25 February 2015

Cerita Buah Favoritku




Pepaya mangga pisang jambu

Dibawa dari Pasar Minggu

Di sana banyak penjualnya

Di kota banyak pembelinya


Ingat bait lagu diatas kan? Itu semua buah-buahan yang mudah  didapat dan sering kita jumpai.  Buah-buahan asli Indonesia. Masih terbayang jelas memori  jaman kecil dulu, dimana pekarangan rumah nenek tempat saya tinggal penuh dengan berbagai macam pohon buah favorit. Mulai dari pohon papaya, mangga, pisang, jambu air dan jambu biji.  Puas makan buah hasil metik sendiri deh pokoknya. Namun saat ini hanya tinggal pohon rambutan saja yang tersisa di halaman rumah. Terkadang saya merasa sedih jika mengingatnya hahahahaha.  Mengkonsumsi buah-buahan hukumnya wajib. Karena seperti halnya sayur yang mengandung banyak serat dan vitamin, buah pun demikian.  Manfaat mengkonsumsi buah antara lain ; mengandung Vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, bebas kolesterol, mencegah kepikunan, mencegah dan mengobati kanker,  mengandung serat, sumber utama antioksidan, dapat menghilangkan depresi, dan yang pasti membuat kita lebih hemat dan sehat. Apalagi saat ini mengkonsumsi buah pengganti sarapan di pagi hari atau gaya hidup sehat dengan cara  food combining  tengah marak  dikalangan masyarakat.



Namun, tak jarang untuk membeli sesisir pisang atau sekilo jeruk, saya harus merogoh kocek dalam-dalam karena harganya yang tidak bisa dibilang murah. Saat ini buah-buahan import banyak membanjiri pasar swalayan maupun lapak-lapak pedagang buah.  Bahkan pernah satu ketika saya menemani pak suami mencari buah ke Pasar Induk Kramat Jati, sepanjang mata saya memandang yang terlihat hanya buah-buahan import saja . Lalu apa kabar buah produk lokal Indonesia ya?



Ternyata pertanyaan saya terjawab ketika mengikuti Sunpride Blogger Gathering yang lalu. Dijelaskan bahwa Sunpride merupakan perusahaan asli Indonesia yang memiliki perkebunan di Lampung.  Di bawah naungan PT. Sewu Segar Nusantara (SSN),  Sunpride merupakan produsen  buah Indonesia yang telah menghasilkan kurang lebih 20 jenis buah, dimana 80% diantaranya adalah buah lokal. Mulai dari Anggur, Apel, Jambu Biji atau Guava, Jeruk, Kiwi, Melon, Nanas Honi, Pear, Pepaya, Pisang, Pomelo dan Semangka. 


Kalau ditanya mana yang akan dipilih, buah lokal atau buah import? Kalau saya sih akan memilih buah lokal. Mengapa? Karena menurut saya, buah lokal  jauh lebih fresh dari pada  buah import karena tidak butuh alur distribusi yang panjang seperti halnya buah import. Sehingga tidak dibutuhkan pengawet untuk membuat buah tetap segar. Dari segi harga  sudah pasti lebih murah, mudah didapat di mana saja (dalam hal ini swalayan, pasar tradisional ataupun lapak-lapak pedagang buah). Dengan mengkonsumsi buah-buahan lokal, berarti secara tak langsung kita juga turut  serta membantu  kehidupan petani lokal. Dan dengan membantu kehidupan petani lokal, otomatis kita akan membantu pemerintah menstabilkan rupiah *yeaayyy* Satu hal lagi dengan maraknya informasi seputar Apel Granny Smith yang lalu, membuat saya berpikir kembali untuk mengkonsumsi buah Import.


Bagian dalam Guava Crystal
Semua pasti kenal  dengan Pisang Cavendish ‘kan? Banyak orang menyebutnya dengan pisang Sunpride, dan mengenalnya sebagai produk import. Hihihihi padahal Sunpride adalah merk ya, namun sedemikian terkenalnya sehingga banyak orang yang menyebutnya demikian. Bahkan saya tahunya Sunpride itu hanya merk pisang import, ga tau tuh buah-buahan lainnya *ke mana aja deh* Bicara pisang cavedish (dan Guava crystal) Sunpride setelah saya mencicipinya , ada beberapa hal yang saya  catat ;

  • Buahnya segar dan manis  ==>  dengan tagline Fresh Everyday, Sunpride berusaha memberikan yang terbaik, segar dan sehat kepada konsumennya.

  • Dikemas dengan bersih dan rapi ==> untuk pisang ada yang dikemas dalam bentuk single and avalaible, atau seperti Guava Crystal yang dikemas dengan steorofoam dan dibungkus dengan plastik.

  • Produk kualitas premium/import  ==> karena buah yang besar dan memiliki kulit yang mulus,makanya sering dianggap produk import.

  • Akses informasi tentang produk Sunpride yang mudah didapat, tersedia website,  twitter, instagram dan Facebook.  ==> hari gini ya, semua informasi bisa didapat dengan sentuhan jari, dan Sunpride membantu mewujudkannya.



Di rumah saya, Fara anak bungsu saya adalah monster buah. Segala buah-buahan dia lahap. Mulai dari strawberry, pepaya, pisang, melon, mangga , pisang, jeruk, lengkeng dan buah lainnya. Apalagi ketika dia tahu ibunya pulang membawa seambrek buah-buahan  dari acara Sunpride blogger gathering  yang lalu. Fara seperti mendapat durian runtuh, hahahaha ga berenti buka kulkas bulak balik ambil buah.  Waktu saya tanya dia makan apa, Fara menunjukkan Guava Crystal kepada saya.  Ah kamu tahu saja ‘nak buah-buahan enak.

Biar ga salah pilih Guava Crystal produksi Sunpride dengan Guava produksi lainnya, kita perlu mengetahui ciri – ciri produk tersebut. Guava  Crystal atau jambu biji dengan nama lain Psidium Gujava memiliki ciri-ciri;

  • buah  berbentuk bulat agak gepeng,

  • memiliki bobot  perbuah 200 gr – 800 gr,

  • tekstur buah renyah saat hampir matang, dan saat dipuncak kematangan dengan warna daging yang putih  memiliki rasa seperti apel/buah pir.

  • Kadar air Guava  Crystal cukup tinggi dan terasa segar dengan tingkat kemanisan 11 – 12 briks.

  • Lebih tahan terhadap hama penyakit  dengan kulit hijau mulus yang dilapisi lilin yang cukup tebal sehingga  sulit untuk ditembus hama.

  • Biji yang terkandung dalam Guava Crystal hanya 3% , sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak.

si monster buah..nyam nyam...


Guava  crystal sendiri mengandung Potasium, Antioksidan, Serat dan Vitamin C.  Selain itu Guava Crystal juga  bebas residu pestisida dan tanpa formalin yang sudah mendapat sertifikasi dari  Sucofindo, badan pengujian mutu dan kalibrasi.  Guava Crystal cocok dikonsumsi oleh segala usia baik itu balita, anak-anak, pencinta Olahraga, pasien kanker, orang yang sedang menjalani diet ataupun si pecinta makan :D Kenapa? Karena Guava Crystal ;

  • Membantu mencegah terjadinya kram otot dan mengurangi rasa sakit pada otot.

  • Menambah Energi

  • Membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh setelah berkeringat.

  • Mencegah kanker payudara dan kanker kulit.

  • Mendukung system kekebalan tubuh dengan menghilangkan radikal bebas.

  • Melindungi sel-sel tubuh Anda terhadap kerusakan.

  • Mengandung Karotenoid yang penting untuk melindungi kesehatan mata dan kulit.

  • Membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar.

  • Member perasaan kenyang lebih lama.

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Mengandung Vitamin C yang befungsi sebagai antioksidan, meningkatkan system kekebalan tubuh dan mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, katarak, dan kanker.

  • Mengurangi racun dalam hati sekaligus memperbaiki kinerja hati.



Nah itu tadi alasan saya mengapa saya jatuh hati dengan buah lokal,khususnya Guava Crystal Sunpride. Banyak hal baik  bagi tubuh yang kita dapat hanya dengan mengkonsumsi buah.  Itu tadi cerita buah favorit saya, kalau kamu???





Photo : Imam Wibowo







Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition #Fruit4Love Sunpride

1 comment

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall