expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

28 August 2018

Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment Program, Membangun Indonesia dari Timur

prudential indonesia

“Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau. Sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia”.




Ingat ya sepenggal lagu di atas. Bahwa Indonesia, negara yang kita cintai ini memiliki banyak pulau, dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur.



Sayangnya pemerataan pembangunan tidak terjadi di Indonesia timur. Selama puluhan tahun merdeka, apa yang dinikmati saudara - saudara kita di Indonesia timur sangat jauh tertinggal dibanding masyarakat Indonesia yang berada di sebelah barat.



Padahal wilayah Indonesia bagian timur ini memiliki sejumlah potensi alam yang tak kalah indah dibandingkan daerah di Indonesia lainnya. Siapa yang tak kenal Raja Ampat, yang tersohor keindahannya hingga ke mancanegara.



Sebenarnya apa sih yang membuat Indonesia bagian timur, khususnya Papua tertinggal dibandingkan daerah lainnya? Coba saja kita lihat, masih banyak lokasi pemukiman yang sulit dijangkau. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya transportasi yang sangat mahal, dan menjadikan pembangunan infrastruktur terhambat.




Di lain pihak, dengan terhambatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian timur, maka menjadikan faktor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan tidak berjalan sebagaimana mestinya.




Hal ini lah yang menjadi concern bagi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Dalam Community Investment, Prudential memperkenalkan program “Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program”, atau pemberdayaan Indonesia Timur.

prudential indonesia



Prudential Indonesia





Program ini diluncurkan sesuai dengan komitmen Prudential Indonesia untuk tidak hanya memberikan perlindungan jangka panjang bagi jutaan keluarga di Indonesia, namun juga memberikan kontribusi berkelanjutan pada masyarakat sekitarnya.



Dalam sambutannya di acara peluncuran program tersebut, Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, menjelaskan bahwa kegiatan tanggung jawab sosial Prudential Indonesia ini telah berjalan selama belasan tahun, baik itu kerja sama dengan pemerintah, regulator, organisasi nirlaba maupun pemangku kepentingan lainnya.

prudential indonesia



Ini terbukti melalui Community Investment Prudential Indonesia yang merupakan salah satu fokus utama Prudential Indonesia untuk mendukung masa depan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik, melalui berbagai program di bidang pendidikan, kesehatan, keselamatan dan wirausaha. Pak Jens bilang jika bidang - bidang tersebut mewakili tantangan yang sejalan dengan bidang usaha Prudential Indonesia. Beliau juga yakin dan percaya bahwa hal tersebut membawa dampak yang nyata bagi kebaikan bersama.



Hal senada juga disampaikan oleh ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Communications & Sharia Director, Prudential Indonesia. Beliau mengatakan bahwa selama bertahun - tahun, Prudential Indonesia telah melaksanakan berbagai program yang berdampak nyata bagi beragam komunitas, seperti membantu anak - anak melawan kanker, memberikan pelatihan literasi keuangan bagi wanita dan anak - anak. Hingga berkontribusi memberikan bantuan bencana alam.


prudential indonesia



Ada 3 pilar yang dijalankan bersama CSR Prudential, yaitu Edukasi, Filantropi dan Kesehatan. Di program East Indonesia Empowerment, berfokus kepada kewirausahaan.



Sejak 2003 lalu, Prudential Indonesia telah membantu biaya pengobatan bagi lebih dari 1.400 anak yang terkena kanker, dan turut menyumbangkan tujuh mesin Aphresis ke beberapa rumah sakit pemerintah di sejumlah kota , yang membantu dalam perawatan kanker.



Untuk bidang edukasi, di 2009 lalu Prudential Indonesia telah mengadakan pelatihan literasi keuangan, bekerja sama dengan beberapa kementerian yang sudah menjangkau lebih dari 25.000 perempuan di 21 kota.



Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program ini disambut baik oleh bapak Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri Menteri PPN / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Beliau berharap dengan adanya program ini, Papua dapat sejajar dengan daerah lainnya sehingga pemberdayaan masyarakat Papua terus dilakukan. Salah satu caranya melalui pengembangan komunitas unggulan pada pertanian dan perkebunan. Seperti pengembangan buah pala, buah merah, vanilla, padi, sagu, ubi jalar, kopi, dan kakao. Tidak ketinggalan sektor perikanan dan pariwisata.


prudential Indonesia

prudential indonesia


Prudential Indonesia
 
Community Investment Prudential Indonesia, bapak Rinaldi Mudahar mengatakan bahwa kemitraan strategis dengan tujuan yang sama sangat penting dalam memaksimalkan program - program yang berdampak sosial. Prudential Indonesia sangat senang kali ini dapat bermitra kembali dengan Prestasi Junior Indonesia, untuk turut serta terlibat dalam program East Indonesia Empowerment.


Di akhir tahun 2017 lalu, Prudential Indonesia telah menanamkan benih program tanggung jawab sosial di Indonesia timur dengan kegiatan “Child - Friendly School, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak di Kabupaten Jayapura, Papua. Di sana, Prudential Indonesia telah membangun sebuah perpustakaan di SD Kombes Inpres serta merenovasi SD YPK Ifar Babrongko. Selain itu Prudential Indonesia juga melakukan pelatihan literasi keuangan kepada 27 guru dan 8 sekolah dasar di seluruh Jayapura.



Saya berharap, dengan adanya Program Pemberdayaan Indonesia Timur, dapat memperluas jangkauan wilayah/geografis di Indonesia Timur dalam membangun masyarakat yang lebih mandiri dan berdaya.




Sehingga pemerataan pembangunan benar - benar dialami dan dinikmati oleh Orang Asli Papua ( OAP) dan masyarakat Indonesia khususnya.





#PRUCommunityInvesment


#EastIndonesiaEmpowerment

1 comment

  1. Papua selama ini kayak anak tiri. Semoga dengan bantuan CSR dari Prudential ini mampu menyejahterakan warganya

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall