expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

09 August 2023

Berolahraga, cinta tanah air dan berbagi bersama Yayasan Indah Berbagi agar Terus Melaju Untuk Indonesia Maju








Gak terasa ya, bulan ini sudah Agustus saja, dan 2023 tinggal menyisakan beberapa bulan ke depan. Dan memasuki bulan Agustus, pasti banyak banget kemeriahan lomba 17-an di sana sini. Hal yang sama juga terjadi di Yayasan Indah Berbagi yang berlokasi di Desa Jabon Mekar, Kabupaten Bogor pada 5 Agustus 2023.

 

Yayasan Indah Berbagi (YIB) mengadakan acara “Gowes and Charity 2023” yang menggabungkan semangat untuk berolahraga, berbagi dan cinta tanah air dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Gowes, senam, bazaar, pemeriksaan kesehatan dan santunan turut memeriahkan HUT RI ke-78 tahun ini.

 

 

Sabtu pagi itu saya dan beberapa teman dari BloggerCrony memenuhi undangan dari Pak Ade, yang merupakan owner atau pemilik Yayasan Indah Berbagi untuk turut serta dalam kemeriahan acara tersebut. Sayangnya karena kena macet selama di perjalanan, rombongan kami sampai ketika senam sehat hampir saja usai. Setelah senam sehat dilanjutkan dengan pembagian doorprize, foto bersama dan santunan bagi yatim piatu dan duafa.

 


Kegiatan ini melibatkan 9 desa yang berada Kecamatan Parung dengan mempersembahkan semangat semua peserta dalam kebersamaan membangun negeri untuk Indonesia Maju. Dalam acara ini, hadir juga Camat Parung, Bapak Drs. Adi Henryana, AP. M.Si, yang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Yayasan Indah Berbagi, serta turut hadir juga Ibu Ina Yuliana, Kepala Desa Jabon Mekar.

 


Acara gowesnya sendiri melintasi 4 desa di Kecamatan Parung, seperti desa Jabon Mekar, Iwul, Waru Jaya dan Pemagar Sari. Para peserta yang meliwati rute ke 4 desa tersebut disuguhi pemandangan alam yang memukau. Acara gowes ini bukan yang pertama kalinya. Tahun lalu malahan diikuti pengusaha dari negara tetangga yang diajak melintasi keindahan alam di 9 desa yang ada.

 

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan, masyarakat sekitar terlihat sangat antusias untuk cek kesehatan gratis dari Klinik Nabiya Medika yang memang sudah bekerja sama dengan Yayasan Indah Berbagi selama beberapa waktu. Selain pemeriksaan gratis, Yayasan Indah Berbagi dan Klinik Nabiya Medika juga mengadakan program pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar. Hal ini merupakan langkah nyata untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat .

 

Kenalan Yuk dengan Yayasan Indah Berbagi (YIB)

 

Pertama kali mendengar nama Yayasan ini, yang terpikirkan di kepala saya bahwa Yayasan ini akan focus ke kesejahteraan anak yatim piatu serta duafa saja. Ternyata saya salah. Mendengar penjelasan Pak Ade bahwa beliau menginginkan  Yayaysan Indah Berbagi ini menjadi yayasan yang membawa dampak bagi linkungan serta masyarakat sekitar, tidak terbatas pada kesejahteraan anak yatim piatu dan duafa.

 

Yayasan Indah Berbagi berdiri sejak tahun 2018 di Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor, Jawa Barat. Yayasan Indah Berbagi memiliki tujuan untuk melahirkan sebuah ekosistem yang memberdayakan masyarakat pedesaan.  Dalam hal ini  Yayasan berperan untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat dengan cara  mengadakan kegiatan pendidikan yang berkelanjutan, seminar keahlian dan juga berbagai pelatihan bahasa inggris, matematika, sains, dan teknologi. Program ini diadakan secara rutin setiap pekan dan terbuka untuk umum serta dapat diakses oleh anak-anak mulai dari SD sampai SMA.  

 

Tidak hanya itu, Yayasan Indah Berbagi juga mengadakan berbagi program unggulan meliputi sedekah 100 sumur bor untuk negeri, Anak Terampil Mandiri (ATM), sedekah Quran - Iqra & Infaq beras, serta Rumah Pemberdayaan. Sementara Program Rutin meliputi Minggu cerdas, Gerakan YIB Peduli, Rempakem, Sedekah Nasi Kotak, Sabtu Sehat, serta Pembagian Paket Kebersihan, serta aneka program lainnya yang direncanakan akan berlangsung dari bulan Juli - Desember 2023 ini.

 

 Selain itu ada juga program bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, mendirikan pusat kesehatan yang dapat memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat, dan juga memberdayakan lingkungan dengan pengelolaan limbah dan sampah rumah tangga dengan melakukan daur ulang dan pembuatan kompos untuk tanaman.

Yayasan Indah Berbagi juga berperan aktif dalam pelestarian lngkungan melalui area Greenhouse pembudidayaan tanaman dengan teknik hidroponik. Lahan tersebut digunakan untuk melestarikan tanaman dan juga sebagai sarana penelitan dan pembelajaran bagi Masyarakat sekitar. Selain itu Yayasan Indah Berbagi  berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah di sekitar dengan cara melakukan kegiatan pembersihan sampah secara rutin dan pengelolaan sampah menjadi berbagai jenis kerajinan serta perlengkapan dalam pembudidayaan tanaman hias,

 


 

 

 

 

Pak Ade sempat bercerita, awalnya beliau dan saudara-saudaranya mendapat tanah waris dari orang tua, tetapi bingung harus diapakan. Dengan kondisi yang cukup terpencil dan banyaknya lahan yang terbengkalai, akhirnya Pak Ade beserta saudara – saudaranya setuju untuk mendirikan Yayasan Indah Berbagi agar dapat membawa manfaat dan dampak bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Hingga hari ini Yayasan Indah Berbagi telah memiliki 70 relawan dan 10 ribu hektar lahan yang diolah bersama dengan Masyarakat sekitar. Kedepannya Pak Ade berharap Yayasan Indah Berbagi dapat memiliki mobil Ambulance sendiri yang operationalnya dapat digunakan bagi masyarakat sekitar.

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall