05 November 2018

Mari #AntarkanKebaikan Bersama Paxel


paxel



πŸ‘Έ : "Mbak Sally masih di lokasi gak?
πŸ‘© :  Masih. Kenapa mbak?
πŸ‘Έ :  Suamiku ketinggalan kotak t*******e di bagian informasi pas pulang. Boleh gak titip tolong ambilin.
πŸ‘© : Oh bisa. Nanti ya pas aku pulang, aku tanyain.
πŸ‘Έ : Wah makasih banyak ya mbak. Minta tolong dikirim aja pake kurir, biar suamiku yang bayar.
πŸ‘© : Oh gak usah. Nanti aku kirim pake Paxel aja. Minta alamat kantor, nama dan no telp ya.
πŸ‘Έ : Paxel tuh apa mbak? Bayarnya gimana?
πŸ‘© : Gak usah bayar ah, aku masih punya saldo kok. 
πŸ‘Έ : Ya Allah, makasih banyak ya mbak"



Demikian sekelumit percakapan minggu sore kemarin, saat saya dan keluarga menghabiskan waktu seharian di sebuah wahana air. Pesan itu meminta saya untuk mengambilkan barang dan mengirimnya ke alamat tujuan. Si pemilik barang bersikukuh untuk mengganti biaya pengiriman. Saya juga kekeuh untuk tidak menerima biaya pengiriman. Wong ada Paxel, sesekali gpp donk saya yang #AntarkanKebaikan untuk orang lain.


Paxel. Hayo teman - teman ada yang sudah tahu paxel ini apa? πŸ™ˆ saya pun awalnya gak kenal, kalau gak dikasi tahu seorang teman. Paxel adalah perusahaan start-up berbasis aplikasi yang mengusung layanan sameday delivery dengan tarif flat.


Siapa di sini yang suka belanja online? Kendalanya apa? Beberapa akan menjawab soal prilaku penjual, lainnya menjawab soal pengiriman. Ya kan kalau prilaku penjual, silakan cari seller yang berkualitas, bintang 5 deh istilahnya. Tapi kalau urusan jasa pengiriman, naini, susah kaya cari jodoh.


Banyak teman - teman saya di kantor lama, memilih resign dan membuka usaha bakul kue. Dari awal buka usaha, hingga kini, yang jadi kendala adalah pengiriman ke pelanggan. Jika produk yang dikirim tahan lama sih gak jadi masalah. Gimana kalau makanan atau camilan yang mudah basi, gampang rusak dan berwujud cair.


Beberapa tahun ini memang ada Ekspedisi yang bisa tiba di hari yang sama, sameday, tapi terbentur tarif. Masa ngirim Risol Raya Depok - Jakarta, tarifnya bisa dua kali harga risolnya. Du du du, padahal Risol Raya itu favorit kami sekeluarga. Bisa sih pakai jasa pengiriman yang tarifnya flat, tapi diantarnya gak pasti. Pernah kejadian soalnya, kami sekeluarga gak ada, eh paketnya digantungin aja di depan pagar. Ya basah kena air hujan πŸ˜₯πŸ˜πŸ™πŸ˜•.


Atau ada juga jasa pengiriman reguler, cuma ya harus datang ke booth/cabang/gerai nya dulu, males ya...apalagi kalau gak ada waktu. Lagian Ekspedisi reguler belum tentu bisa mengirim Frozen Food. Takutnya kemasan terbuka malah makin rusak makanannya.


Kebetulan banget teman saya memberitahu mengenai Paxel, Jasa Pengiriman Sameday dengan tarif flat. Penasaran, saya unduh donk aplikasinya di playstore lalu masukkan kode referral yang teman saya berikan.  Dan... beneran, saya dapat voucher Rp 100 ribu πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ yeaaay.


Cara menggunakan Paxel  menurut saya cukup mudah. Pertama-tama unduh aplikasi di smartphone, masukkan kode referral. Jika ada paket yang akan dikirim, buat pengiriman yang terletak di bagian bawah layar smartphone untuk kirim paket.

paxel


Lalu tentukan lokasi pick up (pengambilan paket) dan delivery (lokasi tujuan paket). Hingga saat ini, pengiriman seantero Jabodetabek, maksimal 8 jam di hari yang sama. Karena kemarin teman saya berpesan untuk kirim paket ke alamat pak suami, saya pun segera menuliskan alamat yang dimaksud.


Rumah saya di sekitaran Ciracas, Jakarta Timur, sedangkan kantor suami teman saya di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Jadi, setelah masukkan  data yang diminta, jangan lupa masukkan alamat dengan jelas ya, cantumkan juga nama penerima, dan nomor telpon yang bisa dihubungi agar kirim paket tiba dengan selamat.


paxel

Setelahnya pilih ukuran paket yang akan kita kirim. Karena paket yang saya kirimkan tidak terpacking dengan sempurna, dan gak yakin dengan berat yang ada, saya pun memilih paket ukuran kecil,small size, 20x11x17, seharga Rp 18 rupiah.


Langkah selanjutnya, Paxel menanyakan barang apa yang saya kirim? Di situ ada beberapa pilihan, mulai dari fashion, hobbies, book, household, toys dan lain sebagainya. Saya memilih household.

paxel

Di halaman selanjutnya Paxel menampilkan data - data yang tadi sudah kita masukkan. Data diri si pengirim, data penerima, barang yang dikirim, alamat email, nomor telpon dan lainnya. Untuk waktu pengiriman, kita bisa menentukannya sendiri. Ini kelebihannya Paxel. Kita bisa dengan mudah menentukan kapan paket dikirim dan diterima. Karena pagi itu saya harus bolak balik ke Puskesmas, saya memilih pukul 08.45 WIB untuk mengirim paket. Di aplikasi, Paxel memberikan estimasi waktu, paling lambat pukul 10.00 WIB paket saya akan diambil. Tepat pukul 9.35 WIB, paket saya dijemput kurir untuk selanjutnya delivery ke penerima.



Oiya, karena packing yang acak adulπŸ™ˆπŸ˜‚ saya pun sempat bertanya ke mas Rusli, Happiness Hero Paxel saya hari itu, apakah paket sudah sesuai ukurannya. Menurut mas Rusli, paket saya termasuk yang ukuran medium, 27x21x12cm dengan harga Rp 21 ribu.Wes, gpp mas, yang penting paketnya sampai dengan selamat. Sebelum pergi, mas Rusli minta ijin untuk mengambil foto saya dan meminta tanda tangan digital di smartphone.


Kiriman saya diprediksi tiba di Kawasan Mega Kuningan, paling lambat pukul 16.00 WIB. Tapi sesuai aplikasi, paket mendarat pukul 15.00 WIB dengan selamatπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ‘πŸ‘πŸ‘, mantap kan. Tak lama teman saya pun mengirimkan sms, bahwa paket sudah tiba dengan selamat di kantor suaminya. Alhamdulillah senangnya.....


paxel

Blogger Gathering @Paxel HQ

Gimana?seru kan menggunakan jasa pengiriman Paxel. Gak perlu keluar rumah/kena macet/repot cari parkir, di Paxel , Happiness Hero Paxel yang bakal nyamperin untuk jemput paket. Kita mah cukup leyeh-leyeh manja aja di rumahπŸ˜‚πŸ˜πŸ˜ .


Kamis 1 November 2018 lalu, bertempat di Paxel HQ Jatinegara, Paxel mengundang sejumlah blogger untuk memperkenalkan secara resmi apa itu Paxel. Dalam kesempatan itu, hadir bapak Djohari Zein, Co Founder Paxel, yang menceritakan kisah spiritualnya dan bagaimana lika liku berdirinya Paxel. Beliau ingin mengantarkan kebaikan bagi sesama.

Paxel
Ada yang hepi dapat kiriman dari Paxel


Bapak Djohari sendiri merupakan pendiri jasa pengiriman PT Tiki Jalur Nugraha Ekakuti ( JNE). Beliau yakin dengan hadirnya Paxel di dalam bisnis usaha jasa pengiriman menawarkan sesuatu yang baru. Jasa pengiriman yang dapat melakukan pengiriman sameday (hari yang sama), dengan tarif datar untuk ke jabodetabek.


Hasil survey menyebutkan 45% konsumen lebih memilih harga  murah dan flat untuk jasa pengiriman. Sedangkan lainnya memilih ketepatan waktu pengiriman dan status yang dapat dipantau, dan mereka yang mencari jasa pengiriman instan dan cepat.


Mengirim paket menggunakan Paxel, ada beberapa keunggulan antara lain;

  1. Pengiriman tiba di hari yang sama (Sameday service) untuk wilayah Jabodetabek, maksimal 8 jam, paket akan tiba. Sedangkan jika luar jabodetabek, paket akan tiba di hari yang sama.
  2.  Cukjup lewat jari, happiness hero akan menjemput paket ke rumah, jadi gak perlu ke kantor paxel.
  3. Harga bersaing, tarif flat. Biaya pengiriman tidak dibebankan dalam kilogram, melainkan ada 3 ukuran paket. Small (20x11x7cm) , Medium (27x21x12cm) dan Large (25x30x30). Biaya kirim sesuai dengan ukuran paket, small  Rp18ribu, Medium Rp21 ribu, Large Rp25 ribu.
  4. Waktu pengiriman bisa diatur sesuai kebutuhan.
  5. Paxel melayani Jabodetabek, Bandung, dan Semarang. Rencananya di 2019 nanti Paxel akan hadir di 20 kota lainnya
  6. Ada empat model jasa pengiriman yang akan pada Paxel. Door to door, Door to Locked, Locked to Home, dan Locked to Locked. Hingga hari ini baru ada jasa pengiriman delivery door to door, yang dijemput ke rumah saya. 
  7. Status pengiriman dapat kita cek dari smartphone masing-masing secara real time melalui aplikasi, jadi bebas kertas resi deh...


paxel

Dengan layanan yang kece ini, bisa dipastikan pesan risol raya dalam bentuk frozen food bisa. Frozen food tetap awet sampai ke tangan pembeli. Hal ini diakui DidiyDepok, online shop yang menjual minuman kekinian dan frozen food menggunakan Paxel.


Tapi, perlu dicatat ya, gak semua barang bisa dikirim oleh Paxel ya. Seperti bumbu yang berbau, semua jenis narkotika, senjata tajam, pornografi, bahkan ice cream dan kue ulang tahun pun termasuk salah satu dalam barang yang tidak bisa dikirim menggunakan Paxel. Dikhawatirkan mudah rusak dan basi dalam pengiriman.


Saat penuturan pak Djohari, hadir juga kak @justsilly atau Valencia Mieke Randa, Founder Rumah Harapan Indonesia. Perempuan hebat ini menceritakan bagaimana Paxel membantu ia dalam pengiriman bantuan ke kawasan bencana. Tak perlu bingung, semua bantuan logistik yang nyaris 400kg itu dibawa Paxel menuju Palu. Benar - benar #AntarkanKebaikan ya...

paxel
narasumber, bapak Djohari dan kak @justsilly


Hadir dalam acara ini, membuka mata saya bahwa sebanyak apapun kita berbagi dan mengantarkan kebaikan, rejeki tak akan pernah putus. Demikian penjelasan pak Djauhari yang nyantol di hati.


Semoga ke depannya Paxel hadir dilebih banyak kota di Indonesia. Tetap hadir dengan tarif flat dan paket yang tiba sameday di hari yang sama. Sukses untuk Paxel.


Btw teman - teman sudah coba unduh Paxel? Mau dapetin voucher Rp100 ribu? Pake kode sallyfauzi ya😘😎😍


















10 comments

  1. wah pilihan ekspedisi makin banyak ya
    kita tinggal memilih yang dibutuhkan
    tapi paxel ini kayaknya menawarkan banyak kemudahan
    sayang di surabaya belum ada nih

    ReplyDelete
  2. Aku masih ada nih saldonya dan belum ada rencana mau kirim kemana. Keep aja dulu ya, suatu saat pasti butuh. Pertama kali gunain Paxel memang langsung terasa manfaat sameday-nya.

    ReplyDelete
  3. Paxel ini filosofinya keren bgt ya Mbak. Semoga segera masuk Surabaya

    Aamiiinn

    ReplyDelete
  4. Keren mabk Sally, iya ya, kalau ada barang atau dokumen ketinggalan bisa dikirim cepat tapi biaya murah.
    Aku jg masih punya saldonya nih :D
    Moga Paxel ini makun luas ya mbak jangkauannya :D

    ReplyDelete
  5. Suka sama tagline-nya paxel antarkan kebaikan. Smoga semangat kebaikan paxel mengalir terus ke banyak org ya sal

    ReplyDelete
  6. Ah mau merasakan layanan Paxel ini juga , tapi di Palembang masih belum ada nih

    ReplyDelete
  7. Baca ttg Paxel ini mupeng juga ada di Makassar. Kapan yaaa

    ReplyDelete
  8. Menunggu 20 Kota yang akan merasakan layanan Paxel di tahun 2019, semoga Makassar salah satu di antaranya

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu tentang paxel ini. Tpi ini apakah hanyak untuk jabodetabek kak? Kyaknya kalo untuk ke Bengkulu belum ada yaa?

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tau tentang paxel. Cocok nih berkolaborasi dengan bisnis online saya yang pasarnya di Jabodetabek dan Bandung. Thanks for sharing mba..

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall