19 October 2016

Tips Aman Booking Online, Biar Liburanmu Jadi Nyaman







Hai Teman, siap untuk menambah daftar panjang pengalaman liburanmu? Sekarang kamu bisa berlibur dengan budget hemat lho! Dengan mengatur sendiri trip, kita bisa menentukan  berapa budget yang akan kita keluarkan. Repot dong kakak? Tentu saja tidak, karena kita bisa melakukannya via online travel agent (OTA) yang saat ini menjamur. Kita bisa mendapatkan penawaran harga hotel dan tiket pesawat dengan harga yang kompetitif. 


Online travel agent berkembang sejalan dengan pesatnya perubahan teknologi yang memungkinkan customer dapat mencari informasi secara mandiri melalui aplikasi gratisnya. Sehingga peran agen-agen travel menjadi berkurang untuk trip pribadi atau kelompok. Namun, jika teman – teman tidak mau repot dan ingin terima beres, kita  bisa menggunakan agen travel dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya. J


Nah, buat teman – teman yang ingin mengatur trip sendiri dan menggunakan online travel agent yang ada di Indonesia seperti Traveloka, Agoda, Booking, Pegipegi dan Mr. Aladin, ada baiknya kamu simak tips-tips di bawah ini agar proses booking onlinemu jadi aman.

1.       Gunakan Situs Yang Asli Bukan Link Lainnya
Modus kejahatan yang terjadi di sekitar kitapun tidak kalah updatenya dengan teknologi. Dengan kemudahan berinteraksi via online membuat ribuan situs penipuan marak di dunia maya. Untuk kamu yang ingin memesan via online, pastikan kamu masuk ke situs resmi OTA tersebut bukan melalui link. Bagaimana cara tahunya? Ya, dengan mencari informasi situs asli OTA tersebut. Take your time untuk browsing dan jangan terburu-buru mengklik sebuah situs ya. Terkadang perbedaannya hanya di dot com dan dot co saja. Namun dampaknya bisa fatal.

2.       Harga Boleh Murah Tapi Bukan Berarti Murahan
Keunggulan booking via online salah satunya adalah mendapatkan promo harga murah. Namun, kamu harus cermati juga, bahwa harga yang dimaksud adalah harga akhir. Selain itu, periksa fasilitas yang diberikan oleh hotel atau pesawat yang memberikan harga promo tersebut. Jangan sampai hanya untuk mendapatkan harga promo tiket pesawat namun kamu tidak mendapat bagasi. Sehingga kamu harus membayar biaya bagasi sendiri yang menyebabkan harga tiket pesawatmu malahan menjadi mahal.

3.       Rajin Browsing dan Kunjungi Situs-situs Online Travel Agent
Dengan banyaknya situs OTA, memberi banyak pilihan buat customer. Nah, untuk itu kamu harus meluangkan waktu untuk menelusuri situs-situs tersebut sambil membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan. Jangan malas ya! kamu mau dapatin harga yang kompetitif, kan?. Kalau malas, mending kamu pakai jasa agen travel aja jadi kamu tinggal angkat koper dan cuss berangkat. 

Karena untuk mendapatkan harga kompetitif dibutuhkan waktu ekstra, tenaga lebih dan niat yang kuat. Terkadang harga promo datang tiba-tiba sehingga kamu harus segera memutuskan ambil tidaknya promo tersebut. Oh ya, dengan rajin mengunjungi situs-situs ini kamu akan mendapatkan informasi bahwa setiap OTA diberi porsi kamar hotel yang berbeda. Seperti pepatah yang sering kita dengar, banyak baca jadi banyak tahu! J

4.       Cari Review Pengguna Situs Online Bukan Review Berbayar
Salah satu informasi andalan untuk memutuskan menggunakan sebuah OTA adalah dari review. Namun, bukan sembarang review ya! Kamu bisa bertanya ke temanmu yang rajin jalan-jalan. Atau kamu bisa masuk ke komunitas travel dan bertanya di grup tersebut di mana mereka akan memberikan informasi jujur sesuai pengalaman mereka. Untuk review berbayar, cukup sebagai wawasan saja. Mungkin ada benarnya, tapi bukan berarti review tersebut tidak lebay dalam menyampaikan karena mereka harus menunjukkan sisi positif sebuah hotel atau OTA.


The point is, be safe! Supaya tripmu aman dan nyaman! Ayo liburan....


5 comments

  1. Adanya OTA ini memudahkan banget ya. Gak repot, dan bisa bandingin harga. :D

    ReplyDelete
  2. OTA makin banyak diminati para traveler nih mbak, temenku ada yang pakai ini :)

    ReplyDelete
  3. Favoritku juga booking via online nih. Dan entah kenapa kalo ada complain pun direspon lebih cepat.

    ReplyDelete
  4. OTA lebih praktis, terpercaya dan fast response sekarang. Malah kadang suka ada diskon gitu mba, seneng deh jadinya hehe

    ReplyDelete
  5. Mr. Aladin ini aku dah ngincer, tapi blm sempet pake karena blm sempet piknik huhuhuhu kaaak aku pengen piknik kaaak belikan aku tiket dari mr. aladin doong #eh #modus #ngarep

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall