08 May 2016

Kuliah Online? Kenapa Tidak!








Kalau ingat masa – masa kuliah, kepengin deh mengulangnya lagi. Hihihi bukan, ini bukan baper karena film Indonesia yang fenomenal itu. Tapi mendengar cerita sepupu yang masih kuliah, bikin saya jadi ingin kembali ke bangku kuliah. Suasana kampus, mata kuliah yang saling berkejaran, nongkrong di ruang komunitas dan aneka tempat nongkrong asik, mengingatkan saya betapa asiknya masa kuliah. Namun dengan status saya sebagai seorang ibu dua anak tanpa asisten, apa bisa saya kembali ke bangku kuliah?. Kebayang donk bermacet ria di jalan yang tentunya tidak sebentar sebelum sampai di kampus. Ditambah lagi kalau saya kuliah, Fara dengan siapa? Memangnya gak ada gitu kampus yang menyediakan perkuliahan secara online?





Di era digital seperti sekarang ini, kita perlu sesuatu yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja Termasuk belajar. Kepengennya siha ada juga kampus yang perkuliahannya bisa dilakukan secara online. Kuliah online itu memangnya seperti apa sih? Kuliah Online itu sama saja seperti kuliah pada umumnya. Dimana kita tetap belajar, mendapatkan materi dan berdiskusi. Bedanya, kita melakukan semuanya melalui internet. 
 

Tidak bisa dipungkiri kalau kita sering kali memiliki keterbatasan waktu untuk kuliah karena kesibukan sehari-hari. Kita bisa saja mengikuti kuliah kelas karyawan ataupun kuliah malam hari, namun kita harus tetap datang ke kampus dan mengikuti pembelajaran di kampus setiap saat. Salah satu cara agar kita dapat kuliah dan tidak perlu datang ke kampus setiap saat yaitu dengan kuliah online. Untuk kuliah online pun kita perlu memilih Universitas penyelenggara yang dapat dipercaya dan berkualitas tentunya. Kualitas ini mencangkup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa tersebut.


Namun saat ini belum banyak Universitas yang dapat menyelenggarakan sistem kuliah online yang terpercaya dan berkualitas. Untuk itu Binus Online Learning hadir memberikan kemudahan pendidikan bagi mahasiswa yang terkendala oleh waktu. Sistem Binus Online Learning ini juga sangat Fleksibel. Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian. Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumahtangga seperti saya yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.



Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.


Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya.


Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video confrence, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

BinusUniversityLearningCommunity atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian atau pun perkuliahan face to face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.


Dengan progam EES(Employabiity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan kedalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional
 






Tentunya dengan metode pembelajaran secara Online, kita dapat #MajuTanpaBatas karena dapat kuliah kapan saja, dimana saja. Tidak ada lagi batasan untuk waktu kuliah, karena sekarang kita dapat melakukannya sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut, sila ke www.bulc.binus.ac.id. Bagaimana? Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas?





Sumber gambar : http://majutanpabatas-onlinelearning.binus.ac.id/






21 comments

  1. Sekarang semuanya serba online, termasuk kuliah. Namun dibutuhkan kedisplinan tinggi bagi mahasiswanya karena tidak ada yang mengawasi langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas,...justru tantangannya adalah menaklukan diri sendiri

      Delete
  2. Belum banyak ya Kampus kampus yg menyelenggarakan Kuliah Online. Padahal era digital seharusnya memang Tanpa Batas.
    Etapi butuh temu muka juga deng buat refreshment hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan waktunya bisa diatur, hihihi iya ketemu dosen buat refreshment...

      Delete
  3. Gile, sekarang bisa kuliah online juga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin canggih jaman semuanya jadi makin mudah ya mba..

      Delete
  4. Seru yah ngebayangin masa2 kuliah dulu. Wahh ini Binus keren banget ada kuliah online juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen kuliah lagi ya mba...

      Delete
  5. Wah keren ya, kyk bbrp kampus luar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin canggih ya mba,

      Delete
  6. keren ya sekarang, kuliah online. MEncari ilmu tiada batas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi solusi buat emak rumahan macam aku teh..

      Delete
  7. Memang teknologi semakin memanjakan usernya ya, ikutan kuliah ahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lagi kepikiran mau kuliah pas tau hal ini...yuk kuliah lagi bang...

      Delete
  8. cocok nih buay suami yg mau meneruskan kuliah..apa lagi ada jurusan yg sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan banget ya mba...hayuk kuliah

      Delete
  9. Menarik sekali di jaman serba canggih dan maju belajar secara online memang dapat membantu kita untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Namun, bagaimana dengan hasil penelitian di AS yang menyebutkan bahwa membaca melalui layar komputer dan gadget, ternyata memengaruhi otak sehingga sulit untuk memahami makna bacaan? Bila dikaitkan dengan kuliah online yang akan sering memanfaatkan layar komputer tentunya hal ini akan menjadi kendala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin perlu ada manajement waktu belajarnya, cahaya dan posisi membaca bisa jadi faktor juga kan...

      Delete
  10. hiyaaahh, jadi pengen kuliah lagi jadinya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bikin mupeng ya mba...

      Delete
  11. Kuliah online ini semacam universitas terbuka gitu yaa

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall