah aja. Susunya lumayan banyak asal telaten aja.

    Hihihi Zaheer minum susunya doyang ga???

    Ga perlu ndut yang penting sehat :D

    ReplyDelete
  3. met ulang bulan fadly...wah udah 13 bulan nech...mdh2an bintik merahnya cpt hilang...dan fadly sehat trs jgn sakit2 lagi ya sayang.....

    wah fadly hebat ya udah bisa pup di closet...tp itu koq bapaknya yg ngeden heuheuhehe....

    ReplyDelete
  4. Fadly abis sakit juga y.. sama dong Keke & Nai juga abis sakit.. Tp gak tau nih roseola apa campak.. abis kalo sy search di google campak sm roseola mirip2 y.. cm kl roseola itu gak gatel & timbulnya stlh panas reda. Kl campak tibul merahnya barengan wkt demam & gatel.. Nah mereka ini bintik2 merahnya stlh panasnya reda & gatel.. wkt di bawa ke dsa, bintik2 merahnya blm muncul

    Obatnya juga gak macem2 kok.. cukup tempra aja.. sama salycyl talk.. Keke sempet sy bw ke dokter krn panasnya di atas 39 terus pdhl udah di kasih tempra.. tp obatnya sama aja kok..

    ReplyDelete
  5. aduhhh fadly sayang abis sakit ya... tapi sekarang udah sehat kan? fadly berat juga ya mba.. udh 11Kg lebih..

    btw emang bener mba.. aku juga dulu di RSIA H****na di perlakukan begitu sama salah satu DSA nya.. ga informatif.. sebel banget deh tau gitu kan ga usah ke DSA klo ga nemuin solusinya..bayar mahal tapi di perlakukan begitu.. :(

    Sehat terus ya sayang.. biar bisa ceria terus..

    ReplyDelete
  6. duh kasian Fadly sakit ya .. tapi jangan khawatir mom Roseola gak bahaya koq.. yang penting cukup istirahat & makan nya, 3 hari juga bintik bintiknya ilang , cepet sembuh ya ganteng ..

    ReplyDelete
  7. Fadly... Udah sehat kan sekarang??? Cepet sehat ya Fadly biar bapak ibu nggak bingung :)

    Selamat ulbul ya Fadly... Tambah pinter dan sehat terus ya...

    Bu, Fadly di kasih dudukan closet untuk anak aja, yang lucu2 itu lho gambarnya, empuk pula. Kyara pake itu jadi nggak perlu di pegangin. Tapi ya tetep kita awasin sih takutnya dia jatuh nggak sengaja.

    ReplyDelete
  8. jadi sakit roseola ya sal? sukurlah kalo sekarang udah mendingan. kayaknya lg mewabah bgt ya roseola ini dan susah jg bedainnya sama campak. Alhamdulillah deh kalo bisa bantu jangan sungkan2 sal :)

    ReplyDelete
  9. Telat deh ngucapin met ulbul buat Fadly, :)
    Pasti dah sehatkan sekarang, udh gak atit lagi.

    Btw....bunda, fadly dibelikan tempat pupu yang dipake ditoilet dunk *apa yah namanya aku lupa* supa pas lagi belajar pupu ditaro di toilet gitu fadlinya bisa duduk dengan nyaman, gak perlu dipegang papa. Aku takuntnya dia ke jeblos ke dlm air toiletnya hihihi *meskipun gak mungkin*

    Hrgnya 50rb'an dari plastik gitu.
    Alika udh pake itu, jadinya klo pupu dianya duduk sendiri deh...

    ReplyDelete
  10. Fadli, met ulang bulan yah, maafkan tantemu ini telat :D
    Hmmm bener deh kayaknya emang bapaknya yg serius ngeden nih kekekeke...

    Mudah2an ga sakit lagi ya Fadli. :) sehat selalu.

    ReplyDelete
  11. wah kita senasib kalo gitu, benar2 pengalaman yg buruk bersama dokter yg sama di rs yg sama... masih gondok abis nih. kita jg biasanya ke dr. ismail, berhubung lg gak praktek dan anak gw udah panas 39.9 derajat, ya udh ke yg ada aja. kita udah antri dari jam 8, baru dapet giliran jam 11, okelah kita pikir nih dokter komunikatif bgt kaliya sampe perputaran pasiennya lama bener. begitu dapet giliran, ternyata... lueluetnyaa minta ampun, ambil tisu aja 5 detik. okelah, mungkin krn tua kaliya jd lamban. pas vica diperiksa, gak ngomong apa2. tiba2, tarraaa... dia keluar ruangan aja gitu tanpa permisi, dan dengan santainya bawa hp trus nelpon !!! $@Q$%%#$% gw & suami bengong, menatap anak yg tergolek di meja periksa. pas dia balik, gw udah gak pake senyum lg, lsg tanya: "jd anak saya sakit apa dok?" jawabannya cuma dua kata: "radang aja". gw tanya lagi: karena virus atau bakteri dok? "virus kayanya". THAT'S IT! tanpa penjelasan profesional dari seorang profesor... benar2 menyebalkan. dan yg lebih menyebalkannya lg, smp skrg udah 3 hari sejak berobat kemarin itu, anak gw belum jg sembuh! sementara kakaknya yg seminggu sebelumnya jg sakit dg gejala serupa, begitu ditangani dr. ismail langsung sembuh hanya dg 1x minum obat... makanya senin nanti si adik jg mo dibawa lagi ke dr. ismail yg tob markotob... penjelasannya itu lho bener2 jelas dan menenangkan...

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall