02 July 2018

Menjadi Tuan Rumah Kedua Kalinya, Yuk Dukung dan Sukseskan #AsianGames2018

asiangames2018




Hola manteman,


Di tahun 2018 ini ada beberapa event olahraga yang banyak dinantikan orang, pertama adalah Piala Dunia FIFA ke 21,  yang berlangsung dari tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di Rusia.


Event olahraga berikutnya yang enggak sabar dinantikan berjuta penduduk Indonesia adalah Asian Games 2018, yang akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 nanti di dua kota, Jakarta dan Palembang.  


Pesta Olahraga Asia yang ke XVIII ini akan mempertandingkan 40 cabang olahraga, 32 cabang olahraga Olimpiade dan 8 olahraga non olimpiade. Ada 45 negara yang berpartisipasi dengan kurang lebih 15.000 atlet yang turut serta ambil bagian dalam perhelatan akbar tahun ini.



Bagi Indonesia sendiri, Asian Games 2018 ini terasa istimewa, mengingat ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 


Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada Asian Games ke - IV pada tahun 1962. Ketika itu ada 17 negara yang ikutan berpartisipasi dengan 1460 atlet dan 15 cabang olahraga yang dipertandingkan. Di Asian Games ke - IV ini juga pertama kalinya bulutangkis dipertandingkan di ajang olahraga bergensi ini.


Indonesia terpilih sebagai tuan rumah pada saat itu ditentukan oleh hasil voting yang dilakukan oleh Dewan Federasi Asian Games di Tokyo, Jepang, sebelum Asian Games 1958 dimulai, tepatnya pada tanggal 23 Mei 1958. Dari hasil pemungutan suara yang diikuti oleh dua kandidat tuan rumah Asian Games 1962, yakni Pakistan dan Indonesia,  22 suara memilih Jakarta sebagai tuan rumah dan jumlah suara ini mengungguli Karachi, ibu kota Pakistan yang hanya meraih 20 suara. Sehingga, pada saat itu resmi ditetapkan tuan rumah Asian Games 1962 adalah Jakarta, Indonesia.


Di Asian Games XVIII ini, Indonesia disetujui oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada 19 September 2014.  Semula Hanoi, Vietnam, adalah kota yang dipilih mengalahkan Surabaya, namun karena kendala keuangan, mereka memutuskan mengundurkan diri. Kita boleh berbangga hati, bahwa Asian Games XVIII adalah pertama kali dalam sejarah diadakan di dua kota sekaligus.


asiangames1962


Sejak mengikuti Asian Games yang pertama di India, Asian Games 1962 di mana Indonesia sebagai tuan rumah, kala itu atlet - atlet Indonesia mengharumkan nama bangsa dengan menempati tempat ke dua dalam perolehan medali ( 21 Emas, 26 Perak dan 30 Perunggu) setelah juara bertahan Jepang.


Salah satu cabang olahraga yang juga turut menyumbangkan medali tentu saja, bulutangkis. Medali emas dipersembahkan oleh Tan Joe Hok (tunggal putera), Minarni ( tunggal putri) , dan pasangan Retno Kustijah - Minarni  (ganda puteri).


Perolehan emas lainnya diperoleh dari cabang olahraga balap sepeda (tim balap sepeda putera dan nomor jalanan).



#AsianGames2018



 
Nah bagaimana dengan #AsianGames2018 nanti? Persiapan apa saja yang sudah dilakukan?

Kemenpora, Bapak  Imam Nahrawi mengatakan bahwa seluruh persiapan sudah dilakukan baik meliputi pelatihan atlet, venue pertandingan, maupun infrastruktur pendukung lainnya untuk 21 ribu atlet dan official yang hadir saat Asian Games 2018, Agustus nanti. Fasilitas venue yang ada saat Asian Games IV, akan digunakan kembali dalam Asian Games XVIII tentu dengan renovasi sana sini.  Ribuan kamar hotel, pengamanan dan transportasi sudah siap mendukung perhelatan akbar ini. Terhitung sejak tanggal 2 Juli sudah dilakukan uji coba perluasan kawasan ganjil genap, sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi daerah titik rawan kemacetan selama Asian Games 2018 berlangsung.



asiangames2018


Untuk venue Asian Games 2018 di Palembang, 10 cabang olahraga yang akan dipertandingan di Palembang, diadakan di 11 venue di Kompleks Jakabaring Sport City.  Sedangkan venue di Jakarta tersebar dibeberapa lokasi, mayoritas terdapat di Kawasan Gelora Bung Karno - Senayan, Pulo Mas, JIExpo Kemayoran, Monumen Nasional dan Taman Impian Jaya Ancol. Jadi penasaran, seperti apa ya penampakan Gelora Bung Karno setelah direnovasi.


Asian Games 2018
venue Jakarta






"Asian Games bukan hanya pertandingan olahraga tapi menyangkut harga diri bangsa Indonesia. Kita pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 dan tahun ini akan mengulang kembali menjadi tuan rumah. Jika ini sukses, maka Indonesia akan dipercaya oleh dunia untuk menggelar ajang olahraga berlevel dunia lainnya,"
- Imam Nahrawi -



Seperti jutaan penduduk Indonesia lainnya, saya sangat ingin menyaksikan secara langsung keseluruhan pertandingan yang berada di Jakarta. Khususnya pertandingan bulutangkis yang nanti akan berlangsung di  Gelora Bung Karno. Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang diandalkan untuk mendulang medali di Asian Games 2018 nanti.


Saat ini PBSI sudah menentukan nama - nama ke 20 pebulutangkis yang akan berjuang di Asian Games 2018, terdiri dari 10 pemain putera dan 10 pemain puteri. Di Asian Games 2018 nanti, nomor yang dipertandingkan adalah nomor beregu putera, beregu putri, serta nomor perorangan. Berikut ke 20 pebulutangkis yang akan berlaga di Asian Games 2018. 

asian games 2018

asian games 2018
nama pemain yang diumumkan oleh PBSI memperkuat skuad Bulutangkis Indonesia





Harapan saya sih, semoga seperti Asian Games yang lalu-lalu, bulutangkis tetap bisa mendulang emas bagi Indonesia.


Dengan berlangsungnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Indonesia, saya berharap negara kita mendapat keuntungan dan manfaat dibidang perekonomian, pariwisata, dan infrastruktur yang semakin membaik.


Dan sebagai masyarakat Indonesia baik, mari kita #dukungbersama dan kita sukseskan Asian Games 2018, dengan cara :


  • Menjaga ketertiban dan keamanan diri dan lingkungan sekitar
  • Menjaga kebersihan  dan ketertiban umum
  • Ramah dan sopan
  • Budayakan menjaga fasilitas umum, membuang sampah pada tempatnya
  • Turut serta menyaksikan pertandingan dan memberi dukungan kepada tim Indonesia


Karena untuk mengharumkan nama bangsa bukan hanya tugas atlet semata, melainkan tugas segenap masyarakat Indonesia. Jadi mari #kolaborasia di #AsianGames2018 ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜







Sumber : 

Wikipedia
dukungbersama.id
asiangames2018.id
asianparagames2018.id

16 comments

  1. jadi keingat beberapa tahun lalu aku ikut ngeliput asiangames di Palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ya kak....lihat langsung pelaksanaan Asian Games nanti, euforianya pasti beda

      Delete
  2. and makes breathing or coughing difficult, but not impossible. Choking is the result of a complete obstruction to the airway. double jogging stroller review

    ReplyDelete
  3. Kesempatan menjadi tuan rumah semoga bisa memberikan semangat lebih untuk para atlet untuk bisa meraih medali

    ReplyDelete
  4. Saatnya Indonesia tunjukkan kredibilitas negara di mata dunia. Asian Games 2018 lancar selama sebulan ke depan nantinya.

    ReplyDelete
  5. Semoga tim Indonesia mampu berlaga dengan baik di Asian Games 2018 dan membawa banyak emas ya mba, aaamiinn

    ReplyDelete
  6. Semoga Indonesia bisa meraih banyak medali dari beberapa cabor yang diunggulkan

    ReplyDelete
  7. bener banget karena menyangkut harga diri bangsa, nggak hanya saat berada di venue, tapi di luar venue, masyarakat indonesia bisa jadi telada, tuan rumah harus beri contoh yang baik :)

    ReplyDelete
  8. Ah ga sabar menanti tanggal itu...
    Akhirnya bisa juga merasakan kemeriahan dimana² menyambut Asian Games 2018 di negeri sendiri. Semoga Indonesia mendapatkan medali emas terbanyak...amin

    ReplyDelete
  9. aku lagi merencanakan ama suami nih mau mudik pas agustus nanti moga lancar jaya nih, soalnya sayang kalo gak nonton ya, ajang dunia yang ga bakalan datang tahun depan

    ReplyDelete
  10. Makin tidak sabar mau nonton Asian Games 2018

    ReplyDelete
  11. Siap dukung Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018 semoga sukses, aman dan meriah. Wah, bangganya ya.

    ReplyDelete
  12. Sukses Indonesia. Semangat. Gak sabar pengen liat keseruannya..

    ReplyDelete
  13. Semoga Indonesia jadi juara Asian Games 2018, aamiin...

    ReplyDelete
  14. Kuy #DukungBersama atlet2 indonesia. Indonesia pasti juara!

    ReplyDelete
  15. Tugas warga negara Indonesia untuk dukung bersama acara Asian Games 2018.

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall