17 December 2016

Wirausaha Muda Mandiri 2016, "Muda, Inovatif dan Peduli"










Masa muda sebaiknya jangan disia-siakan. Masa muda penuh dengan semangat untuk berusaha, berkreasi dan berkreativitas. Generasi muda Indonesia sebaiknya memiliki jiwa wirausaha.  Mengapa? Agar lebih banyak menciptakan lapangan kerja dan mampu bersaing di era globalisasi. Karena katanya salah satu syarat menjadi negara maju, salah satunya ialah negara yang memiliki entrepreneur minimal 2% dari total populasi. Nah kalau total populasi Indonesia di 2016 ini mendekati 254 juta jiwa, kira – kira ada gak 2%nya yang menjadi entrepreneur?



Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia lebih suka memilih menjadi karyawan sebuah perusahaan atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini dapat kita ketahui ketika pengumuman  lowongan penerimaan PNS dibuka, dipastikan  yang mendaftar hingga puluhan ribu orang. Namun demikian posisi  yang tersedia hanya ditujukan untuk beberapa ratus orang saja. Tak berbeda dengan hal perusahaan swasta, jika diketahui ada informasi soal lowongan pekerjaan,  pasti banyak orang yang antre melamar.  Hal ini berbanding terbalik ketika ada informasi atau pendaftaran untuk jadi entrepreneur/pengusaha, peminatnya selalu sepi, adem ayem saja. 



Hal ini tentu saja dapat menjadi salah satu faktor penghambat Indonesia untuk menjadi negara maju. Diperlukan upaya dan kerja keras dari berbagai pihak, dalam hal ini khususnya pemerintah untuk turut serta membangun iklim perekonomian di Indonesia. Dibutuhkan kehadiran pengusaha, yang nantinya diharpkan akan membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan. Semakin banyak lapangan kerja, semakin mengurangi pengangguran. Dengan demikian tingkat kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat. Dengan begitu, tingkat kemiskinan akan semakin berkurang, seiring dengan pertumbuhan iklim usaha dan pengusaha.Jadi profesi menjadi pengusaha adalah sebuah profesi yang sangat mulia.


Pemerintah  tidak mampu melakukan hal itu sendirian, mengingat segala keterbatasan pendanaan dan infrastruktur pendukung lainnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan kontribusi dan peran serta berbagai pihak untuk mewujudkan hal itu.



Ada informasi berguna bagi pengusaha, khususnya pengusaha muda.  Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2016. Program Wirausaha Muda Mandiri merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diwujudkan secara berkesinambungan dan fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Kegiatan tahunan ini berlangsung sejak tahun 2007 hingga sekarang, dan sudah memberikan pembinaan dan pengembangan bisnis kepada lebih dari 25.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia. Bank Mandiri melalui program ini ingin mengajak generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri, yaitu generasi pencipta lapangan kerja yang tangguh dan mampu bersaing di era global.


Sebagai wujud konsistensi dalam mendukung tumbuh kembang wirausahawan muda Indonesia dari kalangan terdidik (mahasiswa maupun alumni), Bank Mandiri kembali menyelenggarakan Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM). WMM merupakan kompetisi wirausaha nasional yang ditujukan untuk mencari bibit pengusaha muda potensial dan turut berperan dalam pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Tema pelaksanaan kegiatan di tahun 2016 ini adalah "Muda, Inovatif, Peduli".  Tujuan dari diadakannya kompetisi Wirausaha Muda Mandiri adalah untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda yang tangguh, visioner, inovatif serta memiliki keinginan yang kuat untuk bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.


Di ajang tahun ini Bank Mandiri menargetkan akan mampu menjaring 8.100 wirausaha muda baru untuk digali potensinya, dibina, dikembangkan.Selanjutnya  akan dijadikan mitra sinergi dalam pengembangan usaha. Para pengusaha baru diharapkan antusias untukmengikuti ajang ini, karena proses pendaftarannya pun sangat mudah dan tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.


Untuk kompetisi wirausaha muda mandiri tahun ini ada yang berbeda ya dibanding  tahun - tahun sebelumnya. Ditahun ini, kompetisi wirausaha muda mandiri memiliki bidang yang baru yaitu FinTech (Financial Tecknology). Para wirausaha muda kategori ini bersaing dan  berkesempatan memperoleh program pembinaan serta dukungan pembiayaan untuk pengembangan bisnis melalui Mandiri Capital Indonesia. 

Seperti yang dilakukan Ibnu Hajar Ulinnuha, pemuda Lulusan Universitas Indonesia yang sukses menggeluti usaha FinTech. Ibnu Hajar membuat Dompet Sehat. Apa itu Dompet Sehat? Dompet Sehat merupakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para penggunanya dalam mencatat pengeluaran seperti belanja, liburan dan lainnya, mengingatkan tagihan bulanan, dan monitoring laporan keuangan keuangan dalam satu tempat serta merencanakan masa depan dengan satu aplikasi. Dengan mengikuti kompetisi Wirausaha Muda Mandiri, kamu dapat berkesempatan mendapatkan suntikan modal sebesar 200 miliar dari Mandiri Capital Indonesia.


Kisah sukses  pemenang Wirausaha Muda Mandiri lainnya adalah Denni Delyandri dan Selvi Nurlia, pengusaha keik pisang villa Batam, yang merupakan pemenang kedua Wirausaha Muda Mandiri tahun 2008. Omzet usaha keik pisang villa Batam ini adalah Rp20 miliar lebih.  Atau  Febryan Dharma, alumni WMM tahun 2014 lalu yang sukses dengan bisnis Gerobak Kite, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi booth, desain branding, excebition dan perdagangan. Kerja keras yang membuahkan hasil bukan?!





Jadi tunggu apalagi, jika kamu berusia maksimal 30 tahun di April 2017 nanti, segera daftarkan diri kamu secara online melalui website www.wirausahamandiri.co.id dengan memasukkan informasi dan data pendukung mengenai seluruh data pribadi hingga data usaha yang terhitung mulai 14 September 2016 - 31 Desember 2016. Selanjutnya, peserta akan melalui 4 tahap penjurian yang ketat baik di level wilayah maupun nasional sebelum diumumkan sebagai pemenang dalam program ini. Buruan yaa....



12 comments

  1. Salah satu program keren yang digelar oleh pihak swasta. Ini menunjukkan kepedulian mereka akan masa depan bangsa dan negara.
    Ngetop.
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
  2. Betul banget teh Sally, masa muda adalah waktunya untuk mengeksplorasi karya terutama dalam berwirausaha, menciptakan inovasi baru dan berkolaborasi membangun perekonomian masyarakat yang berkelanjutan dan produktif

    ReplyDelete
  3. Sebelum 30 tahun, bisa nggak yaaa beberapa tahun ke depan jadi pemenang

    ReplyDelete
  4. Ikut bangga lo, menjadi nasabah Mandiri sejak lama. Lhaa programnya kece begini :)

    ReplyDelete
  5. Saya memang bukan nasabah Mandiri, tapi apa yg dilakukan Bank Mandiri ini memang harus kita dukung penuh.

    ReplyDelete
  6. Wow..yg muda yg muda, yg 30 yg 30 hihihi. Nggak kerasa hampir mendekati deadline pendaftaran.

    ReplyDelete
  7. saya setuju banget sama artikel ini. Mindset yang salah serta belum siapnya mental masyarakat Indonesia menyebabkan mereka tidak ingin keluar dari zona zaman. Kerja selalu digaji dan mau enaknya saja....

    ReplyDelete
  8. Program ini memang sinergi yang baik antara swasta, pengusaha, dan pemerintah :D

    ReplyDelete
  9. wirausaha adalah koentji! :D

    salam,
    nia

    ReplyDelete
  10. Sepertinya Bank Mandiri yang pertama membuat inovasi mendukung wirausahawan muda dengan menggelar program ini :) Kayaknya kalo udah lulusan WMM pasti bergengsi deh :)

    ReplyDelete
  11. Program yang bagus. Semoga makin banyak wirausahawan muda :)

    ReplyDelete
  12. semoga tahun depan bisa ikutan.. sekarang lagi proses jadi wirausaha

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall