17 March 2009

Yakult dan manfaatnya.....

Terinspirasi postingan jengCichamamaShaina tentang yoghurt, nah kalo gw mo posting tentang Yakult. Mohon maap sebelumnya kalo disini gw langsung nyebutin merk. Cuma sekedar perbandingan, gw juga udah nyobain Fadly Vitacharm (produk sejenis Yakult) tapi Fadly emang ga doyan. Sewaktu gw cuti melahirkan Fadly kemarin, kira2 akhir Agustus....temen2 kantor gw diundang berkunjung ke PT. Yakult Indonesia yang berlokasi di Sukabumi (**halah...asli gw ngiri banget ga bisa ikut..). Dari cerita salah seorang teman, Yakult pernah mengadakan penelitian pada bayi yang berumur 2 bulan(hihihi...2 bulan udah dikasi Yakult:D). Dan hasil penelitian menunjukkan tidak ada indikasi yang negatif bagi pencernaan bayi tersebut. So dengan modal nekat, gw kasi Fadly Yakult pertama kali di usianya yang baru 4 bulan. Begitu suami en nenek gw tau...mereka bilang kalo gw gila...sama anak kok coba2 (iklan bener!!!). Dan sampe saat ini...alhamdulillah Fadly baik2 saja. Malahan pas hari Minggu kemarin dia susah pup, gw langsung buru2 kasi Fadly yakult dan yoghurt. Ga berapa lama dia pun pup dengan suksesnya (sukses bikin bapaknya meradang karena bau hihihi).

Mau tau banyak tentang yakult???silakan mampir ke sini . Yuk kita simak artikel berikut tentang Yakult.

Apakah Yakult itu?

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang baik untuk kesehatan. Satu botol Yakult berisi lebih dari 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup.

Bagaimana cara pembuatannya?

Yakult dibuat dengan cara memfermentasi campuran susu bubuk skim dan glukosa menggunakan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain, bakteri unggul hasil seleksi dan temuan Dr. Minoru Shirota yang diteruskan sampai saat ini oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research.

Apa saja bahan-bahannya?

Yakult dibuat dari bahan-bahan:

  1. bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
  2. susu bubuk skim
  3. sukrosa dan glukosa.
  4. perisa
  5. air

Kenapa Yakult harus disimpan pada suhu 10°C?

Yakult harus selalu disimpan pada suhu dibawah 10°C karena pada kondisi tersebut bakteri Yakult tidak aktif sehingga kualitas Yakult dapat dipertahankan terjaga. Penyimpanan pada suhu diatas 10°C akan mengakibatkan turunnya kualitas karena bakteri Yakult aktif, menghasilkan asam laktat yang menyebabkan Yakult menjadi asam dan jumlah bakteri hidupnya akan menurun.

Apakah Yakult memakai pengawet?

Yakult tidak memakai bahan pengawet. Yakult dapat bertahan sejak pembuatannya sampai dengan tanggal kadaluwarsanya karena:

  • asam laktat yang dihasilkan secara alami selama proses fermentasi dapat memperpanjang umur simpannya.
  • pembuatannya secara hygienis
  • penyimpanannya pada suhu dibawah 10°C

Apa manfaat Yakult?

Yakult bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita karena dapat membantu:

  • mencegah gangguan pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare.
  • meningkatkan kekebalan tubuh.
  • meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus.
  • mengurangi racun dalam usus.
  • membatasi jumlah bakteri yang merugikan.

Apakah ada waktu yang tepat untuk minum Yakult?

Tidak ada. Yakult dapat diminum setiap hari, kapan saja. Sebagian besar orang lebih suka minum Yakult pada saat atau setelah makan.

Berapa botol yang disarankan diminum setiap hari?

Disarankan satu botol setiap hari untuk menikmati manfaat Yakult karena dalam 1 ml Yakult terdapat lebih dari 100 juta bakteri Lactobacillus casei Shirota strain. Tentu saja Yakult aman diminum lebih dari satu botol sehari dan dapat lebih efektif untuk menciptakan flora usus yang didominasi oleh bakteri yang berguna.

Mengapa Yakult harus diminum setiap hari?

Karena pemasukan bakteri Yakult secara rutin setiap hari dapat memelihara bakteri berguna dan menjaga usus tetap sehat. Pada saat anda sehat, keseimbangan bakteri usus terjaga dengan baik. Tetapi setiap saat keseimbangan ini dapat terganggu karena menu makanan yang kurang seimbang, stress atau obat-obatan, sehingga muncul masalah serius seperti diare, dll.

Dapatkah bakteri Yakult menetap dalam usus kita?

Tidak. Tidak ada jenis bakteri, yang dapat tinggal menetap dalam usus. Bakteri hanya tinggal sementara dalam usus dan dikeluarkan setelah jangka waktu tertentu. Demikian pula dengan bakteri Yakult. Setelah mencapai usus dalam keadaan hidup, bakteri Yakult akan berkembang biak sehingga dapat memainkan berbagai peran yang bermanfaat sampai kemudian dikeluarkan melalui buang air besar. Karena itu penting untuk mengkonsumsi Yakult ini setiap hari agar selalu terdapat bakteri bermanfaat dalam jumlah yang cukup yang membuat pencernaan kita senantiasa sehat.

Apakah boleh memberikan Yakult kepada bayi yang berumur satu tahun?

Ya, Yakult bisa diberikan kepada bayi ketika baru berumur beberapa bulan. Pemberian dapat dimulai dengan mengencerkan satu bagian Yakult dengan dua bagian air hangat. Gunakan sendok untuk menyuapi karena pemberian dengan botol tidak direkomendasikan ditinjau dari sudut pandang hygienisnya. Perlu diingat bahwa tujuan pemberian Yakult adalah mensuplai Lactobacillus casei Shirota strain, bukan mengganti air susu ibu atau susu formula. Karena itu jangan sampai pemberian Yakult mengganggu kecukupan gizinya.

Bagaimana warna Yakult didapatkan?

Warna khas Yakult didapatkan secara alami dari pemanasan campuran susu bubuk skim dan glukosa. Ini adalah reaksi antara asam amino dalam susu bubuk skim dan karbonil dalam glukosa yang menyebabkan Yakult berwarna coklat muda. Dalam ilmu kimia ini dinamakan reaksi Maylard atau reaksi amino karbonil. Warna coklat muda kue dan roti berasal dari jenis reaksi yang sama.

Apakah Yakult berguna bagi orang yang mendapat perawatan antibiotik dalam jangka waktu yang panjang?

Konsumsi bakteri Lactobacillus casei Shirota strain dalam Yakult efektif dalam menormalkan bakteri usus pasien yang mendapat perawatan antibiotik dalam waktu yang panjang. Pengobatan dengan antibiotik dalam waktu yang panjang dapat menekan bahkan memusnahkan sebagian besar bakteri berguna, menciptakan suatu kondisi dimana bakteri yang merugikan menjadi lebih dominan. Sebagai hasilnya, bakteri patogen atau bakteri merugikan menjadi dominan dan menyebabkan infeksi tahap kedua. Hal ini juga dapat menyebabkan gejala-gejala yang menyulitkan termasuk diare. Bakteri Yakult dapat memainkan peran yang penting dalam mengontrol keseimbangan bakteri usus selama dan sesudah terapi antibiotik.

Bagaimanakan Yakult dibuat?

1. Tangki pelarutan

Bahan-bahan utama yaitu susu bubuk skim dan glukosa dicampur dengan air dan ditampung dalam tangki pelarutan.

2. Tangki pembibitan

Dalam tangki ini bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain disiapkan dan dikembangbiakkan.

3. Tangki fermentasi

Selanjutnya bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain dicampu dengan campuran bahan-bahan di no. 1 diatas dan dimasukkan kedalam tangki fermentasi.

4. Proses homogenizer

Tahap berikutnya dilakukan proses Homogenizer dan diawasi secara ketat.

5Tangki pencampur

Hasil proses homogenizer tersebut dicampur dengan sirup dari tangki sirup dan disimpan dalam tangki pencampur.

6. Tangki penampung

Kemudian hasil dari proses no. 4 tersebut dicampur dengan air yang sudah di sterilisasi dan ditampung didalam tangki penampung.

7. Mesin pembuat botol

Untuk menjaga higienitas dari Yakult, maka proses pembuatan botol dilakukan sendiri oleh Yakult Indonesia.

8. Mesin pengisian

Selanjutnya minuman Yakult sudah siap diisi ke dalam botol. Di botol tersebut juga dicetak semua informasi yang ada seperti kandungan nutrisi, tanggal kadaluwarsa, dll.

9. Mesin pengepakan

Botol-botol yang sudah terisi untuk selanjutnya dikemas dalam kemasan dimana 1 kemasan ( packing ) terdiri dari 5 botol Yakult.

10. Ruang pendingin

Kemasan yang berisi botol Yakult disimpan dalam ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan Yakult.

11. Distribusi

Dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari.

Sumber dari sini


"Apakah bayi boleh diberi Yakult (usia dibawah 1 tahun)"??? hihihi jawabannya bikin gw kaget. Soalnya waktu itu gw ngasi Fadly langsung tanpa gw encerkan dulu. Jadi setelah tutup botol dibuka, isinya gw tuang ke dalam sendok kecil (sendok teh) dan langsung gw suapin ke mulutnya Fadly. Padahal disitu dikasi tau kudu diencerin dulu ya :D. Untung Fadly tetap baik2 sajah:D Kalo sekarang sih gw ngasi dia pake sedotan. Jadi sedotan kecil (sedotan air mineral) langsung gw tancepin ke botolnya. Soalnya dia lagi demen2nya minum pake sedotan. Mudah2an bakteri baik yang ada di Yakult tetap bekerja dengan baik di ususnya Fadly.


**postingan ini bukan bermaksud iklan produk ya..... Gw juga bukan karyawan PT. Yakult Indonesia (boleh dicek kok:D). Postingan ini cuma sharing aja....sapa tau dibaca sama salah satu karyawan Yakult...trus dikirimin Yakult tiap hari karena promosi gratis diblog gw...hehehehe ngarepdotcom.

59 comments

  1. Anonymous6:22 PM

    yakult emang baik buat pencernaan, apalagi yang susah BAB,minum yakult langsung lancar deh..
    n maksih juga ya buat info yakultnya, dari manfaatnya sampai pendristribusiaanya..

    ReplyDelete
  2. Anonymous7:38 PM

    bunda, anaku 1 tahun 5 bulan minum yakult langsung abis 1 botol eh besoknya BAB nya mencret,,, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  3. Anonymous10:27 AM

    makasih yah buat postingannya, aku jg lg bingung bgt krn anak2ku sering kena radang yg menyebabkan dokter ngasih antibiotik, aku mengalami dilema, ngga minum antibiotik ngga sembuh, kalau minum, aku tau efek sampingnya...tp aku skrg lega ternyata bakteri2 yg mati itu bisa tumbuh lg dengan minum yakult yah...jadi selama terapi antibiotik dan sesudah minum antibiotik, kita minum yakult bisa menormalkan kondisi usus kita yah...

    ReplyDelete
  4. wahh ternyata harus disimpan disuhu 10 derajat, berarti sehari-hari ii saya minum yakult engga efektif dong pak karena ga disimpan di kulkas x_x

    ReplyDelete
  5. Anonymous5:39 AM

    "bunda, anaku 1 tahun 5 bulan minum yakult langsung abis 1 botol eh besoknya BAB nya mencret,,, itu kenapa ya?"

    -->menurut sy, mungkin itu bukan karena yakult, tp coba dicek lagi, sebelum&sesudah minum yakult apakah makan makanan yg kurang higienis/peralatan makanx yg kurang higienis....perlu diperhatikan pula,bahwa manfaat yakult akan terasa dengan meminumx secara teratur...ada baiknya pula, jika keluhan tsb disampaikan pada dokter, mungkin anak ibu alergi susu

    "wahh ternyata harus disimpan disuhu 10 derajat, berarti sehari-hari ii saya minum yakult engga efektif dong pak karena ga disimpan di kulkas x_x"

    -->ya, penyimpanan yakult HARUS di kulkas...namun,mengkonsumsi yakult tidak harus dlm keadaan dingin...misalnya kita sedang pilek/musim dingin,kita bisa minum yakult setelah 5menit dikeluarkan dari kulkas ^^

    semoga jawaban sy bisa membantu ^^

    ReplyDelete
  6. Anonymous8:45 PM

    ikutan sharing...anak kami rara (skrg 3 thn)..sejak usia 1 tahun sudah doyan dengan sensasi rasa dari Yakult..awalnya agak worried..krn rara sekali minum bs 3 botol..but thanks God smp usia skrg fine aja..kl skrg adeknya yang mulai tertarik dgn sensasi rasa dr yakult (Queen 1 thn)...terimakasih untuk ruang share nya...salam

    ReplyDelete
  7. yakult bikin gemuk pa gak?

    ReplyDelete
  8. Anonymous9:03 AM

    pa yakult juga bisa mngatasi bau mulut ea....??

    ReplyDelete
  9. Anonymous1:32 AM

    Setau saya asupan bayi dari 0-6 HANYA dari asi atau sufor. Kalau pun mau diberikan cairan lain (obat atau yg lain) harus dari rekomendasi DSA. Hal ini sudah direkomendasikan juga dari WHO. Yakult boleh diberikan ada bayi usia beberapa bulan hasil penelitian dari mana ya?

    ReplyDelete
  10. Anonymous5:32 AM

    kalo baca di botol kemasanmya dsebutkan kalo yakult mengandung sukrosa dan susu bubuk skim. menutut saya itu ga bagus buat bayi. sukrosa bs mengakibatkan kadar gula dalam darah tinggi apalagi fungsi hati dan ginjalnya belum optimal, mungkin saat ini bayi ga kenapa2, tp mungkin efeknya baru terasa nanti kalo umur anak kita udah 50an. kalo bubuk skim dkhawatirkan mengakibatkan obesitas, maka susu lanjutan yang mengandung skim (biasanya dlabelin "full cream") tidak dsarankan untuk anak dbawah 3 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8:28 PM

      susu bubuk skim klo g salah susu tanpa lemak, bs menyebabkan obesitas dari segi apanya ya?

      Delete
  11. Anonymous10:35 PM

    wah, yakult bener2 bergizi y
    terima kasih informasinya lumayan nambah wawasan tentang yakult

    ReplyDelete
  12. ikutan sharing, anak saya 2th dan 5th,mengkonsumsi yakult sehari bs 2-3btl kadang blm makan pagi sdh minum yakult,baik tdk untk kesehatannya apabila diminum sebelum makan.thks

    ReplyDelete
  13. Anonymous11:30 PM

    gmn dgn ibu hamil . . . boleh GAK minum yakult ?

    ReplyDelete
  14. Anonymous10:47 PM

    Hahahaha. . . Ngasih dulu k baby . . Bru nyari info. . Sama nh ma aku . . . Insya-allah aman. . .soalnya babygirlku 7m beraknya ijo brair n brlendir dah 1mgg. . .kami dah langganan produk ini . . Pas td pagi dtang barangnya. . .aku lgsung kepikiran ngasih k babyku . . .was2 jg sh sbnrnya. .dah boleh pa blum dkash ini. . .makanya aku lgsg search. . Alhamdulillah . .ketemu ma bunda yg jg gila. . .wkwkwkwk!

    ReplyDelete
  15. Anonymous10:16 AM

    saya pernah minum yakult tanpa dimasukin kulkas, saya pikir pertamanya tidak akan kenapa2, ternyata setelah minum satu botol kecil, eh langsung mencret sembelit mules2 ga karuan.. itu gara2 apa yah? memang sih tidak efektif tapi kapan hari saya lupa masukin kulkas.. apa berbahaya ya kalau seperti itu?

    ReplyDelete
  16. kebetulan ane habis minum yakult .....

    ReplyDelete
  17. Anonymous4:43 PM

    Saya minum 2

    ReplyDelete
  18. Anonymous4:23 AM

    satu botol sehari? iklanya bilang dua? ada efeknya tidak jika mengkonsumsi 2 yakult sekaligus?

    ReplyDelete
  19. Anonymous1:19 PM

    Rasa asam pada yakult apa tidak bahaya buat lambung si kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sarankan di encerkan dgn air putih,kl ragu bs mmberikan yakult khusus baby ada di apotek nama nya Lacto B

      Delete
  20. Anonymous8:21 PM

    klo minum 5 sekalian gmn? soalnya aku langganan dengan lady yakult, mmm...bukan karena suka tapi kasian aja gak da yang beli jadi tiap dia dtg aku pasti ambil 1 pak kemasan 5 botol dan dikantorku gak ada kulkas mau gak mau aku langsung minum semua krn temen kantorku pada gak mau minum yakult.

    ReplyDelete
  21. saya minum dua sehari dan its good

    ReplyDelete
  22. Saya minum 1 krna ada ywng minum 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... sama kalo gitu

      Delete
  23. Apakah yakult sangat baik buat sesorang yang mengalami bab berdarah..

    ReplyDelete
  24. kalo abis minum yakult.... kadang q minum minuman kemasan kaya mizone/pocari ituuu......... berbahaya nggak ya??

    ReplyDelete
  25. Anonymous7:37 PM

    smnjak q rjin mnum yakult 1 hri skli,BAB kok encer trus ya.........

    ReplyDelete
  26. dhani_dhenok6:10 PM

    Konsumsi Yakhult bsa buat seorg yg punya Asam lambung gak, krna yakhult kan jg sdkit asam,,?

    ReplyDelete
  27. yakult adalah sejenis yogurt dan asamnya baik utk penyakit maag, konsumsi secara teratur bahkan akan mengobati sakit maag.
    anak saya sudah rutin konsumsi yakult sejak usia 2 bulan, saya berikan lewat sendok, campur dengan bubur bayi atau lewat sedotan.
    saya termasuk penderita maag akut, dulu sering keluar masuk rawat di rumah sakit, skrg baik baik saja, saya konsumsi bisa 4 botol perhari

    ReplyDelete
  28. Anonymous10:23 PM

    bagus dong

    ReplyDelete
  29. Anonymous12:52 AM

    Saya juga konsumsi yakult tiap hari,tadi nya saya suka tahak2 (masuk angin) kaya nya banyak gas di lambung,tp stlah rutin saya minum,kadang 2,smpai 3 botol,alhamdulillah skrg udah ga pernah..anak saya juga 20 bulan sudah mulai saya kasih,tp cm sdkit aja paling 2 sendok makan,alhamdulillah ga pa2..

    ReplyDelete
  30. Sya minum 5 botol sehari, itu bahaya g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa kalo isinya aja ndak bahaya.. tapi kalo botolnya jg di minum yaa bahaya ..

      Delete
  31. Sya ibu mnyusui bayi baru 2 mnggu, bab susah bgt udh 4 hr keras.. mnum yakult bahaya ga kena bayi?

    ReplyDelete
  32. Tiap pagi Sblm sarap saya minum 1 tapi kadang gk minum kalo gk punya receh

    ReplyDelete
  33. anakku umur 5 bulan mencret mulu udah sebulan. tapi gak rewel n bukan diare. apa bisa dikasi yakult untuk menghentikan mencretnya?

    ReplyDelete
  34. Anonymous6:27 PM

    Bagaimana kalo yakult tersebut tidak disimpan dilemari pendingin selama sehari, setelah itu baru kemudian dimasukan kelemari pendingin.
    Apakah masih aman untuk diminum, apakah masih efektif bakteri baik yang hidup didalamnya, terima kasih.

    ReplyDelete
  35. Saya punya penyakit maag..terkadang perut terasa kembung tiap malam. Tapi setelah konsumsi Yakult setiap hari..gas dalam lambung berkurang, dan pup selalu lancar. Sangat direkomendasikan bagi penderita maag dech...

    ReplyDelete
  36. Anonymous8:47 PM

    Udh 3hr ini, anakku 2,8tahun susah BAB..Panik n bingung jg, memikirkan ksh apa biar fesesny encer.. N aq googling, slh satu utk ngencerin adlh yoghurt, ya sdh lgsg deh aq belikan yakult 2 pack sm yakultladyny..Alhamdulillah, feses yg keras berubah jd normal...Thanks infony jg yaa..:)

    ReplyDelete
  37. Kalo minum yakult pagi2 sebelum makan aman ndak ya? Kata lady yakult-nya sih gpp.. tp kadang ragu..

    ReplyDelete
  38. Ank saya baru berusia 1 thn 4 bln .sya ksih yakult kenapa habis minum yakult ank sya muntah smpai 3 * sya jd khawatir .apanya ya yg salah

    ReplyDelete
  39. Anonymous10:50 PM

    mungkin saya bisa tambahkan sedikit informasi kenapa pentingnnya menjaga kesehatan usus, silahkan dibaca dan ditonton beberapa link dibawah ini jadi kita bisa liat keterkaitan kenapa yakut sebetulnya sangat sangat sangat penting
    https://id.wikipedia.org/wiki/Candida_albicans
    https://www.youtube.com/watch?v=GljwL4KbLTo
    https://www.youtube.com/watch?v=8XsvkjJjz48

    makanan makanan yg baik buat kita

    https://gerson.org/pdfs/Foods-For-The-Gerson-Diet.pdf

    semoga bermanfaat buat kita semua

    ReplyDelete
  40. Wah samaan ni ma q. Ankq dr 6 bln udh q kasi yakult. G byk si.. klo emakx minum dy kebagian jg. Max 3 sendok aj n g pke diencerin lg. Hehe.. n skg 9 bln udh dkasi es krim jg. Wlw cm icip icip. :)

    ReplyDelete
  41. Gak pro asi eksklusif. Air putih aja gak boleh untuk bayi dibawah 6bln. Apalagi yakult !

    ReplyDelete
  42. Gak pro asi eksklusif. Air putih aja gak boleh untuk bayi dibawah 6bln. Apalagi yakult !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan g pro asix,dsni g smua baby it asix ad jg yg dr lahir sdh dksh sufor yg mmg rentan dgn mslh susah BAB nah ulasan ini brmksd mmberi referensi buat ibu2 yg baby ny mnglami susah BaB drpd ke dktr dksh obat2 kmia mnding diksh yakult,dokter pun jg trkdg akan mmberi resep yakult khusus anak bayi ada mbak di apotek nama nya Lacto B bisa di cek.. krn qt g bs mmaksakan smua ibu untuk mmberikan asix syukron

      Delete
  43. Tiap pagi Sblm sarap saya minum 1 tapi kadang gk minum kalo gk punya receh

    ReplyDelete
  44. ASI EKSLUSIF selama 6 bulan sangat penting!
    jangankan yakult or makanan lain air putih pun dilarang untuk program ASI eklusif ... karna dalam ASI sudah memiliki segala kandungan yg diperlukan bayi .. mulai dari protein, karbohidrat, vitamin bahkan segala antibodi. Biasanya bayi ASI ekslusif sifat BAB'y cair .. karna ASI sudah dipersiapkan sesempurna mungkin untuk menyempurnakan pencernaan bayi.

    ReplyDelete
  45. sesuai lagu mereka, sayangi ususmu minum yakult tiap hari.

    dan ini emang terbukti, mengkonsumsi yakult memperlancar BAB

    ReplyDelete
  46. saya jarang minum yakult...soalnya suka kehabisan dan rebutan ama anak, hehehe

    ReplyDelete
  47. Aku suka banget minum yakut, abis minum 1 botol aja ntr langsung lancar...asal jangan kebanyakan aja minumnya bisa beser.. haha

    ReplyDelete
  48. Sekedar sharing ya,DSA pun bila anak qt mngalami konstipasi/susah BAB mmberikan resep Lacto B it smcm yakult yg mmg untuk bayi brupa bubuk yg dpt dilarutkan dgn air atau dcampur dgn mknan/mnuman.. mgkn mksd pnelitan dgn baby dbwh 6M it adlh krn g smua bayi di dunia ini khn yg asix mas/mbak jd yg bayi non asix cnderung mnglami susah BAB krn dr sufor ny nah drpd dberi obat2n kimia lbh baik dgn mmberikan yakult/Lacto B tsb.. krn it tdk bbrbahya bagi usus maupun ginjal dbnding dgn obat2n kimia.. qt jd pmbaca yg smart dikit donk jgn apa2 lgsg dtelan mentah2 jd mnunjukjan kualitas pemahaman qt ya..

    ReplyDelete
  49. Seneng banget bisa liat keluarga ceria gini :3 hehe

    ReplyDelete
  50. Apakah yakutl baik untuk penderita brounkitis, pnemonia, flek, dan tbc?

    ReplyDelete
  51. mohon masukannya ya.anak sy suka banget minum yakult siang tadi baru aja minum yakult yang beli di warung dekat rumah.lalu sorenya minta beli lagi tapi ternyata yakult tsb kadaluaraanya lewat 2 hari.sy takut kenapa2 sama anak saya

    ReplyDelete
  52. jadi yakin nih sama yakult :D hehe

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall