25 December 2017

Untuk Orangtua, Berikanlah yang Terbaik




Saya mengenal beliau hampir 12 tahun. Sejak pertama berkenalan di malam tahun baru 2006. Sosok yang cukup nyentrik bin unik menurut saya, juga jago masak, pandai menata rumah, sukses menanam aneka bunga, perhatian bagi anak dan cucunya. Iya, ibu mertua saya, adalah sosok perempuan tangguh yang berhasil menghidupi rumah tangganya setelah ayah mertua tiada. Saya memanggilnya mamah.



Beliau tak pernah duduk diam, ada saja yang dikerjakannya. Menurutnya, duduk hanya akan membuat tubuhnya kesakitan, semua penyakit yang tak diharapkan kumpul di sana. Jadilah  mamah tetap aktif di usianya yang sudah mendekati kepala tujuh.


Hingga suatu hari, saya dan pak suami mendapat kabar kalau beliau sakit dan tak mau makan. Begitu kami temui, beliau dalam kondisi yang lemas dan badan yang mengurus. Langsung saja pak suami dan kakak ipar membawanya ke rumah sakit untuk diperiksa. Hasil observasi dokter tidak diketemukan penyakit yang serius, namun mamah memang tak mau makan sehingga tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selama seminggu berada di rumah sakit, beliau tak diperkenankan turun dari tempat tidur, infus mengalir di kedua lengannya.


"Mbak, mamah dipakaikan diaper untuk dewasa saja, biar mamah nyaman", ujar saya pada kakak ipar yang menemani. "Memang ada diaper untuk dewasa?kamu bisa tolong cariin gak?", ia membalas pertanyaan saya.



Nyaman. Itu lah testimoni yang saya dengar ketika menghadiri acara Confidence Penganugerahan rekor Muri 10.000 testimoni di Balai Kartini 20 Desember 2017 lalu. Acara yang dihadiri media, blogger dan juga para pengguna Confidence. Dalam kesempatan tersebut hadir juga para narasumber antara lain Nirma Sofiawati, Head of Marketing Adult Care PT Softex Indonesia, Dokter Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U, dan Dewi Yull, salah satu penyanyi legendaris Indonesia yang juga pengguna Confidence.


Berkenalan dengan Confidence

Selain ibu mertua seperti yang saya ceritakan di atas, sebelumnya saya berkenalan dengan Confidence ketika almarhumah nenek terkena dimentia. Nenek hanya beraktivitas di tempat tidur selama 3 tahun. Beliau menggunakan Confidence dengan perekat sehingga memudahkan saat pemakaian. Duh kebayang kalau tanpa Confidence, nenek pasti gak nyaman karena beliau saat itu sudah tak mampu untuk mengontrol BAK dan BAB. Berkat Confidence, nenek dan kami yang merawatnya sama - sama nyaman.



Confidence merupakan diaper atau popok dewasa yang diproduksi oleh PT Softex Indonesia. "Confidence nyaman digunakan dan sangat membantu sekali. Confidence akan berusaha untuk menjadi produk popok dewasa terbaik di Indonesia dengan cara mencari tahu kebutuhan konsumen dan selalu berinovasi", ujar ibu Nirma dalam sambutannya. Target market Confidence sendiri adalah lansia atau usia senior yang mengalami gangguan buang air kecil karena faktor usia agar mereka tetap dapat produktif. Seperti cerita seorang ibu yang tetap aktif dan produktif walaupun sudah berusia lanjut, namun maaih aktif dalam kegiatan PKK di lingkungan tempat ia tinggal. Ketika harus bepergian, ia merasa khawatir kesulitan menggunakan toilet umum, untuk berjaga - jaga ia menggunakan Confidence.




Dalam masyarakat kita, masih ada anggapan bahwa usia lansia merupakan usia yang sudah tidak lagi produktif. Padahal jika diberikan kesempatan, mereka tetap mau dan tetap bisa produktif. Saya jadi teringat film Intern (2015), film yang menceritakan seorang lansia yang mendaftar sebagai pemagang senior di sebuah kantor start up. Padahal usia si lansia tersebut sudah mencapai 70 tahun. Hebat yaa...



Mendapati kurangnya dukungan dan perhatian pada lansia, Confidence hadir dengan kampanye edukasi "Untuk Orangtua Berikanlah Yang Terbaik". Harapannya, para orangtua yang memiliki gangguan buang air kecil tetap merasa nyaman dan terbantu berkat Confidence, sehingga tetap mampu melakukan kegiatan atau aktivitas harian. Confidence tidak hanya digunakan oleh lansia, orang dewasa yang mengalami gangguan buang air kecil pun dapat menggunakannya.


Waspadai Inkontinensia Urin


Apa sih Inkontinensia Urin? Yaitu merupakan gangguan dalam sistem urin, dimana melemahnya otot - otot dalam berkemih. Ada 5 tipe Inkontinensia Urin, sebagai berikut;

1. Overflow, yaitu urin dalam kandung kemih sudah terlalu penuh, gejalanya rasa tidak puas setelah berkemih karena sedikitnya urin yang keluar dan pancarannya pun lemah.
2. Stress, ini biasanya dialami ketika tertawa atau bersin, urin akan keluar karena terjadinya peningkatan tekanan dalam perut.
3. Urge, merupakan ketidakmampuan menunda berkemih sesaat setelah sensasi berkemih muncul, karena otot destrusor/otot  kandung kemih tidak stabil.
4. Tipe Campuran (urge dan stres)
5. Tipe Continous ( terus menerus)

Nah gejala apa saja sebagai indikasi bagi penderita inkontinensia urin:
  • Urgensi, terburu - buru saat berkemih 
  • Frekuensi, sering berkemih minimal 8 kali sehari 
  • Nokturia, kencing pada malam hari lebih dari satu kali 
  • Straining, mengedan 
  • Intermitensi, menetes atau terputus - putus 
  • Hesitensi, menunggu lama saat berkemih 
  • Inkontinensia, mengompol



Dalam acara ini, hadir juga salah satu artis senior, Dewi Yull yang menceritakan pengalamannya menggunakan Confidence. Beliau sering kali bepergian ke luar daerah, dimana toilet umum yang bersih sulit dicari. "Kebetulan saya orangnya jijikan, tidak mudah sembarangan buang air kecil di toilet umum. Jadi memakai Confidence merupakan solusi yang tepat bagi saya. Popoknya tipis, tidak menggembung dan terpenting tidak membuat volume pada bagian bawah tubuh kita" ujarnya.


Confidence memiliki beberapa kelebihan, antara lain ;
1. Confidence merupaka satu - satunya popok dewasa yang sudah teruji secara klinis oleh Australian dermatologist sebagai popok yang aman bagi kulit sensitif.
2. Confidence hadir dengan tagline The Expert of Adult Care, popok dewasa yang berkualitas terbaik dan memperoleh penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.
3. Tersertifikasi Halal
4. Confidence telah mendapatkan penghargaan Top Brand selama 6 tahun berturut - turut dan Digital Popular Brand Award selama 2 tahun berturut - turut.

Confidence hadir dalam 2 tipe;
  • Tipe perekat untuk pengguna yang sakit (bedridden) seperti almarhumah nenek ketika itu. Memiliki kelebihan lapisan luar yang berbahan cloth-like selembut kain dan bersirkulasi udara, mengandung ekstrak aloe vera yang membuat lembut sehingga bebas iritasi, berdaya serap tinggi sehingga permukaan tetap kering. 
Tipe perekat

  • Tipe celana untuk pengguna yang masih aktif, dengan kelebihan popok tersebut sangat slim dan fit, seperti menggunakan celana dalam biasa. Popok ini yang digunakan ibu mertua beberapa bulan belakangan ini. Beliau mengkonsumsi obat dokter yang efek sampingnya adalah sering buang air kecil. Dengan Confidence tipe celana, ibu mertua dapat tidur dengan nyaman dan beraktivitas seperti biasa.




Penganugerahan Rekor Muri bagi Confidence



Confidence mengumpulkan 10.000 video testimoni pengalaman kenyamanan menggunakan Confidence yang dikirimkan oleh konsumennya (baik pemakai langsung ataupun caregivernya) melalui www.confidence-adultcare.com selama periode Juni - Oktober 2017. Hadir dalam prosesi penganugerahan tersebut adalah bapak Jaya Suprana. Semoga dengan adanya penghargaan ini, Confidence semakin maju, semakin berkembang dan tetap terus berinovasi untuk memenuhi kenyamanan penggunanya, baik lansia maupun usia dewasa yang membutuhkannya.






















42 comments

  1. supaya orang tua engga bolak - balik toilet yaa, kan kasian kalau kecapean juga. Thanks sharingnya mak Sally

    ReplyDelete
  2. Wah recomendes banget ya confidence ini ya. Membantu sekali buat orang tua lanjut usia agar tetap nyaman
    Makin tua memang metabolisme menurun, kasian kalau harus bolak balik toilet apalagi kalau kondisi fisik lemah

    ReplyDelete
  3. Kalau lihat produk ini jadi ingat nenek. Makasih sharingnya mba Sally

    ReplyDelete
  4. Semoga para orang tua makin confidence memakai confidence

    ReplyDelete
  5. Wah.. Ortu kita mesti dibuat confidence
    Jangan sampe ga confidence yaak.

    ReplyDelete
  6. Ooh popok dewasa ya. Iya ya orang tua sudah mulai lelah untuk bolak balik ke toilet sehingga cocok menggunakan popok dewasa.

    ReplyDelete
  7. Wah bisa dapet rekor MURI ya keren. Biar orang tua juga confidence ya mak...

    ReplyDelete
  8. ngebantu banget buat orangtua lanjut usia yang butuh perawatan dan perhatian lebih supaya tetap confidence :)

    ReplyDelete
  9. Wah membantu banget buat yg lanjut usia

    ReplyDelete
  10. Waktu ayah saya sakit pakai Pampers ini, mudah dipakai dan ga bocor.

    ReplyDelete
  11. Aku sering liat iklannya di TV. Ternyata confidence buatan pt sOftex ha. Udah ga perlu diraguin lagi soal kualitas itu maaaah. Sio2, bs jadi rekomendasi aku nih ttg popok dewasa. Gampang ditemuka. Lagi nih si confidence

    ReplyDelete
  12. Aku datang di acaranya. Emang keren banget ini. Salut juga sama mbak Dewi Yul dan anak-nya yang bisa saling bahasa isyarat. 😍

    ReplyDelete
  13. Kita harus memberikan yg terbaik utk orang tua yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  14. Ooh, ini popok dewasa ya untuk ornagtua. Noted. Rekomended kayaknya bagi yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  15. Popok dewasa memang membantu banget bagi orang tua yang sudah kesulitan mengontrol berkemih. Juga, buat orang yang sedang sakit dan terpaksa harus beraktivitas di tempat tidur. Yang sakit nyaman dan yang merwatnya juga merasa nyaman. Rekomen banget deh popok dewasa yang tepat.

    ReplyDelete
  16. Dengan adanya popok dewasa pasti akan sangat membantu bagi orang lanjut usia. Terlebih poduk ini juga teruji klinis pasti kualitasnya terjamin

    ReplyDelete
  17. Aamiin, semoga bisa bikin orang tua selalu merasa nyaman :)

    ReplyDelete
  18. Wah udh tau soal ini popok dewasa karena tetangga yg udah tua langganan pake popok ini

    ReplyDelete
  19. popok dewasa yang suka dipakai oleh teman-teman untuk orangtuanya, dari status -status teman mereka puas dengan confidence

    ReplyDelete
  20. Popok dewasa yang aku tau memang cuma merek ini, kayanya udah top of mind ya.

    ReplyDelete
  21. hmm,, nice, ini lah solusi bagi orang tua kita. Dulu kakek saya sudah pernah coba, dan komentar nya positif.

    ReplyDelete
  22. Almarhumah nenek aku juga pakai ini nih ketika beliau sakit. Membantu banget karena pipisnya jadi nggak kemana-mana dan mudah dibersihkan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu uh. Enak di mereka, Untung pula di kita, Sama-sama ringan lah jadi nya,, hehehe

      Delete
  23. hebat ya confidence bisa dapet rekor MURI bukti kalau produknya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat luas :)

    ReplyDelete
  24. aku tau produk ini saat emak dan abah dari bapak sakit, beliau tidak bisa lagi turun dari tempat tidur, jadi agar lebih nyaman pakai diapers untuk dewasa.

    ReplyDelete
  25. Makasih sharingnya mbak, saya pun kalau baca ini ingat almarhum nenek juga pakai confidence, bulek saya yang mengusulkan dan merawatnya.

    ReplyDelete
  26. baru tau merek ini, mbak... nanti bisa saya usulkan, kayaknyaa ada sodaraku yang butuh ini karena sakit stroke. jadi susah ke toilet kalo jalan. thanks for sharing, mbak

    ReplyDelete
  27. wah jadi inget sama keluarga di rumah deh wkwkwkwkwkkwkwkwkkw gak enak sering ngelawan sama keluarga :((((

    ReplyDelete
  28. Aku pernah beliin Confidence buat Mbahku pas sakit. Dr merek lain, popok dewasa ini paling kliatan nyaman. Ukurannya jg pas. Kemarin pakai yg rekatan. Yg celana msh jarang yg jual

    ReplyDelete
  29. Aku baru tau juga popok yang merk ini
    Dulu pernah beli popok buat alm mbah kung. Ya kasian kalo mereka gak dipakein popok, juga kasian yang bersihkan ompolnya sih

    Ya semoga orang tua dan mbah mbah kita yang lain selalu diberi kesehatan dan kekuatan. Aamiin

    ReplyDelete
  30. Wuiihh saya baru mba ada popok utk orang dewasa seperti ini.. Confidence sepertinya cocok untuk nenek saya yang sudah berusia 97 tahun.. saya akan coba infokan ke keluarga ah. Ini bisa di beli di Medan kan mba?

    ReplyDelete
  31. Memberikan yg terbaik buat orangtua adalah kewajiban anak. Tidak terkecuali mengupayakan terwujudnya rasa nyaman kepada mereka tat kala tua kelak.

    ReplyDelete
  32. untuk orang tua yang sudah ga bisa nahan buang air kecil lagi coock bgt nih, kan kasihan kalau ngompol. semua yang sudah pake bilang bagus

    ReplyDelete
  33. Sediih yaa...kalau orangtua mulai sakit dan susah ke toilet sendiri.
    Aku pernah merasakan juga, mbaa.
    Saat Bapak rahimahullah sakit pasca operasi kolon.
    Bapak malu banget kalau harus dirawat sama Ibu. Dan beberapa hari (sebelum jahitan kering), Bapak disarankan pakai popok.
    Ya karena itu, batuk sedikit...kluar.

    Antara sedih dan ga tega...
    Akhirnya Bapak pakai popok.
    Dan memang jadi nyaman sekali..Bapak gak sungkan lagi kalau bolak-balik mau pipis.

    ReplyDelete
  34. Sedih ya kalau orangtua sakit, saat sakit bapak juga pakai confoedent tapi dia nggak betah jadi selalu pengen ke kamar mandi padahal badannya sangat lemah, mudah-mudahan cepat sembh ya mamah mertuanya

    ReplyDelete
  35. Begitulah manusiaa akan sampai di saat bdutuh bantuan banyak orang..
    Popok untuk lansia ini berguna apalagi untuk yang enaggak boleh gerak...
    Konfidrnce adalah salah satu popok orang dewasa yang terkenal bagus..

    ReplyDelete
  36. popok untuk dewasa saya pernah melihat banyak sekali di mal mal supermrket gitu tetapi, saya bingung yang membedakan satu sama lainnya itu apa. tapi, saya pernah melihat popok confidence di salah satu supermarket setelah membaca artikel ini kayanya popok ini bagus banget untuk orang tua kita ya mba aman dan kualitasnya pun terjamin banget.

    ReplyDelete
  37. Saya juga mempercayakan confidence ini untuk gerakan peduli lansia yang saya garap sama teman2 di banjarmasin untuk menyantuni lansia dhuafa yang memerlukan. Karena berdasar yang saya tau memang confidence ini uda yang paling bagus

    ReplyDelete
  38. Kenyamanan mmg penting ya untuk ortu.apalg saat sakit. Waktu ayah sy sakit jg pakai confidence. Pernah diganti merek lain ternyata panas katanya

    ReplyDelete
  39. Ibu saya sekarang juga udah harus pakai diapers...
    Buat orang tua emang harus yg terbaik mba..., Jangan sampai ortu merasa ga diperhatiin dihari tuanya..

    ReplyDelete
  40. Popok dewasa ini sebaiknya memang yang nyaman ya mba. Senangnya ada popok dewasa confidence

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall