expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

02 November 2014

Play IQ Lebih dari Main Optimalkan Tumbuh Kembang Anak













Pernah dengar kalimat diatas? Yap ini adalah slogan kampanye dari Fisher Price sebagai  salah satu cara  untuk meningkatkan kualitas bermain bagi anak usia 0-24 bulan. Bermain bagi anak – anak merupakan salah satu bagian dalam tumbuh kembangnya. Selain nutrisi dan waktu tidur yang cukup, bermain juga diperlukan sehingga dapat mengembangkan minat dan potensi anak.



Untuk itu Fisher Price yang memang memahami pentingnya bermain bagi anak, berkomitmen untuk menjadi bagian dalam proses tersebut. Fisher Price menemukan fakta bahwa banyak orang tua di Indonesia sangat peduli  terhadap peningkatan tumbuh kembang anak seperti : fisik, kognitif dan social –emosional. Fisher Price menciptakan Play IQ Lebih dari Main. Seperti yang dikatakan oleh Meiyin Leong, Head of Marketing Mattel South East Asia dalam acara Blogger Gathering Sabtu 25 Oktober lalu, “Play IQ Lebih dari Main adalah sebuah sarana untuk membantu orang tua memahami perkembangan Fisik, kognitif dan social – emosional anak. Selain itu, konsep Play IQ perkembangan anak dibagi menjadi 3 pilar utama ; Fisik, Kognitif dan Sosial Emosional (FKS) .  Diharapkan dengan konsep Play IQ Lebih dari Main ini orang tua dapat memberikan stimulasi yang tepat berdasarkan umur dan tumbuh kembang anak, serta dapat mengindentifikasi dan memupuk potensi anak berdasarkan dalam 3 pilar utama perkembangan anak.  Nah untuk membantu orang tua lebih lanjut, Fisher Price telah mengindentifikasi dan menvisualisasikan 87 jenis pencapaian dalam tahap perkembangan anak usia 0 – 24 bulan. Untuk memudahkan orang tua dalam mengukur perkembangan serta mengasah potensi anak, Fisher Price mengkategorikannya sebagai 7 Pesona Play IQ sebagai berikut :



1.       The Little Legend :  anak menonjol dari  sisi fisik
2.       The Learner Lover : anak menonjol di sisi kognitif
3.       The Natural Charmer : anak menonjol di sisi social emosional
4.       The Small World Explorer : anak menonjol di sisi fisik /kognitif
5.       The Born Leader : anak menonjol di sisi fisik /social emosional
6.       The Crowd Favorite : anak menonjol di sisi kognitif / social emosional
7.       The Big Time Player : anak menonjol di sisi fisik /kognitif/ social emosional
 

Lebih lanjut Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi. mengatakan “Orang tua lebih sering melewatkan hal penting, seperti menjalin kelekatan dan memberi  stimulasi yang tepat pada si kecil, misalnya melalui bermain bersama dan bermain dengan mainan yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak”.  Hal ini tidak bisa dianggap sepele. Kadang kala orang tua beranggapan bermain itu tidak penting, tidak memberikan manfaat bagi anak, atau anak boleh bermain setelah mereka menyelesaikan pekerjaan. Padahal yang sesungguhnya bermain bagi anak – anak, khususnya anak usia dini, adalah hal yang dilakukan semua anak setiap hari kecuali saat mereka tidur. Bermain adalah pekerjaan anak. Anak – anak tidak dapat membedakan, mana bermain, mana belajar dan mana bekerja karena secara alamiah semua yang mereka lakukan adalah bermain bagi anak. Hihihihi seru ya jadi anak – anak…semua yang dilakukan dalam kehidupan awal mereka ya bermain. 


Ada 3 hal yang wajib…catet wajib kita lakukan untuk meningkatkan kualitas bermain menurut Ibu Vera , yaitu ;
  1. Sempatkan  untuk menjadi teman bermain anak,            
Wah ini PR banget untuk saya yang memang Ibu rumah tangga tanpa asisten. Hihihi kadang anak – anak ngajak main, sayanya lagi asik – asik sok sibuk ngerjain pekerjaan rumah tangga. Mulai harus bisa bagi waktu untuk mendampingi mereka…
    2. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembang mereka.
     Nah ini juga penting ya ternyata, biar mainan yang dibeli ga mubazir donk yaa...
P 3. Pilih mainan yang dapat mengembangkan banyak aspek tumbuh kembang anak (semua sudah ada di Fisher Price..asiik)
Untuk bahasan lebih lengkap, sila ke website, instagram,  facebook fanpage, dan twitternya FisherPrice yaa...

Trus kalo Fara termasuk tipe yang mana nih? Fara tuh kalau saya perhatikan termasuk si Small World Explorer alias si Penjelajah dunia cilik, di mana rasa ingin tahunya tinggi, ga bisa diam...bergerak ke sana ke mari. Hahahah diemnya cuma saat tidur. Seringnya jika diajak ke tempat baru, fara akan memperhatikan dan ngutek-kutek (duh bahasanya) benda - benda yang belum pernah dia lihat . Senang sih mengetahui keingintahuan dia akan banyak hal yang dia lihat dan dia amati, semoga saya dan suami telah sesuai memberikan stimulasi yang sesuai dengan tumbuh kembangnya.

yang kesenengan dapat mainan baru, langsung pencet dan nyanyi


Peserta - pembicara - brand ambassador






Sumber tulisan : materi workshop blogge r gathering sabtu 25 oktober 

No comments

Post a Comment

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall