30 October 2017

Wisata Olahraga Kelas Dunia di Mandiri Jakarta Marathon 2017



"Mandiri Jakarta Marathon tahun ini kamu gak ikutan, pak?", tanya saya di satu sore. "Sudah telat daftar bu, lagian kalau mau FM tahun ini, kudu persiapan dari jauh-jauh hari. Gak bisa gedumbrakan kaya gini, bu", jawab pak suami.



Di 2015 lalu, pak suami dan genk Ayah Asi Runners ikutan Jakarta Marathon dikategori nomor half Marathon. Alhamdulillah mereka semua finish dan mendapat medali. Sayangnya dipenyelenggaraan yang ke 5, banyak dari genk Ayah Asi gak ikutan, termasuk pak suami.


Dalam waktu 4 - 5 tahun belakangan ini, lari adalah olahraga yang mulai dilirik dan menarik perhatian pecinta olahraga. Hal ini terbukti dengan banyaknya race yang berlangsung sepanjang tahun, serta semakin banyaknya peserta yang terlibat dalam penyelenggaraannya.


Mandiri Jakarta Marathon tahun ini memasuki penyelengaraan ke 5, jumlah total peserta dibatasi hanya 16.000 orang seperti tahun sebelumnya, dengan 2.000 diantaranya adalah peserta dari berbagai negara. Masih melombakan 5 kategori nomor lari Full Marathon (FM) dengan jarak tempuh 42,195km, Half Marathon (HM) 21 km, 10K (kilometer), 5K (5 kilometer) dan Marathoonz (Children's Sprint) yang diikuti oleh anak - anak dengan usia 5 - 7 tahun dan 8 - 10 tahun.


peserta 5K yang antusias

Rasanya gak afdol ya kalau gak lihat sendiri keseruan #MandiriJakartaMarathon tahun ini. Alhamdulillah saya dan beberapa teman diberi kesempatan untuk meliput langsung keseruan Jakarta Marathon tahun ini. Gak sembarangan orang bisa masuk dan melihat booth yang ada di kawasan Monas, minggu 29 Oktober 2017 lalu. Jadi begitu kesempatan ntuk menyaksikan langsung pelepasan peserta saat start datang, tanpa ragu saya mengiyakan.



Minggu pagi pukul 5.00 Wib, saya dan beberapa teman blogger sudah standby di kawasan Monas. Berbekal ID Card Media, saya dan teman - teman diperbolehkan masuk ke dalam area pintu masuk. Sebelum masuk, terdengar beberapa kali panitia mengimumkan agar bip atau nomor dada peserta dipakai. Tanpa memakainya, mereka tidak dapat memasuki garis starts. Gpp ya, biar tertib kudu bawel dikit.



Tepat jam 5 pagi, lomba pun dimulai. Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, Bapak Sapta Nirwandar, Co Founder dan Chairman Jakarta Marathon serta Bapak Kartika Wirjoatmojo, Dirut Bank Mandiri, resmi melepas peserta Mandiri Marathon dari berbagai usia yang berasal dari 50 negara untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp774 juta.



Rute Mandiri Jakarta Marathon membawa peserta untuk menikmati keindahan landmark ikonik Jakarta, seperti Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Bundaran Hotel Indonesia serta melintasi kemegahan gedung pencakar langit ibukota. Dalam sambutannya Bapak Kartika Wirjoatmojo mengatakan bahwa Bank Mandiri merasa bangga untuk dapat terus bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Pemda DKI, dan promotor Inspiro untuk terus menjadikan #MandiriJakartaMarathon sebagai ajang lomba lari terbesar dan terbaik di hati warga Jakarta, khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya. "Kehadiran Bank Mandiri di Mandiri Jakarta Marathon ini sebagai wujud nyata dukungan kami untuk peningkatan pola hidup sehat bagi warga Jakarta dan sekitarnya agar rutin berolahraga demi peningkatan kualitas hidup. Kami juga mendukung upaya berbagai pihak untuk terus menguatkan citra Jakarta sebagai destinasi wisata olahraga kelas dunia yang dikenal sekaligus dicintai komunitas pelari internasional", ujar Kartika.

Medali Mandiri Jakarta Marathon 2017


Berbagai inovasi berkaitan dengan Mandiri Jakarta Marathon terus ditingkatkan. Tahun ini melalui fasilitas live streaming bekerjasama dengan MNC Sport dan XL, Mandiri Jakarta Marathon dapat disaksikan penonton di rumah. Lalu adapula penerapan teknologi virtual run yang menggandeng developer 99 Virtual Race. Selain itu adanya peluncuran theme song "Kuberlari" yang dinyanyikan penyanyi Alina, gubahan komposer Albert Juwono, menambah warna baru dalam Mandiri Jakarta Marathon.


Di tahun ini pula, Mandiri Jakarta Marathon mengusung tema "Never Give Up", agar semakin menyulut semangat para runners Indonesia dan dunia untuk berlari dengan semangat pantang menyerah. Dalam Marathon kali ini, Mandiri Jakarta Marathon juga mengajak para peserta berbagi melalui kegiatan amal (Charity Fun Run). Kegiatan ini juga diikuti Bapak Sandiaga Uno, wakil Gubernur DKI Jakarta yang ikut serta dalam nomor half marathon, dan Walikota Bogor, Bapak Arya Bima di nomor 10K. Berbagai selebritis tanah airpun tak ketinggalan turut serta, seperti Andien, Adrian Maulana, Melani Putria dan lainnya




Peserta Maratoonz


Setelah semua peserta resmi diberangkatkan, saya dan teman - teman blogger berkeliling ke booth yang ada. Mulai dari boothnya Bank Mandiri yang menawarkan berbagai keseruan games, photobooth menggunakan kamera 360,  cek gula darah, hingga penjualan e-money seri Justice league yang limited edition. Lalu ada Pocari Sweet, Soyjoy, Sunpride yang memberikan minuman dan camilan sehat untuk para runners, Salonpas yang siap dengan tenaga pijat, hingga XL yang memberikan space area untuk charging. Lengkap deh semuanya.

Cek gula darah    









Bank Mandiri, sebagai sponsor utama perhelatan akbar ini, berkesempatan meluncurkan kartu debit dan kartu kredit desain khusus Asian Games 2018 untuk menggelorakan semangat masyarakat dalam mensukseskan perhelatan akbar Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. Kartu edisi khusus ini rencananya akan menampilkan tiga maskot Asian Games, yaitu Burung Cendrawasih (bernama Bhin-Bhin), Rusa Bawean (Atung) dan Badak Bercula Satu (Kaka). Kedua kartu tersebut akan diterbitkan secara terbatas dan hanya diproduksi hingga akhir 2018. 




Semoga pelaksanaan Mandiri Jakarta Marathon tahun depan lebih menarik, lebih antusias dan lebih menggoda hadiah - hadiahnya. Salam Olahraga!












6 comments

  1. ya Allah,keren nih lari aku paling ngos-ngosan lari karena punya Asma. Ini kegiatannya bagus banget ya bikin orang sehat. Thanks Mbk sharingnya. Banyak aris juga ya ikutan olahraga kelas dunia di Mandiri.

    ReplyDelete
  2. Pengen ikutan. :D Tapi jauh kalau kudu ke Jakarta. Moga di Malang ada juga. :'D

    ReplyDelete
  3. Acara yang sangat menyehatkan tuh. :D Pengen deh ikutan juga.

    ReplyDelete
  4. Sukses besar Jakarta Marathon #JKTXtraRunner bersama XL ya kemarin, apalagi ada Live streamingnya baru pertama kali

    ReplyDelete
  5. Sekarang banyak acara marathon ya mbk. Konon buat yang pertama kali mau ikut marathon harus siap2 dulu,misal yang paling sederhana lari rutin setiap hari. Biar nggak kaget..

    ReplyDelete
  6. Mba kamu ikutan lari juga? keren banget,

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall