29 March 2018

Workshop Asyik bersama Gold Faber Colour Pencils dan Faber Castell





Sejak kecil, pelajaran menggambar adalah salah satu mata pelajaran yang saya hindari. Entah mengapa, rasanya setiap kali saya diminta menggambar atau mewarnai, selalu gak sabaran dan hasilnya gak kece versi saya. Entah komposisi warna yang gak asik, maupun teknik mewarnai yang gak benar. Pokoknya gak nyeni lah😢😖


Ditambah lagi, pencil warna yang saya punya, memiliki warna yang mudah pudar dan bleberan. Alhasil setiap selesai mewarnai, telapak tangan pun ikut berwarna warni, terkena pencil warna yang saya gunakan. Sudahlah gambar gak kece, eh telapak tangan jadi kotor, makin gak berminat menggambar dan mewarnai. 




Sabtu 24 Maret 2018 kemarin, saya kena batunya ketika mencoba GoldFaber 12 Classic Series, dalam acara workshop Get a Deeper  Experience with GoldFaber  di Faber-Castell Store Plaza Senayan, Jakarta.



Ketika tiba di sana, mas Andri Kurniawan, Public Relation Manager Faber-Castell, menyambut saya dan teman - teman blogger yang tergabung dalam Komunitas Emak Blogger. Mas Andri mengenalkan koleksi terbaru dari Faber-Castell, GoldFaber 12 Classic Series, dan langsung membagikannya kepada yang hadir plus kertas gambar yang ada untuk diwarnai.



Goldfaber sendiri merupakan produk terbaru dari Faber Castell yang diimpor langsung dari Jerman, sehingga tidak mudah patah, memiliki pigmen warna yang tahan lama dan yang paling kece juga tahan air. Goldfaber sendiri memiliki ketebalan lead 3,3mm dan tersedia sampai 48 warna. Goldfaber memiliki beberapa varian, antara lain :

  • Goldfaber
  • Goldfaber Aqua
  • Goldfaber Graphite Pencils
  • Goldfaber Sketch Set


Narasumber yang kedua, hadir ibu Fransiska Emilia, Brand Manager Faber-Castell Plaza Senayan. Beliau menjelaskan beberapa pencils warna. Ada yang ditujukan untuk anak - anak (produk kemasan merah), produk dengan kemasan hijau (untuk seniman professional) dan produk dengan kemasan biru (ditujukan bagi orang dewasa yang memiliki hobi melukis).


Produk - produk Faber Castell jaminan mutu, untuk produk anak - anak pasti aman digunakan. Produk untuk seniman professional, warnanya tidak mudah pudar, bertahan hingga beratusan tahun ke depan, berkualitas tinggi. Ibu Siska bilang, kandungan pigmen yang berkualitas tinggi dan tahan luntur menghasilkan goresan yang halus serta warna yang kuat.


Untuk workshop hari itu, saya dan teman - teman blogger mencoba produk kemasan biru si Goldfaber Series Classic. "Oh no", pikir saya dalam hati, pasti nanti bleberan lagi deh di tangan😖.


Workshop siang itu dipandu langsung oleh Faber-Castell artist, mas Rizal. Mas Rizal menjelaskan ada 3 teknik mewarnai ;
  1. Blending
  2. Hatching
  3. Cross Hatching


Mas Rizal bilang bahwa teknik mewarnai itu ditentukan oleh produk yang digunakan dan tentu saja teknik pencahayaan juga berperan. Kemudian mas Rizal menjelaskan lebih lanjut mengenai teknik mewarnai ;

1. Bleding, yaitu teknik mewarnai dengan cara mencampurkan dua warna  dengan cara mengarsirnya. Tipsnya adalah kita harus membwri warna muda terlebih dahulu, baru ditimpa dengan warna yang lebih tua, baru diblend. Hihi jadi inget pakai eye shadow ya, pakai warna muda untuk diblend dengan warna gelap😁.

2. Hatching, teknik ini merupakan teknik arsiran dengan membuat garis sejajar berurutan, searah, makin rapat semakin bagus terlihat. 

3. Cross Hatching, teknik ini yaitu membuat garis bertumpuk, saling bersilang. Mas Rizal bilang teknik ini sering digunakan untuk mewarnai bagian tubuh manusia agar nampak lebih detail.


Setelahnya mas Rizal memperkenankan kami mencoba GoldFaber 12 Classic Series. Dan seketika ruangan mendadak sunyi senyap, hanya suara pencils yang menggores kertas yang terdengar. Semua emak yang hadir langsung sibuk mewarnai. Saya? Awalnya saya ragu, bisa gak ya? Dasar cupu yaa. Tapi melihat teman - teman lainnya antusias, saya pun ikutan. Daaan....saya hepi, Goldfaber 12 Classic Series ini sama sekali gak bleberan, gak kena tangan. 😂😂😂 ya kan Faber Castell gitu, jaminan mutu, yekan.

Hihihi ternyata saya bisa menikmatinya
Ini hasil...ya not bad lah ya buat pemula eh pemalesan bin gak sabaran


Goldfaber 12 Classic Series ini mudah digunakan, pengaplikasian pada kertas juga gak butuh tenaga deh, diarsir sedikit, warna - warna cantiknya langsung kelihatan. Pigmen warnanya benar - benar kuat dan halus. Saya jadi ketagihan mewarnai, dan bener ya kata orang, mewarnai ini jadi rileksasi tersendiri bagi saya. Mmmm bisa jadi alternative me time untuk saya.

Hasil mewarnai karya mas Rizal, kece banget yaa

Foto by: Mbak Tanti

Terima kasih Faber Castell dan Emak Blogger untuk keseruannya hari itu. Bikin saya gak sabar ingin mewarnai lagi😍😍😍



5 comments

  1. Seruu ya sal, ntr maunya ada yg buat anak2 ya hehe

    ReplyDelete
  2. Iya.. Mewarnai bisa jadi sarana me tine kita juga lho..

    ReplyDelete
  3. Mewarnai memang seru ya mbak. Manfaat nya juga banyak. Bukan hanya untuk anak-anak saja. Untuk orang dewasa seperti kita juga sangat baik

    ReplyDelete
  4. Aku juga malesan kalau mewarnai saat sekolah. Ibuku yang mewarnai, hahah. Eh sekarang setelah punya anak malah demen mewarnai bareng anak. Ga takut jelek karena ga ada yang menilai.

    ReplyDelete
  5. waahhhhh pasti seru nih acaranya,,,

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall