expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

05 April 2017

Lawan Anemia Bersama Senam Anemiaction







Hallo teman,

Sebagai seorang ibu, kita dituntut multi tasking, mampu berperan ganda. Mulai dari mengurus rumah, berbelanja, memasak, mencuci, mengantar anak, hingga menemani anak bermain dan menyiapkan segala kebutuhan seisi rumah. Kalau dilist begini kenapa jadi banyak ya yang mesti dikerjakan hahaha...


Tetapi jika ibu sakit, lemah, lesu, merasa cepat lelah, kelopak mata memucat, mata berkunang – kunang, wah jangan – jangan terkena anemia. Kalau sudah begitu kan bawaannya ingin tiduran terus. Duh, bisa – bisa gak produktif seharian itu ya.. 


Anemia ialah suatu kondisi tubuh kekurangan zat besi, sehingga menyebabkan kadar hemoglobin dalam darah menjadi rendah. Hemoglobin sendiri dibutuhkan tubuh untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh kita. 

Yang kaya gini sih gk terkena Anemia ya

Yang membuat sedikit menakutkan, perempuan lebih rentan terkena Anemia, entah itu saat menstruasi, hamil bahkan menyusui. Pada ibu hamil, anemia beresiko menimbulkan terjadinya pendarahan saat persalinan. Gak hanya itu, bagi anak-anak bisa mengganggu perkembangan kecerdasan anak. Hal diatas bisa dicegah dengan makan makanan dengan gizi seimbang, menambah asupan zat besi dan rutin berolahraga. 



Minggu 2 April 2017 lalu, Sangobion mengajak ribuan orang,  untuk memperaktekkan senam Anemiaction  untuk mencegah anemia. Acara ini berlangsung di Keong Mas, TMII, Jakarta. Acara ini terselenggara berkat kerjasama PDGMI dan Merck Indonesia. Dalam acara tersebut, diperkenalkan senam Anemiaction dan pemecahan Rekor MURI peserta cek anemia terbanyak. Tak hanya itu, di booth yang tersedia, kita juga dapat memeriksakan golongan darah dan donor darah. 







Darah yang diterima, disimpan untuk dibawa ke PMI Pusat



Cek dulu, kamu anemia tidak?


Acara dihadiri oleh Mr. Holger Guenzel, Director of Consumer Health Divisi PT. Merck Tbk, DR Dr. Yustina Anie Indriasari, MSc, SpGK, dr. Micha Triangto SpKo, Anie Rachmyani, Associate Director Marketing PT. Merck, Mona Ratuliu, Brand Ambassador Kampanye Indonesia Bebas Anemia, Chef Rudi  Choiruddin dan Grup Band Nidji



Dalam kesempatan ini, DR dr. Yustina Anie Indriasari, MSc SpGK, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, menjelaskan pentingnya mencegah anemia yang lebih sering menyerang perempuan. DR dr. Yustina mengingatkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti protein hewani (daging merah, hati, ikan laut) dan sayuran hijau, ditambah suplemen penambah darah, serta jangan lupa untuk olahraga secara teratur.



Saat ini konsumsi protein hewani pada masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Mengakibatkan jumlah penderita Anemia cukup banyak di Indonesia. Dengan asupan gizi seimbang, diharapkan dapat menekan angka penderita Anemia di Indonesia. 


Berikutnya Dr. Michael Triangto, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga mengatakan olahraga yang harus rutin dilakukan tidak harus olahraga berat. Pahami dan kenali olahraga yang cocok untuk tubuh kita, dan lakukan secukupnya. Dr. Michael menciptakan senam Anemiaction dengan gerakan yang mudah diikuti, gerakan yang membentuk huruf A, N,  E, M, I, A. Seru sekali.



Tak ketinggalan, Mona Ratuliu mencontohkan gerakan – gerakan senam bersama instruktur di atas panggung. Peserta yang hadir pun antusias mengikuti gerakan yang ada. Hihihi saya yang selama acara sibuk jeprat jepret jadi latah ikutan juga. Seru saja lihat buibu dan pabapak ikutan senam bersama. Lautan warna merah membanjiri lapangan parkir Keong Mas hari itu. Eitss...itu dresscode acara hari itu, merah meriah.





Setelah senam, berikutnya acara memasak bersama chef Rudy Choiruddin. Siapa sih yang tak kenal beliau, pantas saja ibu -ibu langsung histeris dan semangat menjawab pertanyaan yang dilemparkan Om Rudi, banyak hadiahnya sih. Oya, Om Rudi menyajikan 3 hidangan hari itu, pudding bakso dan nugget. 


Setelah memasak, nah ini dia acara yang dinanti -nanti, apalagi kalau bukan kehadiran grup band Nidji. Tidak hanya remaja, ibu-ibu pun turut larut menyanyi bersama Giring dkk. Heboh deh pokoknya.


Jadi bagaimana, Indonesia bisa bebas Anemia ‘kan?



























1 comment

  1. Senam anemiaction sebentar tapi manfaatnya banyak yo makk.

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall