05 September 2017

Sharp Helsio Automatic Cookware, Memasak Rendang Tanpa Air Semudah Menjentikkan Jari





Sebagai seorang ibu, memasak adalah salah satu kegiatan favorit saya untuk keluarga. Saya percaya, dari hasil masakan saya, timbul rasa cinta, kenangan akan rasa bagi kedua buah hati saya. Tetapi, ada juga saat - saat tertentu, saat di mana saya lagi gak mood masak, namun saya tetap ingin memberikan rasa cinta kepada keluarga. Mau nya sih punya alat masak yang serba bisa, gak pake ribet, cemplang cemplung, jadi dan enak.

Ketika saya kecil dulu,  aroma masakan nenek selalu membekas di hati. Udara yang panas ketika pulang sekolah, tidak saya hiraukan. Berjalan secepat mungkin karena perut sudah minta diisi. Di benak saya hanya lah aroma masakan nenek yang teringat. Saya pun ingin anak - anak saya kelak demikian.


Tetapi sejatinya memasak membutuhkan ekstra waktu dan tenaga. Contohnya saja memasak rendang, butuh waktu dan tenaga yang cukup menguras. Ini seperti pengalaman mama mertua saya, yang suka sekali memasak rendang. Jika lebaran tiba, beliau pasti akan menyuguhkan masakan favorit keluarga, rendang buatan beliau. Namun untuk menghadirkan sepiring rendang tersebut, butuh waktu 3 jam untuk memasaknya.


Saya pun demikian, memiliki sebuah slowcooker membantu saya ketika memasak rendang atau sop daging. Tetapi waktu masak yang sangat lama, terkadang membuat saya tak sabaran. Jika ingin dinikmati oleh keluarga saat makan siang, berarti pagi - pagi sekali saya sudah harus menyiapkan bahan - bahan untuk selanjutnya dimasak dengan slowcooker.



Tetapi satu sore, di halaman Signature Park Grande, saya menemukan perangkat masak yang ajaib. Yap, hari itu saya mendatangi keramaian di dalam tenda merah kuning dengan umbul - umbul bertuliskan SHARP COOKING BATTLE. Halaman Signature Park ini menjadi meriah dengan adanya tenda tersebut.



Suasana kolam renang yang teduh, asri dan tenang


Signature Park Grande berada di Jl MT. Haryono, Cawang, merupakan konsep hunian one stop living, berada di daerah strategis Jakarta. Hunian ini memiliki 2.600 unit strata title, pusat bisnis dan komersial, serta pusat lifestyle di atas lahan seluas 4,4 ha. Apartemen dibanderol mulai harga 900 juta/unit, meliputi  dua menara hunian (tower), The Light dan Green Signature, di mana masing - masing tower memiliki swimming pool tersendiri.


Apartemen ini berada di daerah strategis yang ditunjang oleh akses transportasi publik, seperti trans jakarta, dan yang akan jadi sebentar lagi, LRT, akan melintasinya. Ini tentu menjadi point plus tersendiri bagi Signature Park Grande.



Sharp Cooking Club


Selama ini yang terpatri dibenak saya, Sharp hanya identik dengan pendingin udara, tevelisi, kulkas saja. Saya malah baru tahu kalau Sharp juga memiliki  komunitas bagi pencinta masak. SCC atau Sharp Cooking Class, adalah wadah untuk berbagi informasi, tips dan trik seputar memasak menggunakan produk Sharp.


Dan tanggal 26 Agustus lalu, SCC mengadakan gathering pertama dengan menghadirkan Chef Deny Gumilang, Master Chef Indonesia. Di sini kita dapat melihat erpiawaian Chef Deny menggunakan beberapa peralatan memasak dari Sharp, antara lain Sharp Helsio, Sharp Apple Rice Cooker dan Sharp Slow Juice.


Sharp Helsio

Memiliki penampakan menyerupai slowcooker, awalnya Helsio ini saya tebak adalah sejenis slowcooker keluaran Sharp. Proses memasak yang meminimalisasi penggunaan air dan minyak, membuat makanan jauh lebih sehat. Karena vitamin yang ada pada bahan makanan tetap terjaga pada saat proses memasak.


Memiliki berbagai keunggulan, Helsio memudahkan kita menjadi seorang chef di rumah. Fitur automatic cooking, automatic heat dan automatic stirring, dapat berjalan secara maksimal. Keseluruhan fitur tersebut dibantu oleh dua sensor yang dibenamkan, steam sensor dan temperatur sensor. Helsio sendiri dapat mengatur tingkatan saat memasak (tinggi - sedang -rendah), dan memiliki fitu pengaduk otomatis sehingga membuat masakan menjadi enak tanpa perlu sering - sering diaduk. Kelebihan lainnya, kita dapat mengatur waktu penyajian sesuai yang kita inginkan. Helsio dapat mengaduk 330 pola gerakan memutar yang dapat disesuaikan dengan 115 menu, memiliki stainless di bagian dalam dan aluminium di bagian luar. Listrik yang digunakan 800 watt saat memasaka dan 50 - 70 watt saat menghangatkan.




Yang saya suka, Helsio ini mengusung konsep memasak tanpa air, karena air yang digunakan merupakan air yang berasal dari daging atau sayuran yang dimasak. Rahasianya terdapat pada mesin masak otomatis yang dilengkapi steam circulation technology, berbentuk kerucut berjumlah banyak di bagian atas. Sehingga ketika kita memasak, udara yang keluar akan dikembalikan ke dalam kuali untuk dimasak. Harga yang ditawarkan untuk produk ini berkisar tujuh juta rupiah.


Si merah yang cantik




Saat cooking demo, Chef Deny memasak rendang tanpa menggunakan air sama sekali. Semua bahan yang tersedia tinggal dicemplang cemplung saja. Chef Deny memilih waktu memasak rendang 90 menit, tanpa diperbolehkan dibuka tutupnya. Dan rendang yang dihasilkan, sama enaknya seperti rendang buatan ibu mertua saya yang asli Padang 😂. Memasak rendang semudah menjentikkan jari😙.


Slow Juicer

Chef Deny selanjutnya mendemonstrasikan juicer kepunyaan Sharp ini. Teknologi juicer ini mengambil sari buah atau sayur tanpa meninggalkan sisa. Menghasilkan lebih banyak juice dengan hasil cairan juice yang lebih kental, sehingga kandungan nutrisi yang didapat jauh lebih banyak ketimbang juicer yang sudah beredar di pasaran. Sow juicer ini sudah tersedia di pasaran dengan harga 1,8 juta rupiah.

Chef Deny menjelaskan cara kerja slow juicer





Cooking Battle  Challenge bersama Apple Rice Cooker

Acara yang ditunggu - tunggu peserta yang hadir, yaitu cooking battle. Panitia ternyata sudah menaruh kertas keberuntungan di bawah kursi. Jadi siapa peserta cooking battle yang beruntung, adalah orang yang menduduki kursi tersebut. Ooo oo... rupanya kursi saya memiliki kertas tersebut, namun karena badan sedang gak fit, potongan kertas tersebut saya berikan ke Amel, teman blogger yang hadir juga pada hari itu.



Coking challenge kali itu adalah memasak menggunakan Apple Rice Cooker, merupakan rice cooker dengan desain yang stylish, modern dan harganya cukup terjangkau, 470k. Berkapasitas 1,8 liter untuk memasak nasi, Apple Rice Cooker dapat menghangatkan nasi hingga 72 jam tanpa membuat nasi tersebut menjadi kering. Nasi pun tetap lezat saat dikonsumsi.


Cooking Battle Challenge kali ini, ada 3 grup berpasangan yang akan memasak nasi goreng, dan menghiasnya untuk dinilai dewan juri. Dengan berbagai kreativitas, peserta cooking challenge mengolah bahan yang ada untuk menjadi nasi goreng yang enak, sehat dan lezat.




Oiya untuk teman blogger yang ingin menyaksikan demo cooking dengan product Sharp, datang saja ke Best Denki setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu selama bulan September, mulai pukul 15.00 - 16.00.  Untuk info lebih lengkap bisa dilihat di http://www.bestdenki.co.id

1 comment

  1. Lucu banget bentuknya kayak buat apel <3

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall