30 September 2019

Rencana Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga Besar










Di bulan Desember nanti, pak suami dan dua kakak ipar berulang tahun. Kali ini keluarga besar pak suami, keluarga Soehardijat, berencana untuk merayakannya dengan berlibur bersama ke Cirebon. Serta mengingat beberapa bulan belakangan ini mamah mertua sempat sakit-sakitan. Beliau sempat berniat jika sembuh nanti ingin liburan bersama anak – mantu – cucu. Jadi lah akhir tahun nanti, kami menetapkan Cirebon menjadi lokasi tujuan liburan kelaurga besar kami.


Setahun yang lalu kami pun sudah merencanakan jauh – jauh hari berlibur ke luar Jakarta. Sayangnya di tanggal yang sudah kami sepakati, salah satu kerabat melangsungkan pernikahan. Jadi deh liburan kami gatot, alias gagal total. Dan insyaAllah tahun ini akan terlaksana.


Cirebon menjadi pilihan karena jarak tempuhnya yang tak terlalu jauh dari Jakarta. Selain itu, beberapa kali ke Cirebon tidak semacet Bandung namun memiliki tempat bersejarah dan kuliner  yang cocok di lidah. Dan satu lagi, belanja batik di Trusmi itu murah meriah dan serba lengkap. Hihihi jadi tahu donk, liburan ke Cirebon ini ide siapa?



Karena pergi dengan  orang banyak, butuh persiapan yang detail dan terencana. Insya Allah ada 19 orang di mana 4 anak berusia dibawah 12 tahun, 1 lansia dan selebihnya usia 13 – 59 tahun.  Selama 3 hari 2 malam, kami akan menghabiskan waktu bersama, sehingga  kesemuanya mesti merasa aman, nyaman dan menyenangkan. Terlebih berlibur bersama anak – anak dan lansia, kenyamanan  mereka merupakan factor yang terpenting. Ya  kan kalau kecapean malah gak bisa liburan donk jadinya….


Apa saja yang mesti dipersiapkan untuk liburan kali ini?
Lokasi Tujuan Wisata :
  • Keraton Kasepuhan, Keraton ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin yang merupakan cicit Sunan Gunung Jati. Sejak awal diberi nama Keraton Pakungwati, namun diubah saat pembagian wilayah  keraton pada masa Sultan Sepuh Mohammad Syamsudin Mertawijaya.Yang saya ingat dari Keraton ini adalah museum benda bersejarah dan air di salah satu sumur yang diklaim membuat awet muda jika meminumnya. Lokasi ini merupakan permintaan khusus mamah mertua. Doakan semoga beliau kuat menjelajahi Keraton ini ya…
Add caption
 
 
Di depan Kaputren Kaeraton Kasepuhan
 
 
  • Mesjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid ini berada di kompleks Keraton Kasepuhan dan merupakan mesjid tertua di Cirebon.  Mesjid ini memiliki ciri khas yang tidak memiliki kemuncak seperti mesjid di Pulau Jawa pada umumnya. Mamah mertua sudah mengingatkan saya untuk bersama sholat berjamaah di mesjid ini. 
2017, di depan pintu Mesjid Agung  Sang Cipta Rasa
 
 
 
  • Taman Sari Gua Suryaragi, sejujurnya saya belum pernah ke sini. Dan penasaran seperti apa area taman dan pagelaran kesenian yang ada setiap tahunnya.  Katanya  nih, Taman ini memiliki wahana balon udara yang dapat disewakan. Tuh kan….jadi penasaran
  • Sentra Batik Trusmi, lokasi ini sebelumnya adalah perumahan penduduk pengrajin batik. Seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi destinasi wisata dan belanja, sehingga diberi nama Sentra Batik Trusmi. Di sini juga menawarkan aneka kursus singkat untuk melukis topeng/ayam, dan belajar membatik saputangan sederhana.Ke Cirebon gak seru jika tidak mampir ke sini.
  • Nasi Jamblang Bu Nur, kalau yang ini permintaan Fadly yang diamini kakak ipar. Berkonsep prasmanan, tempat ini menawarkan cumi saus hitamnya yang legendaries.
  • Empal Gentong H. Apud, makan di sini baik siang maupun malam selalu full meja. Tapi beberapa kali ke Cirebon, tempat ini selalu jadi persinggahan kami. Dan rasanya selalu juarak
  • Tahu Gejrot Pak Wardi/Kanoman, gak afdol rasanya kalau gak makan khas tempat tersebut di desanya.

Sedangkan untuk penginapan dan kendaraan, pilihan kami jatuh kepada hotel Asri dan sewa bus.


Sewa Bus di TRAC
Mengingat bepergian dengan  keluarga besar,  kami sepakat untuk menggunakan bus saja, agar tidak berpencar-pencar di jalan. Bus pilihan kami jatuh pada TRAC Bus, di mana TRAC Bus menawarkan beragam variasi tipe bus mulai dari small bus, medium, big hingga luxury dengan pilihan jumlah kursi mulai dari 11 seat hingga 59 seats.

Semua armada TRAC Bus dilengkapi dengan AC, LCD TV, DVD Player, Sound system, soket listrik, dan yang terpenting, wifi di sebagian unit bus. Hari gini, jalan-jalan gak upload social media gak afdol donk… Dan untuk TRAC Bus juga menyediakan beragam paket wisata ke berbagai tempat di Pulau Jawa.



siap balik lagi ke Cirebon

InsyaAllah semua persiapan sudah kami lakukan, tinggal menunggu eksekusinya saja di akhir Desember nanti. Doakan lancar jaya ya….




1 comment

Tanda sayang

© Cerita Keluarga Fauzi
Maira Gall