08 April 2019

Rangkaian Keseruan HUT BUMN Ke 21


HUT BUMN





Biasanya kalau merayakan ultah, teman-teman ngapain? Yang lazim sih traktir makan, ngadain pesta sukuran, pengajian atau malah staycation di hotel, sesuatu yang sedang trend saat ini.

Tapi Kementerian BUMN melakukan sesuatu yang berbeda. Di Usianya yang ke 21 tahun, Kementerian yang menaungi 145 BUMN ini mengadakan serangkaian acara sejak Maret lalu. Mulai dari Program Padat Karya Tunai, Pangan Murah, BUMN Goes To Campus, Mandiri Banyuwangi Half Marathon hingga Festival LinkAja yang berlangsung pada tanggal 7 April 2019 kemarin di GOR Delta, Sidoarjo.


Informasi ini saya peroleh ketika menyaksikan acara Ngobrol Seru HUT BUMN ke-21 yang berlangsung di acara Talkshow Paradigma, Usee TV. Hadir dalam acara tersebut Bapak Fajar Harry Sampurno, Deputi Kementerian BUMN, Bapak Yossi Istanto, Direktur Human Capital BTN, mas Rendy Herison, Digital Analist, serta Wendy Marc, Penyanyi sekaligus influncer yang juga millenials.


Pak Harry menceritakan bahwa di setiap tahunnya, BUMN selalu mengadakan acara saat ulang tahun yang jatuh pada tanggal 13 April. Namun kali ini, rangkaian kegiatan sudah berlangsung sejak bulan Maret. Yang istimewa, di rangkaian kegiatan ulang tahun ini adalah sinergi 35 perusahaan BUMN, seperti PT. Pupuk Indonesia, Bank Mandiri, dan lainnya.


Rangkaian Program HUT BUMN Ke 21 

Hal ini terlihat pada Program Padat Karya Tunai, yaitu kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang kurang mampu dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan melibatkan millenials. Kegiatan ini seperti memperindah desa, perbaikan sarana desa, pengecatan taman, penanaman pohon dan lainnya, yang berlangsung dari tanggal 9 - 23 Maret 2019 di 45 lokasi  seperti Ciamis, Depok, Jatinegara, Cikini, Tasikmalaya, dari Aceh hingga Papua.

Bersamaan dengan Program Padat Karya Tunai, dilakukan juga Program Pangan Murah dengan tujuan untuk membantu perekonomian masyarakat. Sesuai dengan tema acara ulang tahun BUMN kali ini  yaitu "One Nation One Vision One Family to Excellence", BUMN ingin memberikan kontribusi bagi Negeri, sudah menyiapkan satu juta paket Pangan Murah. Bahan pangan yang dijual meliputi beras, minyak goreng, gula, garam, dan sarden yang kesemuanya merupakan produk dari BUMN. Dijual perpaket Rp10 ribu saja. Terjangkau kan ya....


Beres Tanpa Cash dengan LinkAja

Masyarakat bisa mendapatkan paket tersebut dengan cara  membeli melalui aplikasi LinkAja. Wih emang bisa beli smebako segala pake aplikasi? Bisa donk. Pengunjung yang datang cukup mengunduh aplikasi LinkAja di smartphonenya, setelah itu mendapatkan kupon yang akan ditukarkan dengan paket sembako.


Dan sejak 22 Februari 2019 kemarin, masyarakat sudah bisa mempergunakan LinkAja, sebuah layanan pembayaran digital berbasis uang eletronik.  LinkAja sendiri adalah bentuk sinergi BUMN yang akan menghadirkan layanan transaksi digital ke depannya yang lebih baik, mudah dan lengkap. Biar semua masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaatnya. LinkAja dapat diunduh di Play Store dan Appstore. 


Teman - teman kenal donk dengan T-Cashnya Telkomsel? LinkAja adalah sinergi T-Cash dengan sejumlah pembayaran digital dari Himbara. Kedepannya juga, yang biasa menggunakan pembayaran digital dari Himbara EMoney (bank Mandiri), TBank (bank BRI) dan Uniqu (Bank BNI) selanjutnya secara bertahap akan dimigrasikan ke LinkAja. LinkAja juga bisa untuk  transaksi pembelian bensin di SPBU Pertamina, beli tiket Kereta Api dan bus Damri, langganan paket IndiHome dari Telkom, beli pulsanya Telkomsel, produk asuransi Jiwasraya, dan beli obat-obatan produksi Kimia Farma.




Pak Yossi sempat bercerita kalau ia kaget bin takjub saat acara yang berlangsung di Tebing Tinggi,  transaksi jual beli di pasar tradisional sudah menggunakan LinkAja, jadi gak hanya transaksi yang dilakukan via smartphone, di sejumlah toko dan pasar pun sudah bisa.


Dan di Festival LinkAja 7 April kemarin dihadiri oleh ibu Rini M. Soemarno, sejumlah Dirut dan pejabat berwenang BUMN, para karyawan dan keluarga BUMN, serta masyarakat setempat. Acara yang berlansung sejak pagi ini dimulai dengan jalan sehat, senam bersama, acara hiburan yang dimeriahkan oleh artis ibu kota serta kehadiran 70 booth kuliner dan UMKM yang ramai diserbu pengunjung. Oiya selama acara berlangsung, semua transaksi yang ada menggunakan LinkAja, cashless. 



Puncak acara ulang tahun ke 21 BUMN akan berlangsung pada tanggal 13 April di Jakarta. Rangkaian kegiatan HUT BUMN ini bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara karyawan BUMN, Millenials BUMN, keluarga besar BUMN dan masyarakat setempat. Acara HUT BUMN rutin digelar sejak 2016 , kali ini mengambil icon logo Badak, yang diartikan kuat, tangguh dan juga lincah.

Oiya dalam acara talkshow Paradigma, Usee TV, Pak Yossi juga memperkenalkan sejumlah program dan promo baru dari Bank BTN, salah satunya yaitu program kredit yang ditujukan bagi para millenials. Di acara yang sama, Mas Rendy juga sharing mengenai cara ampuh melawan hoax. Beliau berpesan sebaiknya selalu mencari kepastian berita atau informasi yang diterima, cek dulu kebenarannya. Jangan mudah percaya pada hoax yang beredar, dan pastikan kita pun tidak ikut serta penyebarannya.

Dibagian akhir acara talkshow ada Wendy Marc yang menceritakan keseruan acara Mandiri Banyuwangi Half Marathon yang ia ikuti bersama ribuan millenials dan masyarakat sekitar.


HUT BUMN

Harapan  saya kedepannya Kementerian BUMN selalu hadir untuk masyarakat, baik itu melalui pengembangan skala bisnis maupun aktivitas - aktivitas sosial, yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh negeri. Karena BUMN Hadir Untuk 
Negeri!

No comments

Post a Comment

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall