05 October 2015

Kami Butuh Piknik!





“Nyinyir mlulu bu, butuh piknik tuh!”

Familiar kalimat di atas?hihihi sering banget nih lihat status begini di timeline FB atau path saya jika ada seseorang yang nyinyir terhadap kehidupan orang lain, maka orang itu tampaknya butuh piknik :D

Memang sebegitu pentingnya kah piknik? Kapan terakhir kali kamu piknik?ke mana?

Kalau pertanyaan di atas ditanyakan ke saya, jawabnya tentu penting. Piknik bersama keluarga, atau teman membuat tubuh lebih santai  lebih rileks, mengistirahatkan badan dan pikiran, serta memperkuat bonding dengan seluruh anggota keluarga. Sering – sering piknik pasti bebas stress ,ya gak sih?! Dan dampaknya membuat kita gak gampang emosian, terbebas dari rutinitas harian, dan membuat produktivitas  kerja meningkat. Buat ibu Rumah Tangga seperti saya, tentu saja butuh piknik. Rutinitas yang sama dalam 24 jam sehari 7 hari dalam seminggu membuat kami para ibu mudah emosi, apalagi jika dalam keadaan cape dan lelah. Nah kalau sudah begini, imbasnya pasti ke keluarga juga kan?....


Buat anak - anak sendiri piknik membuat mereka menghirup udara segar, terlepas dari kegiatan rutin harian yang tak jarang menguras energi dan emosi mereka, dan ketika piknik karena bawaannya laper, makan apapun yang disediakan pasti habis. Gak ada tuh yang picky eater.  

 
Kapan terakhir saya piknik? Ya ampuun…2 tahun yang lalu ternyata. Beuh sudah lama juga ya. Saya ingat, terakhir saya dan keluarga piknik itu bertepatan dengan ulang tahun Fara yang ke 2, 2013 lalu. Dan tempat piknik favorit kami di mana lagi kalau bukan di Kebun Binatang Ragunan. Selain karena jaraknya yang dekat dari rumah, tempatnya yang sejuk, harga tiket yang terjangkau *ini penting* dan anak- anak juga dapat belajar mengenai margasatwa di Indonesia. 

Jadi saya dan suami sepakat, jika anak – anak berulang tahun, kami merayakannya dengan pergi/bertamasya ke suatu tempat. Dan ketika Fara berulang tahun, kami memutuskan piknik ke Kebun Binatang Ragunan.  Terletak di Jl. Harsono RM, No. 1 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Taman Margasatwa ini didirikan pada 19 September 1864 dengan nama “Platen en Dierentuin” yang awalnya berada di Jalan Cikini No 73. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar yang merupakan hibahan dari Raden Saleh, pelukis kenamaan Indonesia. Saat ini luas Taman Margasatwa Ragunan mencapai 147 hektar dan memiliki koleksi satwa kurang lebih mencapai 2101 ekor satwa dari 220 spesies *www.ragunanzoo.jakarta.go.id

Si eneng yang ultah mejeng dulu

Untuk masuk ke dalam Kebun Binatang Ragunan, setiap pengunjung dikenakan tarif Rp4000,-/orang untuk dewasa dan Rp3000,-/orang untuk anak- anak. Terjangkau kan? Lalu apa saja yang kita bisa lakukan di Kebun Binatang Ragunan? Selain melihat – lihat berbagai aneka satwa yang ada mulai dari Gajah, Singa, Harimau, Buaya, Komodo, Gorilla hingga binatang – binatang kecil seperti kura – kura dan kupu – kupu, kita juga bisa menaiki Kuda, Onta dan Gajah tunggang untuk berkeliling Kebun Binatang. Atau bisa juga berkeliling menggunakan kereta dan Kuda bendi bersama keluarga. Belum puas berkeliling?di Kebun Binatang terdapat sepeda yang bisa kita sewa untuk mengelilingi Kebun Binatang. Oiya jangan lupakan juga Taman Perahu Angsa, Pentas Satwa dan Pusat Primata Scmutzer yang wajib dikunjungi.


Berkeliling naik kereta
Bagi Fara, ini adalah kunjungan yang pertama. Namun tidak halnya dengan Fadly yang sudah 3 kali mengunjungi Kebun Binatang Ragunan. Yang pertama ketika usianya masih 8 bulan, dimana Fadly menikmati Kebun Binatang dari dalam stroller. Yang kedua ketika usaianya 3,5 tahun dan sudah mulai bertanya sana sini ketika melihat aneka satwa yang tidak dikenalnya. Yang terakhir, Fadly malah gak mau pulang karena keasikan bersepeda mengelilingi Ragunan.
Mejeng bareng duo monyet di atas



Dan piknik ke Kebun Binatang  2013 lalu begitu berkesan bagi kami sekeluarga. Seharian kami menjelajahi Kebun Binatang, foto sana sini, naik kereta dan gajah tunggang, bersepeda ber4 hingga mengelar bekal makan siang kami di hamparan rumput dan menikmatinya bersama dengan semilir angin. Rasanya saat itu segala kepenatan yang ada hilang sudah *lebay. Hihi insya Allah bonding kami sekeluarga juga makin erat. Dan anak - anak mendapat satu pengalaman baru yang tak terlupakan. 

Makan di gelaran tiker bikin nambah :D


Habis makan, sampahnya gak boleh berserakan
Senang juga, di Kebun Binatang Ragunan banyak bangku seperti ini untuk duduk santai



Selain Kebun Binatang Ragunan, tempat yang asik untuk piknik menurut saya tentu saja Kebun Raya Bogor. Terakhir kali ke Kebun Raya Bogor jaman pacaran sama mantan #eeaaa dan itu sudah lebih dari 13 – 16 tahun yang lalu. Hihihihi udah kelewat lama ya… Kepengen sih liburan di Bogor  dan menjelajahi kota Bogor, agar anak – anak juga mengetahui ada kota yang posisinya tidak jauh dari Jakarta, namun memiliki udara yang sejuk dan dingin dengan pemandangan yang indah.  Selain piknik di Kebun Raya Bogor, Istana Bogor juga merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kita memutuskan liburan di Bogor.

Setidaknya ada lebih dari 20 destinasi wisata di Bogor yang kesemuanya menggoda kami sekeluarga. Sebut saja Situ Gede(bisa mancing dan naik perahu nih), Warso Farm (surganya penggemar duren), Kampung Budaya Sindangbarang (belajar sejarah dan budaya Bogor di sini tempatnya), The Jungle Water Adventure (ah kalau yang ini udah ngincer dari kapan tahu), Taman Safari, Taman Buah Mekar Sari, dan lainnya. Belum lagi pusat kerajinan Tas dan Dompet  Tajur, serta aneka kuliner yang sukses selalu bikin saya ketagihan :P dan melupakan timbangan setiap kali mendapat oleh – oleh khas Bogor seperti lapis talas, asinan dan lainnya. 


Yuk ah piknik dan liburan di Bogor. Jika saya dan keluarga mendapat kesempatan liburan di Bogor, tujuan wisata di atas pasti akan kami kunjungi.  Dan rasanya tak sabar menunggu akhir tahun karena kami sekeluarga berencana akan berlibur dan menjelajahi Bogor. Kalau kamu, apa tujuan wisatamu di kota Bogor?



Tulisan ini dalam rangka ikutserta dalam "Lomba Blog Piknik Itu Penting" 















 

10 comments

  1. nyok ah piknik bareng blogger

    ReplyDelete
  2. saya juga udah 2kali ke Ragunan, murah meriah anak senang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan bermanfaat mba, menambah pengetahuan anak - anak plus kantong ibunya gak jebol hahahaha

      Delete
  3. hahaha kadang kalau sering emosi juga kurang piknik .. seru yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mba kita piknik...

      Delete
  4. Terakhir kali saya piknik kapan ya ??? gak ingat lagi mbak, sepertinya saya memang butuh piknik nih ... #LangsungBeresBeres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pikniknya yang deket dari rumah aja dulu...

      Delete
  5. saya lagi butuh piknik :)

    ReplyDelete
  6. terimakasih partisipasinya. maaf pengumuman diundur tgl 20 oktober. goodluck

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall