expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

26 November 2019

Sudah Amankah Sanitasimu?







Saat membangun sebuah rumah, apa yang biasanya ada dibenak kita? Biasanya kita lebih fokus keurusan desain, beli bahan bangunan, dan besaran dana yang dihabiskan. Tak jarang urusan sanitasi  alias urusan kebelakang menjadi hal yang terlupakan.



Padahal pengelolaan sanitasi terkait air limbah domestic juga sangat penting. Hal ini tentu saja melibatkan kualitas hidup masyarakat, bukan sekedar urusan buang hajat saja. Di tahun 2018, akses sanitasi ke toilet atau jamban mencapai 74,5%, termasuk 7% sanitasi aman didalamnya. Tetapi pencapaian ini gak diikuti dengan penurunan penyakit diare dan stunting. Kejadian diare di Indonesia masih berada di angka 7%, sedangkan stunting masih 30%, masih cukup tinggi ya. Tidak hanya penyakit diare dan stunting, pencemaran air tanah juga menjadi dampak dari sanitasi yang tidak aman.


Teman – teman sering tidak melihat sungai kotor di Jakarta? Atau bahkan hampir semua sungai di Jakarta kotor dan berbau? Jakarta, kota besar yang menyimpan semua cerita, ternyata juga memiliki sisi kelam berkaitan dengan sanitasi aman. Minimnya lahan untuk membuat septic tank, membuat banyak warga Jakarta yang membuang sisa pembuangannya ke sungai, kuburan dan tempat pembuangan sampah.  Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) masih sering dilakukan warga.



Diperkirakan ada sekitar 475 ribu jiwa atau 117 ribu Kepala Keluarga yang tidak memiliki septic tank. Tidak heran jika kemudian Pemprov DKI berniat untuk membantu membuatkan sistem pengelolaan air limbah domestik yang bersifat komunal.



Tapi, tunggu dulu. Gak semua warga Jakarta yang tinggal di bantaran kali yang tidak punya septic tank. Bertepatan dengan Hari Toilet Sedunia, 19 November 2019 kemarin, saya dan teman-teman blogger diajak USAID UWASH PLUS dan PD PAL JAYA untuk datang dan melihat langsung ke Tebet Timur, bagaimana warga di sekitar kali berinisiatif membuat saluran IPAL sendiri.


Siang itu saya dan teman-teman berkunjung ke RT008 RW010, Tebet Timur, bertemu dengan ibu Lurah dan pak Sitam, RW setempat. Mereka bercerita bagaimana pada mulanya masyarakat sekitar memilih tidak mau membangun jamban, boro-boro kenal dengan IPAL, untuk jamban saja terhitung jari jumlahnya. Warga lebih senang BAB langsung di sungai. Namun berkat usaha tanpa kenal lelah pak Sitam, ibu Lurah dan tokoh masyarakat terkait, pelan-pelan, warga Tebet Timur pun mulai sadar, dan mulai memikirkan kesehatan lingkungannya.





Sudah ada 12 rumah yang membangun septic tank sendiri dengan biaya 5 – 7juta. Sisanya membangun IPAL Komunal dengan cara iuran 5ribu per Kepala Keluarga. Hal ini dimaksudkan agar mereka merasa memiliki dan menjaga IPAL tersebut. Bahkan beberapa warga mengaku mereka mencari pinjaman kredit untuk pembuatan IPAL sendiri. Bravo deh bapak-bapak, gak cuma mikirin kreditan motor, lingkungan yang sehat juga sudah mulai terpikirkan.

Pak Bekti - Pak Sitam - Ibu Lurah


Berikutnya kami bertemu Bapak Wahyono, salah satu warga yang kekeuh membuat IPAL sendiri. Menurutnya, ia sadar jika pembuangan yang tak aman dan sehat berakibat buruk pada kesehatan keluarganya. Limbah E.Coli yang beredar dan tersebar akan membahayakan anak-anaknya nanti. Ia pun akhirnya memilih membuat septic tank mandiri, seharga 5juta rupiah agar anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat dan pintar di sekolah.

Saluran pipa pembuangan warga Tebet Timur


Pak Wahyono mengatakan, IPAL mandirinya terdiri dari 3 kolam penampungan. Ada yang ditujukan sebagai tempat penampungan, ada juga sebagai tempat penyaringan dan pengeluaran. Pak Wahyono mengakui sudah merasakan dampak dengan adanya IPAL, dan ia terus berupaya mengajak tetangga sekitarnya untuk membangun septic tank.

Proses penyedotan septic tank warga



Seperti yang disampaikan Bapak Subekti, Direktur Utama PD. PAL JAYA, minimnya lahan di Jakarta membuat air tanah banyak yang tercemar. Sejatinya antara toilet rumah satu dengan rumahnya berjarak minimal 10m, namun apa daya kenyataannya tidak demikian. Padahal septic tank yang rembes, akan membuat air limbah datang mendekat ke sumur rumah, membawa serta bakteri yang akhirnya tanpa sadar kita konsumsi.





Dalam hal ini, PD . PAL JAYA (Perusahaan Daerah Pengolahan AIR LIMBAH) mengingatkan kepada warga untuk selalu menguras/penyedotan septic tank yang ada minimal 2 tahun sekali. Agar septic tank aman, air limbah tidak merambah ke sana dan ke sini. Menurut pak Bekti, biaya untuk menyedot BAB juga tak mahal. Cukup dengan 150ribu/meter kubik, penyedotan dilakukan oleh petugas terpercaya.  Untuk kebutuhan rumah, septic tank yang ada berukuran 2 meter/kubik dan ppn 10%. Masih terjangkau kan?


Pada kesempatan yang sama Ibu Alifah Sri Lestari, Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS menjelaskan mengenai sanitasi yang aman.  Sanitasi aman adalah sistem sanitasi yang memutus sumber pencemaran limbah domestik ke sumber air. Sementara itu  mbak Ika Fransisca, Advisor Bidang Pemasaran dan Perubahan Prilaku USAID IUWASH PLUS, bercerita pengalamannya mengenai kebiasaan masyarakat Indonesia di berbagai daerah untuk BAB. Dan hanya Yogyakarta saja yang bebas prilaku BABS, Jakarta menduduki peringkat nomer 2. Saat ini Jakarta hanya memiliki 2 pengolahan limbah di Duri Kosambi dan Pulogebang.   

Narasumber terakhir, Ibu Zaidah Umami, Bidang Kesehatan Lingkungan, Puskesmas Kecamatan Tebet, turut menjelaskan apa saja langkah yang sudah dilaksanakan sanitarian di Puskesmas Tebet. Ibu Zaidah mengatakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis  dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat. STBM sejogjanya haruslah merata di masyarakat, karena dari masyarakat, untuk masyarakat  dan oleh masyarakat.

Jangan lupa ya teman-teman, pastikan selalu sanitasi kita aman. Cek berkala penampungan septic tank kedap dan memenuhi standar teknis. Ingat selalu untuk cek peyedotan berkala dan memastikan lumpur tinja sampai ke unit pengolahan, serta pastikan juga instalasi pengolahan lumpur tinja berfungsi dengan baik. Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan, selalu menerapkan praktik cuci tangan pakai sabun di lima waktu kritis.
 Mari sama-sama menjaga sanitasi untuk Indonesia yang lebih baik!

No comments

Post a Comment

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall