17 June 2015

Memasak Lebih Mudah Dengan #InovasiDapur Philips






H - 1 sebelum Ramadhan, tak terasa waktu cepat berlalu ya. Dan ini adalah Ramdhan pertama saya tanpa kehadiran nenek. Iya sih sejak 3 Ramdhan lalu nenek sudah tidak bisa lagi berpuasa mengingat demensia yang beliau alami membuatnya kadang lupa jika sedang berpuasa. Namun kehadirannya, resep – resep masakannya, bahkan gelak canda menggodanya yang tak berpuasa mengingatkan saya akan beliau. Saya dibesarkan oleh nenek yang hobi memasak dan masakannya selalu enak menurut saya. Kebiasaan kami di rumah semasa nenek ada yaitu sahur dengan rendang ayam buatannya ataupun dadar kornet iris cabe rawit kesukaan saya. Ah, jadi teringat semua kenangan tentang beliau. Nenek pintar memasak, dan sangat telaten dalam mengurus peralatan masak yang ia punya. Terlebih jika menggunakan #Peralatan Masak Philips. Kalau orang Cheko bilang dieman – eman alias disayang – sayang.  Setelah selesai menggunakan pasti dibersihkan dengan seksama. Tak jarang saya suka menggodanya bahwa beliau lebih sayang dengan #Perlengkapan Masak Philips miliknya dibanding saya cucu tertuanya.



Bayangkan saja, nenek mempunyai sebuah Philips Mixer yang beliau beli sekitar tahun 1994 – 1995  dan masih berfungsi dengan baik hingga saat ini, awet kan?. Bicara tentang Philips, siapa sih di sini yang tidak menggunakan produk Philips?saya yakin semua menggunakan dan cinta dengan produk Philips. Banyak jenis produk yang ditawarkan oleh Philips, mulai dari Food Steamer, Mixer, Hand Blender, Pressure Cooker, Sandwich Maker, Citrus Press, Coffe Maker, Juicer, Food Processor, Table Grill, Airfryer, Rice Cooker, Magic Com, Blender dan lainnya. Itu baru #Peralatan Masak Philips saja, belum Peralatan Rumah Tangga Lainnya, seperti yang ini. Pokoknya banyak deh produk Philips yang membantu dan memudahkan hidup kita J


 
Philips Juicer


Senin lalu, 15 Juni 2015, saya bersama komunitas Emak Blogger mendapat undangan untuk menghadiri Cooking Challenge yang diadakan oleh Philips Indonesia bertempat di GF Thamrin Nine, Jakarta. Dalam acara tersebut hadir  Erik Van Houten, Head of Consommer Philips Indonesia. Menurut Mr. Erik, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang gemar memasak makanannya sendiri dengan berbagai pertimbangan. Beliau yakin produk memasak Philips kedepannya menjadi produk andalan masyarakat Indonesia. Acara ini juga dipandu oleh Novita Anggie dan chef ganteng, Yuda Bustara.



Peralatan Masak Philips yang digunakan

Kali ini chef Yuda menantang hadirin yang hadir untuk memasak 4 menu masakan yang sehat, mudah dan hemat waktu. Menu tersebut yaitu; nasi Briyani, Quick Steam Bakpau, Kue Cubit dan Jeruk Coco. Kesemua respnya cocok untuk Ramadhan ya… Sebelumnya chef Yuda mendemonstrasikan cara memasak dan cara menggunakan Perlengkapan Masak Philips.  Huhuhu 4 menu dalam 45 menit, sanggup kah? Hadirin yang hadir dibagi dalam 12 kelompok di mana satu kelompok terdiri dari 6 – 8 orang. Saya sendiri berada di kelompok 5 bersama para blogger kenamaan antara lain, Caroline Adenan, Dwina Yusuf, Myra Anastasya, Annisa Steviani, Rinrin dan 2 blogger laki-laki yang sudah tak asing lagi, bang Tigor dan Bowo

Kami membagi tugas untuk menghemat waktu, ada yang bertugas mengambilkan bahan makanan, cuci peralatan, memasak dan menyiapkan hiasan alias garnish. Saya dan Caroline (Olin) kebagian memasak Nasi Briyani. Bahannya antara lain; daging kambing, minyak, air, beras basmati,daun ketumbar, daunt mint, tomat, yoghurt, bawang Bombay, bawang goreng dan garam-merica secukupnya. Nah untuk bumbu halusnya hanya cabe hijau keriting sesuai selera, bawang putih, kapulaga hijau, bubuk garam masala, jintan dan minyak secukupnya. Cara pembuatannya pertama – tama blender bumbu halus dengan Philips Hand Blender. Lalu nyalakan fungsi Bake pada Philips Pressure Cooker, beri sedikit minyak , tumis bawang Bombay dan tumis bumbu halus hingga harum dan minyaknya keluar. Masukkan daging dan tumis sebentar hingga berubah warna kecoklatan. Tambahkan potongan tomat, yoghurt, daun mint, daun ketumbar, bawang goreng, garam dan merica. Masukkan beras basmati dan air, aduk rata, lalu tekan fungsi otomatis rice, dan set waktu masak 15 menit.


 
Asik-asik foto Perlengkapan Masak dan Menu


Kelar membuat nasi Briyani, saya dan Olin membantu teman – teman lainnya untuk membuat Quick Steam Bakpau dan Kue Cubit. Myra, Olin, Rinrin, Dwina dan Annisa bersama – sama mengerjakan resep lainnya, sementara bang Tigor dan Bowo bolak balik membersihkan #Peralatan Masak  Philips  yang sudah selesai digunakan dan mengecek #Perlengkapan Masak Philips, apakah sudah tercolok dan berfungsi dengan benar. Tiba – tiba dari arah belakang, meja kelompok 9 berteriak kalau listriknya padam. Saya jadi was-was takut meja kelompok saya juga padam, apalagi nasi Briyani dan Bapau diset kurang lebih 10-15 menit. Tak lama meja saya pun kena giliran listrik padam. Whuaaahhh nasi Briyaninya gimana? *sutress bin panic*


Eksis pas nasi Briyani udah di Pressure Cooker


Untung lah teman- teman tetap tenang, tetap mengerjakan semua tugas dengan seksama tanpa terusik listrik padam, dan semua menu kami selesaikan sesuai dengan waktu yang diberikan. Huh!saya bernafas dengan lega, alhamdulillah selesai. Sambil menunggu dewan juri menilai, semua peserta diminta menikmati santap siang. Dan ketika kembali ke meja, kami mendapati kalau nasi Briyani yang ditata dengan apik oleh Annisa di atas talenan, dan diberi hiasan cantik oleh Dwina, sudah berada di atas meja dewan juri. Saya cuma membatin “semoga nasinya enak, matang dan dewan juri suka”.  Setelah semua peserta berada di dalam ruangan, Novita Anggie mengumumkan pemenang livetweet dan Best Twicpic. Alhamdulillah, saya terpilih sebagai pemenang livetweet dan mendapatkan hadiah satu buah mixer. Tiba lah saatnya Novita Anggie dan chef Yuda mengumumkan pemenang Cooking Challenge, pemenang ketiga kelompok 3, dan pemenang kedua…jreng..jreng kelompok 5, kelompok saya. Horeee…..saya dan teman-teman pun bersorak kegirangan. Mau tahu hadiah apa yang saya dan teman-teman dapatkan?masing – masing mendapatkan sebuah Philips Hand Blender yeaayyy…..


 
Taraaa....ini dia penampakan menu Kelompok 5


Bagi saya sehat itu berawal dari makanan yang diolah di dapur sendiri. Nenek  saya dulu lebih suka merencanakan, menyiapkan, dan mengolah makanan sendiri karena beliau yakin bahwa memasak makanan sendiri baik bagi kesehatan. Dan kesemua hal tersebut beliau ajarkan pada saya. Setelah menikah, saya pun akhirnya memilih untuk memasak makanan sendiri di rumah. Berikut manfaat memasak sendiri di rumah;

  • Makanan terjamin bersih dan sehat

Iya donk kan kita sendiri yang merencanakan, memilih dan mengolahnya sehingga kita dapat memastikan kesegaran bahan-bahan yang digunakan dan kandungan gizi dari bahan makanan tersebut. Selain itu ada bahan makanan yang alergi, kita dapat mengganti atau menyesuaikan dengan bahan makanan lainnya. 
  • Dapat mengatur rasa yang diinginkan

Kalau saya yang pasti memasak  meminimalkan penggunaan MSG, menambahkan rempah dan bumbu alami sesuai selera anggota keluarga.

  • Bebas Membuat Kreasi Menu dan Menyeimbangkan Nutrisi

Karena kita yang mengatur menu, jadi kita dapat mengetahui dengan pasti jumlah karbohidrat – protein – lemak dan lainnya agar seimbang.

  • Hemat bin irit

Hahaha ini yang penting. Coba saja bandingkan pengeluaran makan 1 orang untuk 3x makan, nah kali deh dengan jumlah anggota keluarga J pasti jauh lebih murah jika kita masak sendiri.

  • Mengasah Kreatifitas

Coba deh sesekali ajak anak untuk ikut masak atau membuat bento bersama, pasti kita akan tercengan betapa anak –anak kreatif dalam memasak.

  • Mendekatkan hubungan keluarga

Bayangkan kalau seluruh anggota keluarga memasak bersama-sama, seru kan….

Bikin bakso sendiri, lebih sehat dan irit


Kiri : hadiah livetweet, kanan : punya nenek, awet kan?

Alhamdulillah, berkah ngeblog dan rejeki Ramadhan


Oiya sampai lupa cerita kalau produk Peralatan Masak Philips yang kemarin digunakan pada saat Cooking Challenge antara lain:

  • Philips Hand Blender

Mengolah makanan menjadi lebih mudah dan nyaman, dengan Teknologi ProMix, desain yang unik dan mata pisau yang tajam untuk menghaluskan bahan makanan dengan sangat baik. Tenaga minimum dengan hasil maksimun.



  • Philips Electric Pressure Cooker

Memasak pintar dan cepat menggunakan tekanan dan panas yang tinggi, tidak butuh waktu lama, sehingga nutrisi tetap terjaga. Dilengkapi dengan pot yang anti lengket, pengaturan multifungsi digital membuat benar-benar hemat waktu.

  • Philips Food Steamer

Memasak menggunakan Food Steamer jauh lebih sehat dibanding menggoreng makanan. Philips Food Steamer tidak hanya berfungsi untuk mengukus makanan, namun juga dapat menambahkan aroma dan wangi rempah yang sedap untuk meningkatkan rasa dan aroma masakan.

  • Philips Mixer

Mudah digunakan dan dibersihkan, dapat mencampur adonan yang kental sekalipun.

  • Philips Sandwich Maker

Anti lengket, mudah digunakan dan dibersihkan. Memudahkan membuat penganan atau bekal sekolah.

  • Philips Citrus Press

Cukup belah jeruk menjadi dua, tancapkan pada Citrus Press, jadilah juice jeruk tanpa biji. Dan mudah dibersihkan pastinya.



Kalau saya ditanya, mana produk Philis favorit saya?jawabannya SEMUA. Ya semua produk Philips membantu memudahkan hidup dan menjadikan saat  memasak menjadi lebih spesial….

Untuk info dan keterangan  produk Philips lebih lanjut sila klik dan follow Facebook, Twitter atau Websitenya.

 
Tetap eksis bareng Emak Blogger



Sumber: Sajian spesial di hari istimewa Philips-Femina





10 comments

  1. Asiiik nyoooo..... congraat mak Sally.... moga makin berkah teruuus...aamiin

    ReplyDelete
  2. wah seru ya eksis bareng emak blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa,...sayang ga ikutan Mia...

      Delete
  3. wahhh bawa pulang hadiah banyak yo maak sally, dakuw cuma bisa ngences baca cerita emak2 keb di grup Wa hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, rejeki awal Ramadhan

      Delete
  4. Aku pake phillips juga di rumah, hand blender sama mixer. emang paling jempolan yaaa...
    Wah borong hadiah nih :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang paling top mak, tapi aku naksir Pressure cooker dan Steam up nya....

      Delete
  5. Philips emang jagonya inovasi dapur ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak Lid....jadi pengen gadget dapur lainnya....

      Delete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall