13 April 2021

Tentukan Pilihan Sehatmu Bersama Frisian Flag





Selama pandemi, mengikuti webinar adalah salah satu cara saya untuk tetap menambah wawasan dan mengupgrade diri. Meskipun semua dilakukan dari rumah, tetapi tetap aware dengan gizi dan kebutuhan nutrisi anggota keluarga. Seperti minggu lalu, saya mengikuti webinar yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia yang kali ini membahas mengenai “Konsumsi Berkesadaran  untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi di Masa Depan".

 

Temanya seru ya, bagaimana mengkonsumsi makanan dengan sadar untuk memilih asupan yang bergizi dan bernutrisi agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dalam acara ini hadir narasumber yang materinya bergizi untuk ibu-ibu agar tetap berkesadaran memberikan asupan yag baik bagi keluarga, yaitu :

1. Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM

2. Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, Nutrisionis

3. Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia.

 

Minum susu dulu sambil ikutan webinar

Sesi pertama diawali dengan pemaparan ibu Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes, Deputi Pengawasan Pangan Olahan BPOM, yang mengingatkan kita sebagai konsumen untuk selalu membaca label pada kemasan yang kita beli/konsumsi. Selalu lakukan cek KLIK : cek Kemasan, cek Label, cek Ijin edar dan cek Kedaluwarsa produk yang akan kita konsumsi. BPOM mengeluarkan logo pilihan lebih sehat yang berupa lingkaran dengan tanda centang berwarna hijau dengan tulisan “Pilihan Lebih Sehat”, agar konsumen semakin dimudahkan dan semakin bijak membeli makanan dan minuman. Logo “Pilihan Lebih Sehat” ini terdapat dalam beberapa kemasan produk makanan dan minuman, salah satunya berada pada kemasan Susu UHT Frisian Flag.

 


Tidak semua produk diperkenankan mencatumkan logo ini, untuk minuman siap saji dapat mencantumkan logo “Pilihan Lebih Sehat” apabila mengandung gula dalam hal ini di seluruh gula monosakarida dan disakarida, tidak termasuk laktosa dan tidak boleh melebihi 6 gr per 100 ml, tidak digantikan juga dengan BTP Pemanis. Logo ini juga dikeluarkan sebagai penanda produk mana saja yang sehat untuk dikonsumsi dalam batas wajar.

 

Menyambut Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada tanggal 7 April, Frisian Flag Indonesia menekan pentingnya pola hidup sehat. Dalam acara ini, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, mengatakan bahwa logo “Pilihan Lebih Sehat” sejalan dengan visi perusahaan Frisian Flag yaitu Nourishing by Nature, sebuah komitmen jangka panjang untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras.

 


Frisian Flag Indonesia telah menerapkan logo “Pilihan Lebih Sehat pada rangkain susu cair siap minum dengan ukuran 225ml, 450ml, dan 900ml, dengan berbagai variasi rasa, mulai dari Full cream, Coconut Delight, Ketan Hitam, Sweet Delight, French Vanilla, dan Californian Stawberry.


 

Bapak Andrew dalam sambutannya mengatakan bahwa logo “Pilihan Lebih Sehat” yang terdapat pada produk-produk Frisian Flag diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memilih produk yang lebih sehat, lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

 

Yang jadi favorit di rumah😍

Pada sesi Seala Septiani, S.Gz, M. Gizi, mengatakan bahwa dengan adanya logo “Pilihan Sehat” dapat membantu memudahkan seseorang yang ingin menerapkan mindfull consumption atau konsumsi berkesadaran dalam mepertimbangkan dengan matang keputusan sebelum mengonsumsi atau membeli suatu produk. Pernah dengan ungkapan Your are What You Eat? Bahwa apapun yang kita makan nantinya akan berdampak pada kesehatan tubuh kita di masa depan.

 


Lebih lanjut Seala menjelaskan mengenai konsep Mindful Eating, yaitu pola makan  yang melibatkan kesadaran penuh saat makan. Ketika kita makan, kita dengan sadar memperhatikan jenis, jumlah, bentuk, dan manfaat apa saja makanan yang kita masukkan ke mulut. Dengan begitu gizi seimbang dan kebutuhan nutrisi terpenuhi.

 

Mindful eting ini dapat diterapkan pada anak-anak sejak dini, sehingga anak – anak dapat mengetahui manfaat dari makanan yang ia makan, sambil dijelaskan bentuk dan warna yang dikonsumsi. Hal ini dapat mencegah anak dari picky eater.


Semoga dengan acara ini akan lebih banyak keluarga Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras.

No comments

Post a Comment

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall