31 July 2018

Di Hari Ulang Tahun ke 50, PT ANTAM, Tbk meluncurkan Inovasi Desain dan Kemasan Emas Logam Mulia


Muka-muka hepi borong emas



"Kalau punya uang, jangan dihabiskan buat beli baju aja. Belikan perhiasan, buat jaga-jaga kalau butuh apa-apa nantinya".



Kalimat di atas adalah satu dari sekian banyak nasihat nenek yang melekat hingga saat ini. Ketika itu nenek melihat gaji yang saya terima hanya dibelikan pakaian atau sekedar jajan sana sini,  yang menurut beliau tak perlu berlebihan.


Kalau menabung di bank habis terpotong biaya admin dan pajak, berinvestasi pada emas justru kelak akan menguntungkan.


Iya sih, perempuan mana yang tak suka perhiasan. Selain bisa untuk koleksi, emas juga sering dijadikan investasi yang mudah dibeli dan dijual kembali. Seperti seorang kenalan saya, ia membeli emas batangan alias logam mulia, untuk ia kumpulkan sedikit demi sedikit. Dan ketika butuh dana cash, toko emas atau butik emas ANTAM tempat pertama yang ia datangi.


Emas dikenal sebagai salah satu instrumen investasi yang paling aman karena tahan terhadap tekanan inflasi. Memiliki nilai yang abadi dan berwujud nyata, emas bisa mewujudkan masa depan dengan aman dan nyaman. Ingat donk ketika masa krisis moneter di tahun 1997 lalu, atau coba mampir deh ke toko emas di pasar ketika mau tahun ajaran baru sekolah, pasti banyak transaksi jual beli emas.


Senin 30 Juli 2018 lalu, bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, PT ANTAM, Tbk melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP) meluncurkan desain dan kemasan emas ANTAM - Logam Mulia terbaru. 



Peluncuran desain dan kemasan baru emas logam mulia ANTAM ini dihadiri bapak Arie Prabowo Ariotedjo, selaku Direktur Utama ANTAM, beserta jajaran Direksi. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa peluncuran desain dan kemasan terbaru Emas dan Logam Mulia ANTAM menjadi salah satu momentum menandai Hari Ulang Tahun ke -50 ANTAM.


"Desain dan kemasan Emas ANTAM-LM terbaru ini merupakan salah satu refleksi inovasi ANTAM khususnya di sektor hilir komoditas emas yang dikelola perusahaan. Fasilitas pengolahan dan pemurnian ANTAM yang tersertifikasi Responsible Gold dari London Bullion Market Association (LBMA), senantiasa memastikan pasokan emas perusahaan bebas dari pencucian uang, pelanggaran hak asasi manusia dan tidak terlibat konflik". 


Emas Logam Mulia ANTAM
bapak Arie Prabowo Ariotedjo beserta Direksi ANTAM


Beliau berharap dengan adanya nilai tambah produk ANTAM, akan memberikan perlindungan yang maksimal bagi pelanggan dalam berinvestasi emas, karena terjamin keaslian produk.


Dalam sebuah tayangan video pada saat acara berlangsung,  dijelaskan bahwa peluncuran desain dan kemasan terbaru ini juga menjadi salah satu rekam jejak penting ANTAM sejak mencetak emas batangan pada tahun 1930.


Sejarah PT ANTAM, Tbk

PT ANTAM, Tbk mulai beroperasi sejak 1968,  merupakan perusahaan pertambangan yang  kegiatannya mencakup eksplorasi, eksploitasi,  penambangan, pengolahan, pemurnian  serta pemasaran dari sumber daya mineral. Komoditas utama ANTAM adalah biji nikel, feronikel, emak, perak, bauksit, batubara dan jasa pemurnian logam mulia.


Setelah tahun 1930, perubahan emas signifikan dilakukan di tahun 1968, 1974, 1980, 1994 dan 2004. Di tahun 2011, ANTAM mulai mengubah bentuk emas batangan menjadi bentuk potrait. UBPP LM juga mulai menggunakan latent image pada produk-produknya. Di 2013 ANTAM mulai menggunakan kemasaan blister untuk pecahan 50 dan 100 gram. Bahkan ada desain Hello Kitty yang dieskpor ke Jepang dan desain Imlek dalam rangka merayakan Tahun Baru China.

emas logam mulia antam
logam mulia pecahan 100gr

emas logam mulia antam



Emas ANTAM-LM dengan desain dan kemasan terbaru ini tersedia mulai pecahan 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram. Pada desain dan kemasan terbaru ini terdapat perbedaan yang cukup signifikan dibanding edisi sebelumnya, yaitu dimensi yang lebih besar untuk denominasi yang sama. Ternyata hal ini justru permintaan pasar, dimana pasar menginginkan dimensi yang lebih besar pada emas ANTAM-LM.

Lalu kenapa Emas ANTAM-LM jadi pilihan investasi?

1. Memiliki fitur keamanan berlapis. Dengan teknologi CertiCard, dapat meningkatkan rasa aman masyarakat dalam berinvestasi pada emas batangan.

2. Emas ANTAM-LM hadir dengan desain dan kemasan  baru yang lebih modern dan elegan.

3. Merupakan produk dengan kadar dan kualitas yang dapat menjamin kenyamanan dan keamanan investasi jangka panjang.


New Design and Repacking

Di kedua sisi Emas ANTAM-LM terdapat desain yang berbeda. Bagian depan (Obverse) terdapat:

  • Logo LM berbentuk segilima dengan area logo yang terlihat lebih mengkilat (glossy) pada emas.
  • Logo ANTAM sebagai ornamen dengan warna abu-abu memberi kesan simple elegan.
  • Kemasan CertiCard dengan fitur security canggih, menggunakan material kemasan yang stabil  dan kualitas optik yang tinggi sehingga kuat dan bertahan lama selama bertahun-tahun.
  • Nomor seri unik hanya terdapat pada  produk dengan pecahan 10gram  ke atas dan terdapat pada semua kemasan.

Sedangkan sisi belakang (Reverse) Emas ANTAM-LM  terdapat ;
  • Logo ANTAM  dan logo LM dengan finishing permukaan khusus dan membentuk motif/ornamen yang unik.
  • Segel pada kemasan  menggunakan security film  dengan tingkat keamanan berlapis sehingga berfungsi melindungi dan menjamin keaslian produk. 
  • Terdapat tanda tangan Chief Assayer
  • Security barcode (CertiCode) untum discan menggunakan aplikasi CertiEye.


Setelah acara peluncuran desain dan kemasan terbaru Emas ANTAM-LM, MC menyebutkan bahwa dari sekian banyak brosur yang dibagikan malam itu, terdapat beberapa brosur yang ditandai dan mendapat hadiah berupa Emas ANTAM-LM. Ahay, pucuk dicinta ulam tiba, kali ini giliran saya yang mendapat hadiah. Ternyata brosur saya adalah brosur yang sudah ditandai khusus dan berhak mendapat sebuah Emas ANTAM-LM senilai 0,5 gram πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘


Ini pertama kalinya saya memegang langsung dan memiliki logam mulia. Tanpa ragu saya pun bertanya mengenai sertifikat/surat dari emas batangan ini. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™ˆ Ternyata sejak menggunakan teknologi CertiEye tak dibutuhkan lagi keberadaan sertifikat atau surat fisik. Cukup download aplikasi CertiEye di smartphone, lalu scan kode barcode yang terletak di belakang kartu, maka akan muncul tampilan logo ANTAM dan spesifikasi keaslian emas untuk kemudian verifikasi keaslian Emas ANTAM-LM. Justru dengan teknologi ini memudahkan kita untuk berinvestasi pada emas batangan karena aman untuk disimpan dan tetap terjamin kualitas dan keasliannya. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚Maafkan kenorakan saya yaa.

emas logam mulia antam
Terima kasih ANTAM


Sebelum acara berakhir, MC mengumumkan bahwa malam itu sudah lebih dari 2kg emas ANTAM-LM yang laku terjual. Ternyata ada penawaran khusus bagi hadirin yang ingin memiliki emas ANTAM-LM dengan nomor seri perdana. Pantas saja terlihat beberapa teman blogger ikutan bertransaksi, biar dapat nomor seri perdana πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ.



Emas ANTAM-LM dengan desain terbaru ini sudah tersedia di seluruh jaringan  Butik Emas ANTAM-LM dan mitra UBPP per 31 Juli 2018. Butik Emas ANTAM-LM menerima kembali produk Emas ANTAM-LM baik yang lama maupun yang baru, sesuai dengan kelengkapan dan ketentuan yang berlaku di seluruh Butik Emas ANTAM-LM. Selamat berbelanja .....



πŸ“· Dokumentasi Medhartara

13 comments

  1. Mba Sally congrats ya dapat emas dari Antam kemarin :)

    ReplyDelete
  2. Beruntung banget mbak dapat emas dari Antam .Selamat ya ...

    ReplyDelete
  3. Wahhh 2 kg emasnya sudah terjual dalam semalam ...

    ReplyDelete
  4. Mbaa. Aku punya yg 0,5 gram, dikasih sama Pegadaian. Aduuuh megangnya udah seneng banget. Gak kebayang kalo punya yg 100 gram. Investasi banget yak :)

    ReplyDelete
  5. Mbak Sally selamat ya menang emas. Btw ibu ku juga ngajarin utk nabung emas, jdi klo ada uang langsung dibeliin emas buat tabungan hehe.

    ReplyDelete
  6. Happy banget ya mba Sally saat tahu brosurnya jadi doorprize. Akupun juga ikutan antri beli emas saat malam peluncuran. Lumayan 0,5 gram.

    ReplyDelete
  7. Desain lmnya bagus ya. Cucok utk dikoleksi utk investasi

    ReplyDelete
  8. Investasi emas khususnya logam mulia ini adalah investasi yang aman dan pastinya juga berguna bagi kita nantinya

    ReplyDelete
  9. ah aku dari dulu pengen banget Mbak punya emas Antam, padahal kantor nya juga sebelahan sama kampus. mudah-mudahan bisa segera punya

    ReplyDelete
  10. makin keren aja ya
    saya punya yg model lama
    dengan sertifikat kertas
    tapi udah dijual kemarin tuk bantu ortu
    moga bisa beli lagi

    ReplyDelete
  11. Iya investasi bagus ya emas, daripada uang habis ya. Lebih baik beli emas. Jadi mau beli emas, tapi masih bingung belinya dimana. Dapat info deh tentang emas antam. Semoga kita bisa investasi emas ya

    ReplyDelete
  12. emang juara banget ya ini emas Antam
    ditambah info2 di postingan ini makin yakin deh

    ReplyDelete
  13. Teringat di Masa lalu, aku buka arisan emas antam per bulan 1 gram.. tiap 5 bulan narik 5 gram.. wow jadi tergoda lagi nih bikin arisan antam... Ikut tuk mbak selly

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall