15 October 2017

Healthy Tummy Happy Baby, Tubuh yang Kuat Berawal dari Saluran Cerna yang Sehat

Buibu, tanya donk!

Siapa di sini anaknya yang suka jajan di sekolah, atau dikasi uang jajan? Pasti semua pada ngacung kan! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Beberapa hari ini Fadly lagi gak mau bawa bekal dari rumah. Kalaupun baa, Fadly menolak membawa bekal nasi. Padahal biasanya, setelah sarapan di rumah, Fadly juga membawa bekal berupa nasi dan teman-temannya untuk dimakan saat Istirahat. Dengan alasan keasikan main, Fadly kini lebih suka dibekali roti atau risol kesukaannya.


Hingga kelas 4 ini, Fadly hanya mendapat jajan di hari Jumat. Selebihnya selalu membawa bekal. Mengapa demikian? Karena pencernaan Fadly cukup sensitif. Salah makan atau kurang makan serat, langsung sembelit atau tak jrang juga diare. Kalau sudah begini, ibu mana yang tega lihat anaknya sakit. 


Saya percaya, pencernaan yang sehat akan membuat tubuh gak gampang sakit. 80% dari sistem imun kita terletak di saluran cerna. Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik atau sering disebut probiotik. Di dalam usus manusia dihuni oleh 100 - 400 jenis bakteri baik (probiotik) dan bakteri jahat (patogen) yang tinggal saling berdampingan. Sehingga untuk melihat mana yang lebih banyak, bakteri baik atau bakteri jahat dalam saluran cerna, intip saja feses kita sebagai penanda kesehatan tubuh. 


Jika diare mendatangi tubuh, itu artinya infeksi dari bakteri baik, rotavirus, alergi susu, keracunan makanan ataupun penggunaan abtibiotik yang tidak tepat, sedang terjadi dalam tubuh kita. Terlebih bagi bayi yang perutnya sensitif, lingkungan atau pakaian yang tidak bersih dan hygiene s dapat menimbulkan diare.Riset menunjukkan 31,4% dari angka kematian bayi dan 25,2% dari kematian balita di Indonesia disebabkan oleh diare. Diare dapat menyebabkan dehidrasi tingkat berat jika penanganannya terlambat. Walaupun kelihatannya sepele, tapi kita gak boleh meremehkan diare. 


Apa itu Probiotik?

Probiotik bukan obat, melainkan termasuk suplemen makanan berdasarkan kategorisasi oleh BPOM. Probiotik sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya "untuk kehidupan". Sedangkan WHO mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme atau bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna, bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi tubuh.




Dalam acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Interlac, pada Sabtu 30 September di The Playground Restaurant, Jakarta, hadir ibu dr. Intan Diana Sari, Head of Medical PT Interbat, yang menerangkan mengenai probiotik, jenis dan kegunaannya. "Setiap jenis probiotik berbeda - beda. Ada probiotik yang sudah teruji manfaatnya, ada juga yang belum memiliki dukungan scientific untuk klaim kesehatannya. Dalam pemilihan probiotik untuk manfaat kesehatan, penting untuk melihat bukti uji klinis sampai tingkat strain(teruji klinis, sudah tervalidasi dengan baik). Lactobacillustetis, salah satu yang paling banyak diteliti di dunia mengenai manfaat dan keamanannya". Menurut dr Intan, ketika kita mencari probiotik, carilah probiotik yang mengandung Lactobacillus atau bifidobacterium, bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna kita.


Salah satu minuman/makanan yang mengandung bakteri baik adalah yoghurt. Namun bakteri yang ada dalam yoghurt dikembangbiakan dari susu yang difermentasi. Sedangkan probiotik, bakteri baiknya berasal dari manusia yang dikembangkan di Laboraturium dan diambil manfaatnya untuk kita.


Syarat- sayarat probiotik yang baik menurut WHO adalah:
  1. Berasal dari manusia 
  2. Dapat bertahan hidup di saluran cerna 
  3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu 
  4. Menghasilkan zat antimikroba 
  5. Mampu melawan bakteri jahat 
  6. Terdokumentasi penelitian klinis yang baik 
  7. Bakteri baik yang jumlahnya hingga 10 pangkat 7 - 10 pangkat 12

Mekanisme Kerja Probiotik: 
  • Menempel pada dinding usus
  • Kompetisi nutrisi dengan bakteri patogen
  • Berkolonisasi atau berkembang biak di saluran cerna
  • Merusak reseptor yang ada pada bakteri patogen
  • Meningkatkan imunitas hingga 80%

Berbagai Varian Interlac


Diantara probiotik dengan jenis Lactobacillus, yang paling menonjol kelebihannya adalah strain Lactobacillus Reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia, sebuah perusahaan bioteknologi dari Swedia yang dikenal sebagai World Leader Probiotics.  Hingga saat ini sudah ada lebih dari 160  uji klinis pada 13.000 partisipan yang menkonfirmasi efektivitas keamanan Lactobacillus Reuteri pada manusia.


Ada probiotik, prebiotik dan simbiotik. Probiotik adalah mikroorganisme. Prebiotik adalah makanannya si bakteri baik (berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh bakteri baik dalam tubuh kita, contohnya FOS dan GOS yang sering terdapat dalam susu anak). Sedangkan Simbiotik adalah campuran keduanya, prebiotik dan probiotik. Kesemuanya ini berada dalam Interlac.



Mengenal Interlac

Sejujurnya, saya baru mengetahui interlac. Sejauh ini jika mendengar probiotik, yang saya ingat sebuah merek minuman yang mengandung susu. Pun saat kedua anak saya mengalami diare, sembelit dan konstipasi, merek itulah yang saya gunakan huhu๐Ÿ˜จ





Interlac adalah probiotik yang direkomendasikan oleh dokter di lebih dari 90 negara. Interlac dipasarkan di Indonesia melalui kerjasama BioGaia dengan PT Interbat. Interlac dipasarkan di Indonesia sebagai satu - satunya produk suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus Reuteri Protectis, solusi yang aman dan efektif untuk berbagia macam gangguan saluran cerna.




Kampanye Healthy Tummy Happy Baby with Interlac

"Sebagai orangtua, kesehatan anak tentu selalu menjadi kepentingan utama. Salah satu langkah awal dalam merawat kesehatan anak adalah menjaga saluran cerna si kecil. Interlac  teruji klinis aman untuk bayi dan anak sejak hari pertama kelahiran dan terbukti efektif menjaga kesehatan saluran cerna untuk kualitas hidup yang lebih baik", demikian penjelasan bapak Mohamad Nurhudi, Brand Manager Interlac. Untuk itulah Interlac mengkampanyekan Healthy Tummy Happy Baby. 


Interlac tersedia dalam varian yang sangat lengkap. Berbeda dengan minuman yang mengandung susu, hanya tersedia dalam bentuk cair, Interlac tersedia dalam bentuk Oral Drops yang cocok dan aman digunakan bagi bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun. Lalu ada juga kemasan sachet yang bisa digunakan untuk usia 0- 3 tahun. Dan terakhir, Interlac tersedia dalam bentuk tablet kunyah dengan rasa lemon dan sroberi yang tentu disukai anak dan orang dewasa. Varian ini bisa dikonsumsi anak usia 4 tahun sampai dewasa.


Yang saya suka dari Interlac penggunaan nya praktis dan ekonomis karena cukup hanya 1x sehari, apapun variannya. Untuk varian Drops sendiri, Interlac masih merupakan satu - satunya probiotik dengan sediaan tetes diIndonesia, sing ada lawan ya. Dapat digunakan pada bayi lahir prematur sekalipun. Hal ini sudah teruji klinis pada lebih dari 2.000 bayi prematur, 5.000 bayi di bawah usia 3 tahun, 2.500 anak dan remaja berusia 4 hingga 18 tahun dan 36.000 pada pasien dewasa. Terbukti aman tanpa efek samping baik pada bayi lahir prematur maupun pada lansia. Interlac sendiri bebas laktosa, efektif sebagai terapi dan pencegahan diare, dan juga efektif menjaga kesehatan saluran cerna bayi untuk kualitas hidup yang lebih baik.


Manfaat Interlac antara lain :
  • Menjaga kesehatan saluran cerna
  • Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi (gumoh) dan distensi abdomen (kembung)
  • Terapi dan pencegahan infeksi cabdida (jamur)
  • Terapi dan pencegahan kolil infantil (tangisan yang berlebih pada bayi berusia di bawah 4 bulan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan)
  • Terapi dan pencegahan NEC(Necrotizing Enterocolitis), penyebab kematian nomor satu pada bayi prematur
  • Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkanndaya tahan tubuh
  • Mendukung perkembangan neurologi (syaraf) yang optimal pada anak
  • Terapi functional abdominal pain (sakit perut) pada anak-anak
  • Mengurangi efek samping pada penggunaan antibiotik
  • Terapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter pylori



Interlac Oral Drops





Aturan pakai 
  • 5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
  • Kocok terlebih dahulu sebelum digunakan
  • Dianjurkan menggunakan sendok
  • Rasa netral untuk bayi dan anak
  • 1 botol = 125 tetes untuk kegunaan 25 hari 
  • Harga Rp347.000/botol


Interlac Sachet/Serbuk

Aturan Pakai:
  • 1 sachet, 1x sehari atau sesuai petunjuk dokter
  • Larutkan dalam sedikit air
  • Dianjurkan menggunakan sendok
  • Rasa netral untuk bayi dan anak
  • 1 box = 30 sachet
  • Harga Rp360.000/ box
            Rp12.000/sachet



Interlac Tablet Kunyah (Varian rasa Strawberry dan Lemon)



Aturan Pakai:
  • 1 tablet kunyah , 1x sehari atau sesuai pentunjuk dokter
  • Tablet kunyah varian  rasa Strawberry cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas 
  • Tablet kunyah varian rasa Lemon cocok untuk dewasa
  • 1 box = 30 tablet kunyah
  • Harga Rp330.000/box
            Rp11.000/tablet


Kesemua Varian Interlac dapat dibeli Guardian, Apotek terdekat, Halodoc, Go-Med Apps, dan Lazada


Fadly dan Fara di rumah akhirnya mencoba berbagai varian rasa. Menurut mereka, Interlac dengan rasa netral maupun rasa lemon atau strawberry sama enaknya. Sedangkan pak suami mengaku setelah mencoba Interlac, frekuensi pupnya jauh lebih lancar dibanding sebelumnya. Untuk saya sendiri, mengkonsumsi Interlac rutin membantu menjaga daya tahan tubuh. Ya tahu sendiri donk, kalau ibu sakit dan tidak bisa beraktivitas, anak-anak bisa kocar kacir  gak ada yang mengurusi. Oleh sebab itu, Ibu gak boleh sakit ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜.




Untuk informasi mengenai produk dan lokasi pembelian Interlac lainnya, sila hubungi:
Website     : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook  : Interlacprobiotics








19 comments

  1. Ternyata interlac ini bisa buat org dewasa ya mba?
    Eh atau cuma buat anak2 tapi yg usianya dah lbh dr 12 thn aja?
    Sayapun seringnya inget produk yg ada susunya itu. Baru tau soal interlac ini. Kalau buat bayi ya kyknya cocokan ini ya produknya.

    ReplyDelete
  2. Baru denger nama interlac, mb. Kirain hanya buat anak2 ya. Ternyata bisa dipakai orang dewasa juga. Kalo tablet kunyah aku lebih suka, jadi ga harus nelen pil yang diresepin dokter. Hehe

    ReplyDelete
  3. lucu banget nama kampanyenya "Healthy Tummy Happy Baby" mbak sally.. wkwkwk.. kiut banget...

    dan aku baru tahu ada produk ini...

    probiotik itu emang bagus si buat tubuh.. kalo denger probiotik, pasti larinya ke susu ato yakult.. padahal air kelapa juga sebenernya probiotik.. kalo mau yang alami sih. ehhehehe....

    ReplyDelete
  4. Ooh ternyata juga bisa buat dewasa ya. Perut nyaman memang enak buat bekerja.

    ReplyDelete
  5. emang deh kesehatan yang paling utama adanya di perut.... apalagi anak anak seringkali lupa cuci tangan kalau mau makan!

    ReplyDelete
  6. Percernaan itu kadang dianggap remeh, karena gak langsung kelihatan tapi dampaknya langsung kerasa. Harus jaga-jaga asupan makanan untuk sikecil.

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau nih soal Interlac. Penting nih karena sakit perut bikin ga fokus beraktivitas pastinya :(

    ReplyDelete
  8. Wah informatif banget niy buat orang tua yang punya si Kecil

    ReplyDelete
  9. iya kesehatan usus itu penting. Saya sempet ikut event talkshow dgn seorang ahli usus dan dubur bbrp wakti lalu, kalo kita ga jaga asupan makanan kita dna gak jaga kesehatan usus, wuiiih penyakit yg mengerikan bisa aja menimpa kita termasuk kanker usus dan dubur. So, rajin dan rutin lah mengkonsumsi makanan sehat dengan porsi yang tidak berlebihan. Juga, rajin mengkonsumsi probiotik. Biar usus sehat dan daya tahan tubuh baik.

    ReplyDelete
  10. Nggak boleh sembarangan pilih supleman ya. Urusan keluhan perut kadang dianggap biasa lho. Begitu udah lama baru terdeteksi deh kondisinya. Aku baru dengar nih interlac. Lengkap sangat infonya kak.

    ReplyDelete
  11. Lah aku baru ada yg namanya interlac. Kesehatan itu emang paling penting deh ya...

    ReplyDelete
  12. produk Interlac ini cocok di anak-anak saya mbak. Si kecil yg biasanya kena konstipasi rutin minum ini jadi lancar bab-nya

    ReplyDelete
  13. Baru pertama kali denger Interlac nih. Selama ini kalo butuh probiotic minumnya yang kemasan siap minum itu. Kemarin nyobain ga, Mba? Rasanya gimana?

    ReplyDelete
  14. kayaknya Darell waktu bayi sempat dikasih ini deh, buat perutnya yang saat itu lagi bermasalah

    ReplyDelete
  15. Probiotik perlu untuk jaga keseimbangan dan kesehatan cerna kita. Bagus nih artikelnya.

    ReplyDelete
  16. Interlac ini terapi ketika ki-ka lahir prematur dengan kelainan pencernaan yg belum matang sempurna. Emang bagus banget, sampai skrg selalu simpan buat stock

    ReplyDelete
  17. Oh probiotik tuh seperti ini ya. Pokoknya utk pencernaan agar baik. Kirain merk tertentu

    ReplyDelete
  18. Aku suka beli yoghurt karena mengandung probiotik untuk pencernaan.Baru tahu juga kalau Interlac nggak cuma buat ana-anak saja. Tapi, apa harus dikonsumsi seperti hari untuk dewasa?

    ReplyDelete
  19. Hrus sedia interlac nih berarti drumah buat jaga2, aku rekomendasiin sm kaka aku soalny ponakan kadang mkan sembarangan dan gak cocok sm perutnya.

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall