08 November 2017

Cerita Siang Hari, Fadly dan Susu Tanpa Garam



Belakangan ini Fadly sedang senang mengganggu saya ketika memasak. Bukan, bukan menganggu yang gimana – gimana, tetapi ikut serta ketika saya memasak. Mulai dari mengupas bawang, mencuci sayuran hingga menggoreng telur.


Salah satu lauk favorit fadly  adalah telur. Hingga hari ini belum ada kata bosan ketika bertemu telur.  Diceplok ayo, direbus oke, didadar mau bahkan diorak arik sukses membuat Fadly lahap. Emaknya antara girang dan deg-degan, khawatir yang berlebihan itu gak baik kan...

Awalnya fadly meminta saya mengajarinya menggoreng telur. Mulai dari memecahkan telur di teflon, memberinya garam dan lada hingga membolakbalik telur sebelum diangkat. Hihihi Fadly penasaran karena melihat saya melakukannya dengan mudah. Ternyata gak semudah yang ia lihat. Fadly sempat terkena cipratan minyak panas takkala memecahkan telur. Sejak itu ia sedikit ragu untuk melakukannya, namun dengan berkali – kali latihan ia kini bisa menggoreng telur sendiri. 

Satu hari Fadly laporan kalau telur yang ia masak tanpa menggunakan garam. “Bu, telur ceplok yang tadi pagi aku masak tanpa garam. Lupa aku taruh. Pas mau makan baru ingat. Tapi ternyata tetap enak ya bu, tetap terasa gurih”, ceritanya siang itu ketika pulang sekolah.  “Iya Fadly, telur tanpa garam tetap enak kok dikonsumsi, sama seperti susu UHT Indomilk, kan gak pake garam tuh, tetap asli Gurihnya susu kan” ujar saya serasa menyodorkan segelas susu UHT Indomilk kesukaannya.



Kebiasaan baru saya dan anak – anak belakangan ini adalah mengkonsumsi Susu UHT kemasan 1 liter saat santai,  ketika sarapan pagi, atau sebagai bekal sekolah. Mengapa saya beralih ke Indomilk UHT karena #Gurihnya Indomilk terasa di lidah, kemasannya yang ramping, mudah disimpan di kulkas.  Indomilk UHT tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari 115ml, 195 hingga 250 ml. Cocok kan untuk Fara yang gak bisa minum susu dalam jumlah banyak sekaligus, atau untuk Fadly yang memang doyan susu. 1 liter bisa loh habis dalam sehari. Selain itu teknologi Nutri Keep menjaga dan membuat semua kebaikan susu yang ada di dalam kemasan tetap terjaga.



“Memang ada ya bu susu yang pake garam. Kan ibu bilang kita gak boleh banyak makan garam?”tanya Fadly lagi.  Sejak masuk usia sekolah, saya berusaha memberitahukan pada Fadly dan Fara manfaat makanan dan minuman yang mereka konsumsi.  Zat – zat apa saja yang terkandung di dalamnya, agar mereka tahu apa saja yang boleh mereka makan atau minum. Hari gini ya, jajanan anak di sekolah serba mengerikan.  Dan saya gak bisa 24 jam mengawasi apa yang mereka konsumsi. 


“Ada, bang. Beberapa susu yang ibu temui menggunakan garam. Padahal garam dalam susu dapat mengurangi rasa alami susu. Susu sapi yang kita konsumsi sebenarnya sudah memiliki rasa gurih yang asli karena ada kandungan laktosa  dan garam mineral dari susu itu sendiri.   Lagian garam yang berlebihan kan dapat membahayakan tubuh” lanjut saya menjawab pertanyaannya. “Lihat video ini deh bang, biar abang tahu”, ujar saya seraya menyerahkan smartphone saya padanya





Sore -sore nongkrong, minum susu. Abaikan backgroundnya yaa

“Susu dengan penambahan garam akan membuat tenggorokan kita cepat haus dan kering ya bu. Kenapa ditambahi garam lagi ya bu..kan jadi gak gurih donk” ujarnya.  “Gpp ya ‘nak...kan sekarang kamu jadi tahu. Mulai bisa memilah mana makanan yang baik untuk tubuh kita. Biasakan juga ketika membeli makanan atau minuman untuk melihat komposisi pada kemasannya. Yuk kita makan siang, kamu pasti sudah lapar kan..” ujar saya menutup obrolan singkat hari itu.

42 comments

  1. Liat Fara minum susu aku jadi pengen minum susu haha.Aku baru tau lho ternyata ada susu UHT pakai garam toh.

    ReplyDelete
  2. susu, anakku juga suka susu tp suka yang UHT ya tinggal glek minum drpd yang hrs nyeduh dulu

    ReplyDelete
  3. Di rumah aku juga konsumsi susu Indomilk ini mbak. Ooo baru tahu kalau komposisinya tanpa garam, gak pernah merhatiin soalnya hehe TFS

    ReplyDelete
  4. hidup sehat dengan minum susu. enaknyoooo. Anak saya usia lima tahun juga senang banget minum susu.

    ReplyDelete
  5. Aku sebenarny Eneg minum susu full cream, tp khusus indomilk aku suka. Krn gurih banget

    ReplyDelete
  6. daku juga baru tau loh mbak kalau ada susu yang pakai garam. konsumsi garam berlebihan emang kurang baik buat kesehatan, aku aja lagi belajar ngurangin garam saat masak :)

    ReplyDelete
  7. ahh susu ya. Aku kurnag begitu suka yang full cream, tapi kalau coklat masih mau kadang-kadang hehe. Anak2 banyak minum susu baik, biar sehat dan kuaatt

    ReplyDelete
  8. aku sukanya yang low fat karena takut gendut wkwkwkwkk *padahal mah gendut mah gendut ajah ya XD dan langsung kuatir begitu denger kalau sekarang susu full cream di tambahi garam buat sensasi gurihnya -____-" untung ajah susu Indomilk yang dikonsumsi Ming xia aman dari garam

    ReplyDelete
  9. hem,, jadi susu itu ada yang mengandung garam ya? tapi, kok saya minum susu biasa aja ya rasanya ga ada gurih gurihnya haha jd kaya tawar. Tapi, bagus sih klo terus minum susu tetapi, jangan sembarang susu diminum harus tau masing masing fungsi susu yanng kita ingin minum

    ReplyDelete
  10. Fsdly sama banget sama aku.selalu makan telur dan minum susu sampai segede ini. Hihi. Sehat dan pintar yaaa fadly

    ReplyDelete
  11. Kalau saya biasanya minum Indomilk rasa pisang, tanpa garam pastinya tetap enak. Ya rasanya nikmat, kadang coba yang full cream dan stroberi juga. Masih senang minum susu dengan berbagai rasa.

    ReplyDelete
  12. saya baru tau kalau ada susu yang mengandung garam mba.. saya dari kecil sampe SD paling demen susu coklat tapi semenjak smp sampai sekarang entah kenapa malah suka banget susu putih yang rasa plain.. malah kalau minum susu coklat eneg...

    kalau sekarang ada varian susu pisang dan susu kelapa itu juga suka hehe.. rasanya seru

    ReplyDelete
  13. Susu UHT ini lebih kaya gizi kah dibanding susu kental manis? Saya sering beli sih susu sejenis ini yang kream biasanya plih lowfat, maklum badan udah melar hehe *jadi curhat

    ReplyDelete
  14. Aku juga sama kaya Fadly, baru tahu kalau ternyata ada susu yg pakai garam. Ternyata sepenting itu ya efeknya. Okelah, berarti mulai sekarang harus lebih teliti memilih produk susu.

    ReplyDelete
  15. Aku juga sama kaya Fadly, baru tahu kalau ternyata ada susu yg pakai garam. Ternyata sepenting itu ya efeknya. Okelah, berarti mulai sekarang harus lebih teliti memilih produk susu.

    ReplyDelete
  16. Baru tau ada ternyata susu itu pakai garam ya. Mesti jeli kalau gitu pas beli susu ya mba. Thx infonya lo!

    ReplyDelete
  17. aku baru tahu kalau ada susu yg pakai garam yaa.. baru ngeh. aku kayaknya doyan hampir semua jenis susu sih. wkwk. ternyata penting juga memperhatikan kandungan yg ada di dalam susu. okedeh musti lebih teliti lg

    ReplyDelete
  18. Susu ternyata bisa gurih walau tanpa garam. Seger asli susu berarti ya

    Ponakanku pada doyan susu. Mungkin Indomilk layak dikenalkan sama mereka

    ReplyDelete
  19. Kalau pakai Garam memang terasa lebih gurih ya mba tapi ga baik untuk Kesehatan. Aku juga suka banget minum indomilk, rasanya lebih segar dibanding susu uht lainnya

    ReplyDelete
  20. Tosh ah... Anak2 di rumah juga konsumsi susu ini.. Sehari bisa abis 2 box Wkwkwk, enaknya keder, boros buat beli susu. Tapi demi kesehatan anak tak apalah, kan rejeki udh ada yg atur..

    ReplyDelete
  21. Masa' sih susu uht mengandung garam? Padahal lumayan manis loh itu. Saya suka.

    ReplyDelete
  22. Wah..Fadly kereen, udah bisa memasak sendiri.
    Eh, kesukaan Fadly sama dengan makanan kesukaan anak lelaki saya. Cukup goreng telor atau dadar telor, langsung dilahap sampai habis

    ReplyDelete
  23. Iwaaaa kereeen ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Minum susu tanpa garam
    Ya banyai sih yg nhasih alasan susu no salt

    Saltbitu sulit dicerna. Justru salt itu tugasnya menyatukan enzim2 lainnya. Cocom banget buat diet meski diet pribadi


    ReplyDelete
  24. Anak saya juga suka susu ini
    Tapi kadang minumnya mood moodan
    Klu lagi mau..biasa cepat habis
    Tp klu lagi ga mood lama habisnya
    Namun sudah ga pernah nyicip nih
    Secara ga suka susu hihihi ketahuan ya waktu kecil ga nyicip susu

    ReplyDelete
  25. Susu tanpa garam ya, tapi setau aku garam ada di dalam kandungan susu secara natural haha. Makanya asin-asin gimana gitu. Susu apa sih mbak yang tambahin garam? Aku belum pernah dengar.

    ReplyDelete
  26. wah aku baru tau nih tanpa garam, tapi emang rasanya enak sih ya, apalagi bareng cereal makannya

    ReplyDelete
  27. Aku baru tau susu ternyata ada yang pakai garam juga ya :o

    ReplyDelete
  28. wah saya baru tahu lho kalo ada susu yang pakai garam agar gurih. Makasih banget sharenya Mbak.

    ReplyDelete
  29. Oh, skrg susu tanpa garam yak? Baru tahu, dan susu ini aku kdg minum, gppkan yak, wkwkw...

    ReplyDelete
  30. minuman kesukaan aku banget, wah bagus tuh tanpa garam jadi ga naik darah ini :D

    ReplyDelete
  31. Sally itu mah susu favorit keluarga bunda, mulai dari cucu, anak, dan si bundanya. Fadly sama seperti cucu bunda juga, Ayman dan cucu-cucu yang lain kedoyanannya telor bukan main deh. Gak ada bosen-bosennya kalo sama yang namanya telor. Ayman paling sukaa scramble egg dan dia udah bisa bikin sendiri lho. Minum susunya kuat banget, mudah-mudahan dia jauh dari obesitas-lah. Aamiin.

    ReplyDelete
  32. Habis baca ini, jadi pengen nyobain susu uht yang putih deh. Secara saya kurang suka yang putih, lebih suka yang coklat hehehe
    Tapi kelamaan jadi biasa deh minum susu uht putih dan baru tahu kalau ada yg ditambah kandungan garam.

    ReplyDelete
  33. Sama banget kayak aku mba sally, suka kepikiran sama jajanan anak2 disekolah, skrng anakku udah ngerti soalnya jd kalo hanya dibekali nasi aja, dia tetep mau jajan. Fandly pintar banget ya mau minum susu tanpa rasa, anakku ga suka.

    ReplyDelete
  34. Mba, aku penasaran sama merk susu yang pake garam itu apa aja, euy.
    Bisikin doong..

    ReplyDelete
  35. Aku jadi baru tau kalo ada susu pake garam hihihi makasiy infonya...

    ReplyDelete
  36. aku juga baru tau jalo ada susu pake garam. Tapi kenapa yah, mwskipin udah minum suau yg banyak tapi tetep aja nggak tinggi2? Suka ngiri sama org belanda yg rajin minum suau dan tinggi2 badannya hehehhe

    ReplyDelete
  37. yeay! akhirnya ada pilihan susu cair tanpa garam... tentunya lebih sehat dong!

    ReplyDelete
  38. Eeh kok susunya samaan? Aku juga stok susu ini di rumah karena mandat dari mas suami. Mas suami itu paling demen ngecek-in komposisi makanan, terutama kandungan gula sama garam. Dan Indomilk ini yang sesuai dan memenuhi persyaratan mas suami. Aku biasanya beli di Giant karena suka promo lho. Sekali beli bisa langsung 10 karton gitu untuk stok 2 minggu (kadang kurang dari 2 minggu udah habis).

    ReplyDelete
  39. Susu ini aku pake juga, buat bikin kue atau puding enyaaak

    ReplyDelete
  40. Wah sama banget kaya anak2ku mba. Gak prnh bosen sama telur. Malah kadang masakan aku kalah saing sama telur.

    ReplyDelete
  41. Wah susu Indomilk cair aku juga suka. Biasanya sampai berebut dengan pasangan jika tinggal sedikit di kulkas.

    ReplyDelete
  42. Owh ada susu yg mengandung garam ya, maaf baru tau. Liat susu digelas aku jadi pengen, kayaknya seger banget deh.

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall