21 January 2019

Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok Tengah




Senja di Pantai Kuta, Lombok



Hai - hai, mumpung masih Januari, masih afdol donk update beberapa cerita perjalanan saya di minggu lalu.

Setelah melihat postingan seorang teman yang jalan - jalan bersama suami tercinta ke Lombok, saya sempat berdoa dalam hati, semoga satu hari nanti saya berkesempatan ke bumi seribu mesjid itu.

Doa saya gak pakai lama dikabulkan Allah, saya mendapat kesempatan menjelajah Lombok bagian Tengah. Kabupaten Lombok Tengah merupakan Daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat, beribu kota Praya, dan memiliki bandar udara Internasional. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.208,39km2 dengan populasi sebanyak 898.855 jiwa(2014).


Hanya memakan waktu 1jam50menit penerbangan Jakarta - Lombok, begitu tiba di Praya, saya bergegas menuju kantor dinas pariwisata setempat. Modal nekad dan sok akrab ceritanya, tapi  banyak informasi yang saya dapatkan, tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi di Lombok Tengah.


Sayangnya saya datang di bulan Januari, kalau saja datang bulan depan, saya pasti bisa melihat secara langsung upacara Bau Nyale, mencari cacing laut jelmaan Putri Mandalika. Inilah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok Tengah ;

  • Pantai Kuta Mandalika 
Termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus, pantai ini terletak di pantai selatan Lombok. Terkebal karena lokasinya yang cocok bagi pecinta surfing, Pantai Kuta Mandalika juga memiliki pasir putih yang halus dan bentuknya menyerupai biji merica. Letak pantai dekat dengan jalan raya dan hotel tempat menginap. Di sekitaran pantai tak susah mencari tempat makan atau cafe untuk menikmati secangkir minuman seraya menikmati sunset. 


 


  • Tanjung Aan
Yang saya suka dengan Tanjung Aan ini, selain pasirnya yang bersih menghapar di sepanjang garis pantai, airnya pun biru dan jernih. Ombak sesekali menghampiri namun tidak besar, cocok untuk berenang atau bermain voli pantai. Oiya di sini disediakan dua buah ayunan seperti di feed instagram loh, tidak ketinggalan juga kursi berpayung, es kelapa muda dan angin sepoi - sepoi.



Siapa yang tak tergoda foto2 di sini?

  • Pantai Mawun
Diapit oleh dua bukit di sisi timur dan barat, garis pantai berbentuk seperti tapal kuda, dengan pasir putih dan ombak yang relatif tenang.  Jika menaiki bukit, kita bisa melihat cakrawala samudera Hindia , jajaran perbukitan, dan garis pantai yang indah.


  • Pantai Seger
Terletak antara Pantai Kuta dan Tanjung Aan, sayangnya saat saya ke sana, pantai ini sudah tertutup, siap dibangun oleh investor.



  • Air Terjun Benang Kelambu
Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, mengalir melalui rongga - rongga tebing seperti muncul dari rimbunnya tanaman sehingga menyerupai tirai atau kelambu. Selain itu wisatawan yang datang juga dapat menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan damai sambil bermain air.


  • Desa Sade
Desa ini berada di pinggir jalan menuju Pantai Kuta Mandalika. Desa Sade adalah bentuk desa  tradisional Suku Sasak di Lombok Tengah yang masih memegang teguh  adat istiadatnya hingga kini. Di sini, masyarakat suku Sasak masih mempertahankan keaslian bangunan tempat mereka tinggal. Rumah yang ada didirikan menggunakan ijuk untuk atapnya, bilik bambu sebagai tembok rumah, dan beralaskan tanah. Rumah didirikan menggunakan paku, tanah lihat, sekam dan kotoran sapi, sebagai perekatnya.
Selain itu di desa Sade kita juga bisa melihat secara langsung proses menenun, atraksi budaya seperti peresan, gendang beleg dan lainnya.
pintu masuk ke Desa Sade

Aneka kain tenun dan songket



Dari beberapa tempat di atas, semuanya indah dan menakjubkan. Ingin rasanya kembali ke sana bulan depan untuk melihat secara langsung upacara Bau Nyale di Pantai Kuta Mandalika. Kalau teman - teman bagaimana, apa tempat wisata favorit kalian? Share di kolom komentar ya...




20 comments

  1. Wah keren banget tempatnya

    ReplyDelete
  2. Wah serunya, aku jadi ingin liburan juga wkwk

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. Thank you for sharing

    ReplyDelete
  5. Tempat wisatanya keren, jadi kepengen kesana.. :)

    ReplyDelete
  6. mantaaab mba itu Tanjung Aan beneran deh! Pengen!

    ReplyDelete
  7. Lombok.. belonan pernah mba aku ke sana. Norak ya? hahahha padahal mah pengennya kebangetan, semoga ada rejeki dan dikasih sehat serta usia sama Allah ya. aamiin

    ReplyDelete
  8. Pantainya baguuuussss banget!
    Makanan di Lombok juga endeus markindes ya mbaaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  9. Lombok masyaAllah pantai dan kain2 cantiknya juara banget deh. Btw, istilah bumi seribu masjid itu krn banyak disana banyak banget masjid ya mba?

    ReplyDelete
  10. Aish Tanjung Aan nya bikin mupeng ih liatnya kak. Pas deh kursi berpayung, es kelapa muda dan angin sepoi - sepoi. Huahahaha

    ReplyDelete
  11. Wah ngiler nih, pengen kesana. Udah lama nggak traveling

    ReplyDelete
  12. Dari oantai ke pantai kalau ke sana, ya. Itu kainnya canti semua warnanya

    ReplyDelete
  13. Indah banget pemandangan nya. Mupeng pengen kesana. Nabung dulu ah biar bisa ke lombok.

    ReplyDelete
  14. Pucuk dicinta ulam tiba, saat kita butuh Allah mengabulkannya. Alhamdulillah ya
    Semoga someday aku juga bisa jalan2 ke Lombok..

    ReplyDelete
  15. Aku sungguh gemas liat kain tenun di Desa Sade itu. *mata berbinar

    ReplyDelete
  16. Duh mupeng sama pantainya.. lombok pantainya indah yaaaaa... makanannya gimana kak enak gak

    ReplyDelete
  17. Aku juga mau berdoa semoga bisa berkunjung ke Lombok. Kangen pantai.

    ReplyDelete
  18. nanti kalau ada waktu saya juga ingin kesana bareng kluarga

    ReplyDelete
  19. wah, referensi bagus nih, mbak, buat pergi ke lombok next time

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall