24 May 2016

Ragam Aktivitas di Wisata Air Panas Ciater




Pemandian air panas Ciater yang sering disebut Sari Ater berada di kecamatan Ciater, kabupaten Subang Jawa Barat telah menjadi tujuan wisata keluarga Indonesia. Dengan lokasi yang strategis yang berada di perbatasan kota Bandung dan Subang sekaligus berbatasan dengan kota Lembang menjadikan obyek wisata ini diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke kota Bandung dan sekitarnya.



Mata air panas Ciater yang bersumber dari kawah Gunung Tangkuban Perahu bersuhu 46 derajat Celsius dan kemudian mengalir di sungai sepanjang 2000 meter dengan suhu turun menjadi 2 derajat mengairi area persawahan masyarakat. Air yang berasal dari kawah ini memberikan hasil pertanian yang lebih baik bila dibandingkan dengan mata air gunung pada umumnya. Daerah Ciater sendiri pada awalnya adalah sebuah hutan yang diubah menjadi perkampungan dan diberi nama Ciater yang berarti air memancar menurut bahasa Sunda.



Dengan luas yang mencapai 30 hektar dan bentang alam pegunungan menjadikan kawasan ini sebagai obyek wisata terbesar di provinsi Jawa Barat. Dengan potensi ini pemerintah Subang telah meningkatkan fasilitas dan kenyamanan berwisata dengan menyediakan hotel dan villa, wahana bermain untuk anak-anak, kuliner serta arena outbond yang menantang di alam terbuka untuk mendorong minat wisatawan mengunjungi tempat ini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan di kawasan obyek wisata Ciater.



  1. Berendam di pemandian air panas Sari Ater

Pemandian air panas Ciater mengandung kalsium, magnesium, chloride, sulfat dengan kadar aluminium yang tinggi. Juga tingkat keasaman yang tinggi. Dengan kondisi ini air panas Ciater dapat membantu mengobati penyakit kulit sekaligus sebagai terapi bagi penyembuhan rematik, gangguan syaraf dan tulang serta penyembuhan kelumpuhan yang diakibatkan oleh stroke. Terapi rutin berendam di mata air panas dengan suhu yang mencapai 42 derajat Celsius dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.



Pemandian ini menyediakan beberapa kolam air panas misalnya kolam mayangsari, kolam pulosari, kolam wangsadipa dan kolam leuwisari dengan harga tiket masuk yang berbeda-beda. Bagi anda yang ingin berendam di dalam kolam tertutup, anda bisa berendam di kamar rendam yang lebih terjaga privasinya.



Air terjun yang ada di lokasi ini bernama Curug Jodoh juga mengalirkan air panas yang memberikan sensasi pijatan hangat jika anda berdiri di bawah air terjun. Untuk masuk ke dalam kawasan air terjun tidak dikenakan biaya karena sudah termasuk dalam tiket masuk. 

 

Walaupun tidak berbahaya, namun jika anda mengidap penyakit berat disarankan untuk tidak memaksakan diri untuk berendam di air panas ini untuk mencegah kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Waktu sore hari adalah waktu terbaik untuk berendam karena kondisi pemandian lebih sepi dari pengunjung. 

Photoright: wisatakuliner09.blogspot.com





  1. Berwisata kuliner

Setelah puas berendam yang membuat seluruh tubuh menjadi rileks, berwisata kuliner adalah pilihan kegiatan selanjutnya. Sate dan sop kelinci menjadi pilihan masakan yang menghangatkan di tengah dinginnya suhu Ciater.

 

Untuk oleh-oleh khas, anda dapat membeli buah nanas yang menjadi salah satu buah kebanggaan masyarakat Subang yang banyak djual di sepanjang jalan Ciater. Jika anda ingin bentuk olahan dari nanas, industri makanan Ciater telah mengolah buah nanas menjadi sirup dan dodol nanas.



Pie dari nanas pun sudah mulai dikembangkan dengan nama Delipel Pie yang menjadi oleh-oleh baru dari Ciater. Selain itu, Delipel sebagai merk dagang juga telah mengolah nanas menjadi Delipel Nastar, Delipel Cake dan Delipel Cupcake berbahan baku nanas simadu yang dikemas dengan desain yang unik dengan informasi wisata dan budaya kabupaten Subang.




Photoright: kotasubang.com




  1. Menginap di villa yang unik dan nyaman

Bagi anda yang berasal dari luar kota, anda bisa memilih berbagai macam penginapan atau villa sesuai kebutuhan anda sehingga anda bisa menikmati eloknya panorama Ciater lebih lama. 

 

Salah satu kawasan resort yang ada adalah Sari Ater Hotel & Resort.    
H­otel ini dapat dibooking melalui aplikasi Traveloka. dengan fasilitas air panas yang terintegrasi langsung ke hotel dengan sumber mata air panas. Sari Ater Hotel & Resort menawarkan beragam tipe kamar dan villa yang nyaman dengan fasilitas lengkap. Bahkan kini juga tersedia Family Camping Park yang akan menambah keseruan liburan anda dan keluarga. 

 

Dengan konsep one stop recreation, Sari Ater Hotel & Resort menyediakan semua kebutuhan anda berekreasi di satu tempat seperti sarana outbound seperti flying fox di atas kebun teh, adventure berupa ATV, rekreasi keluarga dengan wahana bermain anak-anak, wisata kuliner dan paket-paket wisata seputar Ciater seperti paket morning/afternoon tea walking, outbound package dan paintball package. Dan tentu saja, obyek wisata andalannya yaitu mata air panas. Selain itu, Sari Ater menyediakan kendaraan gratis yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling di kompleks villa yang hijau dan asri ini.




Photoright: cleartrip.com







8 comments

  1. waah udah lama ngga ke sana

    ReplyDelete
  2. Di Malang Juga Ada kak pemandian air panas, Namanya Cangar. Kalo ke malang mampir situ dong :D

    ReplyDelete
  3. Mba headernya keren banget

    salah fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih...ini masih banyak yang perlu dibenahi

      Delete
  4. selain ciater ada juga pemandian air panas di subang, namanya gracia.. lebih mewah sedikit sih.. coba deh sesekali ke pemandian air panas gracia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kang...mau deh nyobain

      Delete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall