expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>>

19 September 2018

Serba Serbi Asuransi



Beberapa hari ini, saya lagi asyik belajar literasi keuangan. Hihi walaupun masih belum fasih dan ngelotok, tapi gpp ya sedikit kan nanti lama-lama jadi bukit ๐Ÿ˜ * yakalik


Kalau kemarin belajar urusan keuangan rumah tangga, sekarang giliran saya belajar mengenai apa itu asuransi. Biar gak horor dengar kata asuransi dan jadi males cari tahu. Mungkin gara-gara beberapa agent asuransi yang salah memberikan edukasi ke calon kliennya, jadi salah persepsi deh tentang asuransi.

Apa itu Asuransi?

Asuransi merupakan tindakan atau perlindungan finansial dan proteksi diri yang ditujukan bagi jiwa, properti, kesehatan dan lainnya. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti sakit keras, kematian, kehilangan ataupun kerusakan, kita akan mendapatkan penggantian.

Dalam acara workshop bersama Prudential kemarin yang berlangsung di Prudential Center, Jakarta, peserta yang hadir diajak sharing mengenai Unit Link serta manfaatnya.

Di sesi pertama, yang dibawakan oleh Himawan Purnama, AVP Head of Product Development of Prudential. Dalam presentasinya, mas Himawan bilang kalau asuransi itu merupakan perjanjian dua pihak , dimana pihak yang satu berkewajiban untuk membayar iuran (premi) dan pihak lainnya berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran, apabila terjadi sesuatu di kemudian hari yang menimpa pihak pertama, baik itu diri maupun barang miliknya, sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Dalam konsep dasar asuransi, perusahaan bertindak sebagai pengelola atau si penanggung. Sedangkan nasabah membayar premi pada perusahaan sesuai dengan jumlah yang disepakati. Apabila suatu hari nasabah mengalami kondisi sesuai dengan perjanjian, perusahaan akan memberikan sejumlah manfaat kepada nasabah.

Asuransi sendiri terdiri dari asuransi jiwa dan asuransi umum. Nah asuransi umum ini ada banyak loh ;
  • Asuransi property
  • Asuransi kendaraan
  • Asuransi perjalanan
  • Asuransi engineering
  • Asuransi rangka kapal
  • Asuransi Cargo
  • Asuransi Kecelakaan
  • Asuransi Kemalingan, dll


Belakangan ini sedang booming asuransi syariah, di mana asuransi syariah berprinsip berbagi resiko bersama, tolong menolong, dana dikelola secara Tabarru, diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah dan jenis investasinya berbasis syariah.

Sedangkan asuransi konvensional berprinsip risk transfer, akad jual-beli, perusahaan sebagai penanggung resiko, dan keuntungan menjadi milik perusahaan.  Diawasi oleh internal manajemen perusahaan dan investasi bisa berbasis syariah dan bukan berbasis syariah.






Mengenal Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa terbagi dua, Tradisional dan Unit Link. Pada asuransi jiwa berjangka, mendapat manfaat meninggal dengan periode jangka pendek. Untuk asuransi jiwa seumur hidup, memberikan manfaat meninggal dengan periode jangka panjang (seumur hidup). Dan asuransi jiwa dwiguna memberikan manfaat meninggal dan tabungan.


Point terakhir menarik ya, apa sih asuransi jiwa dwiguna itu? Jadi nasabah dipaksa menabung selama periode yang sudah ditetapkan. Waktunya bisa saja 10 atau 20 tahun, asuransi yang ada dimasukkan ke investasi dan proteksi. Jadi melindungi jiwa sambil menabung.

Lalu unit link itu apa? Waiya, ini sering kali begitu mendengar unit link, yang terbayang adalah sales yang akan menghantui kita๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ enggak deh ๐Ÿ˜˜๐Ÿ™ˆ

 




Asuransi unit link berbeda dari asuransi jiwa lainnya. Asuransi  unit link berfokus pada asuransi jiwanya, proteksinya, namun tidak melupakan investasinya.


Di asuransi jiwa unit link, nasabah membayarkan uang  (premi) kepada perusahaan sebagai pengelola. Uang atau premi tersebut dikumpulkan dalam bentuk unit, dan nantinya digunakan untuk pembayaran proteksi nasabah apabila membutuhkannya.

Naini yang membuat asuransi jiwa unit link berbeda dari asuransi lainnya. Jika asuransi lainnya hanya bermanfaat ketika kita tiada melalui ahli waris, di unitlink nasabahnya pasti dikasih lebih,  kita bisa menikmati hasil kerja keras dan investasi yang ada. Asal gak salah pilih investasi loh ya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Semoga harapan saya  semakin banyak masyarakat yang melek literasi, terkabul.

#PastiDikasihLebih












5 comments

  1. Baru tau nih, kalau asuransi umum itu jenisnya banyak hehe. :D

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat sekali nih informasinya, terimakasih sudah membuat. :)

    ReplyDelete
  3. Setelah membaca ini, jadi berfikir ingin membuat asuransi di unit link. :)

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat sekali untuk saya, semoga bermanfaat juga untuk yang lainnya ya. :)

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu kalo asuransi umum itu ternyata jenisnya banyak ya...

    ReplyDelete

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall