expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

30 August 2017

Ibu Hamil, Yuk Ikutan Festival Ngidam SGM Bunda






Membaca pesan singkat di whatssapp pagi ini membuat saya tersenyum senang. Pasalnya seorang sahabat  memberitahukan bahwa akhirnya ia pun berbadan dua. Sepanjang pernikahannya yang memasuki usia 7 tahun, sahabat saya ini sering bercerita mengenai perlakuan yang tidak menyenangkan. Yang ia dapatkan dari keluarga besar kedua belah pihak, dikarenakan ia dan suami belum memperoleh keturunan.



Di awal kehamilan, ibu hamil lazimnya mengalami rasa mual, perut kembung, sakit kepala,  punggung terasa sakit, sering buang air kecil, area putting payudara yang bertambah gelap, mengalami perubahan mood yang drastis dan ngidam. Ngidam  ialah keinginan untuk menikmati suatu makanan tertentu, terlepas makanan itu memiliki nutrisi atau tidak.


Menurut Dr. Med. dr. Damar Pramusinto, SpOG (K), ngidam adalah hal yang wajar bagi ibu hamil. Hal ini dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE) yang berhubungan erat dengan asupan makanan. Kenyataannya di awal kehamilan, ibu hamil sering kesulitan untuk mengontrol keinginan makan sehingga menyebabkan asupan gizi seimbang yang harus dipenuhi, terlupakan. 

Dr. Damar menjelaskan mengenai perubahan tubuh saat hamil




Dalam acara talkshow Media & Blogger Gathering bersama SGM Bunda yang berlangsung pada 24 Agustus 2017 lalu, Dr. Damar menyebutkan bahwa berdasarkan Riskesdas 2013, angka bayi kecil (<2500gr 10="" 20="" ada="" angka="" banyak="" bayi="" belum="" berada="" bergizi="" big="" cm="" dalam="" dan="" dengan="" di="" dilahirkan="" disebabkan="" hal="" hamil="" hingga="" ibu="" indonesia="" ini="" janin="" kandungan.="" kebutuhan="" kekurangan="" lahir="" makan="" makanan="" masuk="" mau="" menandakan="" mencapai="" mulut="" no.="" no="" nutrisi.="" oleh="" ooo="" pendek="" penting="" pola="" porsi="" sedangkan="" seimbang="" sesuai="" span="" tentu="" tersebut="" tidak="" yang="">








Ibu hamil juga penting untuk tahu, memahami dan mampu mengontrol asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya saat ngidam. Jika janin tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup, akan berakibat pada kehidupan anak kita kelak. Gangguan kesehatan seperti jantung, gangguan otak, diabetes, dll. Bagaimanapun juga, ibu lah satu – satunya sumber gizi bagi janin, sehingga janin akan sehat kalau ibunya sehat.



Di kesempatan yang sama, menurut Tara de Thouars, BA, M.Psi,  pakar psikolog keluarga, ibu hamil yang mengalami ngidam itu ibarat seperti sedang jatuh cinta. Masa – masa yang akan dikenang tidak saja oleh ibu hamil, demikian juga dengan pasangannya. Saat ngidam adalah saat di mana perempuan akan mengalami perubahan fisik, perubahan emosional, secara psikologi. Ibu hamil pun mulai banyak mengalami perubahan mood, menjadi lebih moody/mood swing, sensitive, banyak maunya. Para bapak/ayah  yang berperan sebagai patner perlu memahami dan harus selalu siap memberikan dukungan. Sehingga ibu hamil dapat menjalani masa kehamilan dengan nyaman, rileks dan menyenangkan.

Mbak Tara menjelaskan apa yang harus dilakukan secara psikologis ketika ibu hamil


FESTIVAL NGIDAM SGM BUNDA

Oleh sebab itu, ibu hamil wajib banget datang ke acara Festival Ngidam SGM Bunda. Festival tersebut di selenggarakan pada 2 -3 September 2017 bertempat di Sumarecon Mall Bekasi. Menurut Ibu Christina Natalia, Marketing Manager Nutricia, Sarihusada , menjelaskan bahawa Festival Ngidam SGM Bunda merupakan yang pertama dan terbesar di Indonesia. Ada banyak rangkaian aktivitas yang dapat diikuti oleh ibu hamil.  Ada area Ngidam Jajan; akan banyak sajian kuliner yang beragam. Ngidam Dimanja;  tersedia perawatan kecantikan mulai dari pijat relaksasi, spa hingga terapi musik hamil. Ngidam Eksis; beragam pergelaran fashion show bagi ibu hamil dan menyusui, Ngidam Ketemu Artis; akan ada pagelaran musik dan penampilan selebritis, booth Aktivitas Bunda  juga Edukasi Bunda. Lengkap ya…

Ibu Christina Natalia mengajak ibu hamil untuk datang ke Festival Ngidam

Mr. Danish Rachman , Brand Business Unit Director Danone Early Life Nutrition Indonesia








Festival Ngidam SGM Bunda Free alias gratis. Jadi jangan lupa nanti ajak suami dan keluarga untuk seseruan bersama, agar sama – sama mendapatkan edukasi.  Sampai jumpa di Festival Ngidam SGM BUnda yaaaaa












2 comments

  1. Pengen deh ke acara ini lagi. :'D

    ReplyDelete
  2. Langsung kabarin sodara yang lagi hamil, ah. :D

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall