expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

23 October 2016

Hadiah Dari Tante






Sejak menikah, rutinitas saya setiap pagi adalah menyiapkan bekal pak suami, bekal Fadly  dan Fara, hingga sarapan dan makan siang. Biasanya saya bangun sebelum adzan subuh. Setelah absen pagi ke kamar mandi dan sholat subuh, mulailah saya beraksi di dapur, menyiapkan bekal dan makanan untuk keluarga tercinta.



Setelah orang – orang kesayangan saya pergi beraktivitas, barulah saya bersiap untuk membersihkan rumah. Tentu saja dimulai dari area dapur yang sudah seperti kapal pecah, super duper berantakan pastinya. Kebiasaan saya kalau sudah memasak pasti semua perabotan dipergunakan, riweh!



Kepengennya sih setelah pak suami dan anak – anak berangkat, saya bisa me time sebentaran. Ya nonton serial CSI kesayangan ataupun sekedar berseluncur di dunia maya. Tapi kalau melihat dapur yang berantakan dengan segala perlengkapan masak dan peralatan makan yang kotor , kok bawaannya jadi gemes. Biasanya selesai sarapan saya bergegas untuk membersihkan dapur.



Selain ruang tengah dan kamar tidur, dapur merupakan salah satu area yang sering saya kunjungi. Mulai dari menyiapkan hidangan, memasak, membalas email bahkan kerja menggunakan laptop tak jarang juga saya lakukan di dapur. Alias duduk ngedeprok di lantai dapur.



Nah biar betah di dapur, salah satu kuncinya adalah tidak ada piring kotor ada atau bekas makanan sisa. Mengapa? Ternyata bau dan sisa makanan yang ditimbulkan mengundang semut, kecoa dan lalat untuk bertamu. Males ya lihatnya.



Selain itu dapur yang kotor pasti mengundang bakteri yang nantinya akan mempengaruhi kebersihan makanan yang disajikan. Namun bukan hanya kebersihan dapur yang utama, peralatan masak dan peralatan makan pun harus bersih dan bebas bakteri.



Berikut beberapa kebiasaan yang saya lakukan ketika membersihkan dapur ;

1.       Kumpulkan peralatan makan dan peralatan masak, dan pilah sesuai dengan bentuk dan kegunaannya. Piring ditumpuk dengan piring, gelas dengan gelas. Panci memasak dengan sesama panci atau wajan. Jangan mencampur peralatan makan dengan peralatan masak. Mengapa? Agar minyak atau kotoran yang ada di peralatan masak tidak mencemari peralatan makan demikian juga sebaliknya.

2.       Sisihkan, kumpulkan dan buang sisa makanan ke dalam plastik sampah. Biasanya di sebelah kiri bak cuci piring, saya selalu meyiapkan plastik kecil khusus untuk membuang sampah makanan. Hal ini juga untuk menjaga agar saluran air di wastafel tidak mudah tersumbat oleh sampah sisa makanan atau minyak bekas menggoreng.

3.       Sebelum mulai mencuci, biasanya saya membilas keseluruhan peralatan masak dan peralatan makan saya dengan air. Ini dimaksudkan agar pada saat disabun, memudahkan saya untuk membersihkan peralatannya.

4.       Kemudian barulah dilanjutkan dengan membasuh sabut spons dengan air dan menuang sabun pada spons tersebut secukupnya. Setelahnya saya menggosok peralatan masak atau peralatan makan dengan sabut spons khusus yang sudah dipenuhi busa.





Nah permasalahannya sekarang adalah susah banget menemukan sabut spons yang cocok dengan jenis peralatan masak dan peralatan makan yang sesuai. Sabut spons yang biasanya saya jumpai mudah lembek, mudah terlepas, gak kokoh digenggaman. Hihihi geli jijik gimana begitu kalau sabut spons yang dipakai mudah basah dan lembek. Jadi males cuci piring kan hihihihi...



Pernah satu kali saya beli sabut spons merek x beberapa buah karena tergiur harga murah. Yang ada gak sampe seminggu sudah gak berbentuk sabut spons lagi. Niatnya mau untung malah boros beli mlulu. Sampai satu kali tante saya bagi – bagi sabut spons yang dia beli di supermarket. Tante saya bilang, “ini cobain deh kak, tante beli karena merknya terpercaya. Sudah begitu awet dipakainya. 3x Cepat Bersih dan 3x Tahan Lama. Cobain deh kalau gak percaya”, ujarnya sembari memberikan 2 buah sabut spons. Yang satu berwarna hijau, dan satu lagi berwarna kuning/orange.



Ternyata yang tante saya berikan adalah sabut spons dari Scotch-Brite. Di bungkus plastiknya tertulis Sabut Spons Hijau Scotch – Brite untuk mencuci alat masak dan Sabut Spons Anti – Gores Sctoch – Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/ anti lengket berwarna kuning/orange. Sebenarnya sabut spons Scotch – Brite  sudah cukup sering digunakan mbak asisten ketika nenek masih ada. Tapi waktu itu gak pernah ngeh beli yang warna apa untuk peralatan masak apa. Tahunya main ambil saja. Ternyata tiap warna sabut spons, berbeda kegunaannya.







Agar tidak salah, sabut spons hijau digunakan untuk membersihkan peralatan masak secara maksimal. Cara penggunaannya sih sama saja dengan sabut spons lainnya. Basahi sabut spons dengan air, lalu beri sabun di bagian spons berwarna kuning dan remas sisi berwarna kuning tersebut. Setelah busanya banyak, gunakan sisi hijau untuk membersihkan peralatan masak seperti wajan, panci dan lainnya.







Sedangkan untuk panci/wajan teflon, kita bisa menggunakan sabut spons Anti – Gores Scotch – Brite berwarna kuning/orange. Demikian juga halnya dengan peralatan makan, bisa menggunakan sabut spons ini. Cara penggunaannya pun sama dengan sabut spons hijau, cukup basahi sabut spons dengan air, remas dan tuang sabun di sisi berwarna kuning. Remas spons hingga busanya melimpah dan gunakan untuk mencuci piring, gelas, mangkok, dan lainnya. 







Biarpun keduanya memiliki perbedaan, tetapi sabut spons ini memiliki beberapa persamaan keunggulan antara lain ;


1.Sabutnya mengandung serat dan mineral berkualitas

2.Sabut dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran

3.3x Cepat Bersih dan 3x Lebih Cepat

4.Ukurannya yang pas digengam tangan, membuat kegiatan mencuci jadi menyenangkan.







Jangan lupa setelah selesai menggunakan sabut spons, sebaiknya digantung agar kering sehingga sabut spons bebas bakteri. Oiya selain digantung, sabut spons bisa juga disterilkan di bawah sinar matahari maupun microwave. Lalu jangan lupa untuk selalu membersihkannya setelah dipergunakan.  Info ini saya dapat dari britequeen.com, web resmi Scotch Brite yang berisi seputar tips dan info bersih bersih yang wajib diketahui. Dan ganti sabut spons minimal 2 minggu hingga 1 bulan sekali agar penyebaran bakteri tidak merata.



Peralatan masak dan peralatan makan saya seperti bertemu jodohnya, bertemu sabut spons yang 3x Cepat Bersih dan 3x Tahan Lama. Terima kasih ya tante hadiahnya, jadi semangat cuci piring. Kalau teman – teman bagaimana? Ada  tips atau saran menjaga kebersihan peralatan masak dan peralatan makan? Share yaa....













16 comments

  1. wah mantap nih tipsnya... share ah..

    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  2. Mbaaaakkk... rajin amat yaaa...
    Wkwkwk... kalau aku kuserahkan ahlinya, alias si eMbak. Aku cuma nyuci properti yang abis dipakai foto-foto. Takut pecah soalnya kalau si eMbak nyuciin. Wkwkwk asettt...asett...

    ReplyDelete
  3. Aku dulu nyuci piring pake sabut kelapa dan kain perca. Untung deh dulu di minimarket nemu Spons Scotch Brite. Jatuh cinta deh sampai sekarang. Dan baru tahu kalo Scotch Brite beda2 sponsnya. Sesuai fungsinya. Eh btw, Mbak Sally punya model fotogenik deh. Fara, ya? Cakeeeep. :)

    ReplyDelete
  4. Wah rajin mbk beberes dapur. Aku 2 hari sekali bersihkan kompor tapi kalau banyak DL malah seminggu sekali xixi...nah kalau nyuci piring aku suka sambil maenan sabun biasanya ide datang xixiix...aku juga lake spons ini loh

    ReplyDelete
  5. Jadi makin betah nyuci2 nih ya Mbak.
    Saya jg paling malas deh Mbak klo ada lalat yg bertamu, huhuhuh geli dan isshh gak nyaman deh pastinya.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget.. Saya pernah pakai spons yg lebih murah, tapi 3 hari pemakaian aja udah harus ganti. Jatuhnya malah boros.

    ReplyDelete
  7. Ini sabut spons yg tak bisa ke lain hati kalo buat saya Mba :D

    ReplyDelete
  8. Lucunya ade, udah bisa nyuci piring sendiri dong...:)

    ReplyDelete
  9. kalo bawa bekal sendiri dari rumah, pasti jauuh lebih sehat ya Tante
    gak khawatir sakit perut karena jajan sembarangan

    ReplyDelete
  10. Kadang untuk urusan sabut ini kudu beli yang bagus sekalian. Kalau beli yang abal-abal biasanya ga sampai 3 minggu udah kurang maksimal hasilnya

    ReplyDelete
  11. kyaaaaa aku tinggal taroh doang, ggak aku angin-anginkan. Memang ya banyak bakteri mesti kalo basah terus gitu.
    Thanks mba, udah berbagi jadi sekarang ngerti deh. Kalo udah rusak banget baru ganti, eh ternyata 2minggu/sebulan sekali kudu ganti ya

    ReplyDelete
  12. kebiasaan kita mirip2 mba, aku juga pasti asal bilas dulu sebelum nyabunin peralatan makan/masak pake spons..

    ReplyDelete
  13. Aku ngga pernab kepikiran menggantung spon yg udah dipakai. Ternyata gt ya caranya.

    ReplyDelete
  14. Wah bru tau lho sabut scoth bride ada yg kujing dan pemanfaatannya beda..krreeen

    ReplyDelete
  15. Wah maak, makin rajin donk ya cuci piringnya, nitiip laah ...

    Btw dulu aku ga tau juga ternyata spon beda beda ya hahhaaa,

    ReplyDelete
  16. ku juga suka pakai spon scotch brite jadi hemat sabun cuci piring juga

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall