expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

15 March 2018

Onggy Hianata : ”Raih Mimpimu, Terbang Menembus Langit"






"Setiap orang punya masalahnya masing - masing. Mau dia tua muda miskin kaya, tak ada yang tak punya masalah, karena itu pertanda ia masih hidup. Jadi jangan mau kalah sama masalah. Cari jalan keluarnya", demikian nasehat nenek yang semasa hidupnya selalu saya dengar.


Di satu sore, kami berdua menonton tayangan di sebuah stasiun televisi, menayangkan seorang ibu muda yang memutuskan mengakhiri hidup ia dan kedua anaknya. Nenek menyayangkan mengapa si ibu tak berpikir panjang, seperti tidak memiliki motivasi untuk hidup. Padahal biasanya, anak adalah motivasi utama seorang ibu untuk dapat bertahan dalam sebuah pernikahan.



"Saya hampir saja lompat dari kereta yang sedang berjalan.  Tapi, saya terus teringat wajah Pak Onggy dan kata-katanya saat mengikuti bootcamp pada tahun 2008. Masa baru gagal usaha sudah bikin saya nyerah? Akhirnya, saya ingat wajah ibu saya, mencoba memaafkan ayah saya, memperbaiki hidup lalu menikah dan punya anak", ujar Yulianto, SE.

Ternyata ibu pun bisa menjadi motivasi seseorang. Demikianlah yang saya dengar, testimoni seorang pria yang mengaku mendapat motivasi hidup ketika mengikuti bootcamp dan bertemu langsung dengan bapak Onggy Hianata.


Nama tersebut dikenal sebagai seorang inspirator dalam pembentukan character building dan dikenal hingga ke mancanegara. Ketika beliau menyelenggarakan boot camp, peserta datang dari berbagai belahan bumi. 


 

Siapakah gerangan Onggy Hianata? Lelaki ini lahir di Tarakan, Kalimantan Timur (sekarang masuk wilayah Kalimantan Utara), 6 Maret 1962. Ayahnya, Ong Tjoi Moi adalah seorang pegawai toko kelontong. Mereka tinggal di rumah sederhana di kawasan Kampung Bugis, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat. Onggy merupakan anak ke delapan dari sembilan bersaudara.



Kehidupan Onggy dan keluarga jauh dari berkecukupan, sehingga  Onggy  baru bersekolah, langsung masuk ke kelas 3 SD. Beliau bersekolah di SD Kampung Bugis dan dilanjutkan masuk SMP Tunas Kasih sampai tamat. Kemudian Onggy juga menggondol ijazah SMA dari Yayasan yang sama.


Onggy muda memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk mengubah hidup. Setelah lulus SMA, beliau memilih Surabaya menjadi tempat untuk melanjutkan hidup. Pekerjaan apa saja dikerjakannya, mulai dari berjualan buah, berjualan jagung bakar, hingga membuat kerupuk ubi. Beliau pun sukses meraih gelar sarjana strata 1 di Universitas Satya Widya Surabaya pada 1989.


Dalam acara Blogger Gathering yang bertempat di EV Hive D`Lab, Menteng, 14 Maret 2018 lalu,   Onggy menceritakan kisah hidup yang menginspirasi banyak orang. Beliau mencoba merubah nasib dengan merantau ke Jakarta. Hoki pun mulai datang menghampiri saat dia ditawari berjualan koin emas. Selanjutnya, Onggy juga mulai mengembangkan usaha pribadi di sektor pendidikan, yaitu Edunet International. Lembaga ini turut serta dalam proses pemberdayaan dan potensi diri manusia khususnya melalui program pembinaan mental dan pola pikir. Kegiatan utamanya berupa training Bootcamp Value Your Life yang pesertanya tak hanya dari Indonesia, bahkan berasal dari negara yang nyaris tak terbayangkan mereka akan datang seperti Mali, Guinea Bissau, Afrika Selatan dan lainnya.


“Gagal adalah sebuah hal biasa. Namun, dari setiap kegagalan, minimal ada pelajaran berharga  yaitu petunjuk menuju sebuah keberhasilan. Kalau saya bisa, mengapa Anda tak bersedia mengubah mindset dan ikut serta meraih sukses?", ujar Onggy.



Turut hadir dalam acara tersebut, 2 pasangan suami istri yang memberikan testimoni yang mengubah hidup mereka setelah mengikuti BootCamp. Ada Dr. Erry Gautama dan Dr.dr. Anggraini Dwi S., Sp.Rad.(K) s, yang bercerita bahwa hidup mereka menjadi jauh lebih baik setelah  mengikuti bootcamp. Hubungan mereka berdua, suami istri semakin harmonis. Dua anak mereka pun sukses sebagai dokter.

Ada pula Dra.  Ary Hellya Kurniati, Apt dan Ir. Sudarmono Djoko Nugroho, Keluarga Sudarmono yang nyaris saja ke pengadilan agama untuk mengajukan perceraian, namun setelah mengikuti bootcamp,  berbalik menjadi harmonis dengan anak-anak dan sukses dengan karirnya. 


Semua karena bootcamp? Apa itu bootcamp? Bootcamp adalah upaya Pak Onggy untuk memberikan yang terbaik bagi negara. Melalui Edunet, beliau ingin membantu banyak orang agar mampu memperbaiki kualitas hidupnya, menghargai potensi yang dimilikinya, dan mampu mengaktualisasikan potensi tersebut dengan baik.


Bootcamp diadakan setiap tahun, di kawasan Puncak selama 3 hari dengan ribuan peserta. Hingga hari ini tak kurang dari 75 negara sudah menjadi bagian dari peserta. Testimoni para lulusan bootcamp mengakui mereka mengalami perubahan yang luar biasa dalam diri. Mereka menjadi lebih menghargai hidup. 



Banyak diantara  mereka  yang mengaku gagal bercerai, gagal mengakhiri hidupnya, lepas dari ketergantungan rokok, lepas dari jerat pornografi, menjauhi alkohol, tak tergantung obat-obatan, lepas dari narkoba, sukses dalam karir dan rumah tangga, mampu membangun usaha, dan yang pasti hidup lebih baik.



Film Terbang Menembus Langit

Kisah hidup pak Onggy ini mampu memotivasi banyak orang. Itulah sebabnya sutradara keren, Fajar Nugros tertarik mengangkat kisah ini ke dalam sebuah film yang berjudul Terbang Menembus Langit.


Film Terbang Menembus Langit diperankan oleh Dion Wiyoko sebagai Onggy Hianata. Menceritakan kisah hidup Onggy di Tarakan, dan cita - citanya untuk menggapai mimpi hingga mengubah nasib ke Surabaya. Suatu ketika ia berjumpa dengan gadis cantik, yang kemudian menjadi istrinya, Chandra Dewi, diperankan dengan ciamik oleh Laura Basuki.











Selama di Surabaya, usaha yang dilakukan Onggy bolak balik gagal, bahkan ditipu rekan bisnisnya, rugi hingga puluhan juta rupiah. Ternyata hal itu tidak menyurutkan langkahnya. Ia mengajak keluarga kecilnya mengadu nasib di Jakarta. Bagaimana Onggy dan keluarga bertahan dikerasnya kehidupan Jakarta? Saksikan Film Terbang Menembus Langit yang tayang mulai 19 April 2018, di bioskop kota kamu yaaa....


Selain Dion Wiyoko dan Laura Basuki sebagai pemeran utama, film ini juga didukung oleh banyak bintang seperti Baim Wong, Delon Thamrin, Chew Kin Wah, Aline Adita, Melisa Karim, Dinda Hauw, Marcel Darwin, Dayu Wijanto, Indra Jegel, Fajar Nugra, Mamat Alkatiri, dan Erick Estrada.  

Selain memperlihatkan kerja keras, semangat dan tekad baja pak Onggy, film ini juga memperlihatkan bahwa persatuan dan kesatuan di negeri ini sungguh nyata dan indah terlihat di depan mata. Selamat menonton.

"Jaga nama baik dan integritas. Tanpa integritas, tak akan pernah sukses"
- Onggy Hadinanta-


19 comments

  1. Selalu ada jalan keluar bagi yang mencari penyelesaian masalah ya,bapak Onggy sangat meginspirasi ya hingga kisah hidupnya diangkat menjadi film

    ReplyDelete
  2. Aku selalu kagum sama tokoh2 yang kisah hidupnya di angkat ke layar lebar. Pastilah kisahnya mengaggumkan dan menginspirasi. Termasuk beliau ini. Jalan Hidup yang tidak mudah

    ReplyDelete
  3. Kemarin rame di twitter sih film ini bagus katanya, eh ternyata ini toh cerita di baliknya, makin penasaran aja pengin liat. Keren ya, berawal dari memperbaiki diri terus menerus dan ga gampang nyerah bisa ngebantu orang lain juga

    ReplyDelete
  4. Inspiratif banget ya pak Onggy ini. Sudah mampu mengubah kehidupan banyak orang. Semoga filmnya nanti juga banyak ditonton oleh orang-orang yang tepat :)

    ReplyDelete
  5. Jadi pengin kenal Pak Onggy lebih jauh neh. Pengin tahu program-programnya juga.

    ReplyDelete
  6. YUp, setuju kalau kegagalan itu biasa dan di setiap kegagalan pasti ada hal berharga yang bisa kita jadikan pelajaran

    ReplyDelete
  7. Penasaran ma bootcamp ini, apa yg bikin banyak org bisa jd lbh baik hidupnya setelah bootcamp ya?
    Ternyata bbrp tmnku yg tinggal di Sby pernah ikutan bootcamp pak Onggy dulu :D

    ReplyDelete
  8. Kisah hidupnya pasti sangat inspiratif, jadi tak sabar ingin menonton filmnya. Masih sebulan lagi ya filmnya akan tayang, jadi tertarik dengan bootcampnya yang pesertanya berasal dari berbagai negara. Pastinya juga seru ya acara bootcampnya.

    ReplyDelete
  9. Kegagalan adalah sukses yg tertunda, asal kita tidak pernah menyerah. Mental kita harus ditempa banget biar strong!!!

    Aku blm liat film ini, tp dr baca ini pasti sgt inspiratif. Aku percaya bahwa setiap org bisa menginspirsi org lain

    ReplyDelete
  10. cerita yang sangat menginspirasi banget. berawal dari usaha kelontong dan mengadu nasib di jakarta ternyata malah ada tyawaran menarik hingga ia bisa menjadi sukses dan berhasil hidup dijakarta. sepertinya bagus ya mba filmnya

    ReplyDelete
  11. Wejangan neneknya ngejleb banget mbak 😊. Hari ini nobar film tersebut di Makassar sayang banget aku gak jadi pergi gara-gara sakit. Hikssss

    ReplyDelete
  12. Acara ini bener-bener luar biasa ya mbak, sampe-sampe alumninya udah berasal dari 75 negara yang berbeda. Keren banget. Ditambah lagi banyak pelajaran yang didapat dari acara itu ya mbak.

    ReplyDelete
  13. aku gak sabar nih mba pengen ikutan bootcampnya juga.. pak Onggy ini menginspirasi banget

    ReplyDelete
  14. Wah sampai dibuat film ya. Luar biasa nihh inspiratif!

    ReplyDelete
  15. Bootcamp cuma 3 hari aja tapi efeknya sangat luar biasa bagi pesertanya ya. Bikin tambah penasaran. :)


    ReplyDelete
  16. Salut sm perjuanagn pak onggy yg tak kenal lelah, pantes kisah hidupnya sampai difilmkan,sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  17. Benar-benar perjuangan yang luar biasa yah.. Bagus nih buat aku yang lagi malas ngejalani perkuliahan.. Pak Onggi bisa jadi motivator..
    Makasih Mbak Salii untuk tulisannya

    ReplyDelete
  18. Onggy sangat menginsporasi banget ya kisah hidup dan perjuanganya. Pas banget harus difilemin biar jadi inspirasi dan motivasi buat yang lain...

    ReplyDelete
  19. Wah gak sabar pengen nonton acaranya

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall