expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

12 July 2017

Wednesday Wishlist : Mesin Cuci Samsung



Hallo, apa kabar teman?
Bagaimana, setelah Lebaran asisten rumahtangga sudah kembali lagi belum? Memang ya drama asisten rumahtangga tiada habisnya. Sesaat sebelum mereka pulang menjelang Lebaran, buibu pasti ketar ketir bin galau,  berharap mereka kembali. Tetapi begitu mendapat kabar kalau mereka tak kembali bekerja, sedih dan sakit hatinya melebihi putus cinta jaman dulu. 

Dibeberapa grup Whatssapps, teman – teman saya yang sudah menjadi istri/ibu, curhat mengenai asisten rumahtangga mereka. Rata – rata teman saya yang curhat mengeluhkan beberapa pekerjaan rumahtangga yang tidak mereka sukai untuk dikerjakan sendiri. Untuk itulah mereka membutuhkan jasa asisten rumahtangga untuk mengerjakan tugas tersebut.


Seperti seorang teman, sebut saja jeng Cici, ia menceritakan bagaimana tangannya gatal dan panas ketika mencuci menggunakan detergen. Solusinya adalah menggunakan asisten rumahtangga. Ketika sang asisten tak kembali, jeng Cici mau tidak mau harus mencuci sendiri, atau menggunakan mesin cuci.


Jeng cici pun minta rekomendasi saya, merek mesin cuci apa yang ramah di kantong, mudah perawatannya dan hemat listrik.  Berikut beberapa tips memilih mesin cuci ;
  1. Budget
Pilih mesin cuci yang sesuai dengan bugdet yang diinginkan. Cari perbandingan harga di toko eletronik, bazaar, pameran ataupun melalui E-commerce, seperti MatahariMall.com.
  1. Siapa yang mengoperasikannya, suami/istri atau asisten rumahtangga? Jika yang mengoperasiknnya  asisten rumahtangga, disarankan membeli mesin cuci dua tabung agar jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan, biaya perbaikannya tidak mahal.

  1. Mesin cuci yang sesuai dengan pemakaian listrik di rumah

  1. Mesin cuci  yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga.
Contohnya jika anggota keluarga andda 4 orang hendaknya memilih mesin cuci dengan kapasitas kurang dari 9 kg. dan juga jika anda memiliki anggota keluarga lebih dari 4 orang, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas lebih dari 9 kg.



    5. Pilih mesin cuci yang sesuai dengan keperluan, kebutuhan dan frekuensi mencuci
Mesin cuci akan digunakan untuk bisnis (laundry) atau kebutuhan keluarga saja. Dalam satu minggu berapa banyak cucian kotor juga mempengaruhi kapasitas mesin cuci.

   6. Teknologi
Sebaiknya pilihlah mesin cuci yang berteknologi ramah lingkungan, hemat listrik, hemat penggunaan air, l di rumah. dan kids friendly jika memiliki anak kecil.
 
   7. Layanan Service Centernya mudah dihubungi di kota tempat tinggal

   8.   Garansi
Umumnya produk elektronik mendapatkan layanan garansi minimal 1 tahun dan pergantian sparepart gratis yang dapat dipercaya.

   9. Otomatis dan atau Semi Otomatis
Tentukan mesin cuci dengan teknologi semi otomatis atau otomatis. Karena saat ini dipasaran selain terdapat 2 jenis mesin cuci front loading atau top loading, juga terdapat mesin cuci yang bekerja full otomatis tanpa campur tangan manusia, dan mesin cuci yang semi otomatis, yang dapat bekerja otomatis namun menggunakan campur tangan manusia.

  10. Merek
Pilih mesin cuci dengan merek popular/tenar/terkenal, karena biasanya produsen elektronik yang telah popular, akan menjaga kualitas produknya tetap awet.



Dari tips di atas, kira – kira sudah dapat ditentukan mesin cuci merek dan model  apa yang sesuai kebutuhan kita. Mesin cuci otomatis atau mesin cuci semi otomatis.  Berikut perbedaan mesin cuci bukaan atas (Top Loading) dan mesin cuci bukaan depan (Front Loading) :
Mesin cuci bukaan atas (Top Loading)
  • Harga lebih murah
  • Butuh banyak penggunaan air
  • Butuh detergen lebih banyak
  • Mesin cuci top loading ada yang satu pintu ada yang dua (dual) tabung. Mesin yang satu tabung sudah otomastis, mulai membuka tutup air, mencuci dan memeras dilakukan oleh program. Kita tinggal menjalankan program yang dipilih, baik mencuci saja, mencuci dan peras juga pencucian dan memerasa.
  • Kemampuan mencuci lebih banyak.
  • Mesin cuci bukaan atas karena perputarannya secara horisontal menyebabkan air yang ada di dalamnya membentuk pusaran air yang menyebabkan pakaian saling melilit.
  • Tingkat kekeringan yang dihasilkan pada mesin cuci bukaan atas hanya menghasilkan 70% tingkat kekeringan.


Mesin cuci bukaan depan (Front Loading)
  • Harga lebih mahal
  • Penggunaan air lebih hemat
  • Hemat listrik
  • Hanya perlu sedikit detergen.
  • Mesin cuci front loading berputar secara vertikal, menyerupai perputaran roda yang menyebabkan pakaian selalu jatuh ke bawah sehingga pakaian tidak saling melilit. Hasil pencucian mesin cuci bukaan depan lebih baik dari mesin cuci bukaan atas, karena teknologi yang digunakan sama seperti pakaian dibanting-banting.
  • Tingkat kekeringan yang dihasilkan pada mesin cuci jenis ini mencapai 95%. 



Saya merekomendasikan Mesin cuci Samsung yang memiliki beraneka ragam pilihan. Tersedia  top loading ataupun front loading, dengan kapasitas mulai dari 6 – 20kg, warna putih – abu – silver dan Inox, serta berbagai ragam fitur (Addwash, Activewash, Aquajet, Superspeed, Steam wash, Eco Dry, dan VRT).  Hargapun bervariasi, mulai dari Rp2jt hingga Rp10jt dengan kapasitas yang besar.


Semoga jeng Cici teman saya bisa segera menentukan mesin cuci Samsung mana yang akan dibeli. Hihihi saya gak sabar mau numpang nyobain juga😁😁😁😁😅😅😅

25 comments

  1. Di rumah saya pakai front loading. Tapi jarang dipakai juga, sih. Untuk nyuci masih sering manual. Sehari-hari mesin cuci dipakai untuk mengeringkan. Awet juga. Udah seumuran Keke :D

    ReplyDelete
  2. Aku pilih yang hemat listrik kakaaa..:)

    ReplyDelete
  3. Di rumah juga pakai Samsung, Mbak. Kaget juga awetnya seumuran anak pertama saya Akib 11 tahun. Hehe...

    ReplyDelete
  4. lbih hemat pakai samsung emang

    ReplyDelete
  5. Wah belum pernah nih pakai mesin cuci merek Samsung,mau beli ah... Bisikin dong mesin cuci Samsung yang ada diskon nya...

    ReplyDelete
  6. Mesin cuci rumah saya top loading dan bagian pengeringnya rusak. Mau beli baru yg bisa tuker tambah. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Saya dr dulu sukanya yg tp loading bukaan 1

    ReplyDelete
  8. hm...sepertinya harus ganti nih mesin cuci
    bukaan atas dan 1 lobang
    baju mudah robek krn saling melilit
    makanya baju yg bagus sy cuci pake tangan

    ReplyDelete
  9. Dirumah memang pake Mesin cuci Samsung, semua manfaat baik sudah dirasakan dan dibuktikan. Menginjak tahun ke 4 masih berfungsi normal dengan pemakaian 3-4x seminggu

    ReplyDelete
  10. aku masih setia dengan mesin cuci dua tabung, alhamdulillah sudah 8 tahun masih bagus...

    ReplyDelete
  11. Kalau beli mesin cuci, menurutku sekalian yang gede jadi kalau ada cucian yang gede ga perlu laundry wkwkwk pengiritan...

    ReplyDelete
  12. Haha ternyata banyak istilah yg saya tidak tau tentang mesin cuci.. dan baru tau kalau ada top loading dan front loading..saya kira semua mesin cuci sama.

    Soalnya dari kecil sampai dewasa ini belum pernah pakai mesin cuci... Ibu saya selalu mencuci sendiri menggunakan tangan mba..

    Kalau mesin cuci 4 kg berapakah ya mba

    ReplyDelete
  13. Wah mesin cuci selama ini selalu pakai untuk di rumah. Tapi selama di Jakarta belum punya masih setia pake tangan hihi. Semoga kalau udah ada yang lebih besar bisa mengisi sesuai selera. Amiinn

    ReplyDelete
  14. Kalau saya pakai yang top load, agak mahal memang tapi pas cuci gudang akhir tahun lumayan hemat. Kalau mesin cuci Samsung ada diskon kabar-kabari ya.

    ReplyDelete
  15. aih, aku pingin banget juga beli mesin cuci. mau jadiin wishlist juga ahaa mesin cuci ini

    ReplyDelete
  16. Aku buta soal mesin cuci, tapi emang lbh baik disesuaiin dg kebutuhan anggota keluarga. Kalau udah nikah kali ya beli mesin cucinya

    ReplyDelete
  17. Beli mesin cuci lihat listriknya juga. Biar pas nyuci gak tiba2 turun aja

    ReplyDelete
  18. Pengen punya mesin cuci front loading.. biar ga capek.. biasanya kalo uploading angkat cucian berasa berat banget..

    ReplyDelete
  19. Ah, saya juga seperti Jeng Cici, lagi butuh mesin cuci. Hehe. Soalnya mesin cuci saya belum lama ini rusak.
    Doakan agar saya bisa segera membeli mesin cuci yg baru ya, Mbak :)

    *komennya malah minta doa :D

    ReplyDelete
  20. Dirumah saya juga pake mesin cuci samsung bagus banget kualitasnya dan saya baru tau beda jenis beda harga juga ya mesin cuci itu kirain sama aja

    Tapi emang benar sih pilih sesuai dengan kebutuhan dalam mencuci dan sesuaikan dengan budget samsung pilihannya

    ReplyDelete
  21. aku pakai mesin cuci samsung top loading udah 6 tahun, alhamdulillah skrg sih masih aman dan awet.. semoga masih bisa dipakai beberapa tahun lagi, sembari menabung, pingin beli yg bukaan depan

    ReplyDelete
  22. Kalo aku ga bisa di rumah ga ada mesin cuci, kerjaan lain pasti banyak yang keteteran hehe.. mesin cuci samsung yang front loading keren ya mba apalagi bisa lebih hemat air dan listrik

    ReplyDelete
  23. Wah, ini kebutuhan emak banget nih. Lumayan lah Samsung, mesin cuci yang lama udah tua banget. Apalagi udah agak agak rusak gimana gt. Mantap nih!

    ReplyDelete
  24. Hemat listrik menjadi salah satu syarat buat beli barang elektronik sih kaks hehehhe

    ReplyDelete
  25. Kemarin Ibu aku juga baru pakai mesin cuci lagi setelah sekian lama pensiun pakai.

    Alasannya,
    Ibu sekarang sudah tua dan mudah lelah.
    Jadi mesin cuci ini membantu sekali.

    Alhamdulillah,
    Samsung memang pilihan yang terbaik.

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall