expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

16 December 2021

Bersama JNE Mari Bantu UMKM Tetap Bertahan Melalui JNE Content Competition 2021


Pandemi rasanya belum juga usai, hari ini bahkan varian baru omricon diumumkan pemerintah sudah berada di Indonesia. Kebayang gak perasaan was-was mengingat kejadian di bulan Juli saat varian delta masuk ke Indonesia dan membuat semua kocar kacir.

 

Baru – baru ini dalam pidatonya Presiden Jokowi meminta agar masyarakat tetap waspada, tetap disiplin prokes dan melakukan percepatan vaksinasi. Presiden bilang kalau masalah kesehatan masyarakat wajib mengetahui apa yang dihadapi negera karena ini berkaitan dengan ekonomi, politik dan hal lainnya.

 

Padahal melihat event belanja di 11.11 dan 12.12, terbersit sedikit kebahagiaan tersendiri melihat perekonomian yang mulai bangkit, tumbuh dan berkembang. Khususnya teman – teman yang memiliki UMKM, mengaku pelan – pelan geliat ekonomi membuat mereka kembali optimis.

 

Hal ini diiyakan salah seorang teman SMA saya, Wita, yang memutuskan resign dan membuka usaha kuliner, Cimil atau Cilok Mungil. Wita membuka usaha ini sudah sekitar 5 tahun lalu. Awal mulanya ia hanya berdagang melalui mulut ke mulut, memasang iklan diakun sosmed yang ia punya. Lama-lama omsetnya naik dan penjualannya hingga ke negara tetangga.

 


Namun ketika pandemic melanda, Wita sempat mengaku kalau ia sempat merasa down, karena omsetnya turun drastic. Wita bahkan sempat berkeinginan untuk menutup usaha bakulan rumahannya.

 


Untunglah semangat Wita tidak cepat padam, ia pun pelan – pelan bangkit dan mengikuti pelatihan – pelatihan yang diadakan komunitas UMKM yang ada di sekitar rumahnya. Bahkan terakhir yang saya tahu, produk dagangan Wita sudah mendapatkan sertifikasi halal dan MUI. Alhamdulillah ya…

 


Bersama JNE Mari Bantu UMKM Tetap Bertahan

 


Siapa sih yang gak kenal layanan jasa pengiriman barang yang cabangnya ada dari Sabang sampai Merauke. Coba di sini siapa yang gak kangen denger teriakan “pakeeeetttt….” dari babang kurir JNE *ngacung*. Terlebih di saat event belanja online, teriakan paket selalu menjadi hal  yang dinanti-nantikan.  Selain babang kurir yang hepi karena pekerjaannya sudah selesai, ada konsumen alias kita yang senang belanjaan kita sampai. Gak hanya itu, pelaku usaha juga hepi karena dagangannya laris.

 

Di masa pandemi saat ini,  terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online. Dari yang tadinya jika ingin belanja harus datang ke supermaket atau pasar, kini dari mana saja bisa. Pelaku usaha pun mulai mengoptimalkan aktivitas jualannya melalui platform digital atau e-commerce agar usahanya tidak gulung tikar.

 

Untuk memudahkan pengiriman barang, JNE yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman dan logistik memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM. Melalui pelayanan JNE yang bisa diandalkan, kepercayaan konsumen terhadap UMKM dapat ditingkatkan. Omsetpun pelan - pelan akan membaik.

 

 

Seiring dengan perkembangan era digital  saat ini tidak terlepas dari kehadiran jasa ekspedisi yang memudahankan pengiriman barang. Terlebih untuk  memenuhi gaya hidup masyarakat di era digital, JNE menawarkan berbagai macam pilihan yang memudahkan pelanggan dalam memilih layanan yang sesuai  dengan kebutuhan.

 

Bentuk dukungan JNE kepada UMKM tidak hanya dengan memberikan sosialisasi atau pelatihan, mengadakan pameran produk-produk UMKM, tapi juga memberikan potongan ongkos kirim bahkan pengiriman barang gratis.

 

Nah kali ini JNE mengajak teman- teman blogger, content creator, jurnalis  dan penulis untuk ikut serta mendukung UMKM melalui JNE Content Competition 2021 yang bekerja sama dengan Kompasiana. Mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”, kompetisi  JNE Content Competation 2021 terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam writing competition, photo competition, video competition, dan design competition.  Hadiahnya bikin ngiler, jutaan rupiah loh.

 


 

Teman – teman bisa melihat syarat dan ketentuan mekanisme  JNE Content Competition 2021, pastikan seluruh ketentuan yang ada sudah teman- teman ikuti ya. Selamat  berlomba…semoga menang

2 comments

  1. Boleh juga nih. Mana tahu nasib baik berpihak.

    ReplyDelete
  2. Wah mantep ini JNE, bisnis kayak gini membantu masyarakat dan meningkatkan UMKM, keren.

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall