27 November 2016

Prajawangsa City; Apartement Pertama Dengan Go Green Concept di Jakarta Timur






Saya menempati rumah ini sejak tahun 1982, setelah pindah dari Banda Aceh setahun sebelumnya. Sewaktu pindah ke sini, daerah ini sepi dan belum dilewati angkutan umum. Waktu itu angkutan umum hanya sampai Cijantung saja. Padahal jarak dari Cijantung ke rumah sekitar 1 – 3 km.  Daerah yang dulu sepi, dibilang orang tempat jin buang anak berangsur – angsur mulai padat penduduknya. Satu demi satu, daerah sekitar rumah saya mulai dipenuhi pendatang yang memilih tinggal di sekitaran rumah. 

Kalau dulu orang lebih suka tinggal di rumah dengan kamar yang cukup untuk semua anggota keluarga, atau rumah dengan halaman pekarangan yang luas, di masa yang akan datang orang akan lebih memilih tinggal di apartement atau rumah mungil. Mengapa? Karena harga tanah dan rumah alias properti selalu naik setiap tahunnya. Dan naiknya pun gila – gilaan, apalagi jika tanah/rumah tersebut berada di tempat yang strategis dan dilalui berbagai akses kendaraan. Makin mahal deh pastinya.

Sabtu 19 November 2016 lalu, saya dan teman – teman dari Blogger Perempuan diundang untuk menghadiri talkshow “Ngobrol Cantik Eco & Compact Living-Prajawangsacity”, yang menghadirkan Rabani Kusuma Putra dari Nimara Architects,  dan Bayu  Fristanty dan Rapi-Rapi Professional Organizer. Acaranya berlangsung di kantor marketing Prajawangsa City yang terletak di jl. pedati, tak jauh dari rumah saya. Beda kecamatan kan beda tipis kakak... Wow saya suprise banget begitu tahu nantinya akan dibangun suatu pemukiman yang berkonsep green living disertai dengan Mall yang megah. Pastinya hal ini akan membuat roda perekonomian di sekitar Cijantung lebih menggeliat lagi. Selain itu tentunya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.

MC Kece Kak Putri KPM - Mas Iron - Mba Bayu

Dalam kesempatan tersebut, Mas Rabani Kusuma Putra atau yang akrab dipanggil Iron, menjelaskan apa itu konsep Eco/Green desain. Yaitu suatu gerakan berkelanjutan yang mencita- citakan terciptanya perancangan, pelaksanaan, dan pemakaian material yang ramah lingkungan serta penggunaan energi dan sumber daya yang efektif dan efisien. Menurut mas Iron, ada 6 aspek cara untuk hidup green living ;
1.     Energi
Hunian haruslah  menggunakan peralatan – peralatan yang hemat energi.
2.     Tanah
Hunian juga harus memiliki taman bermain anak, ruang penghijauan yang dapat digunakan untuk bercocok tanam, area serapan, area relaksasi dengan perbandingan 70% : 30%.
3.     Air
Hunian memiliki zero water run off, grass block. Memiliki bak penampungan air hujan yang dapat digunakan kembali airnya untuk menyirami tanaman serta pengolahan limbah.
4.     Cahaya dan Udara Alami
Cahaya dan udara yang alami penting bagi kesehatan rumah. Untuk itu perlu banyaknya sirkulasi udara, cahaya yang mampu masuk ke dalam ruangan, dapat meminimalisasi energi listrik. Arah harap bangunan juga menentukan apakah hunian tersebut bisa mendapat asupan cahaya dan udara yang mumpuni atau tidak.
5.     Material
Dibutuhkan material yang konseptual, waterbase, ekologis, ringan, hemat energi, reuse – recycle- recycle.
6.     Smart desain
Yaitu lingkungan yang mendukung eco lving.


Lalu bagaimana hal ini dapat diterapkan pada hunian apartemen?
1.     Eco Material
·  Pengaturan layout furniture
· Material yang eco friendly (reusable, recyclabe, renewable)
·  Modern
2.     Smart Desain
·   Memaksimalkan fungsi ruang
·   Less material dan less energi
·   Contemporary
·    Art living
·   Space for interact


Hidup yang ringkas atau compact bisa mengakomodasi mobilitas tinggi kaum urban. “Karakter intim sebuah ruangan dapat mempengaruhi kualitas hidup. Oleh karena itu keintiman ruang perlu didukung dengan desain interior yang benar. Beberapa cara mewujudkannya adalah dengan  mengadopsi tipologi bangunan galeri yang dirancang secara modern dan fungsional sehingga dapat memberi  value yang lebih pada kehidupan. Serta pemilihan perabotan yang compact supaya meminimalisir penggunaan barang dan perbanyak space untuk sirkulasi” ujar mas Iron menutup sharingnya siang itu. 



Sharing berikutnya dari Bayu Fristanty yang akrab dipanggil mbak Bayu ini membahas bagaimana merapikan hunian kita. Sejak almarhumah nenek berpulang, rumah saya hanya dihuni saya sekeluarga plus adik. Kebayang ya bagaimana berantakannya rumah karena saya tidak memiliki asisten rumah tangga. Untuk mencari sebuah baju atau dokumen bisa menghabiskan waktu dan energi saya. Serius bikin sutriss.  Padahal  mbak Bayu bilang jika seseorang tidak well organize, biasanya hal ini akan merugikan orang tersebut baik berupa waktu, uang, kesehatan, dan bahkan bisa menimbulkan stress. Loh kok bisa ya? Less Clutter Less Stress, meminimalisasi kepunyaan dan penggunaan barang serta memperbanyak space untuk sirkulasi udara sehingga hidup pun bebas stress.

Kecenderungan seorang perempuan untuk memiliki banyak barang ternyata terdapat fakta bahwa; dari sejumlah pakaian yang dimiliki,hanya 20% yang terpakai. Selebihnya disimpan tidka tahu mau diapakan. Selain itu, perempuan juga senang membeli barang dalam jumlah yang banyak, (tas, sepatu,aksesoris) namun yang digunakan hanya beberapa saja. Mereka lebih senang menyimpan barang, terlebih jika barang itu memiliki sejarah/kenangan terhadap mantan masa lalunya. 


Sebelum memulai mengerjakan project dari seorang client untuk merapikan sebuah rumah,  biasanya mbak Bayu Fristanty ingin bertemu langsung dengan pemilik rumah. Hal ini bertujuan agar  pengetahuan  mengorganisir barang yang diberikan bisa terus di terapkan pemilik rumah atau apartement. Menurut mbak Bayu, terdapat 4 trik jitu dalam upaya merapikan hunian apartemen ataupun rumah kita.
·         Review  dan Acces:  pahami dulu prilaku, kebiasaan dan runitinitas Anda. Lalu pilih daerah/ruangan mana yang lebih dulu  menjadi prioritas.
·         Act Now! Group & Short;  bertindak sekarang. Sortir dan kelompokkan barang yang kita miliki sesuai fungsi dan kegunaannya masing – masing. Untuk barang yang digunakan setiap hari, letakkan di lemari bagian atas yang mudah diambil. Sedangkan barang yang jarang digunakan atau tergantung sikon, bungkus dengan rapi, beri nama dan letakkan di lemari bagian bawah.
·         Place it; Setiap barang yang kita miliki harus memiliki rumah/tempat penyimpanan.
·         Maintain; kunci untuk mengorganisasikannya adalah menciptakan  sebuah sistem pemeliharaan.

Jangan lupa untuk selalu meyiapkan kardus yang nantinya akan diisi barang – barang yang akan disimpan,dijual, atau digunakan untuk berdonasi, dan barang – barang yang sudah tak layak pakai hingga harus dibuang. 

Konsep Lurik di Prajawangsa City bikin adem


Hunian yang Eco Living

Prajawangsa City


Sebuah apartemen superblock terbaru di area Cijantung, Jakarta Timur, yang terdiri dari 8 tower dan 4000 unit. Dengan luas 7 hektar, Prajawangsa City  ini berada 1,8 km dari JORR TB Simatupang dan 3,5 km dari rencana pembangunan stasiun Light Rail Transit Kp. Rambutan, 3,8 km dari gerbang Tol Jagorawi dan akses langsung Bandara Halim Perdana Kusuma.


Prajawangsa City juga menghadirkan fasilitas lengkap dengan 2 konsep; Unique Thematic Park dan unique Amenities. Unique Thematic Park terdiri dari area; Spice garden,  Herbal Garden, Tropical Garden,   Area Barbeque, 1 KM Jogging Track, Kids Pool, Thematic Poll , dan  Fountain Plaza. Sedangkan Unique Amenities meliputi Restoran, Coffe Shop, Fitness Center, Sauna, Acces Control, ATM Center, System keamanan 24 Jam, juga lengkap dengan pusat perbelanjaan terbesar dan modern. Selain itu, Prajawangsa City memiliki keunikan tersendiri, yaitu akan dibangun 50 % area hijau sebagai taman dan tempat bermain anak-anak. 




Contoh hunian 2 kamar tidur



Untuk info lebih lanjut sila hubungi :

Prajawangsa City Marketing Office
Jl. Pedati Selatan No. 8
Jakarta Timur 13770

Telp. 021 2287 8800
WA : 085890412350























3 comments

  1. Sekarang lagi ngetren perumahan atau model-model go green ya mak. Tapi memang harus disesuaikan dengan kondisi cuaca saat ini sih, puanasnya poooollll hehehe

    ReplyDelete
  2. Memang sudah waktunya kita melestarikan lingkungan. Bersih dan hijau tentu sangat menyegarkan.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  3. Semangat jaga alam, yuk yuk yuk!

    salam
    gabrilla

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall