expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

29 November 2016

Minyak Ajaib Favorit Keluarga





Saya ini alergian. Dulu ketika kecil, setiap menggunakan plester pembalut luka berbahan kain, jika sudah tidak digunakan lagi, maka akan menimbulkan bekas di tubuh saya beberapa waktu. Tidak hanya plester pembalut luka, bahkan tatto temporary yang pernah saya coba, ternyata menimbulkan alergi di tangan saya. Selain meninggalkan warna kulit yang tak rata, juga menimbulkan gatal dan akhirnya menimbulkan luka.




Ternyata kondisi ini menurun pada Fadly dan Fara. Mereka berdua sering kali mendapat luka yang meninggalkan bekas cukup lama. Awalnya saya memberikan pelembab untuk menghilangkan bekas luka di kulit mereka. Namun tidak ada perubahan yang berarti. Selanjutnya saya mencoba baby oil dan salep penghilang bekas luka. Namun sama saja tak sesuai hasil yang diharapkan. Fadly dan Fara sempat saya bawa ke dokter karena galau melihat bekas luka yang cukup banyak dan nampak mengganggu di mata. Dokter bilang, Scars atau bekas luka merupakan jaringan fibrosa yang menggantikan kulit normal setelah cedera, dan merukan penyembuhan luka. Scars bisa terjadi karena operasi (khususnya yang pernah operasi cessar), dan juga karena adanya luka bakar dan kecelakaan. Scars terbentuk jika luka terjadi pada bagian kulit yang lebih dalam (dermis). Jika lukanya terjadi di jaringan luar, biasanya tidak terjadi scars.



Scars menyebabkan terjadinya perubahan pada warna kulit (biasanya berwarna kemerahan, kecoklatan), bentuk kulit (ada yang menonjol atau cekung) dan juga struktur jaringan pada kulit. Perubahan pada stuktur kulit ini lah yang paling meresahkan, karena struktur kulit yang berubah sehingga berbeda dengan struktur kulit normal. Kulit yang mengalami scars, terlihat lebih mengecil dan tidak mengandung folikel rambut lagi. Karena tidak mengandung kelenjar keringat lagi, akibatnya kulit yang mengalami scars tersebut akhirnya menjadi kering. Scars juga kadang-kadang menyebabkan gatal dan nyeri.


Jenis – jenis Scars  antara lain;

Hypertrophic
Bentuknya menggembung, biasanya berwarna merah kecoklatan, scars tidak melebihi luka.

Keloid
Bentuk scars menimbul, tebal, berwarna merah kecoklatan, scars melebihi ukuran luka. Bisa disebabkan karena genetik.


Artropic
Adalah Permukaan scars menurun tidak rata dengan kulit sekitarnya. Awalnya berwarna merah kecoklatan dan merah muda.




Lalu ketika sedang asyik mengunjungi salah satu thread di forum femaledaily yang membahas mengenai bekas luka, seseorang memberi tahu saya bahwa ada minyak ajaib yang bisa membantu menghilangkan bekas luka. Tidak hanya membantu menghilangkan bekas luka, minyak ajaib ini juga dapat membantu menghilangkan stretch marks (peregangan kulit. Biasanya dialami oleh ibu ibu yang sudah pernah hamil dan  melahirkan), warna kulit yang tidak merata (uneven skin tone), penuaan kulit (ageing skin) dan kulit kering (dehydrated skin). Member forum tersebut memberitahukan saya mengenai Bio Oil. Bio Oil adalah spesialisasi produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks, dan warna kulit yang tidak merata. Formulasinya unik, mengandung Purcellin Oil yang ternyata dapat juga digunakan untuk penuaan kulit dan kulit kering.  Apa itu Purcellin Oil?. Purcellin Oil ialah gabungan dari minyak alami yang  ditambahkan ekstrak tumbuhan dan vitamin. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi kepekatan dari minyak tersebut, sehingga tidak menjadi lengket dan mudah diserap oleh kulit. Itulah alasannya mengapa Bio Oil juga dikenal sebagai Dry Oil. Bio Oil juga hypoallergenic dan cocok digunakan untuk kulit sensitif sekalipun.  Dan yang pasti aman untuk Fadly Fara. Bio Oil bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit, serta memastikan kandungan di dalamnya bisa terserap kulit dengan baik.





Awalnya ragu karena saya tidak ingin anak – anak menjadi ketergantungan terhadap Bio Oil. Selain itu saya juga meragukan apakah Bio Oil ini aman kandungannya? Apakah halal digunakan bagi umat muslim? Adapun kandungan Bio Oil adalah sebagai berikut :
Kamomil
Berfungsi sebagai anti peradangan. Dan juga menenangkan kulit akibat kulit terpapar oleh lingkungan luar.


Rosemary
Berfungsi untuk menyegarkan dan menyejukkan kulit. Bisa sebagai Soothing dan Mild Antiseptic.


Kalendula
Berfungsi untuk regenerasi sel, dan kulit sensitif, kulit yang terkena atau rusak karena matahari. Selain itu juga berfungsi untuk meringankan iritasi, infeksi dan ruam ringan.

Lavender 
Berfungsi sebagai pelembab untuk mengencangkan dan melembutkan. Dapat dijadikan Mild Astringent untuk membersihkan pori-pori. Dan juga sebagai antiseptik alami untuk membunuh bakteri.


Vitamin A, bermanfaat meremajakan kulit, mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi garis halus dan keriput.
Vitamin E, yang mempunyai manfaat sebagai antioksidan, untuk meningkatkan kelembaban.
Bio Oil halal digunakan, namun demikian perlu diperhatikan, respon yang diterima setiap orang tentu saja berbeda – berbeda. Banyak yang mengalami perubahan di pemakaian minggu ke 8. Bio Oil mengandung pelembab, oleh sebab itu disarankan untuk digunakan setiap hari, seperti pada pemakaian pelembab lain. Oleskan pada bekas luka 2x sehari, pijat dengan lembut menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar arah jarum jam hingga benar-benar terserap. Fungsinya untuk regenerasi jaringan kulit. Tidak disarankan untuk digunakan pada kulit yang luka.
Gunakan selama minimal 3 bulan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.







penggunaan bio oil



Saat ini, Fadly dan Fara baru saya pakaikan Bio Oil selama seminggu. Bekas luka beum terhilang menghilang, namun sedikit demi sedikit  bekas luka mulai memudar. Tentu saja butuh waktu untuk melihat hasilnya. Fadly dan Fara menyukai wangi Bio Oil ketika saya oleskan pada tangan, kaki dan muka. Mereka bilang baunya seperti bunga yang segar. Mudah – mudahan dengan pemakaian teratur, Bio Oil cocok di kulit mereka.



Selain Fadly dan Fara, sayapun menggunakan Bio Oil untuk mencoba menghilangkan stretch marks. Walaupun saya tidak terlalu yakin, apakah benar bisa menghilang mengingat saya sudah melahirkan 5 tahun yang lalu, cukup lama kan. Saat melahirkan Fadly dan Fara, saya belum kenal dengan Bio Oil. Seandainya sudah, pasti saya sudah mencobanya. Seperti yang disarankan di forum mommiesdaily. Gpp, paling tidak saat ini saya menggunakan Bio Oil untuk menyamarkan warna kulit yang tidak rata, membantu menghilangkan dan meratakan warna kulit yang mengalami penuaan dan kerutan baik pada wajah maupun tubuh. 

Penggunaan di kaki Fadly yang banyak bekas luka gigitan nyamuk yg digaruk😖



Beberapa hal yang saya lakukan bersama Bio Oil :

1.      Mengoleskan Bio Oil setelah mandi, berenang ataupun berjemur. Cukup pijat lembut pada kulit, dan beri perhatian pada kulit yang kering. Bio Oil juga bisa digunakan sebagai bath Oil.

2.      Scrub Kopi dan Bio Oil

Mencampurkan bubuk kopi dan Bio Oil hingga tercampur rata, lalu balurkan ke seluruh tubuh. Pijat perlahan dengan gerakan memutar, lalu gosok adonan bubuk kopi dan Bio Oil hingga bersih. Kemudian bilas sampai semua adaonan hilang. Lalu mandi seperti biasa. Hal ini jika rutin dilakukan, minimal dua minggu sekali akan membuat kulit halus, bersih, lembab dan sehat.

3.      Bio Oil dan Conditioner

Rambut saya sangat mengembang. Sesekali, saat keramas, saya mencampur setetes Bio Oil pada conditioner sebelum mengusapkannya ke batang rambut. Tunggu hingga 3-5 menit, lalu bilas rambut seperti biasa. Hasilnya rambut saya super lembut dan jinak. Bebas dari rambut singa.







Ternyata suami saya pun gak mau ketinggalan. Untuk membantu menghilangkan warna kulit yang tidak merata di wajahnya, ia meminta saya mengoleskan Bio Oil di wajahnya. Iya sih baru 2x pemakaian, tapi pak suami bilang mukanya jadi lebih lembut dan lembab. Tampaknya fans Bio Oil di rumah bertambah satu deh. Jadi makin ada alasan minta beliin Bio Oil ke pak suami hhihihi #BioOilLoveYourSkinandLife




























7 comments

  1. Wah, baru tau ini Mbk. Anakku juga alergian. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  2. Suamiku nih kalau bekas luka, pasti lama hilangnya.

    ReplyDelete
  3. Cobain bio oil buat Mama Ivon deh. Dia habis operasi kemarin.

    ReplyDelete
  4. Wah keren, bio oil bisa untuk rambut juga.

    ReplyDelete
  5. udah lama nih saya pengen punya bio oil. Biasanya kalo saya utk bekas luka pake VCO

    ReplyDelete
  6. Ini beneran udah proven ya? mau ilangin bekas luka juga ni

    ReplyDelete
  7. duh kasihan lihat bekas luka garukan si adek. Bio Oil banyak review positifnya, yah. Tapi memanga harus telaten pakainya :))

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall