22 August 2015

My 7 Days Fruits Diary : Tantangan Untuk Fadly





Masih inget  4 sehat 5 sempurna ya? Kalau sekarang sih yang kekinian ya Piramida Makanan. Tahu donk? Pada Piramida makanan, dikatakan bahwa buah dan sayur sebaiknya dikonsumsi 3 – 5 porsi sehari. Ini yang membuat saya berusaha ekstra keras dan sabar agar suami dan anak – anak mau makan buah sesuai anjuran piramida makanan.



Di keluarga saya, saya lah yang bertugas mengatur menu dan menghidangkannya *ya iyalah namanya juga emak – emak* dan ‘memaksa’ anak – anak dan suami untuk mengkonsumsi buah merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Padahal seperti yang kita tahu, buah banyak mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Mejeng dulu di acara Sunpride


Suami dan anak bungsu saya Fara, alhamdulillah tidak susah meminta mereka mengkonsumsi buah. Pak suami rutin membeli pisang Cavendishnya Sunpride untuk dikonsumsi sebelum lari. Apalagi jika pak suami dalam persiapan untuk ikut lomba lari, pisang Cavendish jadi menu wajib baginya. Sedangkan Fara tidak usah diragukan lagi kepiawaiannya mengkonsumsi buah. Semua buah Fara sukai. Sebut saja pear, semangka, nanas, jeruk, melon, papaya, pisang, jambu dan lainnya. Fara pernah kedapatan mengkonsumsi 1 kg jeruk dalam waktu 1 jam sebelum arisan di rumah mulai. Yang pusing tentu saja saya, wong ibu – ibu arisan sudah ada yang datang, eh buahnya keburu digondol Fara. HIhihi kalau ingat kejadian itu, saya masih senyum – senyum sendiri. Jadi gak heran di rumah kami, Fara disebut si monster buah karena kesukaannya pada buah. 

Nanas Honi yang manis



Lalu bagaimana dengan Fadly, anak lanang saya. Ya tantangan saya justru ada pada Fadly. Saat diusia batita, Fadly tidak pernah menolak dengan buah apapun yang saya berikan. Jeruk, semangka, melon, nanas, mangga semua dia lahap. Namun ketika beranjak besar, Fadly hanya mau makan beberapa buah yang dia suka saja. PR ya buat saya, karena tidak semua buah favoritnya Fadly tersedia di meja makan. Karena Fadly suka sekali main games, dan senang dengan tantangan, maka saya menantang Fadly untuk mengkonsumsi buah – buahan selama 7 hari sebagai permulaan. Dan biar makin seru, saya pun ikut serta mengkonsumsinya. Iya donk, masa minta anak untuk makan buah, eh orang tuanya gak suka makan buah, gak adil donk ya. Berikut cerita saya……

Pear Sunpride

Senin 3 Agustus 2015

Pagi ini saya mengingatkan Fadly akan tantangan kami. Dan ia menyanggupi. Untuk buah pertama yang akan dia konsumsi adalah melon. Kenapa melon?karena Fadly tidak suka melon dengan alasan melon buah yang lembek dan *maaf* menjijikan buatnya. Padahal Melon buah yang kaya akan pigmen tanaman lycopene. Studi di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan resiko penyakit kardiovaskular menurun sebanyak 50 persen pada wanita dengan kandungan lycopene tinggi pada darahnya. Melon dapat menjaga metabolisme tubuh, mengontrol tekanan  darah, menjaga kekebalan tubuh, dan dapat memenuhi konsumsi vitamin C harian*. Saya memilihkan golden melon Sunpride untuk Fadly. Selain rasanya yang manis, golden Melon Sunpride memiliki kandungan isi buah yang tidak lembek, crunchy dan mengandung banyak air cocok untuk di musim panas seperti ini. 
Golden Melon yang cantik

Setelah dipotong, siap dikonsumsi

Yang gak sabaran


Selasa, 4 Agustus 2015

Karena hari ini senam di Sekolah, dan kelas Fadly mendapat giliran masuk pagi, saya membekali Fadly dengan buah pepaya agar kenyang lebih lama. Selain melon, pepaya merupakan buah yang juga tidak disukai Fadly. Baunya yang khas seperti  bau burung peliharaan kami ditambah bentuk buah yang lembek dan berair ketika dipegang membuat Fadly menolak jika disuguhkan pepaya. Namun ketika Fadly mencicipi pepaya California Sunpride yang manis, dengan warna yang mengkilap, daging buah yang tebal dan biji buah yang sedikit, ternyata membuatnya ketagihan makan pepaya. Dilain kesempatan saya mencoba menyuguhkannya pepaya jenis lain,  fadly kembali menolak dengan alasan lebih enak pepaya yang kemarin, lebih manis rasanya (pepaya California maksudnya). 
 
Pepaya California


Yang cantik suka sama pepaya


Rabu, 5 Agustus 2015

Di hari ketiga, saya menyuguhkan Guava Crystal si Jambu biji yang rasanya enak, manis dan legit. Tanpa babibu Fadly dan Fara melahapnya. Mereka berdua memang suka dengan Guava Crystal, salah satu produk unggulan Sunpride selain pisang Cavendish. Guava Crystal ini cukup disajikan dengan cara dipotong – potong tipis sesuai selera lalu lep, tinggal dikonsumsi saja. Menurut Fadly dalam 2 hari mengkonsumsi buah – buahan, BAB mulai teratur dan terasa mudah, tidak perlu sembelit seperti sebelumnya.

Kesukaan keluarga Fauzi

Mau makan kok ya selfie





Kamis, 6 Agustus 2015

Rejeki memang tak ke mana. Ditengah program saya untuk mengajak Fadly makan buah, eh ya kok kebetulan oom saya datang membawa anggur, salah satu buah kesukaan Fadly. Tak perlu disuruh, begitu anggur selesai dicuci, Fadly sudah duduk anteng menikmatinya. Sepertinya Fadly tahu Anggur  jenis Red Globe ini  kaya akan nutrisi Flavonoid, mineral boron dan anti oksidan yang bermanfaat mencegah gejala kurang darah*.


 Anggur Red Globe



Jumat, 7 Agustus  2015

Pulang sekolah saat siang hari yang terik, paling enak menikmati semangka potong yang dingin.. Awal saya suguhkan, Fadly menolaknya karena terlihat banyak biji (karena hitam dia bilang buahnya kotor :D) Tapi begitu mencicipi segarnya semangka potong yang dingin…..sluuuurrrp Fadly gak mau berhenti, bahkan tak segan mengambil jatah Fara untuk dirinya. Sejauh ini saya melihat Fadly sedikit demi sedikit mulai suka dengan buah – buahan. Mulai bertanya apa manfaat dari buah yang dia makan. Apakah buah tersebut baik untuk anak seusianya. Dengan pengetahuan yang seadanya, saya mencoba mengajaknya mencari tahu bersama. Fadly excited sekali mengetahui bahwa buah yang dia makan bermanfaat bagi tubuh.
Mulutnya muat bang?

Manissss





Sabtu, 8 Agustus 2015

Pagi ini ternyata pak suami dan Fadly janjian untuk lari pagi bersama. Jam 5 pagi mereka berdua sudah siap untuk start mulai lari. Malam sebelumnya Fadly mengingatkan saya untuk menyiapkan pisang Cavendish kesukaan  bapaknya untuk keesokan paginya. Saya tanya, “kamu mau juga ‘nak?” tanpa ragu Fadly menjawab….. “Iya bu, aku juga mau”  Yeaaayyy pisang Cavendish pun lahap masuk ke perutnya tanpa perlawanan :D




Penampakan pisang Cavendish


Minggu, 9 Agustus 2015

Hari ini tantangan saya ke Fadly akan berakhir. Tampaknya Fadly mulai menikmati buah seperti yang saya harapkan. Ya, saya pun mau tidak mau  ikut belajar makan buah tiap hari. Walaupun seperti Fadly, saya tidak suka pepaya. Dan hari ini saya menantang Fadly untuk mengkonsumsi manggis yang dia tidak tahu bentuk buahnya seperti apa.  Awalnya menolak, melihat buah yang bentuknya kecil dan hitam, menurut Fadly pasti pahit, gak enak!. Iya sih memang membukanya membutuhkan sedikit usaha :D Dan…..pendapat Fadly, dia tetap tidak suka buah ini, susah dibuka, ujarnya. Hihihi gak apa – apa ya ‘nak, namanya juga belajar, semoga lain kali kamu suka.


Fadly tetap gak suka, lebih enak Guava dan Melon katanya :D


Alhamdulillah, sedikit demi sedikit Fadly pun mulai mau mengkonsumsi buah. Dan sebagai hadiahnya, Fadly mendapat kesempatan “kencan” nonton film pilihannya di bioskop berdua bapaknya pada 29 Agustus nanti….yeaaayyyy. Satu hal yang membuat saya senang,, frekuensi BAB Fadly jauh lebih teratur dan lebih mudah. Dalam waktu 3 hari mengkonsumsi buah, Fadly mulai merasakan manfaatnya, yaitu lebih mudah BAB, tidak perlu lama – lama ngedan. 

Semangka potong untuk cemilan



Itu cerita saya dan Fadly yang belajar mengkonsumsi buah selama 7 hari. Apa ceritamu?








Ket *: www.sunpride.co.id



8 comments

  1. duh aku juga gak suka melon, mesti digabung sama air sirup biar mau makan...
    tapi golden melonnya lucu warnanyaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh melonnya Sunpride mba, manissss banget. Dijamin gak perlu pake air plus sirup. Dan bentuk buahnya gak lembek gituuu

      Delete
  2. Wooowww Fadly luluuuuss, horeeee. Tantangan banget yaa ngajak anak yg udah mulai pemilih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah banget mba,...malah enakan ngajakin Fara makan buah, banyakan dia makannya hahaha

      Delete
  3. Semoga memang ya maakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...amin...amin....makasih mak....

      Delete
  4. Replies
    1. Mupeng buahnya atau mupeng modelnya hayooooo :D

      Delete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall