19 August 2016

Mari Memajukan Usaha Bersama Tata Motors Indonesia





Sudah lama saya kepingin mengunjungi Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2016, pameran aneka produk otomotif yang berlangsung di ICE BSD City. Selain karena dipenuhi berbagai jenis kendaraan sebagai alternatif pilihan, GIIAS merupakan salah satu pameran otomotif terbesar yang diselenggarakan di hall yang besar, luas dan megah.  Kebayang donk semua produk otomotif kece tumplek blek jadi satu. Mulai dari sepeda, motor, mobil, bus bahkan truk pun ada.


Saya dan salah satu teman blogger, Zata, mengunjungi sebuah booth yang menarik perhatian kami berdua. Hihihi ternyata saya dan Zata sama – sama menyenangi kendaraan besar sejenis truk. Begitu melihat spot sepi di salah satu truk, kami pun heboh berpose bersama. Penasaran dengan truk yang mirip Optimus dalam film Transformer, kami berdua mencari tahu mengenai truk tersebut. Ooo ternyata kami berada di Booth Tata Motors Indonesia dan truk tersebut adalah produk mereka.


Tata Motors merupakan produsen mobil dari negara India dan merupakan yang terbesar di India. Pada tahun 2015 – 2016, Tata Motors Limited mendapat pendapatan konsolidasi sebesar USD 41,6M. Tata Motors Distribusi Indonesia resmi memasarkan beberapa produknya pada tahun 2013. Namun sudah banyak pencapaian yang telah diraih oleh Tata Motors. Sebut saja Tata Ultra 1012 yang merupakan light truk kuat dengan total cost of ownership (TCO ) terendah dikelas. Selain itu ada Tata Xenon XT D – Cab 4x4, Super Ace Diesel dan lainnya. 


Tata Motors Indonesia berkomitmen di dua pasar sekaligus untuk kendaraan komersil, Ultra dan Xenon. Hal ini mendukung tema pemasaran “Think Business  Think Tata Motors”. Dengan mengusung Play Strong!, yang berisi Strong Commitment (Komitmen yang kuat), Strong Product (Komitmen untuk memasarkan produk yang kuat), Strong Customer Care (Komitmen memberikan layanan purna jual) dan Strong Corporate Social Responsibility (Komitmen kepedulian terhadap masyarakt.


Pada saat acaratemu blogger 18 Agustus 2016 di booth 3F, Hall 3A  GIIAS, Bapak Wildan Bachtiar, Commercial Marketing Tata Motors mengatakan “Tahun ini adalah tahun ke lima Tata Motors bergabung dengan GIIAS, sejak hadir di Indonesia pada 2012 lalu.  Pada tahun awal, Tata Motors mempersiapkan Infrastuktur dan layanan purna jual. Dan baru pada tahun 2013, Tata Motors mulai berjualan produk. Ditahun kelima ini penjualan Tata Motor mencapai 3000 unit”.  Bapak Wildan berharap kehadiran Tata Motors di Indonesia dapat membantu usaha masyarakat sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. 



Tata Ultra 1012

Pada saat acara GIIAS ini, Tata Motors meperkenalkan Tata Ultra 1012 yang merupakan light truk yang telah diuji coba selama lebih dari satu tahun atau setara dengan 25.000 km di berbagai medan. Tata Ultra didesain dengan perkembangan terkini, sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. Yakni memiliki performa yang superior, desain dan kenyamanan kabin kelas dunia, daya angkut yang tinggi serta konfigurasi bodi yang beragam, sehigga berguna untuk menambah produktifitas usaha dan umur penggunaan yang lebih lama.  Selain itu Tata Ultra merupakan  truk dengan desain yang kuat, hemat BBM dan multi guna, sehigga menjadi aset yang penting bagi pengguna serta menjadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif.

Tata Ultra menawarkan 5 keunggulan :
Ultra Versatile : Tata Ultra 1012 memiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar 4 – 7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter.

Ultra Style : Hadir dengan kombinasi antara teknologi terkini dan sosok yang lebih modern. Untuk segala fungsi dan pemakai, Tata Ultra 1012 menciptakan standar baru disegmen kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

Ultra Performance : Tata Ultra 1012 dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 125 PS @200 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya yakni sebesar 400 Nm @1300 – 1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra sebesar kurang lebih 10 ton.

Ultra Comfort : Tata Ultra 1012 memiliki desain kabin interior yang menitik-beratkan pada kenyamanan dan keselamatan, dengan desain kokpit yang fungsional dan menarik. Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas, dengan fitur kenyamanan antara lain power steering, seat adjuster, steering adjuster, weight control seat, serta tilt and telescopic collapsible steering yang memberikan kenyamanan posisi mengendara dan optimalkan stabilitas kendaraan saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Tata Ultra 1012 memiliki konfigurasi kursi berjajar (1 untuk supir dan 2 untuk penumpang) yang bisa disesuaikan, bisa digeser maju mundur maupun direbahkan ke belakang sesuai keinginan.

Ultra Safe :  Tata Ultra 1012 menggunakan Full Air Brake dan Ban radial tubeless yang menawarkan daya cengkram kuat sehingga meningkatkan kemanan mengendara. Dan untuk lebih meningkatkan keamanan, Tata Ultra tak lupa juga menyajikan neutral switch, side beam impact dan three point active retractable safety belt, bahkan chassisnya juga menggunakan Rolled Frame dengan material high tensile. 


Tata Ultra 



Tata Xenon XT D -cab 4x4

Selain memperkenalkan Tata Ultra 1012, Tata Motors juga memperkenalkan Tata Xenon XT D-cab 4x4 yang kehadirannya dianggap sangat cocok dengan wilayah Indonesia karena memiliki kabin ganda 4x4 yang bisa digunakan sebagai transportasi angkut barang serta kebutuhan pokok, atau bisa juga digunakan pada pertambangan dan perkebunan.


Melihat kondisi segmen pasar kabin ganda 4x4 di Indonesia yang konsisten tumbuh, Tata Xenon XT D-cab 4x4 diuji coba terlebih dahulu sebanyak 25.000 km di jalan dan medan di Indonesia yang beragam.  Sehingga Tata Xenon XT D-cab 4x4 dapat mengusung kualitas yang terjamin, kuat, efisien bahan bakar, serta didukung penuh oleh komitmen purna jual yang prima. Tata Xenon XT D-cab 4x4 juga menawarkan tenaga dan torsi yang melimpah, emisi yang rendah, kenyamanan pengendara ada menjanjikan biaya operasional paling efisien di kelasnya.

Tata Xenon XT D-cab 4x4 hadir memberikan beberapa  keistimewaan antara lain :
  • Muatan Tata Xenon XT D-cab dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bisnis, karena memilki loading deck berbahan double corrugated galvanized steel yang memiliki dayan angkut hingga 1.000 kg degan ukuran (PxLxT) 1.430 x 1.410 x 400 mm dan groud clearance 210 mm.

  • Mesinnya dibekali Diesel comman trail Tata 2.2l VTT DICOR yang dikombinasikan dengan transmisi maual 5 percepatan sehingga memiliki daya pacu hingga kecepatan 160km/jam dega efisiensi bahan bakar terbaik dikelasnya. 
 
  • Memiliki tenaga maksimum140 PS pada 4000 rpm dan torsi puncak 320 Nm di perputaran mesin 1700 – 2700 rpm.
 
  • Model 4x4 memberikan fitur shift o fly 4x4 system yag mendukung kemampuan off road yang sangat optimal.
 
  • Perpindahan gigi dapat dicapai dengan mudah dan nyaman berkat teknologi gearbox GBS – 76-5/4.1 dengan overdrive dari Xenon D-Cab.
 
  • Pada Sektor kaki – kaki sudah dilengkapi dengan suspesi independen dengan antiroll bar dan fitur LSD (Limited Slip Differential) yang memberikan kestabilan saat mauver meskipun muatan dalam keadaan penuh.
 
  • Didukung dengan fitur safety yang lengkap, diantaranya Collapsible Steering Column, twin circuit braking system, dual airbugs, ABS, side impact beams dan reinforce 3 layer body construction.


Tata Xenon dalam berbagai tipe


Dan produk Tata Motors lainnya yang menarik minat saya adalah Ace EX2 Moko atau mobil toko yang bermesin diesel 700cc ini.  Ace Ex2 Moko ini didesain untuk berjualan menggunakan mobil, sesuai untuk pengusaha yang belum memiliki gedung atau ruko atau pengusaha yang lebih senang menjajakan dagangannya secara  mobile. 


Dan sebagai komitmen Tata Motors Indonesia kepada penggunanya, Tata Motors memberikan sebuah program Customer Care TDMI yakni program “Peace of Mind”, yang memberikan penawaran unik antara lain :
  1. Garansi terbaik di kelasnya 
  2. Jaminan ketersediaan suku cadang serta jaminan 24 jam pengantaran pasti atau gratis jika barang tidak sampai. 
  3. On Road Assistance24 jam x 7 hari. 
  4. Memiliki Outlet Touch Point sebanyak 119 outlet.

Kini Tata Motors telah memasarkan kendaraan komersilnya, bus dan truk di beberapa negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, Amerika Serikat, Australia, CIS dan Rusia.  Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tata Motors Indonesia, silakan kunjungi boothnya di booth 3f, Hall 3A, Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di sana bisa sekalian melihat produk dan berkonsultasi dengan karyawan Tata Motors secara langsung. Namun untuk yang tidak bisa datangke GIIAS, bisa juga mengunjungi websitenya di www.tatamotors.co.id atau twitternya di @TataMotorsID.

Mari Memajukan Usaha Bersama Tata Motors



















27 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Tata emang tangguh ya di semua kendaraanya

    ReplyDelete
  3. yang paling tangguh menurut saya mah tata xenon double cabin,. pertimbangannya sih penggerak rodanya 4x4

    ReplyDelete
  4. mba Sal, aku masih mikirin MoKo alias mobil tokonya Tata Motors nih, hemat banget ya dengan mesin diesel dan 700cc-nya itu...

    ReplyDelete
  5. Aku pengen banget beli Xenon XT D-Cab 4×4. Semoga beberapa tahun kedepan bisa beli hehe

    ReplyDelete
  6. mobil tokonya ituuuhhh, duuhh bikin pengen. Lumaya banget buat usaha

    ReplyDelete
  7. Sudah 3000 unit dalam 5 tahun. Banyak juga ya, Mbak

    ReplyDelete
  8. Tata Ultra dan Tata Xenon dua2nya sangat inovatif :)

    ReplyDelete
  9. Pilihan cerdas tentu saja, untuk wirausaha baru Indonesia! merdeka!

    ReplyDelete
  10. sama kayak Bowo, naksirnya sama Xenon XT :)

    ReplyDelete
  11. Jadi mba Sally mau beli yang mana? ^^

    ReplyDelete
  12. Moko Tata Motors kereeen dan hemat

    ReplyDelete
  13. usaha pakai tata motor ini emang enak ya, cicilane murah irittt pula

    ReplyDelete
  14. yang warna biru keren cocok buat usaha kuliner krn warnanya juga ngejreng bikin semangat cari rezeki ;)

    ReplyDelete
  15. Lucu deh itu mobil TATA yang biru, di Bandar Lampung juga sudah ada dealer TATA Motor. Moga-moga banyak pengusaha yang terbantu dengan adanya mobil ini. Teman saya tokonya yang imut kena pelebaran jalan, jadi bisa tetap jualan dengan mobil seperti ini.

    ReplyDelete
  16. Yess. Semakin banyak pilihan kendaraan untuk usaha.

    Membuat banyak pilihan sesuai kebutuhan dan kemanpuan.

    ReplyDelete
  17. Asyik juga jenis truk ini untuk food truck ya mba :)

    ReplyDelete
  18. Xenon mbaa Xenon XT, saya sukaaak... Beliiin *loh wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Xenon mbaa Xenon XT, saya sukaaak... Beliiin *loh wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Kalau anak saya lihat ini, pasti dia bakalan suka, deh! Takutnya malah maksa pengen naik ke atas truknya ^_^

    ReplyDelete
  21. Waduw, kalo ngebahas spec mobil saya paham nggak paham hihihi ^^v

    Tapi setidaknya dengan menghadiri pamerannya langsung, biasanya jadi mengerti sedikit...kalo saya :D

    ReplyDelete
  22. Aku naksir Tata Xenonnya mbak. Lalu Mbak Sally akhirnya bawa pulang yg mana? hehe

    ReplyDelete
  23. Aku naksir MoKo-nya, pengen punya biar bisa buka semacam food truck atau jualan makanan keliling gitu kayaknya enak dan praktis.

    ReplyDelete
  24. Baru tau ada Tata Motors

    Mobilnya kece2

    ReplyDelete
  25. Tata Motors ini di dunia otomotif sudah mempunyai nama dan pasarannya sendiri ya, semakin inovatif ^^

    ReplyDelete
  26. Wah ternyara produk tata motors udah banyak ya. Kemarin juga pernag dengar tata motor ngeluarin city cars. Apa kabar ya.. makin banyak pilihan ini.

    ReplyDelete
  27. Tata xenon nya bikin mupeng mba haha

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall