15 May 2015

FOTILE ; Sahabat Dapur Keluarga Indonesia







Almarhumah nenek dan almarhumah ibu saya pintar memasak. Mulai dari memasak yang sederhana seperti sop, tumis-tumisan hingga memasak  yang membutuhkan bumbu yang ribet bin ngejelimet seperti rendang, gulai, opor atau bahkan membuat kue. Sepengingatan saya, di rumah nenek dulu jika kompor menyala maka tampak asap memenuhi dapur.  Ditambah lagi bau aroma masakan yang memenuhi ruangan tak jarang membuat tenggorokan sakit dan mata menjadi perih. Pokoknya kalau nenek atau ibu sudah di dapur, seringnya saya menghindar karena aroma masakan  dan asap tercium ke seluruh rumah, puff….



Dapur rumah saya yang tidak pake range hood


Waktu itu sih saya tidak mengerti kalau asap dan bau yang menyengat  ternyata tidak baik bagi kesehatan. Nah kebetulan beberapa waktu lalu saya dan teman – teman blogger diundang ke acara peluncuran FOTILE di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta (7/5), saya mendapat pengetahuan baru. Pada acara tersebut  dijelaskan bahwa asap masakan dapat memicu berbagai jenis penyakit, baik penyakit kategori ringan seperti flu/batuk, hingga penyakit berkategori akut seperti asma, kanker paru – paru dan lainnya. Bahkan asap dapur juga diketahui mengeluarkan tiga zat yang berbahaya yaitu CO2 (karbon dioksida), SO2 (Sulfur dioksida) dan NO2 (Nitrogen dioksida) *sumber Nova* Wiiiih serem ya, padahal kan masakan Indonesia membutuhkan panas yang tinggi. Contohnya apa? Tuh sate, rendang, sup nasi goreng, sambal terasi, tumisan dan lainnya. 

 

Tapi ternyata asap masakan bukanlah satu – satunya masalah bagi para emak yang hobi ngedapur. Selain asap masakan, kumpulan minyak dan sisa –sisa bahan makan yang sulit dibersihkan akan membuat bakteri makin senang berkumpul dan dapur menjadi bau serta tampak berantakan. Dan bahkan jika didiamkan saja, dapur yang kotor bisa menyebabkan gas meledak! *nauzubillah*



Berbagai model kompor gas


Berbagi bentuk kompor


Di sini sudah ada yang mengenal FOTILE? Hihihi sama donk, saya juga baru mengenal FOTILE. FOTILE adalah pemimpin perangkat dapur kelas atas berasal dari China, di mana FOTILE merupakan brand yang focus pada kombinasi perangkat dapur. Sejak didirikan, sudah ada lima produk di lini bisnis mereka, yaitu rangehood, built – in hobs, built – in steam oven, built -  in microwave, built – in oven, kompor  dan lainnya.  Tidak main – main, FOTILE merancang produk – produknya melalui riset yang mendalam selama  kurang lebih  20 tahun dan diproduksi serta diuji coba secara teliti di Laboratorium FOTILE yang merupakan laboratorium perangkat dapur terbesar di dunia. Produk FOTILE didesain oleh IDEO Company yang merupakan perusahaan yang membantu Apple dalam mendesain iPhone, keren kan!



Range hood diperagakan penggunaannya

Range hood yang cantik

Range hood yang mudah dibersihkan


Dari beberapa produk FOTILE yang hadir malam itu, ada dua produk yang menarik minat saya yaitu range hood dan built – in steam oven. Kenapa? Karena range hood FOTILE memiliki keunggulan dibanding produk sejenis. Range hood FOTILE  tidak berisik, dapat menampung minyak sisa menggoreng, memiliki  sensor panas dan gas,  dan yang terpenting anti karat. Selain itu Range hood juga tidak dibuat dari kawat, dan biasanya menjadi susah untuk dibersihkan.  Range hood FOTILE tidak hanya kuat dan efisien, tetapi juga mudah digunakan, dapat meminimalisasi bau, dan dapat menghisap asap dengan kuat, sehingga terbebas dari asap yang mengganggu kesehatan. Nah kalau built – in steam oven saya suka karena bentuknya yang unik dan cantik. Memiliki temperature control yang akurat, panas yang merata pada saat mengukus , dan 100% menjaga nutrisi makanan.  Oiya produk FOTILE juga dilengkapi dengan teknologi api yang menghemat energi gas khususnya pada kompor gas FOTILE.

Hemat pemakaian gas



built in Microwave

Si built - in steam Oven

Airnya terkumpul di satu tempat




Dengan 21 pengalaman internasional di bidang desain dan 500 paten nasional untuk perangkat dapur, FOTILE yakin dapat menjadi merk nomor satu untuk perangkat dapur  di Indonesia. “kami mengerti bahwa pengalaman pengguna dan nilai yang didapat oleh pengguna dari suatu produk adalah aspek yang terpenting” ujar Hansen, Direktur FOTILE Indonesia. “Oleh karena itu, kami berusaha menyediakan pengalaman pengguna yang terbaik melalui produk – produk kami dan memberikan ketenangan dengan jaminan dan layanan konsumen jangka panjang.” Tak tanggung – tanggung FOTILE memberikan jaminan servis dan spare part selama tiga tahun, lebih lama dari merk dapur lainnya.



Tidak banyak rumah di Indonesia yang memiliki range hood di dapurnya, padahal jelas – jelas range hood ini sangat membantu para ibu untuk tetap menjaga kesehatan keluarga. Semoga kedepannya FOTILE juga memproduksi range hood dengan harga yang terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat.  Untuk info lebih lanjut sila berkunjung ke webnya FOTILE yaaa….

















6 comments

  1. Duh... seandainya semua dapur difasilitasi seperti ini yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak jadi betah ya mak....

      Delete
  2. Duh... seandainya semua dapur difasilitasi seperti ini yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawaannya mau masak mlulu mak....

      Delete
  3. Duh dapur kaya gini selalu jadi mimpi kalau punya rumah sendiri nanti. Biar nanti kalau punya istri betah masak di dapur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti tinggal cari istri atau cari rumah nih? #eh

      Delete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall