expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

19 November 2016

Ngeblog Asik Dengan Smartphone


Tiba – tiba malam ini saya baper. Pasalnya seseorang teman blogger bertanya via whatssapp, pencapaian apa yang sudah saya dapatkan sebagai seorang blogger. Lalu ingatan saya pun melayang ke tahun 2005. Wih sudah lama juga ya ternyata.

 

 

Kilas balik jaman ngeblog, awal mulanya ngeblog ya cuma biar kekinian saja. Jaman dulu kan kalau curhat didiary, nah di era yang serba digital curhatpun berubah di blog. Apa yang diceritain waktu itu? Segala kegalauan hati. Ya maklum ya, jaman itu status masih single, gebetan gak kunjung ngelamar. Kesel, sebel, kangen semua ditumpahin di situ. Biar hati puas :D

 

2005 isinya masih acak kadut, lalu 2007 status saya berubah, alias sudah enggak single lagi. Kehidupan berumah tangga mulai muncul diblog. Nama blogpun mulai berubah. Yang tadinya bawa-bawa nama sendiri, begitu menikah dengan pedenya berubah menjadi keluargafauzi.  Dan nama ini pun tetap saya gunakan hingga saat ini.

 

Di akhir 2014, atas saran seorang teman, sayapun bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Mulai dari sini, saya berkenalan dengan beberapa blogger yang ngehits, sering mendapat job menulis berbayar dan sering menang lomba blog. Saya penasaran, apa sih rahasia mereka sehingga blognya jadi ngehits dan dikenal banyak orang. Jawaban yang saya dapatkan nyaris seragam; buat konten yang kece, perbagus gaya penulisan dan manjakan pengunjung blog kamu dengan foto atau video yang menarik. Dalam hati saya sempat membatin, “duh mahal ya...kudu punya modal kamera yang bagus untuk menghasilkan foto yang enak dilihat dan ditampilkan di blog”.

 

Ternyata begitu hal ini saya ceritakan kepadasuami, ia tertawa dan berkomentar, “Idih hari gini risau. Itu smartphone kamu maksimalkan donk. Jangan cuma selfie – selfie saja, buat foto dan video dari smartphone kan bisa”.  Iya ya, menghasilkan foto keren dan video yang bagus kan gak harus punya peralatan yang canggih. Yang penting bagaimana kita bisa memaksimalkan peralatan tersebut. 

 

Selama ini smartphone yang saya gunakan lumayan cukup mumpuni. Maksudnya untuk membuat video dan foto, kameranya lumayan oke. Tapi satu hal terkadang bikin sebel, baterei smartphone saya cepat banget habis, boros. Iya sih bisa jadi karena selain digunakan untuk berbagai akun di sosial media, saya juga mengikuti sekurangnya 10 grub di whatssapp dan 3 grup di telegram yang nyaris tanpa henti. Borooosss....

 

Sebagai blogger berikut hal – hal yang saya lakukan bersama smartphone kesayangan ;

1. Update status disemua akun sosial media, terutama setelah artikel publish diblog agar pengunjung tahu.

2.  Membuat foto produk yang direview atau event yang dihadiri.

3. Biasanya saat diundang ke suatu event, undangan diwajibkan untuk livetweet dan live instagram. Selfie?pastinya. Saat menghadiri event, saya mengambil dua – tiga foto dalam satu moment. Untuk itu saya butuh smartphone berkapasitas RAM, Prosesor dan Baterai yang besar. Ya iya donk, foto – livetweet – video – instagram diwaktu yang bersamaan. Kapasitas smartphone gak mumpuni siap – siap ngehang...

4.  Membuat vlog dan mengeditnya.

5.  Ngeblog via smartphone.

 

Untuk itu saya butuh smartphone canggih yang bisa diandalkan sebagai teman kerja saya. Sempat browsing sana sini, mencari smartphone yang sesuai dengan keinginan saya. Kapasitas RAM yang besar, baterai yang gak cepat boros, prosessor yang besar, kamera depan dan belakang yang jernih, dan suara yang jernih saat pengambilan gambar untuk video. Ada gak smartphone yang dicari? Ada donk...

 

Setelah browsing sana sini, akhirnya saya ketemu deh dengan 1 eh enggak cuma satu, bahkan dua smartphone yang memenuhi keinginan saya. Ada Samsung J7 dan Samsung J5 yang mumpuni untuk dimiliki seorang blogger. Mengapa ? :

1. Samsung J5 dan J7 memiliki ukuran cukup besar.  Samsung Galaxy J5 memiliki  Layar 5.2 inchi dengan resolusi HD 282 ppi.  Sedangkan Galaxy J7 memiliki Layar 5,5 inchi dengan resolusi Full HD 282 ppi. Untuk kejernihan dan ketajaman layar, Galaxy J7 karena di dukung dengan resolusi Full HD dan kerapatan pixel lebih besar. Jadi gambarnya semakin bersih. Pas banget kan buat aku yang suka ikutan livetweet competition. Pas lagi seru banyak – banyakan ngetweet, aku bisa dengan leluasa ngetweet, dan tulisan juga jelas terpampang di layar kaca. Bikin mudah ngebacanya.

2. Teknologi layar ke dua smartphone tersebut sama – sama menggunakan teknologi Super Amoled. Kelebihannya Super Amoled ini hanya memiliki 1 lapisan saja, di mana lapisan layar dan lapisan touchscreen bergabung menjadi satu. Hal ini menjadikan ponsel menjadi ringan. Selain itu Super Amoled mampu menghadirkan warna yang lebih bagus, bahkan di bawah sinar matahari langsung sekalipun. Cocok buat aku yang suka foto produk atau mengikuti acara/event blogger yang diadakan outdoor. Males banget kan kalau pas livetweet di luar ruangan, eh tangan mesti nutupin setengah layar biar tulisan terbaca dan gak silau.

3. Selanjutnya  Samsung Galaxy J7 ditenagai CPU Octacore 1.6 GHz, chipset Samsung Exynos 7 octa 7870, GPU Mali-T830 dan RAM 3GB. Sedangkan Galaxy J5  di tenagai oleh CPU Quadcore 1,2 Ghz, Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, GPU Adreno 306 dan RAM 2GB.

4. Dan sudah pasti  4G LTE dan mampu mencapai 150 Mbps. Dilengkapi dengan wifi, fitur ultra data saving yang dapat menghemat pemakaian kuota hingga 50%.


Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting ketika baterai mati. Ultra Power Saving mode secara dramatis mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan, memastikan smartphone Anda tetap aktif saat Anda benar-benar membutuhkannya. Canggih yaa😉

Foto dari Samsung Indonesia




Foto dari Samsung Indonesia


 

5. Baterainya awet berkat baterai Li-Ion 3100 mAh untuk J5, sedangkan       Galaxy J5 di bekali baterai Li-Ion 3300 mAh yang bisa di lepas. Meskipun kapasitas baterai nya hanya 3100 & 3300 Mah namun baterai buatan samsung mampu bertahan lebih lama walaupun kapasitas daya standar aja.

6. Memiliki Font Flash Camera, yang mampu membuat foto menjadi lebih terang. Camera utama memiliki resolusi 13 Mega Pixel + LED Flash yg disertai beberapa fitur menarik. Sedangkan camera depan memiliki resolusi 5 Mega Pixel +LED. Sudah tahu donk apa alasan saya mengingikan J5 dan J7?

7.  Quick Luanch Camera. Di saat riweh livetweet, biasanya selain ngetik caption di twitter, kita juga harus multitasking mengambil foto atau video saat acara berlangsung. Dengan menggunakan J5 dan J7, kita cukup klik menu home button 2x, maka camera langsung muncul untuk dipergunakan. Praktis kan...

8.  Fitur Palm Selfie, cocok untuk teman – teman blogger yang suka selfie. Tongsis ketinggalan? Cukup lambaikan telapak tangan, maka sensor akan bekerja dan...cekrek!

9.  Fitur Beauty mode gak boleh ketinggalan donk. Fitur wajib ada ini sih..kan lumayan difoto, jadi flawess.

10.  Wefie berame – rame, gak muat difoto? Jangan takut, ada fitur wide selfie biar makin asyik wefienya.

 

Foto dari Samsung Indonesia

 

Kehadiran Samsung J5 dan J7 menurut saya mumpuni untuk kinerja seorang blogger. Rasanya seperti permen asem asin manis,campur aduk dalam satu kemasan. Seperti membeli 1 produk, tapi fitur - fitur yang kita dapatkan jauh lebih banyak dari yang kita bayarkan. Begitu deh kira – kira smartphone impian saya. Walaupun hingga hari ini saya masih menggunakan smartphone jadul yang ada, siapa tahu mudah – mudahan satu hari jadi kenyataan. Mana Aminnya saudara -saudara??😂😂

 





 


6 comments

  1. kenapa huruf gede semua mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku buka pake hp, engga huruf besar mba. Tapi gak tau kenapa jenis hurufnya kok jadi beda2 hiks

      Delete
    2. Aku buka pake hp, engga huruf besar mba. Tapi gak tau kenapa jenis hurufnya kok jadi beda2 hiks

      Delete
    3. Aku buka pake hp, engga huruf besar mba. Tapi gak tau kenapa jenis hurufnya kok jadi beda2 hiks

      Delete
  2. aku biasanya juga ngeblog dari hp mbaaa...lebih praktis yaaa

    ReplyDelete
  3. Ngeblog lewat hp, bisa di mana aja, fleksibel ya mbak. Hehehehe.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall