expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

04 January 2016

Belajar Gratis Bersama IndonesiaX











Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”.


Hadist di atas adalah sebuah hadist yang selalu diperdengarkan nenek jaman dulu saya terkena sindrom ogah sekolah. Yang teringat semasa nenek masih ada, daripada marah – marah gak karuan, beliau selalu menjawab kenakalan saya dengan ayat dari Al Quran atau hadist yang bikin saya berpikir ribuan kali untuk mengulang kenakalan yang sama. Terlebih jika berhubungan dengan sekolah. Saat itu yang saya rasakan untuk mengecap pendidikan formal rasanya susah dan mahal. Nenek selalu mewanti – wanti saya bahwa beliau hanya mampu menyekolahkan saya di Sekolah Negeri saja. Begitu pula ketika kuliah, nenek hanya mengijinkan saya untuk menyelesaikan D3 karena kendala biaya.

Tahun berlalu, pekerjaan yang saya dapat alhamdulillah sedikit banyak sesuai dengan jurusan perkuliahan yang saya ambil. Namun satu ketika saya merasa perlu meng-upgrade diri lebih baik agar promosi yang saya inginkan bisa saya dapatkan. Sayang, sebelum sempat meng-up grade diri, saya keburu kalah di posisi tersebut dikarenakan saya tidak memiliki title atau gelar yang sesuai. Huhu kebayang sakitnya tuh di sini * nepuk dada *

Pengalaman saya ternyata juga dialami oleh orang terdekat saya. Orang terdekat saya ini memiliki hobi mengutak atik komputer. Dia sama sekali tidak pernah mengeyam pendidikan formal yang berhubungan dengan teknologi informatika. Namun kemampuannya tidak kalah dibanding sarjana lulusan sebuah perguruan tinggi swasta. Karena tidak memiliki gelar/title ini membuat orang terdekat saya ini tak mampu menembus jenjang manajerial. Sayang kan?...


Selasa 22 Desember 2015 lalu saya mendapat pencerahan dari sebuah platfoarm kursus online atau massive open online course (MOOC). Pada hari itu, IndonesiaX meluncurkan kursus RP102 Self Driving ; Are You a Driver or a Passanger?dari Rumah Perubahan. Kursus ini dibawakan langsung oleh Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, pendiri Rumah Perubahan dan Guru Besar Universitas Indonesia. Gak main – main ya, narasumbernya jelas dan terpercaya donk ya.



Eits sudah ada yang tahu apa itu IndonesiaX?IndonesiaX adalah suatu inisiatif yang berfokus pada pengembangan dan pelatihan di Indonesia yang bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan dan keterampilan yang berkualitas. IndonesiaX dalam hal ini menggunakan learning management system, disajikan dalam bahasa Indonesia dan didesain khusus untuk masyarakat Indonesia.

Buat saya pribadi, IndonesiaX ini bisa menjadi sarana mengupgrade diri yang belum sempat saya lakukan. Saat ini dengan rutinitas harian saya ditambah 2 anak yang sedang lincah-lincahnya, saya seperti tak memiliki waktu untuk hadir dan belajar di kelas. Selain itu biaya perkuliahan di satu universitas yang saya taksir membuat saya berfikir 1000x kali untuk kuliah lagi. Duh padahal mencari ilmu itu wajib kan hingga hayat dikandung badan.

Diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2015 lalu, selama kurang lebih 4 bulan berjalan, tercatat sudah 30 ribu orang yang mendaftar sebagai siswa di IndonesiaX. Kursus online ini tidak dipungut biaya alias gratis dan dapat diunduh selama kamu memiliki koneksi internet yang mumpuni. Hebatnya lagi, di IndonesiaX digawangi oleh Dewan Penasehat yang profesional dan terpercaya. Dewan Penasehat di sini adalah badan non – eksekutif yang terdiri dari perwakilan perguruan tinggi terdepan dan top manajemen dari beberapa perusahaan terbaik di Indonesia. Loh mengapa ada perusahaan ikut serta dalam IndonesiaX?karena IndonesiaX meyakini bahwa sumber ilmu pengetahuan dan keterampilan tidak hanya terbatas pada institusi pendidikan, melainkan juga dapat diperoleh dari perusahaan – perusahaan dan pelaku bisnis. Selain prof. Rhenald Kasali sebagai wakil ketua, ada juga Guru Besar Fakultas Teknik ITS, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA sebagai ketua Dewan Penasehat, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, Prof. Kadarsah Suryadi, DEA, Ito Warsito (Dirut Bursa Efek ), Wishnutama Kusubandio (Net TV), dan Budianto Andreas Nawawi (Direktur Paramount Enterprise) sebagai anggota Dewan Penasehat.

Dalam acara temu bloggers yang dilaksanakan seusai acara Sarah Sechan di kantor Net TV, hadir pula Ibu Lucyanna Mangoendipoero Pandjaitan, selaku Presiden & CEO IndonesiaX. Ibu Lucy mengatakan bahwa IndonesiaX sudah mengkonfirmasi edX (www.edx.org) sebagai mitra strategis baru. Dalam hal ini IndonesiaX menunjukkan komitmen dan kemauan yang kuat untuk berbagi pengetahuan dan keahlian bagi para siswa di seluruh Indonesia. Hari gini mana ada yang gratis, ya gak sih? “ Kursus online gratis yang ditawarkan IndonesiaX membantu mendemokratisasikan akses untuk belajar di Indonesia”. Jadi jangan ada kata takut, menyerah dan kemahalan yak :D

Tim IndonesiaX mejeng bareng Sarah on Net


Suasana Temu Blogger


Materi apa saja yang bisa diunduh di indonesiaX?antara lain; Change Management oleh Prof. Rhenald Kasali (Rumah Perubahan), Introduction To Broadcasting for Television oleh Wishnutama Kusubandio (CEO PT Net Mediatama Tevelevisi), Self Driving: Are you a driver or a passanger oleh Prof Rhenald Kasali dan Introduction to Stock Exchange oleh Bursa Efek Indonesia dan lain-lainnya. Untuk lebih jelasnya sila ke www.IndonesiaX.co.id .

Pilihan kursus yang bisa diambil


Saya sudah mendaftar sebagai siswa di IndonesiaX, dan untuk kursus pertama saya akan mengambil kursus public speaking secara hal inilah yang dulu membuat saya gagal mendapatkan promosi. Cara daftarnya juga mudah, buka website IndonesiaX dan daftarkan diri kamu menjadi member. Tunggu beberapa saat lalu confirmasi ulang dan akun kita bisa digunakan. Silakan pilih kursus apa yang akan kamu pelajari, ada 8 pilihan kursus yang bisa kamu ikuti. Semoga ke depannya semakin bertambah jumlah kursus yang dapat dipilih. Dan ke depannya semoga IndonesiaX juga menyediakan kursus yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan agar bangsa Indonesia semakin maju dan berkembang.

Pose bareng tim IndonesiaX, kompasianer dan blogger

5 comments

  1. asyik banget bisa kursus gratis.. ikut ah :-)

    ReplyDelete
  2. aku udah daftar kemaren saking pengennya
    belajar manajemen \m/

    ReplyDelete
  3. Masih bingung sama syarat administrasi pengambilan sertifikatnya

    ReplyDelete
  4. Semoga saja berlanjut, program ini bagus banget soalnya

    ReplyDelete
  5. Brau tau ttg indonesiax, ntar coba buka web nya :-)

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall