05 November 2019

7 Urutan Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan Online. Dijamin Laris!






Bisnis online kini semakin diminati masyarakat modern karena mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal besar. Salah satu hal yang harus pahami saat merintis bisnis online adalah cara membuat akun Instagram untuk jualan. Instagram adalah media sosial yang penting untuk mendukung kelancaran bisnis online-mu. Oleh sebab itu, kamu harus memahami cara membuat akun Instagram untuk jualansupaya makin profesional.



Cara membuat akun Instagram untuk jualan online tidak sulit kok. Kamu hanya perlu memahami dan melakukan tujuh urutan penting berikut ini:


Memiliki Email dan Nomor Telepon Khusus Bisnis Online
Saat memutuskan untuk merintis bisnis online secara serius, sebaiknya kamu menyiapkan email dan nomor telepon khusus yang berbeda dengan akun pribadimu. Sehingga email dan nomor telepon tersebut bisa ditangani oleh siapa pun selain kamu ketika nanti bisnismu berkembang pesat. Email dan nomor telepon khusus bisnis online juga menjadi identitas penting yang harus kamu gunakan saat membuat Instagram.
Mengunduh Aplikasi Instagram dan Mulai Mendaftar
Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Instagram dari gadget. Bila sudah memiliki aplikasi tersebut, kamu pun bisa mulai mendaftarkan akun baru. Gunakan email dan nomor telepon khusus bisnis online sebagai identitas pada akun Instagram tersebut. Jangan sampai kamu lupa dengan username dan password akun Instagram bisnismu, ya. 



Memasang Profil Picture dan Melengkapi Bio
Jika sudah berhasil memiliki akun baru, urutan cara membuat akun Instagram untuk jualan berikutnya adalah memasang profil picture dan melengkapi bio. Gunakan logo bisnismu untuk profile picture sebagai upaya personal branding awal. Jangan lupa pula mencantumkan kontak berupa nomor telepon, website, dan akun media sosial lainnya (jika ada) pada bio Instagram. Sehingga calon pelanggan mudah mengontak bisnismu melalui keterangan pada bio tersebut.

Menentukan Hashtag yang Tepat
Urusan menentukan hashtag adalah bagian dari cara membuat akun Instagram untuk jualan online yang tak boleh dianggap remeh. Penggunaan hashtag yang tepat akan membuat konten Instagrammu mudah diakses oleh pengguna Instagram lainnya. Jadi, gunakan hashtag yang sedang populer dan sesuai dengan jenis bisnis online-mu. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan riset sederhana untuk mencari tahu hashtag efektif serupa yang digunakan para kompetitor.


Mulai Mengunggah Foto dan Video
Kalau sudah memasang profile picture dan bio serta menentukan hashtag terbaik, kamu pun bisa mulai mengunggah konten di Instagram. Siapkan konten berupa foto dan video yang menarik untuk menggugah rasa ingin tahu pengguna Instagram lainnya. Itulah sebabnya proses memotret dan merekam video wajib menggunakan kamera profesional atau kamera smartphone canggih demi mendapatkan hasil memuaskan. Konten-konten instagramable jelas lebih mudah memikat pengguna Instagram daripada konten yang dibuat asal-asalan.


Mengubah Akun Instagram Menjadi Instagram Bisnis
Sebaiknya kamu membuat akun Instagram bisnis untuk mendukung kelancaran bisnis online. Sehingga bisnis online-mu terkesan lebih profesional dan futuristik dibandingkan kompetitor yang belum menggunakan Instagram bisnis. Jika dibandingkan dengan akun Instagram pribadi, Instagram bisnis memiliki beberapa kelebihan berikut ini:
  • Jenis bisnismu bisa diklasifikasikan secara detail melalui pilihan kategori bisnis yang disiapkan Instagram.
  •  Ada tombol kontak yang membuat bisnismu jadi mudah dihubungi. 
  • Dapat diintegrasikan secara langsung dengan Facebook Page. 
  • Memiliki fitur alamat lokasi pada bagian kontak. 
  • Ada fitur statistik yang bisa diakses untuk mengetahui info tentang followers dan pengunjung Instagrammu.

Menyiapkan Konten Selingan untuk Hiburan
Jangan hanya menggunakan Instagram bisnis online-mu untuk mempromosikan produk atau jasa. Nanti hal monoton tersebut bisa bikin pengguna Instagram jadi bosan hingga memutuskan untuk unfollow Instagrammu. Sebagai selingan, unggahlah konten-konten hiburan yang sifatnya segar, misalnya:
  1. Video resep makanan bila kamu berbisnis di bidang kuliner. 
  2. Video-video inspiratif yang berkaitan dengan konten-konten viral. 
  3. Tutorial atau tips penting yang belum dipahami banyak orang.


Konten-konten selingan tersebut merupakan salah satu cara efektif mempertahankan followers. Karena followers-mu akan selalu penasaran dengan kejutan-kejutan yang kamu siapkan.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kalau cara membuat akun Instagram untuk jualan ternyata sangat praktis. Jangan biarkan kompetitor menguasai target bisnismu karena memiliki akun Instagram yang dikelola dengan baik. Kamu pun bisa melakukan hal serupa jika sudah memiliki akun Instagram profesional.


No comments

Post a Comment

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall