expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

21 March 2016

Serunya bikin video time-lapse di smartphone!

 Hai teman,...


Pernah gak kamu melihat  video perubahan langit dari pagi, siang, sore, malam, dengan sangat cepat? Gimana? Keren banget ya. Waktu yang lama dan berjam-jam, bahkan berhari-hari dipersingkat jadi beberapa menit, bahkan beberapa detik. Saya jadi penasaran lho, bikinnya gimana. Kayak videonya National Geographic ini nih.


Video time-lapse ini tentunya dibuat  secara profesional dengan kamera video yang serius. Tapi jangan sedih, sekarang kamu  juga bisa lho membuat video time-lapse pake smartphone. Seperti di smartphone Huawei Y6 yang ada fitur time-lapse-nya.

Tapiii, tetep biar hasilnya bagus dan berkonsep (ceileh), musti melakukan persiapanlah. Nah, saya menemukan beberapa tips penting untuk membuat video time-lapse.

  • Bikin konsep
Mau membuat video tentang apa? Pilih sesuatu tema yang menarik. Misalnya, aktivitas sehari-hari di kantin sekolah, atau berkaitan sama alam seperti metamorfosa ulat jadi kupu-kupu, atau proses mekarnya bunga, atau aktivitas di sebuah tempat umum yang ada keramaian, seperti di stasiun kereta api.


  • Gunakan tripod
Jadi, kamera smartphone ini akan merekam sebuah objek dalam waktu yang lama. Nggak mungkin dong kamu pegangin terus selama berjam-jam.  Fungsinya tripod ini juga supaya kamera bisa merekam dengan stabil, tanpa goyangan, karena pasti akan mempengaruhi hasil akhirnya.

  • Cari angle yang tepat dan posisi yang sama

Angle dan posisi yang sama akan membantu pemirsa merasakan perubahan dan perbedaan yang terjadi dalam video tersebut.

  • Pastikan baterai dalam keadaan full
Smartphone akan dipakai selama berjam-jam, jadi pastikan baterainya dalam keadaan full, dan siapkan powerbank untuk berjaga-jaga jika low-batt.



Menurut saya bakalan asyik banget lho bikin video time-lapse dengan smartphone. Saya jadi penasaran dan pingin nyoba. Banyak banget deh idenya! Bisa ngerekam kegiatan pas lagi jalan  bareng keluarga, ngerekam keseruan aktivitas anak-anak, ngerekam acara yang saya datangi. Seru! Hahaha jadi excited nih saya!



Mungkin ini saatnya ceki-ceki smartphone keluaran Huawei ini. Konon harga Huawei Y6 cukup reasonable, cuma sejutaan! Haaaa....penasaran kaaaan!



3 comments

  1. wah asyik ya mbak pakai kamera Huawei

    ReplyDelete
  2. saya jadi penasaran sama kehebatan video dari smartphone ini Mbak :)

    ReplyDelete
  3. What!! Sejutaan! Ini mah masuk budget. Canggih pula..

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall