30 January 2019

Yuk! Berkenalan dengan Wakaf Asuransi Syariah





foto by April


Di suatu siang, saya diajak untuk belajar bareng tentang wakaf. Tahun lalu saya juga pernah mengikuti hal serupa, namun yang lebih banyak dibahas dari sisi zakat. Untuk wakaf tidak sedalam penjelasan mengenai zakat.


Hari itu bersama bapak Azharuddin Lathif, M.Ag, MH, praktisi Lembaga Keuangan Syariah, Dosen Hukum Bisnis Syariah di UIN,  Dewan Pengawas Syariah dan Penasehat Syariah di beberapa perusahaan terkemuka. 

Saat nenek masih ada, beliau selalu mengingatkan saya, ada 3 hal yang bikin pahala tetap mengalir walaupun  kita sudah tiada. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta doa anak yang sholeh, sebagaimana tertuang dalam hadist HR. Muslim.


Sedekah jariyah yang dimaksud ini selain zakat dan sedekah, lainnya adalah wakaf yang dimanfaatkan dalam ibadah. Jadi semakin banyak orang yang mendapat manfaatnya, semakin banyak juga pahala yang mengalir bagi si pemberi wakaf.


Pak Azharuddin mencontohkan kafilah Utsman bin Affan, yang membeli sebuah sumur dari seorang Yahudi di kala Madinah dilanda kekeringan. Sumur tersebut memiliki air yang jernih, berkembang menjadi sumber mata air di lahan sekitarnya hingga ditanam kebun kutma dan terus bertambah. Kebun tersebut dikelola dari generasi ke generasi, hingga saat ini berada dibawah Kementerian Pertanian Pemerintah Arab Saudi.


Hasil dari kebun dijual ke pasar-pasar, sebagian di salurkan ke anak yatim dan setengahnya dibuatkan rekening atas nama Utsman bin Affan yang dipegang oleh Kementerian Wakaf. Bayangkan setelah hampir 15 abad, rekening tersebut masih aktif dan mengalirkan manfaat yang tak putus.


Banyak cara untuk berwakaf, hal yang paling sederhana, sering kita jumpai di mesjid atau musholla, mukena dan Al Quran yang merupakan wakaf dari seseorang. Atau bisa saja sepetak jalan umum yang dilalui orang, akan menjadi ladang pahala bagi  kita.


Pengertian, Rukun, Syarat dan Macam Wakaf








Benda yang diwakafkan dapat meliputi benda tidak bergerak dan benda bergerak. Benda tidak bergerak meliputi hak atas tanah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, bangunan atau bagian bangunan yang berdiri di atas tanah, tanaman atau benda lain yang berkaitan dengan tanah, hak milik atas satuan rumah susun yamg sesuai dengan peraturan perundangan, serta benda tidak bergerak lain yang sesuai dengan ketentuan syariah dan peraturan perundangan yang berlaku.

Sedangkan benda bergerak adalah benda yang tidak bisa habis karena dikonsumsi, seperti uang, logam mulia, surat berharga, kendaraan, hak atas kekayaan intelektual, hak sewa, dan benda bergerak lain yang sesuai dengan ketentuan syariah dan peraturan perundangan yang berlaku.

Dalam hal ini kita wajib mengingat bahwa konsep wakaf, harta yang diwakafkan  tidak boleh berkurang atau habis. Diperbolehkan bertambah atau menghasilkan manfaat. Jangan sampai kelak di kemudian hari timbul sengketa dengan anak keturunan pemilik wakaf.


Lalu kira - kira bisa tidak satu hari kita berinvetasi namun ingin mewakafkan sebagian harta kita? Pak Azharuddin bilang kenapa bisa saja. 

Sejak tahun 2016 kita sudah bisa berinvetasi sekaligus wakaf. Hal ini tertuang dalam fatwa DSN - MUI No. 106/2016 mengenai Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah.


Asuransi Syariah merupakan asuransi yang berpegang teguh pada prinsip - prinsip syariah dengan menghindari gharar (ketidakpastian), maysir (perjudian), riba (bunga), Tadlis, Risywah, Dzulmun, Haram dan Bahaya.

Asuransi syariah memiliki aturan yang berbeda, di mana dana yang terkumpul dikelola sesuai prinsip syariah dan bertujuan untuk saling membantu dan melindungi antar peserta. Perusahaan berperan sebagai pengelola dan pengumpul dana yang disalurkan oleh para peserta. 

Sedangkan untuk pengelolaan wakaf uang dan penyaluran hasil investasi, dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini,  dana wakaf yang diterima tidak boleh berkurang untuk biaya klaim atau biaya lainnya yang terkait dengan  operasional perusahaan asuransi syariah. Dana wakaf merupakan aset tetap yang tidak diganggu gugat. 


Mengapa harus asuransi syariah?
  1. Operasional diawasi agar sesuai standar syariah.
  2. Ada dua akad,  yaitu Akad Tabbaru' (hibah) dan Akad Tijarriy (Mudharabah, Musyarakah, Wakalah bil Ujrah, Mudharabah, Musytakarah, dll).
  3. Jaminan resiko berupa Sharing Of Risk, resiko ditanggung bersama peserta asuransi.
  4. Investasi selain harus sesuai UU juga harus sejalan dengan prinsip - prinsip syariah.
  5. Di kepemilikan dana merupakan milik bersama  peserta, perusahaan hanya memegang amanah mengelola dana
  6. Pembayaran klaim bersumber dari rekening tabarru/dana milik bersama peserta, bukan dari rekening perusahaan.
  7. Keuntungan bagi hasil dibagi antara  perusahaan  dengan peserta, sesuai dengan prinsip bagi hasil.


 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa polis saving, polis unit link dan polis term/whole life dapat diwakafkan ke lembaga wakaf. Bisa juga melalui Prudential, seperti yang disampaikan ibu Nini Sumohandoyo, Director Corporate Communication & Sharia Prudential Indonesia. Beliau bilang salah satu We Do Good dalam komitmen brand baru Prudential, adalah memberi manfaat pada sekitar. Dan wakaf adalah salah satu cara menebar manfaat bagi sekitar kita. 


Jadi, sudahkah kamu mulai berwakaf? 

21 January 2019

Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok Tengah




Senja di Pantai Kuta, Lombok



Hai - hai, mumpung masih Januari, masih afdol donk update beberapa cerita perjalanan saya di minggu lalu.

Setelah melihat postingan seorang teman yang jalan - jalan bersama suami tercinta ke Lombok, saya sempat berdoa dalam hati, semoga satu hari nanti saya berkesempatan ke bumi seribu mesjid itu.

Doa saya gak pakai lama dikabulkan Allah, saya mendapat kesempatan menjelajah Lombok bagian Tengah. Kabupaten Lombok Tengah merupakan Daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat, beribu kota Praya, dan memiliki bandar udara Internasional. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.208,39km2 dengan populasi sebanyak 898.855 jiwa(2014).


Hanya memakan waktu 1jam50menit penerbangan Jakarta - Lombok, begitu tiba di Praya, saya bergegas menuju kantor dinas pariwisata setempat. Modal nekad dan sok akrab ceritanya, tapi  banyak informasi yang saya dapatkan, tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi di Lombok Tengah.


Sayangnya saya datang di bulan Januari, kalau saja datang bulan depan, saya pasti bisa melihat secara langsung upacara Bau Nyale, mencari cacing laut jelmaan Putri Mandalika. Inilah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok Tengah ;

  • Pantai Kuta Mandalika 
Termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus, pantai ini terletak di pantai selatan Lombok. Terkebal karena lokasinya yang cocok bagi pecinta surfing, Pantai Kuta Mandalika juga memiliki pasir putih yang halus dan bentuknya menyerupai biji merica. Letak pantai dekat dengan jalan raya dan hotel tempat menginap. Di sekitaran pantai tak susah mencari tempat makan atau cafe untuk menikmati secangkir minuman seraya menikmati sunset. 


 


  • Tanjung Aan
Yang saya suka dengan Tanjung Aan ini, selain pasirnya yang bersih menghapar di sepanjang garis pantai, airnya pun biru dan jernih. Ombak sesekali menghampiri namun tidak besar, cocok untuk berenang atau bermain voli pantai. Oiya di sini disediakan dua buah ayunan seperti di feed instagram loh, tidak ketinggalan juga kursi berpayung, es kelapa muda dan angin sepoi - sepoi.



Siapa yang tak tergoda foto2 di sini?

  • Pantai Mawun
Diapit oleh dua bukit di sisi timur dan barat, garis pantai berbentuk seperti tapal kuda, dengan pasir putih dan ombak yang relatif tenang.  Jika menaiki bukit, kita bisa melihat cakrawala samudera Hindia , jajaran perbukitan, dan garis pantai yang indah.


  • Pantai Seger
Terletak antara Pantai Kuta dan Tanjung Aan, sayangnya saat saya ke sana, pantai ini sudah tertutup, siap dibangun oleh investor.



  • Air Terjun Benang Kelambu
Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, mengalir melalui rongga - rongga tebing seperti muncul dari rimbunnya tanaman sehingga menyerupai tirai atau kelambu. Selain itu wisatawan yang datang juga dapat menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan damai sambil bermain air.


  • Desa Sade
Desa ini berada di pinggir jalan menuju Pantai Kuta Mandalika. Desa Sade adalah bentuk desa  tradisional Suku Sasak di Lombok Tengah yang masih memegang teguh  adat istiadatnya hingga kini. Di sini, masyarakat suku Sasak masih mempertahankan keaslian bangunan tempat mereka tinggal. Rumah yang ada didirikan menggunakan ijuk untuk atapnya, bilik bambu sebagai tembok rumah, dan beralaskan tanah. Rumah didirikan menggunakan paku, tanah lihat, sekam dan kotoran sapi, sebagai perekatnya.
Selain itu di desa Sade kita juga bisa melihat secara langsung proses menenun, atraksi budaya seperti peresan, gendang beleg dan lainnya.
pintu masuk ke Desa Sade

Aneka kain tenun dan songket



Dari beberapa tempat di atas, semuanya indah dan menakjubkan. Ingin rasanya kembali ke sana bulan depan untuk melihat secara langsung upacara Bau Nyale di Pantai Kuta Mandalika. Kalau teman - teman bagaimana, apa tempat wisata favorit kalian? Share di kolom komentar ya...




5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Pulsa Secara Online

sumber:@kaboompics




Kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk melakukan banyak hal secara praktis. Termasuk untuk urusan beli pulsa, yang sekarang bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan ponsel di tangan via berbagai aplikasi seperti Traveloka.


Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan operator dan nominal sesuai dengan kebutuhan kamu. Mau isi pulsa Axis atau paket data buat internet. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan aman.


Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membeli pulsa secara online. Apa saja? Simak di sini…


Membeli Pulsa Lebih Mudah


Tak seperti metode pengisian pulsa jaman dulu yang harus menggunakan kode-kode tertentu bila membeli “pulsa fisik” yang merupakan voucher pulsa yang memang harus kita sendiri yang melakukan pengisian dengan mengikuti instruksi di voucher. Sekarang kamu bisa mengisinya sendiri dengan cara yang lebih mudah. Seperti misalnya cara isi pulsa Axis di Traveloka, kamu hanya perlu memasukkan nomor telepon yang dituju, kemudian pilih nominal pulsa yang ingin dibeli dan lakukan pembayaran. Mudah bukan?






Harga Pulsa Online Lebih Murah
Membeli secara online juga jadi cara hemat isi pulsa Axis di Traveloka. Harga yang ditawarkan oleh Traveloka adalah harga resmi dari masing-masing operator, dan tidak ada biaya tambahan untuk setiap transaksi yang kamu lakukan.
Harga yang tertera di layar, itulah nilai yang harus kamu bayar di akhir pembelian. Tidak ada biaya tambahan yang tiba-tiba muncul ketika kamu hendak melakukan pembayaran.


Cara isi pulsa Axis di Traveloka ini jadi lebih hemat lagi karena kamu nggak harus keluar uang tambahan untuk biaya bensin dan parkir. Kamu bisa melakukan pembelian di mana saja dan kapan saja, tanpa harus keluar biaya tambahan.


Jaminan Data Aman

Keuntungan utama dari beli pulsa online adalah keamanan data yang kamu masukkan. Dengan beli secara langsung lewat perangkat pribadi, nomor telepon kamu tidak akan bisa dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab.


Traveloka juga menjamin keamanan data pribadi pembeli pulsa dan memastikan tidak akan ada data yang bocor ke pihak manapun. Jadi kamu bisa melakukan transaksi dengan aman, tanpa takut nomor diperjual belikan dengan tidak bertanggung jawab.


sumber:@pixelcreatures


Cara Pembayaran Beragam
Kemajuan teknologi juga membuat aneka transaksi mudah dilakukan pembayarannya. Termasuk cara isi pulsa Axis di Traveloka, yang menyediakan aneka pilihan pembayaran untuk semua transaksi yang kamu lakukan.

Beli pulsa untuk kebutuhan sehari-hari, bisa kamu lakukan di Traveloka dengan sistem pembayaran debit, kartu kredit, Traveloka Pay atau lewat minimarket terdekat. Selain itu, kamu juga bisa membeli paket pulsa untuk bepergian dan transaksinya dijadikan satu dengan pembelian tiket pesawat, kereta atau hotel, lalu dibayarkan dengan Traveloka PayLater.

Ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih, tanpa harus ribet mengurus ke sana kemari. Cukup dengan satu genggaman tangan, dan pulsa yang diperlukan akan sampai hanya dalam hitungan menit.





Bisa Jadi Bisnis Modal Ringan
Keuntungan lain dari beli pulsa secara online adalah bisa jadi sumber bisnis kamu dengan modal ringan. Ada teman yang malas beli pulsa sendiri, sediakan pulsa untuknya dengan harga yang bisa kamu tentukan sendiri.
Hanya dengan satu genggaman, kamu tidak hanya bisa mengisi pulsa milik ponselmu sendiri. Tetapi juga dengan mudah bisa mengisi pulsa milik orang lain.

Dengan cara isi pulsa Axis di Traveloka yang gampang banget, kamu pasti nggak mikir dua kali buat membeli pulsa di aplikasi terpercaya ini. Jangan lupa, selalu ada promo diskon buat kamu semua. Cek kolom promo sebelum transaksi ya!

19 January 2019

PRUCRITICAL Benefit 88, Solusi Proteksi Terjamin, Uang Pasti Kembali




Barusan saja saya mendapat kabar duka cita dari kakak ipar, bahwa salah satu adik ibu mertua meninggal dunia sore ini. Beliau terkena penyakit kanker paru, yang baru beberapa bulan diketahui.


Kanker, stroke, jantung koroner, diabetes, merupakan beberapa penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian. Penyakit tidak menular ini selain menyebabkan kematian juga kesulitan keuangan. Penelitian pada ASEAN Cost in Oncology (ACTION) menyebutkan bahwa dari 9.513 pasien pengidap kanker, 50% diantaranya mengalami kebangkrutan, dan 29% lainnya meninggal dunia.


Kebetulan adik ibu mertua saya memang belum menikah, dan tidak memiliki tanggungan. Namun tetap saja, biaya rumah sakit dan pemeriksaan cukup menguras kantong. Biaya pengobatan diambil dari  tabungan beliau yang tak seberapa. Andai saja almarhum memiliki asuransi, tentu sangat membantu kondisi keuangan beliau.


Sering kali kita mendengar pasien pengidap penyakit kritis, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tak jarang mereka bahkan mesti rela menghemat biaya hidup sehari-hari untuk dapat cuci darah atau mengonsumsi obat.



Seperti yang pak Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia sampaikan pada acara peluncuran produk terbaru dari Prudential, PRUCritical Benefit 88, di Jakarta beberapa waktu lalu. Beliau bilang bahwa tak jarang keuangan rumah tangga terganggu akibat anggota keluarga yang mengidap penyakit kritis. Tak hanya keuangan, emosi - fisik pasien dan keluarga pun mengalami gangguan.


"Kehadiran PRUCritical Benefit 88 sejalan dengan komitmen brand baru Prudential, Listening. Understanding. Delivering," serta fokus "We Do Health". Komitmen baru ini sejalan dengan tujuan perusahaan yang selalu mendampingi nasabah dalam tahap kehidupan", ujar Pak Jens.






Untuk itu Prudential, perusahaan asuransi  yang dikaitkan dengan invetasi (unit link) pertama di tahun 1999, melalui PRUCritical Benefit 88 berharap para nasabah dapat memanfaatkan uang perlindungan untuk membantu biaya pengobatan rumah sakit serta biaya hidup. PRUCritical Benefit 88 menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia dalam mengantisipasi dan mengelola dampak keuangan yang ditimbulkan oleh penyakit kritis.


Dalam acara tersebut, hadir juga dr.Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA, menjelaskan mengenai jantung koroner dan cara pencegahannya.

Menurut dr.Vito, kesibukan dan tuntutan pekerjaan terkadang secara tak sadar menciptakan pola hidup yang tak sehat, dan menarik penyakit kritis mendekat.


Kebiasaan merokok, istirahat yang tak cukup, malas berolahraga, kurang makan serat (buah dan sayur), serta makan tidak teratur merupakan faktor resiko utama penyakit tidak menular. Kalau dulu usia menjadi patokan seseorang menderita penyakit kritis, kini usia muda tidak menjamin seseorang terbebasb dari penyakit kritis. 

dr. Vito memberikan insight mengenai cara mendistrak pikiran agar kita tidak mengonsumsi makanan dengan kalap.
  • Kunyahlah makan hingga halus dan lembut sebanyak 32 kali. Ini dimaksudkan agar perut terasa kenyang dan tak cepat lapar sehingga mulut berhenti mengunyah makanan.
  • Minum air putih sebelum makan, sehingga lambung terasa kenyang
  • Sebelum makanan utama, sebaiknya makan makanan yang mengandung banyak air seperti buah agar cepat kenyang.

Narasumber berikut, Himawan Purnama, Product Development Prudential, mengatakan bahwa banyak keuntungan yang didapat dari PRUCritical Benefit 88. Melalui slogan 'Proteksi Terjamin, Uang Pasti Kembali', nasabah diharapkan mendapat beragam manfat.

Proteksi Terjamin
  • Perlindungan komprehensif untuk yang meninggal atau 60 kondisi kritis tahap akhir, tanpa periode masa bertahan hidup (survival period).
  • 10% Uang Pertanggungan (UP) untuk angioplasty tanpa mengurangi UP PRUCritical Benefit 88 dengan maksimal Rp200.000.000,-.
  • 200% tambahan UP akan dibayarkan jika Tertanggung meninggal karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun.
  • Perlindungan sampai usia 88 tahun dengan jangka waktu pembayaran premi yang dapat dipilih, yaitu 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun atau premi tunggal.
Uang Pasti Kembali
  • 100% Uang Pertanggungan akan dibayarkan apabila Tertanggung Utama masih hidup dan polis masih aktif sampai usia 88 tahun; atau
  • Jaminan manfaat 100% pengembalian premi pada tahun Polis ke - 20. Jika nasabah memilih pengembalian premi, maka polis berakhir.




Mendengar penjelasan di atas, mengingatkan saya untuk memproteksi diri segera mungkin, minimal kembali menjalani gaya hidup sehat, dan minta anggota keluarga untuk jalanin bareng kebiasaan baik ini. 

Untuk teman - teman yang ingin tahu lebih lanjut mengenai mengenai PRUCritical Benefit 88 ini, sila hubungi agen Prudential terdekat ya....


16 January 2019

De Kofie, Cara Lain Menikmati Kopi

















Hallo 2019....
Gimana resolusi tahun 2018? Berjalan sesuai rencana atau malah mandek seperti saya.

Terutama resolusi yang berkaitan dengan hidup sehat. Mau nya lebih sedikit mengonsumsi gula dan karbo, tapi ternyata gak mudah.

Belakangan ini saya dan pak suami lagi ketagihan dengan es kopi. Nyaris setiap hari kami memesannya melalui ojek online. Rasanya jika tak mengonsumsi kopi, kepala - badan tak kompak diajak bergerak.

Lama - lama dompet jebol juga kalau sering jajan es kopi. Tapi kalau sudah nagih, gimana donk? Ada gak sih cara lain menikmati kopi?

Kopi sendiri merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.




Ada dua jenis pohon kopi yang dikenal yaitu robusta dan arabika, dan kopi sendiri dibudidayakan di lebih dari 50 negara di dunia.

Kopi disinyalir sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali oleh bangsa Etiopia sekitar 3000 tahun yang lalu. Indonesia sendiri mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Teman - teman tentu tak asing dengan kopi gayo, toraja, bali, lampung dan lainnya. Masing - masing daerah menawarkan kekhasan rasa dan aroma kopi yang ditawarkan. Huhu jadi mupeng minum ☕☕


Selain disajikan dalam bentuk minuman, ternyata ada juga permen dengan rasa kopi. Semua pasti tahu dan sering mencobanya donk, terlebih ketika kantuk melanda saat sedang meeting😂😂😂 kalau ngantuk permen kopi itu andalan saya. Nah belakangan ternyata seorang teman menawarkan suatu cara baru menikmati kopi, selai dan coklat dengan cita rasa kopi.


Menikmati Selai Coklat Kopi De Kofie

Kalau kopi berpadu dengan durian alias kopi durian, saya pernah mencobanya. Tapi selai kopí, ini cita rasa baru yang bikin penasaran. Sebaliknya coklat berpadu dengan susu, kacang, strawberry atau green tea adalah hal biasa yang sering dijumpai. Tapi kalau coklat kopi, kok bikin kepengen yaaa...🍫


Karena penasaran, akhirnya saya mencoba De Kofie, selai dan coklat dengan cita rasa kopi yang sesungguhnya. Selain disajikan dengan kemasan botol kaca berwarna hitam, nampak menarik mata. Begitu tutup botol kaca dibuka, aroma kopi layaknya secangkir kopi yang saya seduh setiap pagi, menyeruak indra penciuman. Dan rasanya, ini baru beneran kopi. Bukan hanya perisai dengan aroma samar.





Ambil selembar roti tawar, oleskan dengan selai kopi secukupnya, dan.....rasakan sensasi cita rasa kopi yang sesungguhnya. Buat si pecinta kopi hitam tanpa gula, pasti langsung jatuh hati. Seperti meminum secangkir kopi.

 


Saya jadi kepikiran, selai kopi ini sepertinya cocok dioleskan di donat kentang atau biskuit plain tanpa rasa. Cita rasa kopinya pasti menggugah selera.


Untuk coklatnya sendiri tak sepahit yang saya bayangkan. Rasa kopi dalam coklat De Kofie persis seperti permen kopi yang biasa ditemui di swalayan. Bahkan buat saya, coklat De Kofie mampu menyuguhkan cita rasa yang pas, tidak manis seperti coklat kebanyakan dan juga tidak pahit seperti kopi hitam.








Coklat Kopi DeKofie terbuat dari kakao, kopi murni robusta, gula dan margarin. Jadi bener ya bebas perisai kopi.

Pak suami dan anak-anak ternyata suka. Mereka sependapat dengan saya, kalau coklat kopi ini rasanya pas, manis diawal ketika dikunyah, namun meninggalkan sensasi pahitnya kopi di ujung lidah.



Buat teman - teman yang suka kopi, dan tertarik menikmati kopi dengan cara lain, cus kepoin instagramnya @dekofie.id untuk langsung mencobanya.

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall