09 July 2017

#UbahJakarta dengan MRT Jakarta





Sebagai penduduk Jakarta,  merasakan macet ketika ke luar rumah adalah santapan sehari – hari. Jika diumpamakan sebagai makanan, macet itu sama dengan nasi. Untuk orang Indonesia, makan gak pakai nasi gak afdol kan! Nah sama deh, Jakarta sehari gak macet juga gak afdol, bahkan ketika lebaran pun tetap macet.


Padahal pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengurangi kemacetan. Mulai dari menyediakan TransJakarta, memperbaiki fasilitas KRL, membangun jalan layang dan membuka tol baru. Namun demikian hal tersebut dianggap belum juga dapat mengurai kemacetan. 


Pemerintah mengupayakan sebuah cara alternatif untuk mengurangi kemacetan dengan dibangunnya MRT di Jakarta. Nah tanggal 5 Juli kemarin, saya dan teman – teman blogger berkesempatan mendapat update terbaru dari progress pembangunan MRT dalam acara halalbihalal yang berlangsung di Bakoel Koffie, Jakarta. 


Dalam kesempatan tersebut, Bapak William Syahbandar, Direktur Utama PT. MRT Jakarta, mengatakan proyek pembangunan MRT fase I sudah mencapai 74, 89 persen dengan rincian teknis kontruksi di bawah tanah sebesar 87,48 persen dan kontruksi melayang sebesar 62,42 persen, terutama untuk Depo Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Senayan.


Saat ini,  pembangunan masih sesuai target pengerjaan yang direncanakan dapat dioperasikan pada Maret 2019. Tetapi menurut Bapak William ada kendala pada pembebasan lahan di kawasan Haji Nawi, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Belum tercapainya kata sepakat dalam pembebasan lahan untuk stasiun Haji Nawi, namun hal ini tidak akan menghambat penyelesaian MRT Jakarta. “Doakan semoga tepat waktu yaa...”, ujar Pak William. Pemda DKI sedang melakukan proses negosiasi.




Bagi saya pribadi yang menarik  adalah konsep pembangunan MRT dengan TOD (Transit Oriented  Development) yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. TOD sendiri merupakan pembangunan tata kota yang terintegrasi dengan sistim transportasi sehingga terciptanya sebuah kota yang efektif dan efisien, membangun komunitas yang aktif dan nyaman, mengurangi waktu tempuh perjalanan dan hambatan di jalan raya.  




Adapun beberapa manfaat lainnya sebagai berikut;
1. Pengguna transportasi umum dan pribadi akan mendapatkan manfaat dari peningkatan layanan, pengurangan waktu tempuh, dan pengurangan kemacetan jaringan jalan (Manfaat transit). Masyarakat diharapkan untuk menggunakan transportasi massal, sehingga kendaraan berkurang volumenya di jalanan, polusi udara semakin berkurang, waktu di jalan lebih efektif dan efisien.
2. Pemilik properti  dimana nilai properti meningkat dengan peningkatan aksebilitas transportasi dan kemudahan (Manfaat properti).

3. Pemilik bisnis melalui keuntungan  peningkatan aksebilitas pelanggan dan pegawai (Manfaat ekonomis). Cafe, resto dan aneka bisnis lainnya yang menunjang gaya hidup masyarakat dapat tumbuh dan berkembang di sekitar stasiun.

4. Pemerintah daerah akan mendapat pendapatan melalui pemasukan konsumsi dan manfaat fiskal; dan;

5. Kota dan penduduknya sebagai bagian dari program  berkelanjutan, peremajaan area transit  sekitar stasiun MRT pada perkotaan yang dinamis. Impian memiliki pedesterian atau trotoar yang ramah pejalan kaki dapat terwujud.



Tidak hanya itu, disetiap stasiun MRT nantinya akan ada Non Fare Box Business yang menunjang gaya hidup dan kebutuhan masyarakat. Toko – toko, Fashion, Food & Beverages, ATM, Vending Machines, Loker, dan lainnya  yang akan hadir untuk memudahkan masyarakat yang berpergian menggunakan MRT. Setiap stasiun luasnya berbeda – beda.
Lebak Bulus – Bundaran HI akan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Untuk peak hour, jeda kereta satu dengan lainnya selama 5 menit. Sedangkan saat regular hour, jeda kereta antara 10 menit sekali. 



Selama pak William menjelaskan progress MRT, saya berdoa dalam hati, semoga pengerjaan MRT Jakarta cepat selesai sesuai rencana. Rasanya sudah tak sabar ingin mencicipi salah satu alternatif moda transportasi yang ada di Jakarta selain KRL dan TransJakarta. Semoga MRT akan mengubah Jakarta menjadi kota yang lebih baik, semakin tertib, aman, nyaman dan layak untuk ditinggali.























27 comments

  1. setiap lewat fatmawati, sering bertanya2 dalam hati "kapan jadinya, aku penasaran dan bosen sama macetnya Jakarta"

    ReplyDelete
  2. ga sabarrrr pengen nyobain MRT ini, smg bisa mengurangi kondisi kemacetan jalan ibukota :)

    ReplyDelete
  3. Smg dpt tepat sesuai jadwal dn pembebasan lahan teratasi

    ReplyDelete
  4. Semoga cepat jadinya, sudah jenuh saya melihat kemacetan di ibukota

    ReplyDelete
  5. Gak sabar mau nyobain transportasi yang satu iniiii

    ReplyDelete
  6. aku mau ke jakarta aaah nanti kalo MRT sudah berfungsi... heheheheh #mulaibermimpi. kak sally kapan nih pulang ke Aceh?

    ReplyDelete
  7. asyiknya warga kota jakarta
    banyak kemudahan transportasi
    semoga di daerah juga seperti ini
    biar warga bisa dapat moda transportasi yang murah dan cepat

    ReplyDelete
  8. makasi loh kak abis baca postingan ini rasa penasaranku terjawab sudah. setiap ngelewatin jalan yang ada proyek MRT nya selalu deh aku heran kapan selesainya sih, mana macet terus kan makin hari malah makin macet. ternyata progressnya sudah lebih dr 50% syukurlah. semoga cepet jadinya dan sesuai harapan yaa. udah gak sabar bangeeet

    ReplyDelete
  9. Semoga ya proses MRT lancar dan cepat selesai, enggak sabar naik. Eh tapi jangan di Jakarta aja, di kota-kota besar lainnya diterapkan, biar kemudahan transportasi merata.

    ReplyDelete
  10. Tak sabar menunggu MRT resmi beroperasi di Jakarta. Banyak fasilitas dan kemudahan yang bisa didapatkan dengan menggunakan MRT nantinya ya. Semoga masyarakat nanti juga banyak yang beralih dari transportasi pribadi ke angkutan umum!

    ReplyDelete
  11. Amin amin mba.. saya jg turut mendoakan semoga MRT segera bisa beroperasi dengan baik dan lancar. Selain MRT smg KRL juga tambah banyak keretanya

    Jakarta memang butuh perubahan.

    ReplyDelete
  12. Semoga MRT segera jadi ya. AKu termasuk yang penasaran pengen coba MRT besok kalau sudah jadi. Semoga harganya pun terjangkauuu. Ahhhh Jakarta semakin nyaman

    ReplyDelete
  13. Udah lama banget ga ke Jakarta.. aku sempat tinggal diJakarta selama 3 tahun.. emang macet bikin pusing..n stress.. semoga dwngan adanya MRT dapat mengurangi kemacetanm. Yg jelas bakalan cepet sampai tujuan..

    ReplyDelete
  14. duh! udah gak sabar mau naik MRT, soalnya alasan gue ke SG cuma buat naik MRT nya aja wkwkwkkw

    ReplyDelete
  15. Selama ini cuma bisa mantengin pembangunan MRT selama di jalan. Kok gak selesai2 ya. Jadi gak sabar ingin cepet2 merasakan menjadi pengguna MRT.

    ReplyDelete
  16. Wah pemnangunan MRT fase 1 udah hampir mencapai 75% ya mba, keren.. gak sabar pengen ceper2 nyobain nih ��

    ReplyDelete
  17. Orang luar Jakarta kaya aku penasaran banget jadinya MRT ini kaya apa. Ntar kaya di luar negeri yg cepet tanpa macet dan pelayanan memuaskan. Semoga saja

    ReplyDelete
  18. Macet itu masalah bersama. Semoga MRTnya segera selesai dan kesepakatan lahan jg dipermudah

    ReplyDelete
  19. hadirnya MRT ini semoga membuat banyak orang tidak sering memakai kendaraan pribadi, biar ga macet-macet lagi jakartanya

    ReplyDelete
  20. Semoga tersedianya sarana MRT di Jakarta, bisa mengurai kemacetan yang selalu ada di ibu kota ya. Ternyata gak hanya mencegah kemacetan, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa di nikmati masyarakat

    ReplyDelete
  21. saya yg termasuk happy adanya MRT yg melintasi sebagian jakarta, walau diawal pembuatannya.. bikin ga bisa tidur.. krn mereka kerja dgn alat berat itu mulai pukul 1 atau 2 malam. dgn posisi tinggal diruko tepat dipinggir jalan hahaaha bunyinya cukup keras hingga kadang dinding dinding ikut bergetar. tp skrg sudah aman sih.. tinggal menunggu penyelesaiannya dan menikmati hasilnya.

    ReplyDelete
  22. Semoga MRT Terealisasikan dengan baik dan itung itung masyarakat jakarta tertolong sedikit sisa sisa kemacetan di kota jakarta. Walaupun, sekarang klo jalan jalan kejarta dimana mana macet semoga kedepannya dengan adanya MRT Jakarta bebas macet

    ReplyDelete
  23. Semoga pemerintah terus komitmen membangun angkutan massal untuk publik, apalagi r3ncanya MRT mau menyambungkan Cikarang hingga Balaraja...

    ReplyDelete
  24. Bakalan seperti kota-kota besar di luar negeri ini...
    Jakarta memang harus berubah.
    Karena semua dituntut bergerak cepat serta tepat waktu.

    Semoga transportasi yang dinanti ini sesuai harapan masyarakat Jekarda.

    ReplyDelete
  25. Kalo MRT bisa direalisasikan pasti setidaknya dapat mengurangi masalah kemacetan yang ada di Jakarta. Dan pastinya kehadiran MRT bisa menolong banyak orang untuk bisa tepat waktu. Hihihi Semoga kota lain pun menyusul dengan kehadiran MRT.

    ReplyDelete
  26. Udah gak sabar pengen cepet2 nyoba MRt nih

    ReplyDelete
  27. Kontes SEO BERLANGSUNG !!

    Total Hadiah 30 Juta Rupiah

    BDdomino.net Dengan Keyword : BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker BdDomino
    Tanggal : 17 Juli 2017 sampai 2 Oktober 2017

    Selengkapnya : http://bddomino.org/kontesseo/index.html

    Tunjukan Kalau Kalian MASTERNYA SEO !!
    Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    http://duniajudikuindonesia.blogspot.com/
    http://duniajudikuindonesia.blogspot.com/2017/07/bandarq-agen-sakong-judi-aduq-capsa.html
    http://judibandarqsakong.com/
    http://judibandarqsakong.com/bandarq-agen-sakong-judi-aduq-capsa-bandar-poker-bddomino/

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall