expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

01 January 2015

Liburan ala Mak Irit : Wisata Bareng #MpokSiti

Sudah ada yang tau kan Bus City Tour atau biasa disebut #MpokSiti ? iya, ini bus tingkat yang disediakan Pemprov DKI Jakarta  sejak awal tahun 2014 bagi wisatawan untuk mengelilingi Ibu Kota.  Bus Tingkat AC  ini awalnya direncanakan gratis hingga Mei 2014 lalu. Tapi sampai akhir tahun ini   bus ini masih free loh :D  Bus dengan trayek Monas – Pasar Baru - Bundaran HI ini memiliki kapasitas 60 tempat duduk  dengan jam operasional  Senin  - Sabtu jam  09.00 – 19.00, sedangkan Minggu mulai jam 12. 00 siang selepas CFD.  Bus ini hanya berhenti pada halte yang disediakan seperti  Monas Merdeka Barat – Sarinah – Balai kota -  Bundaran Hotel Indonesia – Museum Nasional Merdeka Barat – Pecenongan – Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta –  Mesjid Istiqlal - Monas Merdeka Utara.

Libur  Sekolah kali ini gw menjanjikan ke Fadly untuk naik si Double Decker ini. Jujur saja ya, gw juga demen naik bus tingkat, jadi ingat jaman SD saat bus tingkat masih beroperasi di Jakarta, dan mangkal di terminal Cililitan (sekarang jadi PGC). Paling asik tentu saja duduk di bagian atas, paling depan alias bisa lihat jalan dengan leluasa. Dengan ekspektasi seperti  itu, gw nekat mengajak Fadly dan Fara untuk nyicipin si #Mpok Siti.  Dari hasil tanya – tanya dengan orang yang sudah naik  #MpokSiti dan goggling sana sini, maka akhirnya gw memutuskan kalau lebih baik naik si Mpok pas weekdays alias hari kerja. Otomatis gw hanya  pergi bertiga sama anak – anak naik transportasi umum karena pak suami kerja. Hayuk lah naik turun angkutan umum demi sensasi naik bus tingkat hehehehe *nekad. Oiya, beberapa hari sebelumnya mak Henny sempat curhat di Path kalo dia sekeluarga gagal naik si mpok karena penuh dan bus nya lama datangnya. Gw bilang aja kalo gw juga pengen coba naik, tapi berangkatnya pas hari kerja biar ga penuh, eh ga disangka mak Henny setuju ikutan malahan mak Uwi juga mau ikut. Janjian playdate deh kita secara kita memang belum pernah kopdar sebelumnya.

Janjian jam 11 di resto fast food di Sarinah, gw sama anak-anak berangkat jam 9 kurang dari rumah.  Tujuan pertama halte Trans Jakarta Tanah Merdeka untuk naik Trans Jakarta dari situ, transit di BKN lalu naik Trans Jakarta jurusan Grogol, transit Semanggi lalu naik Trans Jakarta jurusan Blok M Kota dan turun di halte Sarinah.  Naik dari Tanah Merdeka Rambutan  alhamdulillah kita dapat duduk, dan anak – anak anteng sepanjang perjalanan. Karena gw bawa mereka,jadilah gw curi start transit di BKN biar kita dapat duduk mengingat kalo transit di UKI pasti rame dan penuh. Aaaah ternyata gw salah, banyak bus jurusan Grogol atau Pluit yg tidak berenti di halte BKN. Lumayan lama  kita nunggu Trans Jakarta setelah akhirnya kita naik juga walaupun cuma dapat 1 bangku, yang penting Fadly Fara bisa anteng duduk tenang. Transit di Semanggi dengan halte yang panjangnya kaya main ular naga panjangnya bukan kepalang, mereka tetap ceria ketawa – ketawa asik sendiri. Begitu naik Trans Jakarta jurusan kota, Fadly protes ke gw kenapa kita ga dapat duduk karena trans Jakarta penuh sesak. Gw biarin mereka berdiri di sisi pintu biar lihat pemandangan sekitar, sukurlah mereka ngerti dan kembali ceria lagi.

Anteng di Trans Jakarta

Jam 11  lewat barulah kita sampai di tempat janjian, dan mak Henny udah duduk manis sama gadis – gadis cantiknya yang lagi asik makan. Setelah cipika cipiki kita pun ikutan pesan makan.  Kelar makan, kami ber 6 udah siap berpetualangan naik si #MpokSiti.  Tak lama bus yang kita tunggupun datang, tapi kita ber 6 ga bisa naik karena petugas di dalam bus melarang kita untuk naik.  #MpokSiti  ini dilarang berdiri,jadi harus duduk tenang di dalam bus. Dan karena si mpok mau istirohat, kami pun kembali ke resto fast food tadi untuk ngadem sekalian rumpi sana sini dunk….Sayang karena satu dan lain hal, mak Uwi batal  gabung.

Kira – kira jam 2.30, si bus yang kita tunggu pun datang. Huuuaaa yang antri jangan tanya ya…penuh dengan ibu – ibu yang bawa anak juga. Alhamdulillah berkat wirid dan doa-doa, kami ber 6 berhasil naik ke dalam bus :D  Armada #MpokSiti  saat ini baru tersedia 5 buah bus, dengan total kapasitas 60 kursi terdiri dari 18 kursi di lantai bawah dan 42 kursi di lantai atas.  Jadi pantas saja kalau antriannya panjang, karena keterbatasannya kapasitas bus ini. #MpokSiti dilengkapi dengan pemandu yang menjelaskan setiap obyek wisata yang dilewati bus dan didampingi juga oleh petugas kepolisian. Oiya kenapa bus ini dikasi nama panggilan #MpokSiti selain plesetan dari City juga ternyata  bus ini disupiri oleh ibu-ibu cantik hihihihi keren yak

Yang Naik dari Halte Museum Gajah rameee

Tips dari gw buat yang mau keliling wisata dengan bus City Tour :

• Lebih nyaman naik di hari kerja, pagi hari dan sebaiknya naik dari halte Sarinah. Kenapa dengan halte Sarinah ? karena kalo kelaperan atau kehujanan bisa neduh di dalam Sarinah.
  • Disarankan naik dan turun di halte yang sama, bergantian dengan calon wisatawan lainnya.
  • Patuhi peraturan yang ada di dalam bus, tertib, antri dan  harap sabar.
  • Dan jangan lupa bawa tongsis demi tetap eksis *Penting!

Foto bareng Alea - Alika dan Mak Henny tentunya

Emaknya ikutan eksis dunk :)

Gosipnya nih 2015 nanti bus City Tour ini akan dijadikan sebagai bus pengganti bagi karyawan yang bekerja di sekitaran Thamrin  - Sudirman yang menggunakan motor.  Pasti nya bus akan selalu penuh mengingat saat ini saja penumpang yang ingin naik lebih sering taktertampung,apalagi nanti ya... Semoga saja Pemprov DKI menambah lebih banyak lagi armada #MpokSiti dan menambah frekuensi perjalanan bus, habis lama juga mesti nunggu bus ini.  Untuk yang belum mencicipi #MpokSiti buruan yaa sebelum saingan makin banyak :) :) :)

4 comments

1. wah asik bangettt..saya baru lihat di tv dan baca cerita teman2 aja,semoga suatu hari isa naik mpok siti hehe

ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk naik, anak2 juga ngajakin minta naik lagi :D ketagihan

Delete
  2. Aku masih pengen keliling pake Mpok Siti, meski kemaren2 baca jg banyak keluhan berhubung membludak peminat yg liburan. Makasi tipsnya, Mak :D

ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu mak, naiknya lebih baik hari kerja karena kalau wiken pasti penuh. Sistim antriannya belum oke, dan tempat ngantrinya pun belum kece. Kita naik pas liburan sekolah di hari kerja juga rameeee