12 October 2017

79 Tahun Sinar Mas Tumbuh dan Berkembang bersama Masyarakat Indonesia






Beberapa waktu lalu saya memenangi seebuah blog competition yang diadakan oleh Sinar Mas Insurance, yang merupakan salah satu anak perusahaan Sinar Mas. Saat itu terus terang saya takjub dan kaget sekali. Tulisan curhat saya mengenai berat badan, sesuai tema acara dan dinyatakan menang. Padahal saat itu nyaris semua peserta membahas mengenai asuransi, saya malah menulis yang berbeda. Tetapi hal tersebut membekas di hati.



Selain asuransi, saya akrab dengan gambar sampul buku tulis saat sekolah dulu. Lalu ketika bekerja di sebuah perusahaan penerbit dan percetakan, bahan baku kertas diambil dari PT Tjiwi Kimia yang berlokasi di Mojkerto, Jawa Timur. Atau kini, saat salah satu hobi saya berkegiatan di dapur, produk Sinar Mas seperti Filma siap eksis membantu saya di dapur.


Sinar Mas sendiri adalah brand dari perusahaan yang bergerak melalui 6 pilar bisnis, antara lain ; Pulp dan Kertas, Agri bisnis dan pangan, pengembang dan real estate, Layanan Keuangan, Komunikasi dan Teknologi, serta Energi dan Infrastruktur. Tanpa saya sadari, Sinar Mas ada dalam aspek kehidupan.
  • Pulp dan Kertas
Saat berkerja di salah satu penerbit dan percetakan, saya sering kali melakukan order pengadaan kertas pada PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Kini, APP atau Asia Pulp and Paper  sudah mampu menjangkau 120 negara di 6 benua dengan kapasitas produksi hingga 12 juta ton pertahun. 


  • Agribisnis dan Pangan
Sinar Mas bergerak di sektor agri bisnis melalui  Golden Agri - Resources Ltd (GAR) yang berdiri pada tahun 1996.. GAR merupakan pengelola perkebunan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia bersama dengan salah satu anak perusahaannya, PT Sinar Mas Agro Resources.



  • Pengembang dan Real Estate
Nama Sinar Mas Land tentu sudah tak asing lagi di dunia properti. Salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia ini menyediakan beragam produk, mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel hingga resor wisata, yang tersebar hingga Asia dan Eropa.


  • Layanan Keuangan 
Melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA), Sinar Mas menyediakan beragam layanan keuangan bagi nasabah korporasi, termasuk pula usaha mikro, kecil dan menengah maupun perorangan. Sinar Mas menjangkau masyarakat dengan berbagai layanan berkualitas global di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, serta management aset. Dengan dukungan layanan terpadu dan solutif. 


  • Komunikasi dan Teknologi
Siapa yang tak kenal Smartfren, salah satu penyedia layanan berbasis 4G LTE Advanced pertama di Indonesia. Melalui PT Smartfren Telecom Tbk, inovasi dan penyempurnaan menjadi landasan bagi kebutuham pengguna.




  • Energi dan Infrastruktur
Sinar Mas juga bergerak dalam penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia melalui PT Dian Swastika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan dibawah naungannya.

Ternyata banyak juga ya anak perusahaan Sinar Mas dalam keseharian kita. Dengan sejumlah produk dan layanan yang melibatkan lebih dari 380.000 orang karyawan yang merupakan anak bangsa, maka Sinar Mas bangga menjadi bagian dari Indonesia, serta secara aktif berpatisipasi bagi kemajuan Indonesia. Sinar Mas berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan melalui aspek ekonomi, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial. Inisiatif terkini Sinar Mas untuk terlibat pula dalam penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan.


Namun demikian selama  79 tahun, Sinar Mas juga cukup banyak menunjukkan kepeduliamnya melalui beberapa program CSR berikut ini, antara lain:

  • DMPA : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelestarian Lingkungan Cara APP. 
APP Sinar Mas meluncurkan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sejak 2015 lalu, dengan cara pemberdayaan masyarakat yang dikombinasikan dengan upaya pelestarian lingkungan sekitar dengan landasan kegiatan agroforestri( wanatani).

Masyarakat diajarkarkan untuk bercocok tanam holtikultura di mana hasil pangan tersebut dapat dijual atau dikonsumsi sendiri. APP memiliki target hinga tahun 2020 dapat mengimplimentasi DMPA  di 500 desa di sekitar 5 provinsi, antara lai: Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

  • Wakaf Al Quran untuk Indonesia

Sebagai negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia, Sinar Mas menyadari bahwa Indonesia sangat memerlukan Al Quran setiap tahunnya. Padahal data di Kementerian Agama pada tahun 2011 menyebutkan bahwa kebutuhan Al Quran hingga 2 juta mushaf per tahunnya. Namun percetakan nasional hanya mampu menyediakan 50 - 60 ribu mushaf per tahunnya. Untuk itu Sinar Mas mengajak kita berpartisipasi wakaf Al Quran.

Caranya mudah, pertama like Fanpage Sinar Mas, kemudian share dan ajak 2 teman kamu untuk ikutan dalam post ini. Jangan lupa hastag #QuranUntukIndonesia  dan #BanggaIndonesia .



Atau bisa juga melalui instagram. Cujup upload foto kamu yang memegang tulisan " AlQuran untuk Indonesia, Produk Indonesia Jati Diri Bangsa" jangan lupa juga untuk mencantumkan hastag #BanggaIndonesia dan #QuranUntukIndonesia , lalu mention instagram @Sinar_MasID dan @Asiapulppaper.

Semua hal yang kamu lakukan tadi dapat mewujudkan sebuah Al Quran yang diwakafkan untuk Indonesia. Setiap 1 akun hanya bisa melakukan 1 kali kegiatan di atas.


Bazaar Rakyat Sinar Mas
Sejak 2005 silam, Sinar Mas secara rutin mengadakan Bazaar Rakyat untuk menyalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan bersubsidi di berbagai kota di Indonesia sehingga ke pelosok negeri. Bazaar Rakyat ini sebagai penanda komitmen Sinar Mas mendukung pemerintah menanggulagi gejolak harga kebutuhan pokok.





#PendidikanUntukSMua
Pendidilan dipercaya mampu mengentaskan kemiskinan di pedesaan. Untuk itu lah Eka Tjipta Foundation mendirikan sekolah - sekolah terpencil di 24 desa, di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Di tahun 20161 lalu, GAR telah memberikan dukungan kepada lebih dari 217 sekolah, mulai dari jenjang TK hingga SMA. 

Selain biaya sekolah yang gratis, para siswa diberikan juga pengetahuan bagaimana mencegah kebakatan hutan dan melakukan pertanian berkelanjutan. 




Itu hanya beberapa program CSR Sinar Mas. Untuk info lebih lanjut mengenai program - program CSR lainnya, kamu bisa mendapatkan informasi melalui;
Fanpage : SinarmasID
Twitter : @sinar_masid
Instagram : @dinar_masid

Sinar Mas dalam Trade Expo Indonesia ke 32, 11 - 15 Oktober 2017






Trade Expo merupakan pameran dagang tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI yang akan berlangsung di Indonesian Convertion Exhibition (ICE), BSD, yang juga merupakan salah satu pilar bisnis Sinar Mas, Sinar Mas Land. 

Trade Expo tahun ini menampilkan lebih dari 300 produk dan jasa dari Indonesia yang akan dipamerkan dalam 7 zona produk potensial dan unggulan nasional. Zona tersebut ialah furniture and furnishings, fashion, craft and creative products, premium products, strategic industries, manufacturing products and service, food and beverage, serta province premium products.

Sinar Mas tentu saja tidak mau ketinggalan ikut serta dalam Trade Expo Indonesia kali ini. Diharapkan dengan adanya Trade Expo Indonesia ini, mampu tetap menjaga neraca perdagangan dengan meningkatkan nilai ekspor produk potensial ke luar negeri. Semoga adanya Trade Expo 2017 nanti, membawa keberkahan bagi perekeonomian Indonesia di depannya. 


sumber foto : @sinar_masID

15 comments

  1. wah 79 tahun ya dengan anak perusahaan yang tidak bisa dibilang kecil. Aku suka lho saat ini makin banyak perusahaan2 besar yang makin membumi program2nya untuk kemaslahatan umat. Salah satunya adalah pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Itu yg Kalijodo skrg juga SinarMas kan ya? Seneng deh kalau ada perusahaan yang peduli sama lingkungan. Keren!

    ReplyDelete
  3. Ternyata sudah berumur ya Sinarmas ini. Aku aja punya beberapa brandnya, kayak Pristine minuman favoritku dan mifi smartfren yg selalu ada di tasku wkwk.

    ReplyDelete
  4. Udah tua juga yaks , sinar mas 79 tahun

    ReplyDelete
  5. beuh Sinar Mas ternyata udah 79 tahun, udah jadi buyut yaa

    ReplyDelete
  6. Wahh aku baru tau sinarmas umurnya hampir sama kaya nenek di kampung 😲😲

    ReplyDelete
  7. Wah bagus juga CSR Sinar Masnya.

    ReplyDelete
  8. Sinar Mas dimana-mana, kantor aku aja pakai Sinar Mas Insurance dan developer gedungnya juga Sinar Mas. Hehehhe....

    ReplyDelete
  9. semoga sinar mas juga bikin program reboisasi hutan2 di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Sudah cukup lama ya mbak perusahaannya. Wah saya jadi tahu nih produk2 besutan Sinar Mas termasuk merk buku dan bahan pangan seperti minyak goreng :D

    ReplyDelete
  11. Perusahaan yang sudah berdiri lama ya. Dulu sempat mau gabung di asuransinya, cuman gagal diambil karena aku keburu hamil.

    ReplyDelete
  12. Perusahaan Insurance yg sudah lama berkiprah di tanah air, kegiatam sosialnya juga konsen ke masyarakat luas

    ReplyDelete
  13. Astagaaa usianya sudah 79 tahun ya. Aku kira masih sekitar 10 tahun lho Sinarmas itu...

    ReplyDelete
  14. Wah, lebih tua dari Republik Indonesia dong ya, keren sekali perusahaan Sinarmas ini. :D

    ReplyDelete
  15. sinar mas sdh banyak anak perusahaan dan sdh lama berdiri ya

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall