expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

28 May 2017

Ramadan Sehat bersama Peralatan Dapur Philips



Ramadan.

Bulan ini selalu dinanti. Tua muda lelaki dan perempuan semua senang ketika bertemu kembali dengan Ramadan di tahun ini. Bahkan kedua buah hati saya, Fadly dan Fara yang sudah tak sabar untuk menjalankan ibadah puasa.


Mereka berdua sudah bertanya, hidangan apa yang akan saya siapkan untuk mereka. Saya sih inginnya masak yang simpel dan praktis saja. Mengingat waktu untuk memasak bisa saya alokasikan untuk pekerjaan yang lain. Dan terus terang saja, kalau sudah repot masak lalu gak habis dimakan rasanya bagaimana begitu.




Ditambah beberapa waktu lalu ketika iseng ikutan test kolesterol, kadar kolesterol saya mulai berada diambang batas normal. Belum jauh sih, tetap saja bikin hati was- was. Tahu sendiri kan kalau berbuka, gak afdol tanpa gorengan dan segelas teh manis panas. Alih – alih mau menenangkan kinerja lambung, yang ada malah numpuk gula dan lemak.


Talkshow "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips"

Jadi ketika saya mendapat undangan untuk menghadiri acara talkshow “Ramadan Sehat Bersama Philips” , di Hotel Ayana Mid Plaza, Senin 15 Mei 2017, saya sangat senang karena pembahasan ini menarik dan memang saya butuhkan.

Tiba di tempat acara, saya sempat deg-degan karena nyaris terlambat. Untunglah ketika saya tiba, undangan yang hadir (media & blogger) sedang asyik foto – foto di booth yang disediakan. Sebagian lagi antri untuk menikmati jus segar yang bisa kita siapkan sendiri. Tak hanya itu, di sisi kanan pintu masuk ada meja dengan seorang petugas yang siap siaga untuk mengukur indeks body mass tubuh kita. Setelah mendapat kursi yang diinginkan, saya pun bergegas mencoba jus yang saya pilih sendiri bahan – bahannya. Jeruk – mangga – strawberry dan nanas menjadi jus pilihan saya siang itu.  Hidangan pembuka yang menyehatkan.

Jus sehat ini dibuat menggunakan alat juicer dari Philips. Dengan technology quick clean technology, juicer ini memiliki saringan yang mudah dibersihkan. Ini yang bikin saya males ngejuice pakai juicer  di rumah. Takut gak bersih saat dicuci. Nampaknya kemalesan saya bisa segera berakhir, mengingat juicer Philips ini sangat mudah dioperasikan dan mudah dibersihkan. Aah bikin mupeng.

Pada kesempatan tersebut, salah narasumber, Ibu DR (c) Rita Ramayulis, DCN. M.Kes, seorang pakar nutrisi mengatakan “Pada prinsipnya, puasa memberikan kesempatan kita untuk hidup sehat. Berpuasa memungkinkan tubuh mengalami proses detoksifikasi atau pembuangan zat – zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun manfaat puasa tidak akan maksimal jika asupan makanan saat sahur, berbuka dan ketika makan malam tidak diperhatikan”. Ibu Rita menambahkan “Saat bulan puasa, meskipun kegiatan tetap sama seperti sehari – hari, kebutuhan energi menjadi lebih sedikit. Hal tersebut dikarenakan efek puasa yang secara otomatis membuat tubuh melakukan penghematan energi. Konsumsi makanan juga perlu diatur. Makanan harus tetap seimbang antara karbohidrat, protein lemak,, sayur, buah air serta serat sesuai dengan kebutuhan kalori. Hindari makanan dengan kalori tinggi yang menyebabkan dehidrasi karena akan menggangu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi”.



Hal ini juga sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan (Balitbangkes) mengatakan bahwa menu makan saat berpuasa sebaiknya tetap mengikuti prinsip seimbang dan beraneka ragam, yaitu terdiri dari 50% karbohidrat, 25% lemak, dan 15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin, mineral yang disesuaikan kebutuhan setiap orang. Sedangkan untuk porsi sahur dianjurkan 1/3 dari kebutuhan kalori sehari sehingga tidak terlalu kenyang.

Menurut Ibu Rita, puasa memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk beristirahat selama kurang lebih 14 jam, di saat itu terjadi proses regenerasi pada organ pankreas, usus, hati, kandung empedu dan lambung, serta terjadi penuruna free radical.



Lalu bagaimana menu berbuka puasa yang baik? sediakan makanan dan minuman yang bebas minyak dan rendah lemak. Siapkan jus buah atau buah potong daripada kolak atau gorengan. Beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa;
  • Hindari berbuka puasa ataupu sahur dengan minuman yang sangat manis yang mengandung jenis gula hanya sukrosa saja.
  • Hindari berbuka puasa dengan makanan yang digoreng/menggunakan tepung terigu.
  • Sebaiknya berbuka dengan makanan atau minuman yang berada dalam suhu ruang (tidak terlalu panas atau dingin)
  • Biasakan sahur dengan makanan yang mengandung lemak yang tinggi
  • Hindari berbuka ataupun sahur dengan makanan  yang merangsang asam lambung menjadi tinggi.
  • Hindari berbuka ataupun sahur dengan makanan yang mengandung gas. Seperti kol. nangka, duren, minuman berkarbonasi.

Untuk menyiasati menu yang serba goreng, Philips Indonesia, bagian dari Royal Philips menghadirkan teknologi canggih yang membantu keluarga Indonesia untuk tetap sehat dan makan enak. Philips menghadirkan Philips Air Fryer HD 9220/20 dengan teknologi Rapid Air. Kelebihan menggunakan Philisp Air Fryer antara lain:

  • Masak tidak menggunakan minyak goreng, memiliki daya sembur udara panas bertenaga listrik, sehingga masakan matang dengan sempurna walupun tanpa minyak. Perputaran udara yang panas membuat makanan cepat matang dan renyah.
  • Bebas kolesterol, ya kan gak pakai minyak.
  • Kita dapat menentukan suhu dan waktu lamanya makanan di masak, dengan Auto Shut – Off.
  • Rumah bebas bau asap, Philips Air Fryer dilengkapi dengan built air filter.


Memasak sehat tanpa menggunakan minyak

Setelah talkshow dari Ibu Rita, giliran para undangan yang diberi kesempatan masak memasak menggunakan peralatan dapur Philips. Selain Philips Air Fryer, ada juga blender Philips HR2115/40 dan Philips Fuzzy logic rice cooker. Resep yang diuji coba siang itu adalah Bola – bola Ayam Sayur dan Energizer Juice. Kalau resep pertama menggunakan ayam yang dibentuk menjadi bola – bola lalu digoreng dengan Philips Air Fryer, resep yang kedua menggunakan melon, mangga dan air jeruk sebagai pengganti cairan tubuh yang dibutuhkan ketika kita berpuasa. 



Kelebihan blender Philips ini memiliki 5 kecepatan dan tombolpulse untuk menghancurkan es batu untuk membuat Jus maupun smoothies. Untuk membuat nasi, ada Philips Fuzzy logic rice cooker yang memiliki 6 program memasak nasi yang tetap membuat nutrisi nasi terjaga, mampu menghangatkan nasi selama 48 jam, dan memiliki 3D heating system.





“Untuk dapat menjaga keseimbangan asupan makanan yang sehat tentu bukanlah hal yng mudah di jaman sekarang ini. Philips mengerti kebutuhan masyarakat saat ini yang cenderung  memiliki mobilitas tinggi dan keterbatasan waktu, namun tetap ingin menjaga kesehatan pribadi maupun keluarga. Peralatan dapur inovatif Philips memungkinkan bagi ibu dan seluruh anggota keluarga  untuk dapat menyiapkan makanan sehat dengan cara yang mudah dan praktis, khususnya saat berpuasa dimana setiap orang harus menjaga stamina agar tetap sehat”, - Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia.


Bola bola Ayam dan Jus Energizer

Setelah demo masak, acara terakhir diisi dengan games membuat layer smothies seperti yang dicontohkan dan ditutup dengan doorprizes. Alhamdulillah saya mendapat blender cantik dari Philips. Terima kasih Philips Indonesia. Terus menginspirasi dan mendukung para Ibu menyajikan masakan rumahan yang sehat dan praktis!
 



























5 comments

  1. Selalu mupeng sama peralatan dapur dari Philips deh

    ReplyDelete
  2. Philips memang bagus mbak
    Aku punya blender dan mixernyaa

    ReplyDelete
  3. Aku bakalan demen masak dan berlama2 di dapur kalau ada philips deh, keren kabeh peralatannya

    ReplyDelete
  4. perlengkapan dapur Philips memang bagus-bagus. Pengen punya semuanya :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata bukan cuma bikin lampu aja ya si philips

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall