24 August 2017

#12000Pelukan untuk Ibu dan Bayi Indonesia






“Kak, dulu pas jamannya menyusui Fara, kakak minum suplemen apa? …duh ASIku kok mampet gini nih kak”, sebaris kalimat mencuat ketika saya membuka whatssapps pagi ini. Rupanya sepupu saya yang sedang menyusui dilanda gundah gulana karena ASInya mulai mampet dan stoknya berkurang. Sepupu saya saat ini sedang menyusui anak pertamanya yang berusia 9 bulan.


Membalas pesannya, ingatan saya kembali ke masa – masa menyusui Fara. Saat hamil dan menyusui Fara, saya paling malas minum suplemen yang diberikan dokter. Hihihi jangan ditiru ya, ini karena saya kapok ketika saat hamil, dokter kandungan memberikan saya suplemen yang membuat saya susah BAB, saya tidak bisa BAB hingga 2 – 3 hari. Padahal sebelumnya, frekwensi BAB saya tergolong lancar jaya, setiap pagi.


Suami saya khawatir melihat hal tersebut, lalu ia meminta saya berkonsultasi ke dokter kandungan lainnya, mencari second opinion. Huhuhu saat hamil, kalau susah BAB itu membuat aktifitas harian saya berantakan. Jadi serba salah, kalau minum suplemen, asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil terpenuhi, namun BAB menjadi susah. Sebaliknya jika tak minum, saya pun khawatir jika bayi di perut tidak mendapat asupan nutrisi yang tepat.


Asupan nutrisi sangat penting bagi ibu hamil, agar pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam perut tumbuh dan berkembang sebagaimana usia kehamilan. Namun tahukah teman, menurut data Riskesdas di tahun 2013 silam, banyak bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah atau BBLR kurang dari 2500gr. Dibutuhkan asupan makro dan mikro - nutrient. Apa sih yang dimaksud dengan makro - nutrient? Yaitu zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh kita, seperti karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan mikronutrient adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil pada tubuh manusia, untuk melaksanakan fungsi tubuh yang tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, seperti vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan ibu ketika hamil dan menyusui. Peningkatan kualitas gizi di masa kehamilan, dipercaya dapat memberikan dampak penting pada perkembangan anak dan ibu di masa depan.

“Ibu hamil dan menyusui perlu diedukasi atas pentingnya nilai – nilai gizi demi kesehatan janin dan bayinya. Mereka juga harus menyadari bahwa kekurangan mikronutrien tidak hanya berdampak pada janin sewaktu hamil, melainkan juga sepanjang hidupnya” – Dr. med. Dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K)., Konsultan Fetomenal, Departemen Obsteri dan Ginekologi, FKUI -.

Dr. Damar

Dalam acara peluncuran produk Blackmores Pregnancy and Breast-Fedding Gold, Kamis 10 Agustus 2017 lalu, saya mendapatkan insight mikronutrien apa saja yang dianjurkan oleh dokter dan para ahli, antara lain;
  • Zat Besi: untuk memproduksi darah dan sirkulasi oksigen di berbagai organ dan jaringan , serta percepatan pertumbuhan bayi. Di Indonesia sendiri, 37,1% ibu hamil mengalami anemia dan 21,7% bayi berumur di atas 1 tahun mengalami anemia.
  • Asam Folat: untuk perkembangan otak dan mencegah neural tube defect (NTD), premature, dan berat bayi lahir rendah (BBLR). Asam folat diperlukan sebelum dan selama kehamilan.
  • Yodium: untuk fungsi kelendar tiroid, perkembangan visual, motor skills, mendengarkan dan perkembangan kognitif anak. Di Indonesia sendiri , meskipun 77.1% rumah tangga memiliki garam beryodium, hanya 36.9% ibu hamilo yang memiliki asupan yodium yang cukup.
  • Kalsium: untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin, mengurangi resiko pre-eclampsia selama kehamilan. Nah ini kejadian disaya, setelah hamil dan melahirkan Fara, gigi saya satu persatu mulai rapuh dan berakhir ompong. Aaahh…saat hamil Fara, saya akui saya lalai dengan kalsium ini.
  • Omega-3, terutama DHA: untuk perkembangan neurodevelopment, khususnya mata dan otak.


Di kesempatan yang sama, Assoc. Professor Dr. Lesley Braun, PhD, Direktur Blackmores Institute mengatakan, kekurangan multi-mikronutrien bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah – buahan segar, dan berbagai jenis sumber protein lainnya. Namun bagaimana takaran yang tepat, agar kebutuhan mikronutrien dapat terpenuhi?

Professor Dr. Lesley Braun


Kalbe Blackmores  Nutrion (KBN): Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, dan berkomitmen untuk memperbaiki nutrisi masyarakat Indonesia, Kalbe Indonesia memperkenalkan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang merupakan rangkaian nutrisi lengkap untuk kesehatan ibu dan perkembangan si buah hati. Diharapkan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding ini menjadi salah satu opsi untuk memenuhi kebutuhan multi mikronutrien bagi ibu hamil dan ibu menyusui di Indonesia.


Blackmores  Pregnancy & Breast Feeding-Gold mengandung 15 nutrisi penting bagi ibu hamil dan menyusui, antara lain;
  • Odourless fish oil, kaya akan DHA untuk perkembangan otak bayi, mata, dan sistem syaraf.
  • Kalsium untuk kesehatan tulang bagi ibu dan anak.
  • Zat besi untuk mencegah anemia tanpa menyebabkan konstipasi.
  • 400ug asam folat untuk mengurangi resiko neural tube defect pada jannin.
  • Iodium untuik perkembangan otak, kemampuan motorik visual, pendengaran bayi dan IQ anak.



Cukup dengan mengkonsumsi 2 kapsul/hari, diminum saat pagi dan sore hari setelah makan,  selama masa kehamilan dan menyusui, diharapkan semakin berkurangnya bayi yang lahir dengan berat badan bayi rendah (BBLR). Sehingga akan lahir generasi penerus bangsa yang sehat dan kuat.


Lalu mengapa Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold? Karena bahan yang terkandung didalamnya bersumber pada bahan alami dengan kualitas terbaik. Diformulasikan berdasarkan penelitian dan teruji secara klinis. Blackmores Institute didirikan pada tahun 2012, berkerjasama dengan pusat penelitian dan pendidikan terbaik di Australia untuk membantu menyediakan produk yang berkualitas dengan bukti ilmiah yang kuat. Blackmores Institute melatih lebih dari 10.000 ahli kesehatan setiap tahunnya mengenai kesehatan alami (naturopati) berbasis bukti.





Kampanye 12.000 Pelukan Untuk Ibu dan Bayi

Di acara yang sama, Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) juga meresmikan kampanye  12.000 Pelukan Untuk Ibu dan Bayi bersama Yayasan Bumi Sehat. Kalbe Blackmores Nutrition mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut serta dalam mendukung asupan multi mikronutrien untuk ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu melalui program 12.000 Pelukan Untuk Ibu dan Bayi. Lewat kampanye ini , KBN mengajak para ibu di Indonesia untuk mengumpulkan 12.000 botol nutrisi untuk ibu dan bayi dengan cara mengupload foto pelukan melalui www.blackmores.co.id/12000pelukan .





Cara nya mudah, unggah 1 foto kamu di web, sesuai dengan tema pelukan untuk ibu dan bayi. Lalu share di social media kamu dengan hastak #12000Pelukan dan #BlackmoresIndonesia serta tag 3 teman kamu untuk ikut serta. Setiap 1 foto yang berhasil diunggah dan terkumpul, akan dikonversikan menjadi 1 buah botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang nantinya akan disumbangkan melalui Yayasan Bumi Sehat. Mudah kan…


Yuk mari berbuat sesuatu untuk ibu hamil dan menyusui yang tak seberuntung kita. Sebagai sesama perempuan, dan demi generasi bangsa yang sehat dan kuat.



















23 comments

  1. Alhamdulillah aku minum ini kerasa manfaatnya. Badan jadi enakan, ketauan selama ini nutrisinya kurang. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Nutrisi memang jadi perhatian penting juga sih selama proses kehamilan dan pasca kelahiran.Tetapi, terkadang perlu juga penelitian penting ttg manfaat produk tersebut untuk kehamilan, semoga saja ada.

    ReplyDelete
  3. Ini akan menjadi rekomendasi untuk istriku nanti saat sudah sah.....
    Hehehe

    ReplyDelete
  4. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold banyak manfaatnya. Dari proses kehamilan hingga pasca kehamilan seorang ibu perlu asupan gizi yang cukup. Selain itu juga ada ada kegitan sosialnya juga ya, lewat posting foto pelukan ibu dan anak. Bersama-sama kita bisa ikut partisipasi dalam kampanye #12000Pelukan

    ReplyDelete
  5. Memang tidak semua suplement atau vitamin atau susu cocok sih buat ibu hamil ya Mbak, jadi harus nyoba sampai ada yang cocok. Dulu Bunyang juga gitu ... pi akhirnya nemu suplemen yang cocok saat hamil.

    ReplyDelete
  6. Byk aku dengar org yg sukses pke blackmore ini. Teenyata kandungannya memang the best

    ReplyDelete
  7. Kaka ku juga mengalami yang sama, tapi ia pakai herbal gitu sih.. Alhamdulillah solved

    ReplyDelete
  8. wahh aku jadi tambah wawasan mba apabila nanti istri hamil jadi bisa mencoba blackmore ini mba.. Aku sebarin juga ya kampanye 12000 pelukan bayi anak ke teman-teman mba.. ini pasti seru banget dahh

    ReplyDelete
  9. Setuju banget dengan kampanye 12000 pelukan, ini mengingat anak jaman sekarang besarnya seolah jadi individual yang tak jarang antipati terhadap keluarga sendiri. Kalau untuk suplemen kehamilan, maaf aku ga mungkin meminumnya.. *kan udah masa paceklik ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  10. wah setuju banget kampanye 12000 pelukan. Wih asyekk jadi tambah ilmu lagi kalau besok udah punya baby ada blackmore bisa dicoba nich

    ReplyDelete
  11. akhir-akhir ini sering dengar istilah makro dan mikro nutrient. bener banget tuh, mikro nutrient meskipun jumlah kebutuhannya terbilang kecil namun musti tetep dipenuhi. karena kalau tidak terpenuhi bakal berdampak nggak baik juga.

    wow 12000 pelukan, daku pengen ikut tapi belum punya bayi hihihii

    ReplyDelete
  12. Wow bagus juga kempennya ya, mengingatkan akan pentingnya keluarga juga. Wkwkwkkw.

    ReplyDelete
  13. Aku minum ini dan alhamdulillah terasa efeknya, badan jadi enak dan bebas dari masalah mual karena beneran odorless. Minus nya bentuknya gede banget, bikin susah nelen

    ReplyDelete
  14. wah baru tahu ini mba supplement buat ibu dan bayinya. enak kl yg hamil skrg ini ya banyak pilihan suplemen dan pilihan rekomendasinya. dl cm dari Spog nya aja

    ReplyDelete
  15. saya pingin ikut kompetisinya, tapi sayang saya bukan ibu, foto istri aja kali yah lagi meluk dede

    ReplyDelete
  16. Tiga share link dengan psotinga sama kakaaa... aku mau ngomong apalagi selain bilang. SAya ga mau punya anak lagi, titik! *lirik katepe udah mulai kisut.

    Tapi untuk kampanye 12000 pelukannya aku dukung seratus persen.

    ReplyDelete
  17. yess... bener sekali mba sally. penting memastikan konsumsi busui yg alami ya. apalagi untuk boster penambah asi... Dulu waktu masih kerja nyari boster pasti cek ricek seratus kali. untung ya sekarang perusahaan besar dan terpecaya yg ngeluarin splemen bumil dan busui..

    ReplyDelete
  18. Blackmores ini emang bagus. Aku beberapa kali pengen beli yang buat program hamilnya. Tapi karena lagi program sama dokter ga berani deh gabung-gabungin obat.

    ReplyDelete
  19. Wah aku bisa merekomendasikan ini nih ke orang-orang disekitar aku wkwkw. Since alu belum ada rencana untuk hamil dan sebagainya. Dengan suplemen ini kayaknya si ibu dan anak akan bahagia ya serta sehat dengan gizi yang cukup!

    ReplyDelete
  20. wah waktu ke natural farm, kebetulan aku lihat ini nih, botol pink

    kirain apaan., rupanya suplemen penting yo.. banyak bgt kandungan nutrisinya, selain bermanfaat untuk bayi, jg support ibunya..

    hmmm blackmores patut dicoba nih nanti kalau perlu

    ReplyDelete
  21. Blacknores namanya ngingetin aku sm tokoh di komik. Ternyata ini suplemen yg penting bgt buat ibu dan bayi ya, rekomendasi buat aku kalo nanti pny baby.

    ReplyDelete
  22. waktu hamil ..gak berani minum obat / vitamin dari dokter...dan susu hamil..

    Tapi kalo baca ini jadi yakin buat minum...

    Lain kali kalo hamil lagi mau coba ini

    ReplyDelete
  23. Kalau lagi hamil memang ga bisa sembarangan minum suplemen ya Mbak. Takut sama efek sampingnya dan nanti membahayakan bayi juga. Makasih banyak untuk rekomendasinya Mbak :)

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall