22 December 2019

NASSA School Sekolah Impian di Bekasi





Memasuki bulan Desember, banyak orang tua  yang mencari sekolah bagi putera puterinya. Sekolah yang diinginkan tentu saja merupakan sekolah yang memiliki suasana belajar yang menyenangkan bagi anak, memiliki rasa kekeluargaan yang erat dan sarat akan prestasi, baik akademis maupun non akademis.


Tetapi sekolah yang saya kunjungi kemarin seperti layaknya sebuah sekolah impian. Di mana anak – anak yang bersekolah di sini merasa bangga dan memiliki sekolah tersebut. Rasanya orang tua pun tak perlu khawatir jika putera puterinya tak cakap dipelajaran matematika, karena setiap anak pasti istimewa dan dipercaya memiliki bakat dan minat di bidang lainnya.



Berkenalan Dengan NASSA School



NASSA School atau National School One yang berada di Bekasi, sudah berdiri selama 35 tahun.  NASSA School memiliki dua lokasi, yaitu Kampus A untuk SD - SMP - SMA yang berlokasi di Bojong Nangka, Jatirahayu, sedangkan Kelompok Bermain  - TK dan  Learning Outdoor berlokasi di jl. Rambutan, Jatimurni, Bekasi. Sekolah ini didirikan oleh ibu Zulfia Susilawati, seorang praktisi pendidikan. Beliau melihat belum banyaknya sekolah yang kompeten dan berkomitmen pada bakat dan minat anak.  NASSA School bermula hanya dari sebuah rumah sederhana dan mendapat kepercayaan masyarakat. Lambat laun sekolah ini semakin besar dan berkembang.


Bapak Suparno, Head of Marketing Communication NASSA menjelaskan bahwa sekolah ini berbeda dari sekolah lainnya, lebih menitikberatkan pada pendidikan karakter, agar anak dapat mampu berprilaku sesuai dengan norma di masyarakat nantinya, menghasilkan lulusan yang berprestasi, mampu berkarya dan memajukan bangsa Indonesia. 


Ada  5 nilai yang diterapkan di NASSA antara lain:
  • Academic Excellence,   NASSA School berupaya membantu anak untuk mencapai kualitas akademik yang unggul, pengembangan maksimum kapasitas intelektual dan keterampilan sehingga dapat berperan dalam kehidupannya kelak di masyarakat.  NASSA percaya bahwa keunggulan akademik adalah proses pendidikan baik formal maupun informal tak terbatas dan tak berujung untuk dinikmati seumur hidup.
  • Music & Art, keterlibatan siswa dengan seni selalu menjadi prioritas NASSA, karena berhubungan dengan kemajuan  dalam matematika, membaca, kemampuan kognitif, berpikir kritis, dan keterampilan verbal. Belajar seni juga dapat meningkatkan motivasi, konsentrasi, kepercayaan diri, dan kerja sama tim.
  • Eco Attitude, Penanaman budaya pelestari yang dilakukan sejak dini merupakan suatu upaya yang sangat efektif dalam mengatasi persoalan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi. NASSA bertujuan untuk membentuk rasa tanggung jawab anak dalam mempergunakan lingkungan hidup. 
  • Islamic Value, nilai agama Islam diaplikasikan  dalam kegiatan sekolah, diantaranya : kewajiban shalat dhuha, zuhur dan ashar setiap hari, tahsin Qu’ran setiap hari, Target hafal Al Quran, tausiyah Jumat dan lainnya.
  • Inclusiveness, NASSA menawarkan program inklusi yang didukung dengan program terapi yang komprehesif. Sekolah sebagai minatur masyarakat memerlukan situasi yang mendukung, setara, dan berempati. Pendidikan inklusif adalah jawaban terbaik bagi harapan tercapainya masyarakat yang berperadaban.  





Di mana siswa yang berkebutuhan khusus diberikan kesempatan dan dukungan untuk memperoleh pendidikan dan bersosialisasi dengan siswa lainnya. Program ini disebut dengan Learning Support, yaitu program inklusi di kelas regular dengan kurikulum dan metode belajar yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan siswa, dan didampingi oleh seorang LSA atau Learning Support Asistant, yang bertugas membantu dalam proses belajar siswa. 



Siswa yang masuk dalam program Learning Support akan menjalani terapi sesuai dengan waktu sekolah siswa. Program terapi ini akan ditentukan setelah siswa mengikuti assessment  atau penilaian yang  menjadi penentuan penerimaan siswa dalam program inklusi.  Dalam setiap kelasnya, hanya akan diterima 2 siswa program inklusi yang didampingi satu orang LSA.


Selain itu NASSA juga memiliki program yang dinanti-nantikan bagi seluruh siswanya yaitu Learning Outdor. Dimana pada program ini setiap siswa selama satu bulan berkesempatan belajar di satu lokasi khusus (outdoor) dengan metode ala Harry Potter, berpetualangan, bermain dan belajar.


Fasilitas yang dimiliki NASSA School dan NASSA Valley antara lain : Lab kimia, science dan fisika, lab computer, lapangan basket, kolam renang, lapangan mini futsal, ruang musik, outdoor learning center, learning support, program terapi (Happy Bear), klinik, wifi, kelas full AC dan LED TV.


NASSA Valey, selain  digunakan sebagai kampus B bagi Kelas Bermain dan TK, merupakan pusat kegiatan outbound, pendidikan karakter, fun learning, lab biologi, quick and smart camping, berkebun, dan sebagai pusat terapi tumbuh kembang. Di NASSA Valey juga berlangsung kegiatan Learning Outdoor, secara bergantian selama satu bulan setiap siswa merasakan belajar di luar bersama alam dengan menggunakan konsep belajar dan bermain.


Satu yang istimewa di NASSA School, kekeluargaan antara guru dan muris terasa kental sekali. Tak heran jika banyak alumni yang kembali ke sekolah ini, untuk menjadi bagian dari keluarga besar NASSA (menjadi pelatih drama, guru, staf kesiswaan dll) atau bahkan menyekolahkan anaknya kembali di NASSA. Seperti Kak Ari, Bagian Kesiswaan, sampaikan, kalau sekolah ini memberikan sejuta kenangan indah yang tak akan terlupakan. Itulah sebabnya mengapa ia kembali bergabung sebagai salah satu staff di NASSA School.


NASSA School juga memberikan kebebasan menyuarakan pendapat  dan menggali potensi diri, tidak hanya bagi pengajar, namun juga bagi siswa. NASSA School mengajarkan kepedulian pada lingkungan dan pendidikan karakter sejak dini. 
 

Di Kantin Sekolah tidak diperkenankan menggunakan peralatan makan dan minum dalam kemasan plastik, semua menggunakan peralatan yang dapat digunakan berulang kali. Tidak heran selama berkunjung di dua lokasi NASSA School, tak tampak sampah plastik berceceran.


9 comments

  1. Alamat lengkapnya dimana nih MBa Sally, aku pengen mampir dan tanya-tanya lebih lanjut karena adikku yang di Bekasi lagi cari sekolah buat anaknya, kayaknya ini cocok deh

    ReplyDelete
  2. Wah bagus banget nilai-nilai yang di anut sama Nassa school ini. Semoga berhasil mencetak generasi yang berperadaban mulia dan cerdas sehingga bisa membawa kemajuan bangsa menjadi lebih baik dan unggul.

    ReplyDelete
  3. Keren banget sekolahnya Mbak. Fasilitas komplit, nyaman, bersih pula. Anak-anak pasti bakal betah banget belajar di sini. Insya Allah tumbuh jadi anak pintar & baik hati ^^

    ReplyDelete
  4. Baru denger nih Nassa, di bekasi ya. Aku suka baca ada islam value, bikin adem di hati. Karena memang kalau muslim pas banget, nyekolahin anaknya di sekolah islami juga. Biar pondasi agama bagus dari kecil.

    ReplyDelete
  5. Problema ibu jaman sekarang yaitu pilih sekolah. Cari yang berkualitas, dekat rumah dan harga juga ok.

    Nassa school pendidikan di daerah bekasi dengan fasilitas lengkap.

    ReplyDelete
  6. wah sekolahnya komplit fasilitasnya..sistem pembelajarannya juga asik ya... pengen tahu nih berapa biayanya... hehe

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget ada kolam renangnya. Sayang ya jauh banget di Bekasi. Kapan Nassa School buka cabang di Depok?

    ReplyDelete
  8. Bagian ini menarik buat saya:

    menitikberatkan pada pendidikan karakter, agar anak dapat mampu berprilaku sesuai dengan norma di masyarakat


    Terus ada islamic value-nya juga .... wah idaman yang seperti ini.

    ReplyDelete
  9. aku selalu amazed dengan institusi pendidikan yg isinya gak melulu akademis saja, tapi melatih kecerdasan musikal dan religi juga.. salut buat Nassa School..

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall