expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

02 May 2016

Ayo Indonesia TANGKAL Kolesterol Tinggi





Kolesterol untuk sebagian orang merupakan momok yang cukup mengerikan. Mengapa? Karena sebenarnya kolesterol diperlukan oleh tubuh. Namun jika berlebihan malah membahayakan tubuh. Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.*sumber https://artikesehatan.wordpress.com/kolestrol/

Kolestrol bisa dibuat secara alami oleh tubuh, lainnya di dapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Sedangkan makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol. Sayangnya, kolestrol ternyata tidak mudah larut di dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolestrol dibedakan menjadi Low-Density Lipoprotein (LDL) yang biasa disebut kolesterol jahat, dan High-Density Lipoprotein (HDL) atau disebut juga kolesterol baik. Kolestrol normal seharusnya di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri atau dalam istilah medis disebut atherosclerosis, dan berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke. 


Sabtu 30 April 2016 saya dan beberapa teman blogger diundang mengikuti acara Indonesia TANGKAL Kolesterol bersama Nutrive Benecol, bertempat di Foundry 8, SCBD, Jakarta. Peserta yang hadir ramai sekali, dan rata – rata sudah berusia lanjut. Setelah registrasi, saya dan teman – teman diperbolehkan untuk cek kolesterol. Awalnya sih saya yakin banget kalau hasil cek kolesterol saya pasti tidak sampai 200mg/dl. Tapi ternyata sodara -sodara....hasil test saya menunjukkan berada diangka 217mg/dl. Uwoo uwooo berarti sudah dalam tahap mulai mengkhawatirkan yaa. Ternyata menurut dr. Vito Damay, salah satu narasumber yang hadir dalam acara tersebut, usia tidak menjamin kolesterol kita tinggi/tidak. Pola makan, aktifitas, kurang olahraga dan stress justru merupakan faktor pemicu dari naiknya angka kolesterol kita dalam darah.




Antusias peserta




Hasil cek kolesterol saya...duh gawat nih!


Sebelum sesi dr. Vito Damay, ada dr. Penihedi P dalam live smart cooking show yang mengajarkan kita menyiapkan hidangan sehat bagi keluarga. Menurut dr. Peni, sebaiknya makanan yang kita makan sehari – hari merupakan makanan yang dimasak di rumah agar kesehatan dan kebersihannya terjamin. Memasak makanan bukan sekedar hanya melulu menggunakan minyak yang banyak, namun kita juga bisa melakukannya dengan cara mengukus untuk menjaga agar makanan tersebut nutrisinya tidak rusak. dr. Peni membagikan tips dan trik memasak menggunakan santan, dimana biasanya para ibu memasukkan santan ke dalam panci sejak awal memasak. Hal ini tidak benar, Justru membuat masakan kita kehilangan nutrisi yang dibutuhkan, tetapi malah membuat lemak jenuhnya bertambah banyak. Lalu seperti apa pengolahan santan yang benar?. Sebaiknya santan dimasukkan diakhir masakan hampir matang sehingga ketika disantap, kita pun mendapatkan nutrisinya. “Makanan yang enak adalah makanan yang memberikan rasa alami” ujar dr. Peni disela -sela cooking demonya. Iya, sembari menjelaskan, dr. Peni meyiapkan 3 buah hidangan yang mudah dan sederhana namun kaya nutrisi bagi tubuh kita.

dr. Peni bersiap untuk menu pertama


Sambil menunggu masakan yang dibuat dr. Peni matang, para peserta diajak berolahraga bersama oleh Chatalia Olivianty. Mbak Oliv begitu ia disapa, mengajak semua yang hadir untuk ikut senam B-Fit. Senam B-Fit adalah senam yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, mudah dan murah. Iya murah soalnya alat bantunya hanya sebuah kursi. Menurut mbak Oliv, senam B-Fit ini cocok untuk orang yang memiliki aktifitas yang padat, dan tidak sempat berolah raga. Senam B-Fit berdurasi 10 – 15 menit, dilakukan 3 - 5 kali dalam seminggu ternyata bisa mengendalikan kolesterol. Walaupun dilakukan menggunakan alat bantu sebuah kursi, tapi senam B-Fit ini sukses membuat peserta yang hadir banjir keringat hihihihi.....
Mbak Oliv mengajak yang hadir senam B-Fit bersama




Senamnya beneran menguras keringat loh...

Dan talkshow terakhir dibawakan oleh dr. Vito Dumay, yang menjelaskan mengenai penyakit jantung. “Rasa berdebar, sakit di dada bahkan sesak nafas yang timbul mendadak , bisa saja merupakan ciri – ciri gejala sakit jantung. Yang namanya serangan, gak mungkin donk pakai permisi” ujar dr. Vito Dumay. Seringkali kita mendengar bahwa penyakit kangker menjadi hal yang ditakutkan bagi wanita. Padahal faktanya jumlah wanita yang terkena kanker lebih banyak yang meninggal karena serangan jantung. Selain itu obesitas atau kegemukan bisa juga menyebabkan kolesterol, diabetes dan jantung koroner. 

dr. Vito Dumay dari Klik Dokter

Lalu apa yang harus saya lakukan jika kolesterol sudah diambang batas normal? dr.Vito menyarankan sebaiknya kita rajin memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Selain itu ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan kolesterol kita, antara lain:

  1. Olahraga secara teratur 3-5 kali seminggu dengan durasi kurang lebih 30 - 5 0menit.
  2. Terapkan pola makan yang sehat, hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
  3. Lakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala, dan konsultasikan dengan dokter.
  4. Konsumsi Nutrive Benecol 2 botol setiap hari segera setelah makan utama (lebih baik dikomsunsi segara setelah makan)/
  5. Untuk kolesterol tinggi, konsumsi lebih dari 2 botol Nutrive Benecol sehari agar dapat menurunkan kolesterol jahat lebih cepat.













Nutrive Benecol sebuah produk yang telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7 – 10% dalam 2 – 3 minggu pemakaian. Nutrive Benecol merupakan 1 dari 10 penemuan terbaik dibidang nutrisi dalam 30 tahun terakhir ini, juga terbukti aman dikonsumsi karena berasal dari bahan alami (Plant Stanol Ester) dan sudah mendapat status GRAS (Generally Recognized as Safe) dari United State FDA (USFDA). Bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi maupun kadar kolesterol normal tetapi ingin melakukan penecegahan, dapat mengkonsumsi Nutrive Benecol yang tersedia dalam 4 varian rasa untuk smoothie dan 2 varian rasa untuk cereal.






Hasil masakan dr.Peni.... yummy

Pada dasarnya Plant Stanol Ester terdapat pada sayur dan buah-buahan yang kita konsumsi. Namun kandungannya amat sedikit dibanding kebutuhan tubuh kita untuk menurunkan kolesterol. Sebagai perbandingan, 2 botol Nutrive Benecol mengandung 3,4gr Plant Stanol Ester setara dengan 6 mangkok oat (16 gr beta glucan), atau setara dengan 30 buah apel/pisang (10 – 30 soluble fiber). Wah riweh ya...lebih praktis cukup dengan mengkonsumsi 2 botol Nutrive Benecol. Oiya, bagi penderita Diabetes tidak perlu khawatir, Nutrive Benecol ini aman dikonsumsi karena memiliki low GI (GI=52). Tunggu apalagi, yuk sekarang kita TANGKAL Kolesterol.



T Teratur Periksa Kolesterol
A Awasi asupan dan pola makan
N Nikmati hidup tanpa merokok 
dan minuman berakhohol
G Giat berolahraga gerakan senam B-Fit
K Kendalikan berat badan dan hindari stress
A Awasi tekanan darah anda
L Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari
































No comments

Post a Comment

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall